1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Informasi Beasiswa
  4. International Students Admission
Selasa, 15 Oktober 2024 16.56 WIB (WIB)

Persyaratan Pendaftaran Program Studi — S3 Jalur SIMAK Periode 2024/2025 Semester 1

S3

Program Studi Persyaratan
Kedokteran
Ilmu Biomedik
  1. Persyaratan peserta secara umum meliputi :

    • Lulusan Pascasarjana strata-2 (S2) Ilmu Biomedik atau bidang lain yang berkaitan dengan Ilmu Biomedik dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri yang terakreditasi dan diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
    • IPK lebih atau sama dengan 3,00.
    • Calon peserta telah memiliki usulan/rencana penelitian (Pra-Proposal).
    • Surat pernyataan tugas belajar dari instansi bagi calon peserta yang sudah bekerja (format disesuaikan dengan kebijakan dari instansi peserta).
    • Surat pernyataan bersedia membimbing dari calon tim promotor yang berasal dari FKUI.
  2. Adapun persyaratan khusus masing-masing kelas meliputi : A. Kelas Kuliah dan Riset. Penerimaan calon mahasiswa Program Doktor melalui Riset berdasarkan pada Peraturan Rektor UI: ??? Nilai TPA berdasarkan ujian di Universitas (nilai minimum 550) ??? Nilai TOEFL (skor minimum 500) atau IELTS (skor minimum 6) atau lulus ujian Bahasa Inggris yang diadakan Universitas. ??? IPK yang diperoleh pada jenjang Pendidikan sebelumnya minimum 3,00 (dalam rentang 0,00 ??? 4,00). ??? Untuk mahasiswa yang tidak sebidang, wajib matrikulasi jika diterima. ??? Untuk calon peserta dokter spesialis akan mengikuti program pemantapan ??? Memiliki pra-proposal yang telah disetujui oleh calon tim promotor dari FKUI. ??? Surat kesediaan membimbing dari minimal 1 calon tim Promotor yang berasal dari FKUI. ??? Surat tugas belajar dari instansi tempat bekerja. ??? Hasil penilaian wawancara oleh program studi terkait dengan rencana riset yang akan dilakukan. ??? Hasil penilaian pra-proposal riset lengkap yang dievaluasi oleh para pakar bidang ilmu terkait. B. Kelas Riset. Penerimaan calon mahasiswa Program Doktor melalui Riset berdasarkan pada Peraturan Rektor UI: ??? Nilai TPA berdasarkan ujian di Universitas (nilai minimum 550) ??? Nilai TOEFL (skor minimum 500) atau IELTS (skor minimum 6) atau lulus ujian Bahasa Inggris yang diadakan Universitas. ??? IPK yang diperoleh pada jenjang Pendidikan sebelumnya minimum 3,00 (dalam rentang 0,00 ??? 4,00). ??? Jenjang pendidikan sebelumnya harus sebidang. ??? Calon mahasiswa minimal telah memiliki 2 publikasi ilmiah terpublikasi di jurnal internasional dan jurnal nasional (sebagai first author) ??? Memiliki Pra-Proposal yang telah disetujui oleh calon tim Promotor dari FKUI. ??? Surat kesediaan membimbing dari minimal 1 calon tim Promotor yang berasal dari FKUI. ??? Surat tugas belajar dari instansi tempat bekerja. ??? Hasil penilaian wawancara oleh Program Studi terkait dengan riset yang akan dilakukan. ??? Hasil penilaian Pra-Proposal Riset lengkap yang dievaluasi oleh pakar bidang ilmu terkait.

  3. Lokasi Perkuliahan: Kampus UI Salemba.

  4. Jadwal perkuliahan setiap hari Senin-Jumat, jam 08.00-16.00 WIB.

  5. Jadwal ujian wawancara diinformasikan setelah pengumuman hasil ujian SIMAK (TPA dan Bahasa Inggris).
    • Informasi wawancara : Sekretariat PDIB FKUI (Gedung IMERI FKUI Lantai 11 Tower Edukasi) dan website pdib.fkui.ac.id.
    • Telp/Fax. +62.21-31900908, +62.21-29189168, whatsapp business 0877 6057 8845 atau email: s3biomedik@ui.ac.id/s3biomedik.fkui@gmail.com.
Ilmu Gizi

Informasi yang dibutuhkan untuk penerimaan mahasiswa baru Semester Genap Tahun Akademik 2024/2025 sebagai berikut:

A. Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa S3 Ilmu Gizi

  1. Memiliki Ijazah Magister (S-2) dari dalam dan luar negeri yang diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Catatan:
    • Bagi calon mahasiswa (PS DIG) dengan ijazah Magister yang bukan berasal dari disiplin Ilmu Gizi atau Ilmu Kesehatan maka diharuskan mengikuti matrikulasi meliputi mata kuliah Ilmu Gizi Dasar, Penilaian Status Gizi, Epidemiologi Gizi, Metabolisme Zat Gizi, Ilmu Gizi Klinik Dasar serta Gizi dan Penyakit yang dapat diambil pada Program Studi S2 Ilmu Gizi FKUI.
    • Standar nilai untuk masing-masing mata kuliah matrikulasi tersebut adalah B (3.0) yang dibuktikan melalui transkrip akademik/ sertifikat/ surat keterangan dari Penanggung Jawab Mata Kuliah.
    • Adapun kuliah matrikulasi tersebut dilakukan setelah mahasiswa diterima sebagai calon mahasiswa S3 Ilmu Gizi.
    • Biaya kuliah matrikulasi sama dengan Biaya Operasional Pendidikan Program Studi Doktor Ilmu Gizi.
      1. Telah lulus TPA dengan nilai 550
      2. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan kemampuan Tes Toefl ??? 550 atau IELTS ??? 6 atau lulus ujian Bahasa Inggris yang diadakan Universitas Indonesia.
      3. Memiliki IPK dari jenjang pendidikan sebelumnya minimum 3.00 (dari rentang IPK 0-4).
      4. Penilaian wawancara terkait dengan kesiapan mengikuti Program Studi Doktor Ilmu Gizi dilakukan setelah memenuhi prosedur standar penerimaan UI.
      5. Membawa 2 (dua) buah surat rekomendasi dari supervisor/atasan atau pembimbing pada studi sebelumnya.
      6. Mengumpulkan draft proposal singkat (maksimum 10 halaman) dari topik yang diminati dan dipresentasikan dihadapan tim pewawancara PS DIG.
      7. Mempunyai sumber dana selama mahasiswa menjadi peserta Program Studi Doktor Ilmu Gizi FKUI.

B. Informasi lokasi kuliah di Kampus UI, Jln. Salemba Raya No. 6, Jakarta Pusat dan waktu kuliah adalah bersifat regular, dilaksanakan pada hari Senin s.d Jumat, Pukul 08.00-16.00 WIB.

C. Pelaksanaan ujian wawancara di Program Studi Doktor Ilmu Gizi FKUI akan diinformasikan lebih lanjut atau dapat menghubungi Sekretariat Program Studi Doktor Ilmu Gizi FKUI melalui email: s3ilmugizifkui@gmail.com.

Ilmu Kedokteran

Persyaratan Doktor melalui Kuliah dan Riset (Reguler):

  1. Lulusan program magister terakreditasi dari Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri yang diakui oleh Kemenristek DIKTI dengan IPK minimum 3,00.
  2. Melengkapi dan menyerahkan berkas untuk ujian wawancara ke Sekretariat Program Studi S3 Ilmu Kedokteran sebelum ujian TPA dan ujian TOEFL berupa : ??? Kartu Ujian Peserta ??? Ijazah Spesialis/Magister (legalisir) ??? Transkrip Nilai Spesialis/Magister (legalisir) ??? Surat Rekomendasi ??? Surat pernyataan kesediaan menjadi Ketua Pembimbing Akademik (KPA). ??? Surat persetujuan menempuh Pendidikan Program Doktor Ilmu Kedokteran dari atasan langsung ??? Sinopsis rencana penelitian (minimal 2 lembar dan maksimal 3 lembar) dengan isi (judul penelitian, latar belakang, rumusan masalah, pertanyaan peneltian, hipotesis penelitian dan tujuan penelitian)
  3. Lulus ujian wawancara

Persyaratan Doktor melalui Riset:

  1. Lulusan program magister terakreditasi dari Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri yang diakui oleh Kemenristek DIKTI dengan IPK minimum 3,00.
  2. Melengkapi dan menyerahkan berkas untuk ujian wawancara ke Sekretariat Program Studi S3 Ilmu Kedokteran sebelum ujian TPA dan ujian TOEFL berupa : ??? Kartu Ujian Peserta ??? Ijazah Spesialis/Magister (legalisir) ??? Transkrip Nilai Spesialis/Magister (legalisir) ??? Surat Rekomendasi ??? Surat pernyataan kesediaan menjadi Ketua Pembimbing Akademik (KPA). ??? Surat persetujuan menempuh Pendidikan Program Doktor Ilmu Kedokteran dari atasan langsung. ??? Calon peserta minimal telah memiliki publikasi ilmiah di jurnal internasional sebagai penulis pertama. ??? Sinopsis rencana penelitian (minimal 2 lembar dan maksimal 3 lembar) dengan isi (judul penelitian, latar belakang, rumusan masalah, pertanyaan peneltian, hipotesis penelitian dan tujuan penelitian).
  3. Lulus ujian wawancara

Lokasi Perkuliahan:

  1. Kuliah Program Dasar: Ruang Kuliah Kimia 3, Jl. Salemba Raya No. 4 Jakarta Pusat atau dengan metode daring (online).
  2. Bimbingan dan ujian: Gedung IMERI FKUI, Jl. Salemba Raya No. 6 Jakarta Pusat atau dengan metode daring (online).

Informasi Perkuliahan Perkuliahan dilaksanakan hari senin-jumat pukul 08.00-15.00 WIB.

Tanggal Ujian Wawancara Ujian wawancara dilaksanakan setelah pengumuman hasil ujian SIMAK (TPA dan TOEFL). Informasi mengenai jadwal wawancara dapat menghubungi Sekretariat Program Studi S3 Ilmu Kedokteran melalui alamat email s3ilmukedokteran@gmail.

Tautan atau link informasi pendaftaran https://s3ilmukedokteran.fk.ui.ac.id/pendaftaran/ Hp. 081510423888 (Sdr. Yana Maulana Yusuf)

Kedokteran Gigi
Ilmu Kedokteran Gigi

Persyaratan Prodi S3 - Doktor Ilmu Kedokteran Gigi

Persyaratan Doktor Jalur Kuliah & Riset

  1. Memiliki ijazah magister/ /swasta atau perguruan tinggi di luar negeri yang diakui oleh DIKTI atau memiliki ijazah dari perguruan tinggi luar negeri yang telah dilegalisir oleh DIKTI dengan IPK minimum 3.00.
  2. Lulus seleksi ujian SIMAK UI (Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris) sesuai dengan persyaratan Universitas Indonesia.
  3. Lulus tes wawancara
  4. Menyerahkan Pra Usulan Penelitian sesuai dengan format yang disediakan di Sekretariat Program Studi Pendidikan Doktor Ilmu Kedokteran Gigi
  5. Surat keterangan sehat dan surat keterangan bebas Napza (Narkotika, Psikotropika dan zat adiktif).
  6. Surat pernyataan izin/ tugas belajar dari instansi bagi calon peserta yang sudah bekerja

Persyaratan Tambahan Program Doktor Melalui Riset

  1. Menyerahkah 2 karya ilmiah mandiri hasil yang sudah dipublikasi internasional terindeks Scopus minimal Q4 dalam 3 tahun terakhir yang relevan dengan tema disertasi
  2. Menyerahkan kelompok yang pernah dilakukan

Persyaratan Administrasi

  1. Print out pendaftaran online yang sudah ditandatangani
  2. Foto copy ijazah Magister/Spesialis yang dilegalisir
  3. Transkrip Magister/Spesialis yang dilegalisir
  4. Identitas diri (foto kopi KTP/ SIM)
  5. 1 lbr foto berwarna 4 x 6
  6. Pra Usulan Penelitian
  7. Khusus bagi peserta jalur riset, menyertakan bukti publikasi ilmiah

Catatan : Bukti fisik dikirim dalam bentuk hard copy dan soft copy

  1. Soft copy dikirim melalui email bapfkgui@gmail.com, satu file dalam bentuk PDF
  2. Hard copy dikirim ke Bagian Administrasi Pendidikan FKGUI Jl. Salemba Raya No.4 Jakarta Pusat 10430 (dalam satu map warna hijau)
  3. Lokasi perkuliahan Salemba dan Depok
  4. Waktu Perkuliahan regular (disesuaikan dengan jadwal setiap mata kuliah)
  5. Ujian Kekhususan
    • Wawancara, daring, Senin, 24 Juni 2024, waktu (akan diinfokan menyusul)
    • Tes MPPI (akan diinfokan menyusul)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Biologi

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Untuk jalur riset (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis dari minimal 2 (dua) artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional dan sebagai penulis pertama minimal di salah satu artikel tersebut. b. menyiapkan proposal rencana riset dan lulus wawancara yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. sudah memiliki calon promotor d. bagi yang tidak memenuhi persyaratan a -- c, maka diwajibkan untuk mengikuti matrikulasi
  3. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan S2 Biologi, Kehutanan, Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kedokteran Hewan dan Pendidikan Biologi yang relevan dengan ilmu Biologi dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan dan kesetaraan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Ilmu Bahan-bahan/Material

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Untuk jalur riset (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis dari minimal 2 (dua) artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional dan sebagai penulis pertama minimal di salah satu artikel tersebut. b. menyiapkan proposal rencana riset dan lulus wawancara yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. sudah memiliki calon promotor d. bagi yang tidak memenuhi persyaratan a -- c, maka diwajibkan untuk mengikuti matrikulasi
  3. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan S2 Teknik dan MIPA yang relevan dengan ilmu Material dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan dan kesetaraan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Informasi lebih lanjut : Website : http://physics.ui.ac.id, Jl. Salemba Raya No.4 Jakarta 10430 Telp. 021-3907694 Email : ilmumaterial@sci.ui.ac.id Departemen Fisika, Kampus Universitas Indonesia, Depok 16424 Telp. 021- 7872609-10,7270160, Fax: 7863441, 78849007

Ilmu Fisika

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Untuk jalur riset (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis dari minimal 2 (dua) artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional dan sebagai penulis pertama minimal di salah satu artikel tersebut. b. menyiapkan proposal rencana riset dan lulus wawancara yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. sudah memiliki calon promotor d. bagi yang tidak memenuhi persyaratan a -- c, maka diwajibkan untuk mengikuti matrikulasi
  3. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Jalur Kuliah dan Riset Lulusan program S2 yang relevan dengan ilmu Fisika dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan dan kesetaraan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Informasi lebih lanjut:

PASCA SARJANA FISIKA UNVERSITAS INDONESIA Jl. Salemba Raya No. 4, jakarta 10430 Telp.3907694, 3927554, 3928339 Fax. 3928339 Email : doktorfisika@sci.ui.ac.id atau Departemen Fisika, Kampus Universitas Indonesia, Depok 16424 Telp: 021-7872609-10, 7270160, Fax: 786 3441, 78849007

Ilmu Kimia

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Untuk jalur riset (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis dari minimal 2 (dua) artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional dan sebagai penulis pertama minimal di salah satu artikel tersebut. b. menyiapkan proposal rencana riset dan lulus wawancara yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. sudah memiliki calon promotor d. bagi yang tidak memenuhi persyaratan a -- c, maka diwajibkan untuk mengikuti matrikulasi
  3. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan S2 bidang/setara dari Jurusan Kimia, Farmasi, Teknik Kimia yang relevan dengan ilmu Kimia dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan dan kesetaraan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Teknik
Arsitektur

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Arsitektur (M.Ars) atau Magister Teknik (MT) bidang Arsitektur baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Elektro

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik dari Teknik Elektro dan Teknik Komputer (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Industri

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA dan Ekonomi baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan.

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Kimia

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Mesin

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan dilakukan di Departemen Teknik Mesin FTUI

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Metalurgi dan Material

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Sipil

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan dilakukan di Departemen Teknik Sipil FTUI

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Ekonomi dan Bisnis
Ilmu Akuntansi

Persyaratan Jalur Kuliah dan Riset

  1. Lulusan S2 semua jurusan (ljazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi),
  2. IPK pada jenjang pendidikan sebelumnya Minimum 3.00 (skala 4)
  3. Mengikuti tahapan pendaftaran mahasiswa baru Universitas Indonesia melalui laman http://penerimaan.ui.ac.id.
  4. Mengikuti ujian Saringan Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) dan wawancara Prodi
  5. Mendapatkan minimal 1 rekomendasi tertulis dari akademisi minimal bergelar Doktor terkait studi yang akan ditempuh oleh calon mahasiswa
  6. Calon mahasiswa disarankan sudah mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal lnternasional Bereputasi (terindeks Scopus) dalam 5 tahun terakhir
  7. Membuat rencana proposal penelitian sesuai dengan bidang yang diminati (diserahkan sebelum wawancara).
  8. Membuat CV Terbaru dan diserahkan sebelum wawancara

Persyaratan Jalur Riset Persyaratan sama dengan Jalur Kuliah dan Riset, dengan tambahan syarat sebagai berikut:

  1. lPK pada jenjang sebelumnya minimum 3.5 (skala 4)
  2. Tel ah mengambil kelas Metode Riset yang ditunjukkan dari transkrip nilai atau sertifikat dari universitas/organisasi
  3. Minimum sudah memiliki 2 publikasi sebagai nama pertama dalam 3 tahun terakhir di jurnal internasional bereputasi dan jurnal nasional minimal SINTA 3
  4. Mendapatkan minimal 2 rekomendasi tertulis dari akademisi minimal bergelar Doktor terkait prestasi akademis pada jenjang pendidikan sebelumnya dan terkait studi yang akan ditempuh oleh calon mahasiswa

*Informasi lebih lanjut hub. program studi di : 0811-1666-580

Ilmu Ekonomi

Persyaratan Program Doktor Ilmu Ekonomi by Kuliah dan Riset (S3 PPIE kelas Kuliah dan Riset);

  1. Lulusan S2 Ilmu Ekonomi setara S2 PPIE atau bidang lain, akan lebih baik yang mengajarkan pendekatan kuantitatif (Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional).
  2. Mendaftar online, mengunggah ijazah dan transkrip nilai dan persyaratan lainnya. Serta mengikuti ujian saringan masuk.
  3. IPK S2 minimum 3.0.
  4. Lulus Ujian SIMAK UI (TPA minimum 550, Bahasa Inggris minimum 500 atau IELTS 6). Sebagai bahan pertimbangan silahkan melampirkan nilai TPA/TOEFL dari institusi lain jika ada (bukti diunggah di laman SIMAK UI).
  5. Mengunggah proposal riset pada akun pendaftaran online (bukti diunggah di laman SIMAK UI).
  6. Mengunggah 2 surat rekomendasi, minimal wajib mendapatkan 1 surat rekomendasi dari kalangan akademisi (bukti diunggah di laman SIMAK UI).

Persyaratan Program Doktor Ilmu Ekonomi by Riset (S3 PPIE kelas Riset);

  1. Lulusan S2 Ilmu Ekonomi setara S2 PPIE atau bidang lain, akan lebih baik yang mengajarkan pendekatan kuantitatif (Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional).
  2. Mendaftar online, mengunggah ijazah dan transkrip nilai dan persyaratan lainnya. Serta mengikuti ujian saringan masuk.
  3. IPK S2 minimum 3.3.
  4. Lulus Ujian SIMAK UI (TPA minimum 550, Bahasa Inggris/TOEFL minimum 550 atau IELTS 6.5). Sebagai bahan pertimbangan silahkan melampirkan nilai TPA/TOEFL dari institusi lain jika ada (bukti diunggah di laman SIMAK UI).
  5. Memiliki sekurangnya 1 artikel ilmiah yang telah diterbitkan, minimal pada jurnal nasional terakreditasi SINTA 2 (bukti diunggah di laman SIMAK UI).
  6. Mengunggah proposal riset pada akun pendaftaran online (bukti diunggah di laman SIMAK UI).
  7. Mengunggah 2 surat rekomendasi, minimal wajib mendapatkan 1 surat rekomendasi dari kalangan akademisi (akan lebih baik dari calon Tim Promotor). Bukti diunggah di laman SIMAK UI.

Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 021 788 49152/53 eks.853 atau (WA) +62 811-1990-729 atau klik link : https://s.id/ppiefebui

Ilmu Manajemen

S3 Jalur Kuliah :

  1. IPK minimum 3,00
  2. Asal S-2 semua jurusan.
  3. Lulus ujian SIMAK UI.
  4. Surat Rekomendasi berasal dari akademisi dan non-akademisi masing-masing minimal bergelar Doktor.
  5. Proposal rencana penelitian (diserahkan saat wawancara).
  6. Mengikuti ujian wawancara yang dilaksanakan oleh pogram studi.

S3 Jalur Riset :

  1. IPK minimum 3,00
  2. Asal S-2 semua jurusan.
  3. Calon mahasiswa minimal telah memiliki publikasi ilmiah yang telah diterbitkan pada jurnal ilmiah bereputasi.
  4. Mendapatkan minimal 1 rekomendasi tertulis dari calon Promotor/Kopromotor dari Program Studi Pascasarjana Ilmu Manajemen.
  5. Mendapatkan minimal 1 rekomendasi tertulis dari akademisi atau non-akademisi yang berkaitan dengan studi yang akan ditempuh oleh calon mahasiswa
  6. Proposal rencana riset diutamakan memiliki tema yang sesuai dengan agenda riset di salah satu Research Clusters Departemen Manajemen, FEB UI, yaitu : a. Digital Business and Economy. b. Halal Industri. c. Resilience and Sustainability. d. Organizational Transformation, People and Society. e. Innovatioan and Entrepreneurship.

*Waktu Perkuliahan S3 : Keuangan dan Perbankan/Pemasaran : Kegiatan perkuliahan dilakukan di hari Senin-Jumat (Pagi-Sore) Manajemen Stratejik : Kegiatan perkuliahan dilakukan di hari Kamis, Jumat (Malam) dan Sabtu (Pagi-Sore)

Brosur : https://s.id/ppimfebui , Website : ppim.feb.ui.ac.id, IG: @ppimfebui Nomor handphone dan alamat email program studi: +62 813-8466-0299 (wa only)/gsm.feb@ui.ac.id

*Akan ada wawancara dari Program Studi

Ilmu Pengetahuan Budaya
Arkeologi

JALUR RISET & KULIAH:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 6000 kata melalui email: prodidoktorarkeologi.fibui@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font TImes New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada melalui email: prodidoktorarkeologi.fibui@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  5. Menyerahkan sertifikat TOEFL Institusional (Institutional TOEFL) dengan nilai minimal 550 dan masih berlaku (maksimum 2 tahun);

  6. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  7. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.

JALUR RISET:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Memenuhi persyaratan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya untuk jalur riset program Doktor;

  3. Menyerahkan transkrip S2 sebagai bukti sudah mengambil MK metodologi atau MK lain yang terkait riset ke alamat email: prodidoktorarkeologi.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Menyerahkan tesis atau karya akhir S2 ke alamat email: prodidoktorarkeologi.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  5. Menyerahkan minimal 5 publikasi dalam bidang keilmuan yang sama dengan program Doktor dalam 5 tahun terakhir. (Artikel prosiding nasional ; Artikel prosiding internasional ; Artikel jurnal nasional tidak terakreditasi ; Artikel jurnal nasional terakreditasi ; Buku (nasional) ; Artikel jurnal internasional terindeks DOAJ/Copernicus ; Artikel jurnal internasional terindeks Scopus/T&R ; Buku (internasional) ; Buku (internasional terindeks / bereputasi)) ke alamat email: prodidoktorarkeologi.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  6. Menyerahkan proposal penelitian yang terdiri dari: Judul, Abstrak (maksimal 150 kata), Latar Belakang (maksimal 300 kata), Tinjauan Pustaka (maksimal 300 kata), Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian, Kebaruan (Novelty) (maksimal 150 kata). Metode Penelitian (maksimal 100 kata) dan Daftar Acuan ke alamat email: prodidoktorarkeologi.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  7. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  8. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;
Ilmu Filsafat

JALUR RISET & KULIAH:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 6000 kata melalui email: prodidoktorilmufilsafat.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font TImes New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada melalui email: prodidoktorilmufilsafat.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  5. Menyerahkan sertifikat TOEFL Institusional (Institutional TOEFL) dengan nilai minimal 550 dan masih berlaku (maksimum 2 tahun);

  6. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  7. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.

JALUR RISET:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Memenuhi persyaratan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya untuk jalur riset program Doktor;

  3. Menyerahkan transkrip S2 sebagai bukti sudah mengambil MK metodologi atau MK lain yang terkait riset ke alamat email: prodidoktorilmufilsafat.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Menyerahkan tesis atau karya akhir S2 ke alamat email: prodidoktorilmufilsafat.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  5. Menyerahkan minimal 5 publikasi dalam bidang keilmuan yang sama dengan program Doktor dalam 5 tahun terakhir. (Artikel prosiding nasional ; Artikel prosiding internasional ; Artikel jurnal nasional tidak terakreditasi ; Artikel jurnal nasional terakreditasi ; Buku (nasional) ; Artikel jurnal internasional terindeks DOAJ/Copernicus ; Artikel jurnal internasional terindeks Scopus/T&R ; Buku (internasional) ; Buku (internasional terindeks / bereputasi)) ke alamat email: prodidoktorilmufilsafat.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  6. Menyerahkan proposal penelitian yang terdiri dari: Judul, Abstrak (maksimal 150 kata), Latar Belakang (maksimal 300 kata), Tinjauan Pustaka (maksimal 300 kata), Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian, Kebaruan (Novelty) (maksimal 150 kata). Metode Penelitian (maksimal 100 kata) dan Daftar Acuan ke alamat email: prodidoktorilmufilsafat.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  7. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  8. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;
Ilmu Linguistik

JALUR RISET & KULIAH:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 6000 kata melalui email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font Times New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada melalui email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Calon mahasiswa menyerahkan CV (nama, tempat/tanggal lahir, alamat, no. telp, Email, riwayat pendidikan, pelatihan, pengalaman kerja, pengalaman penelitian, dan publikasi ilmiah);

  5. Selain seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris, calon mahasiswa akan dipanggil untuk wawancara untuk memaparkan proposal rencana studi yang telah dibuat melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK);

  6. Menyerahkan sertifikat TOEFL Institusional (Institutional TOEFL) dengan nilai minimal 550 dan masih berlaku (maksimum 2 tahun) yang dikeluarkan Lembaga Bahasa Internasional (LBI) FIB UI. Penyerahan TOEFL dengan skor minimal tersebut menjadi prasyarat bagi ujian Laporan Perkembangan Riset.;

  7. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  8. Calon mahasiswa yang berasal dari bidang ilmu yang tidak sebidang dan/atau dinilai belum memenuhi kompetensi bidang studi yang dimasukinya mengikuti program matrikulasi untuk mengejar kompetensi yang dipersyaratkan. Mata kuliah yang diikuti oleh peserta Program Matrikulasi ditetapkan oleh Program Studi dan diikuti pada jenjang studi di bawahnya.

JALUR RISET:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Memenuhi persyaratan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya untuk jalur riset program Doktor;

  3. Menyerahkan transkrip S2 sebagai bukti sudah mengambil MK metodologi atau MK lain yang terkait riset ke alamat email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Menyerahkan tesis atau karya akhir S2 ke alamat email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  5. Menyerahkan minimal 5 publikasi dalam bidang keilmuan yang sama dengan program Doktor dalam 5 tahun terakhir. (Artikel prosiding nasional ; Artikel prosiding internasional ; Artikel jurnal nasional tidak terakreditasi ; Artikel jurnal nasional terakreditasi ; Buku (nasional) ; Artikel jurnal internasional terindeks DOAJ/Copernicus ; Artikel jurnal internasional terindeks Scopus/T&R ; Buku (internasional) ; Buku (internasional terindeks / bereputasi)) ke alamat email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  6. Menyerahkan proposal penelitian yang terdiri dari: Judul, Abstrak (maksimal 150 kata), Latar Belakang (maksimal 300 kata), Tinjauan Pustaka (maksimal 300 kata), Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian, Kebaruan (Novelty) (maksimal 150 kata). Metode Penelitian (maksimal 100 kata) dan Daftar Acuan ke alamat email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  7. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  8. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;
Ilmu Sejarah

JALUR RISET & KULIAH:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 6000 kata melalui email: prodidoktorilmusejarah.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font TImes New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada melalui email: prodidoktorilmusejarah.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  5. Menyerahkan sertifikat TOEFL Institusional (Institutional TOEFL) dengan nilai minimal 550 dan masih berlaku (maksimum 2 tahun);

  6. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  7. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.

JALUR RISET:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Memenuhi persyaratan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya untuk jalur riset program Doktor;

  3. Menyerahkan transkrip S2 sebagai bukti sudah mengambil MK metodologi atau MK lain yang terkait riset ke alamat email: prodidoktorilmusejarah.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Menyerahkan tesis atau karya akhir S2 ke alamat email: prodidoktorilmusejarah.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  5. Menyerahkan minimal 5 publikasi dalam bidang keilmuan yang sama dengan program Doktor dalam 5 tahun terakhir. (Artikel prosiding nasional ; Artikel prosiding internasional ; Artikel jurnal nasional tidak terakreditasi ; Artikel jurnal nasional terakreditasi ; Buku (nasional) ; Artikel jurnal internasional terindeks DOAJ/Copernicus ; Artikel jurnal internasional terindeks Scopus/T&R ; Buku (internasional) ; Buku (internasional terindeks / bereputasi)) ke alamat email: prodidoktorilmusejarah.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  6. Menyerahkan proposal penelitian yang terdiri dari: Judul, Abstrak (maksimal 150 kata), Latar Belakang (maksimal 300 kata), Tinjauan Pustaka (maksimal 300 kata), Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian, Kebaruan (Novelty) (maksimal 150 kata). Metode Penelitian (maksimal 100 kata) dan Daftar Acuan ke alamat email: prodidoktorilmusejarah.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  7. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  8. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;
Ilmu Susastra

JALUR RISET & KULIAH:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 6000 kata melalui email: prodidoktorilmususastra.fibui@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata yang terdiri dari: Judul, Abstrak (maksimal 150 kata), Latar Belakang (maksimal 300 kata), Tinjauan Pustaka (maksimal 300 kata), Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian, Kebaruan (Novelty) (maksimal 150 kata), Metode Penelitian (maksimal 100 kata) dan Daftar Acuan dengan ukuran font Times New Roman 12, spasi 1,5 ke alamat email: prodidoktorilmususastra.fibui@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Menyerahkan CV (Nama, Tempat/tanggal lahir, alamat, no. telp, Email, riwayat pendidikan, pelatihan, pengalaman kerja, pengalaman penelitian dan atau publikasi ilmiah. Tautan untuk format templat CV: https://drive.google.com/drive/u/1/folders/1KW3HdhtGrR9Q9cb37eWC-1OIZlQOyZoi

  5. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara. Wawancara akan dilaksanakan secara daring;;

  6. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  7. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.

JALUR RISET:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Memenuhi persyaratan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya untuk jalur riset program Doktor;

  3. Menyerahkan transkrip S2 sebagai bukti sudah mengambil MK metodologi atau MK lain yang terkait riset ke alamat email: prodidoktorilmususastra.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Menyerahkan tesis atau karya akhir S2 ke alamat email: prodidoktorilmususastra.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  5. Menyerahkan minimal 5 publikasi dalam bidang keilmuan yang sama dengan program Doktor dalam 5 tahun terakhir. (Artikel prosiding nasional ; Artikel prosiding internasional ; Artikel jurnal nasional tidak terakreditasi ; Artikel jurnal nasional terakreditasi ; Buku (nasional) ; Artikel jurnal internasional terindeks DOAJ/Copernicus ; Artikel jurnal internasional terindeks Scopus/T&R ; Buku (internasional) ; Buku (internasional terindeks / bereputasi)) ke alamat email: prodidoktorilmususastra.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  6. Menyerahkan proposal penelitian yang terdiri dari: Judul, Abstrak (maksimal 150 kata), Latar Belakang (maksimal 300 kata), Tinjauan Pustaka (maksimal 300 kata), Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian, Kebaruan (Novelty) (maksimal 150 kata). Metode Penelitian (maksimal 100 kata) dan Daftar Acuan dengan ukuran font Times New Roman 12, spasi 1,5 ke alamat email: prodidoktorilmususastra.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  7. Menyerahkan CV (Nama, Tempat/tanggal lahir, alamat, no. telp, Email, riwayat pendidikan, pelatihan, pengalaman kerja, pengalaman penelitian dan atau publikasi ilmiah. Tautan untuk format templat CV: https://drive.google.com/drive/u/1/folders/1KW3HdhtGrR9Q9cb37eWC-1OIZlQOyZoi

  8. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  9. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;
Psikologi
Psikologi

Persyaratan Umum untuk Pendaftar

  1. Pendaftar adalah lulusan Pendidikan Strata 2 (Magister/Master) dengan IPK minimal 3,25 untuk S3 Jalur Kuliah dan Riset (dalam rentang skala 0 ??? 4)
  2. Pendaftar adalah lulusan Program Studi S1 dan S2 dimana salah satu program yang diikuti berasal dari Program Studi Psikologi.
  3. Nilai TPA Universitas (nilai minimum 550)
  4. Nilai TOEFL (skor minimum 500) atau IELTS (skor minimum 6) atau lulus Ujian Masuk Bahasa Inggris yang diadakan oleh Universitas
  5. Berasal dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi dengan nilai minimal B.
  6. Ijazah dari perguruan tinggi swasta harus telah disetarakan oleh Kopertis. Ijazah dari perguruan tinggi di luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).
  7. Calon yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) atau tidak berbahasa ibu Bahasa Indonesia harus memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang memadai untuk mengikuti program doktor, serta mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kemampuan Bahasa Indonesia dinyatakan dengan menyerahkan sertifikat kursus Bahasa Indonesia.
  8. Pendaftar menyatakan kesediaan untuk mengikuti pendidikan penuh waktu di hari kerja. Bagi pendaftar yang telah bekerja, memiliki surat tugas belajar atau surat izin belajar dari instansi/ perusahaannya. Surat Tugas Belajar harus diunggah bersama dengan ijazah sesuai persyaratan di atas.

Persyaratan Khusus untuk S3 Jalur Riset

  1. Pendaftar adalah lulusan Pendidikan Strata 2 (Magister/Master) dengan IPK minimal 3,5 untuk S3 Jalur Riset (dalam rentang skala 0 ??? 4)
  2. Pendaftar minimal telah memiliki publikasi ilmiah minimal di Jurnal Ilmiah Sinta 2 di topik yang relevan
  3. Mendapatkan Surat Rekomendasi dari calon Promotor/ Kopromotor dari Fakultas Psikologi UI

Berkas Pendaftaran Ujian Tahap II

  1. Scan Ijazah asli (S1 dan S2)
  2. Scan Transkrip asli (S1 dan S2)
  3. Curriculum Vitae
  4. Motivational Letter
  5. Surat Rekomendasi dari Atasan Langsung (apabila sedang bekerja)
  6. Surat Rekomendasi dari Calon Promotor di Kelompok Riset/Laboratorium F.Psi UI
  7. Pra-proposal penelitian disertasi (k.l. maksimal 5000 kata) memuat judul, pendahuluan (latar belakang permasalahan, pertanyaan penelitian, kebaruan, tujuan dan manfaat penelitian), tinjauan kepustakaan, hipotesis (bila ada), metode penelitian, dan daftar pustaka. Format pra proposal penelitian disertasi dapat diunduh dari https://psikologi.ui.ac.id/download/.
  8. Daftar dan bukti (softcopy) karya ilmiah yang dihasilkan dalam 5 tahun terakhir, seperti yang dipresentasikan dalam konferensi atau dipublikasikan dalam jurnal, terutama yang berhubungan dengan bidang ilmu dan topik yang sedang/akan ditekuni untuk studi doktoral pendaftar.

Tes Masuk

  1. Tes Tahap 1 : TPA dan Bahasa Inggris
  2. Tes Tahap 2 : Wawancara, Ujian Lisan Pra Proposal Disertasi, dan Ujian Metodologi Penelitian & Statistik

Tanggal Penting

  1. 25 Sept - 27 Okt 2024 : Pendaftaran SIMAK
  2. 3 November 2024 : Ujian SIMAK Tahap 1
  3. 15 November 2024 : Pengumuman daftar nama peserta seleksi Tahap II di https://psikologi.ui.ac.id/
  4. 23 November 2024 : Deadline pengumpulan berkas pendaftaran Ujian Tahap II
  5. 25 November 2024 : Pengumuman Jadwal Tes Tahap 2
  6. 27 - 29 Nov 2024 : Ujian SIMAK Tahap 2
  7. 5 Desember 2024 : Pengumuman hasil SIMAK di penerimaan.ui.ac.id

Link Penting

  1. Link unggah berkas pendaftaran : https://bit.ly/BerkasSeleksiS3-Tahap2
  2. Link pengumuman Jadwal Tes Tahap 2 : https://psikologi.ui.ac.id/
  3. Link informasi calon promotor : https://bit.ly/DaftarPromotor-S3FPsiUI
  4. Form Rekomendasi Calon Promotor : https://psikologi.ui.ac.id/download/

Infomasi Penting

  1. Tes Tahap 2 dilakukan secara luring di Fakultas Psikologi UI Depok
  2. Perkuliahan untuk S3 Jalur Riset dimulai di bulan Februari 2025 Perkuliahan untuk S3 Jalur Kuliah & Riset dimulai di bulan Agustus/September 2025
  3. Perkuliahan dilaksanakan di Kampus UI Depok
  4. Pertanyaan seputar seleksi masuk dapat dikirimkan ke prodidoktor.psi@ui.ac.id, atau no hp 0857-1800-5839 (whatsapp only).
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Antropologi

(1) Penyandang gelar Magister berbagai disiplin Ilmu (Ijasah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat penyetaraan dari Dikti). (2) Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) (3) Sebagai kelengkapan wawancara, pendaftar wajib menyerahkan Statement of Intent (SOI) sesuai format yang telah ditetapkan. Unduh format di https://s.id/soifisipui Pengumpulan SOI dikirim langsung ke Sekretariat Program Pascasarjana Antropologi FISIP UI, Ged.B lantai 1, Kampus Depok atau melalui email pascant@gmail.com.

Ujian kekhususan/Wawancara akan diinformasikan kemudian setelah ujian tulis.

Lokasi perkuliahan di Kampus UI Depok

Ilmu Kesejahteraan Sosial

Persyaratan

  1. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  2. Surat izin dari pimpinan bagi calon mahasiswa dari institusi pemerintah.
  3. Surat rekomendasi dari 2 (dua) orang yang minimal bergelar doktor / S3.
  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online : fotocopy ijazah S2 dan fotocopy transkrip S2. Untuk lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kersarjanaan di Indonesia oleh DIKTI - Kementerian Pendidikan Nasional.
  5. Menyerahkan Proposal minimal 15 halaman dan maksimal 20 halaman dan curriculum vitae (CV) ke Program Pascasarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial, FISIP UI, Gedung Nusantara 2 Lt. 2 FISIP UI Depok atau melalui email : valent.geta@gmail.com. (Informasi lebih lanjut dapat menghubungi program di nomor telp. 021.7270176 atau 021.7270228 atau dengan Saudara Valent di nomor telp. 08129982624.
  6. Perkuliahan dilakukan di Kampus UI Depok, dimulai dari jam 08.00 s/d 16.30 seminggu 3 kali.
Ilmu Komunikasi

Persyaratan

  1. Tahap I. Lulus Tes TPA dan Bahasa Inggris (diselenggarakan oleh Universitas Indonesia).

  2. Tahap II. Lulus Tes yang meliputi :

    a. Wawancara b. Motivational Letter c. Outline Penelitian d. Publikasi Ilmiah

  3. Lokasi Perkuliahan : Salemba

  4. Waktu Perkuliahan : 08.00 s/d 17.00 WIB

  5. Informasi dapat menghubungi program di no. Telpon: 021-3156941/3904722.
Ilmu Politik
  1. Persyaratan :

    1). Mendaftar Secara Online

    2). Mengunggah Dokumen di Akun Pendaftaran Online:

      a.  pas photo berwarna ukuran 4x6;
    
      b.  fotocopy ijazah S2 yang telah dilegalisir (untuk lulusan perguruan tinggi luar negeri 
           ijazah harus disahkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan);
    
      c.  fotocopy transkrip S2 yang telah dilegalisir:
    
      d.  surat rekomendasi dari 2 (dua) orang yang minimal bergelar Doktor / S3.

    3). Mengikuti Ujian TPA dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia.

    4). Mengirim dokumen berikut ke Sekretariat Program Pascasarjana Ilmu Politik secara langsung atau melalui pos / jasa ekspedisi setelah nilai memenuhi syarat (eligible) dan akan dihubungi oleh sekretariat

      a. daftar riwayat hidup (CV);
    
      b. dokumen MoU atau kerjasama institusi asal dengan Universitas Indonesia (jika ada);
    
      c. surat izin dari pimpinan bagi calon mahasiswa dari instansi pemerintahan;
    
      d. fotocopy tesis S2;
    
      e. proposal penelitian minimal 20 halaman dan dicopy sebanyak 6 (enam) eksemplar
          dengan format :
    
          -  Judul
          -  Latar Belakang
          -  Permasalahan dan pertanyaan penelitian
          -  Metode Penelitian
          -  Kerangka Teori
          -  Sistematika penulisan (pembabakan dalam pembahasan) 

    5). Mengikuti Ujian Kekhususan (essay), proposal penelitian, dan wawancara (jadwal menyusul)

  2. Lokasi Perkuliahan : Kampus UI Depok

  3. Waktu Perkuliahan : Reguler Pagi sampai dengan Malam

  4. Informasi lebih jelas dapat diperoleh melalui website : www.pascapol.fisip.ui.ac.id atau menghubungi sekretariat di nomor telp. 021-788846648, fax. 021-7863102, atau email dengan alamat : pascapolitik.fisipui@ui.ac.id
Kriminologi

Sesuai Syarat di dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Indonesia, Nomor : 1727/SK/R/UI/2018, tentang Penyelenggaraan Program Doktor

  1. Mendapatkan surat rekomendasi dari 2 (dua) orang yang minimal bergelar doktor (S3)
  2. Menyerahkan Proposal di Sekretariat Departemen Kriminologi Gedung Nusantara I Lantai 2
  3. Mengikuti Ujian Kekhususan / Wawancara
  4. Tanggal Ujian Kekhususan hanya dilakukan untuk Calon Mahasiswa Program Doktor, waktu akan dihubungi melalui kontak personal.
  5. Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 3.25
  6. Nilai TOEFL 500 / IELST Minimum 6
  7. Nilai TPA Universitas Indonesia Nilai Minimum 550

Melengkapi Pendaftaran dan Persyaratan Online Dengan Mengupload Dokumen-Dokumen sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam https://penerimaan.ui.ac.id.

Lokasi Perkuliahan : Departemen Kriminologi FISIP UI Gedung Nusantara I Lantai 2 dan Lantai 3 Kampus UI Depok

Jam perkuliahan : Jumat, 15.30 s/d 21.30 WIB Sabtu, 08.00 s/d 16.30 WIB

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Program di no. Telpon: 021 7271574

Sosiologi

A. Persyaratan Program Doktor Kuliah dan Riset

  1. Lulus S2 Bidang Ilmu Sosial/Humaniora dari Universitas dalam atau luar negeri (ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapatkan penyetaraan dari DIKTI). Atau lulus S2 semua bidang dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun dalam bidang ilmu sosial/humaniora
  2. IPK minimal 3.0 (dari rentang 0.0 - 4.0)
  3. Lulus Ujian Tertulis Tingkat Universitas
  4. Lulus Ujian Kekhususan / Wawancara di Tingkat Program Studi
  5. Bagi yang dinyatakan lulus dengan wajib matrikulasi, mengikuti matrikulasi selama 2 semester dan lulus mata kuliah matrikulasi dengan nilai minimal B
  6. Proposal menjadi dasar untuk ujian wawancara
  7. Lokasi Perkuliahan : Kampus UI Depok
  8. Waktu Perkuliahan : Jam 08.00 s/d 16.30 untuk Mata Kuliah Pilihan Jam 17.00 s/d 21.00 untuk Kuliah Matrikulasi
  9. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Program Pascasarjana dengan nomor telepon 021.78849024 atau 021.78849023 atau melalui email : doktoral.sosio@gmail.com.

B. Persyaratan Program Doktor Jalur Riset (S3 by Research)

  1. Lulus S2 Bidang Ilmu Sosial/Humaniora dari Universitas dalam atau luar negeri (ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapatkan penyetaraan dari DIKTI). Atau lulus S2 semua bidang dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun dalam bidang ilmu sosial/humaniora.
  2. Indeks Penilaian Kumulatif (IPK) S2 minimum 3.00 (rentang 0-4)
  3. Memiliki Nilai TOEFL (skor minimum 500) atau IELTS (skor minimum 6) atau lulus ujian Bahasa Inggris yang diadakan Universitas Indonesia.
  4. Lulus Ujian Tertulis Tingkat Universitas
  5. Lulus wawancara dan penilaian rencana riset/pra proposal oleh Program Pascasarjana Sosiologi.
  6. Calon mahasiswa minimal telah memiliki 2 (dua) publikasi ilmiah,yaitu berupa 2 (dua) Jurnal Ilmiah nasional terakreditasi atau 1 (satu) jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan 1 (satu) jurnal Ilmiah Internasional.
  7. Ketersediaan dan kesediaan dari calon promotor yang relevan dengan minat calon mahasiswa untuk informasi hal ini, calon mahasiswa dapat menghubungi Program Pascasarjana Sosiologi
  8. Bagi yang dinyatakan lulus dengan wajib matrikulasi, mengikuti matrikulasi selama 2 semester dan lulus mata kuliah matrikulasi dengan nilai B+
Kesehatan Masyarakat
Epidemiologi

Persyaratan S3 Epidemiologi

  1. Form rekomendasi calon peserta dapat diisi oleh Staf Pengajar dari tempat pendidikan yang diperoleh sebelumnya /Pimpinan/atasan tempat kerja yang mengenal baik dengan calon peserta.
  2. Memenuhi persyaratan UI (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  3. Calon mahasiswa lulusan luar negeri harus mengunggah penyetaraan ijazah dari Dikti pada web penerimaan.ui.ac.id bersama-sama dengan persyaratan lain
  4. Latar belakang pendidikan calon mahasiswa adalah magister atau setara dengan magister (spesialis) alam bidang kesehatan dari program studi yang terakreditasi
  5. Ujian untuk S3 Epidemiologi akan dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap yaitu: 1) Tahap 1: Ujian Tulis (SIMAK UI) 2) Tahap 2: Presentasi Pra Proposal dan Wawancara (Selama masa pandemi Covid-19 ujian akan dilaksanakan secara daring dengan aplikasi Zoom)
  6. Peserta yang mengikuti seleksi Tahap 2 adalah peserta yang telah lulus Ujian Tahap 1. Untuk mengikuti seleksi Tahap 2, peserta harus mempersiapkan Pra Proposal Penelitian dan bahan yang akan dipresentasikan dalam bentuk MS Power Point (PPT) dengan ketentuan sebagai berikut: 1) Pra Proposal Penelitian maksimum 1000 kata terdiri dari: a. Judul Penelitian b. Latar Belakang Masalah c. Tujuan Penelitian d. Metode Penelitian:
  7. Disain penelitian
  8. Populasi dan sampel
  9. Metode pengumpulan data
  10. Rencana analisis data e. Keterbaruan (novelty) 2) Bahan presentasi (PPT) dibuat dengan jumlah maksimum 25 slide dengan alokasi waktu presentasi 10-15 menit.
  11. Peserta yang lulus Ujian Tahap 1 akan diumumkan melalui www.fkm.ui.ac.id dengan perkiraan waktu pengumuman 7 hari setelah Ujian Tahap 1. Mohon setiap peserta dapat memantau web tersebut.
Ilmu Kesehatan Masyarakat

Persyaratan Masuk Prodi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat

  1. Memiliki gelar magister dari program studi yang terakreditasi BAN PT/LAM-PTKes
  2. Calon mahasiswa lulusan luar negeri harus mengunggah penyetaraan ijazah dari Dikti pada web penerimaan.ui.ac.id bersama-sama dengan persyaratan lain
  3. Lulus ujian saringan SIMAK UI (tahap 1)
  4. Lulus Ujian Lisan FKM UI (tahap 2)

Proses Seleksi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat

  • Peserta yang lulus Ujian Tahap 1 akan diumumkan melalui www.fkm.ui.ac.id dengan perkiraan waktu pengumuman 7 hari setelah Ujian Tahap 1. Mohon setiap peserta dapat memantau web tersebut, karena akan diumumkan waktu pelaksanaan ujian tahap 2.
  • Untuk mengikuti Ujian Lisan FKM UI (Tahap 2) peserta harus mempersiapkan: 1) Extended Abstract Rencana Penelitian maksimum 1000 kata terdiri dari: a. Judul Penelitian b. Latar Belakang Masalah c. Tujuan Penelitian d. Metode Penelitian:
    1. Disain penelitian
    2. Populasi dan sampel
    3. Metode pengumpulan data
    4. Rencana analisis data e. Keterbaruan (novelty) 2) Bahan presentasi (PPT) dibuat dengan jumlah maksimum 25 slide dengan alokasi waktu presentasi 10-15 menit. 3) CV peserta yang mencakup Riwayat Pendidikan,pekerjaan, penelitian dan publikasi. Untuk penelitian dan publikasi dituliskan sebagai penulis/peneliti utama atau anggota. Untuk publikasi disertakan link yang dapat diakses.
  • Extended Abstract Rencana Penelitian dan PPT diterima oleh Sekretariat Prodi 2 hari sebelum tanggal ujian yang ditetapkan
  • Ujian tahap 2 dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom.
  • Sekretariat akan mengumumkan waktu dan kelompoknya kepada peserta melalui whatsapp. Peserta diharapkan hadir tepat waktu dan mempersiapkan sinyal dan perangkat laptopnya dengan baik.
  • Peserta yang lulus Ujian Tahap 2 akan diumumkan melalui www.fkm.ui.ac.id dengan perkiraan waktu pengumuman 7 hari setelah Ujian Tahap 2.
  • Untuk mereka yang telah dinyatakan lulus akan diadakan pertemuan secara daring untuk dijelaskan proses pendaftaran selanjutnya.
  • Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat UI membuka 2 jalur, yaitu Kelas Kuliah dan Riset dan Kelas Riset. Tawaran untuk kelas Riset hanya diberikan pada peserta yang memenuhi kriteria tertentu, antara lain:
    1. Mempunyai pengalaman melaksanakan penelitian dan menjadi peneliti utama. Bukti berupa scan cover abstrak/ringkasan dan pernyataan yang mencantumkan nama peserta sebagai peneliti utama.
    2. Pernah mempublikasikan penelitiannya pada jurnal ilmiah minimal 1 sebagai penulis utama. Bukti berupa link ke jurnal ilmiah yang dapat di akses sekretariat.
Ilmu Komputer
Ilmu Komputer

Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar ke program DIK:

  1. Memiliki ijazah Magister (S2) pada latar belakang sebidang (ilmu komputer/informatika, sistem informasi, teknik komputer) atau yang terkait dengan topik riset yang diusulkan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 (pada skala 4.00).

  2. Calon mahasiswa sudah harus mendapatkan pernyataan tertulis kesediaan calon pembimbing dari seorang dosen tetap Fasilkom UI yang telah bergelar doktor dengan Jabatan Fungsional Guru Besar atau Lektor Kepala (Promotor) dan Lektor (Kopromotor). Dalam rangka memberikan persetujuan ini, dosen yang bersangkutan dapat saja memberikan tugas mandiri untuk menguji kesesuaian dan kelayakan potensi riset calon mahasiswa, misalnya membuat rangkuman paper ilmiah, atau mempresentasikan suatu topik tertentu. Calon mahasiswa perlu menghubungi calon pembimbing jauh-jauh hari sebelum batas pendaftaran.

Daftar dosen yang dapat membimbing mahasiswa DIK dapat dilihat melalui: https://cs.ui.ac.id/doktor-ilmu-komputer/daftar-dosen-pembimbing-program-doktor-s3/

  1. Calon mahasiswa, khususnya yang belum memiliki publikasi internasional, diutamakan yang telah memiliki sertifikat Academic Writing in English (minimum tingkat Elementary) atau English for Research Writing dari lembaga yang bereputasi misalnya dari Lembaga Bahasa Internasional Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia atau lembaga bereputasi lainnya.

Rincian Berkas Tambahan

  1. Ijazah magister dan ijazah sarjana yang telah dilegalisir
  2. Transkrip akademik magister dan sarjana yang telah dilegalisir
  3. Lembar Research Statement (2-3 halaman) yang berisi pernyataan minat dan motivasi riset.
  4. Surat rekomendasi dari dua mantan dosen pembimbing atau atasan mengenai kemampuan akademik.
  5. Surat izin dari atasan (apabila sedang bekerja).
  6. CV lengkap yang memperlihatkan track record terkait dengan arah riset (template)
  7. Surat pernyataan kesanggupan untuk memenuhi kewajiban pembiayaan kuliah atau pernyataan beasiswa bila mendapatkan beasiswa dari institusi.
  8. Surat pernyataan kesediaan calon pembimbing dari salah satu dosen Fakultas Ilmu Komputer yang telah bergelar doktor (template) dengan detail ketentuan sebagai berikut. Dosen dengan jabatan fungsional Guru Besar atau Lektor Kepala sebagai calon Promotor; Dosen dengan jabatan fungsional minimal Lektor sebagai Kopromotor. Keberadaan Kopromotor bersifat opsional.
  9. Proposal penelitian doktoral.

Informasi lebih rinci (termasuk formulir rekomendasi, persetujuan calon pembimbing, dan template CV) dapat dilihat pada: https://cs.ui.ac.id/doktor-ilmu-komputer/

Berkas tambahan harus sudah diserahkan pada saat ujian bidang dalam bentuk softcopy (via email ke sekreakademik@cs.ui.ac.id). Kelalaian dalam mengunggah salah satu dari dokumen-dokumen di atas berdampak calon didiskualifikasi dalam proses penerimaan pada program studi DIK Fasilkom UI.

Tanggal Penting:

Ujian tertulis Dasar Bidang Ilmu Komputasi: Jumat, 1 November 2024, pk. 09.00-11.00 WIB

Ujian wawancara & presentasi rencana riset (calon akan dihubungi oleh tim sekretariat Fasilkom UI): 11 - 22 November 2024.

Informasi Lab Riset, Pusat Penelitian, dan Kegiatan Perkuliahan

Informasi mengenai lab riset dan pusat penelitian di Fasilkom UI dapat dilihat di Menu Penelitian pada: https://cs.ui.ac.id/laboratorium-pusat-penelitian/

Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Kampus Fasilkom UI, Depok. Perkuliahan dilaksanakan pada pagi/siang hari.

Ilmu Keperawatan
Ilmu Keperawatan

Bagi lulusan Magister dan atau Ners Spesialis

Persyaratan Akademik:

  1. Memiliki ijazah S.Kp atau Ners dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B atau setara;
  2. Memiliki ijazah Magister Keperawatan/ Magister ilmu kesehatan (Biomedik/ Kesehatan Masyarakat) atau Ners Spesialis dari perguruan tinggi dalam atau luar negeri yang terakreditasi minimal B atau setara;
  3. Memiliki Sertifikat Kompetensi atau Surat Tanda Registrasi (STR);
  4. Memiliki pengalaman kerja minimal satu tahun dalam bidang keperawatan setelah lulus magister/ spesialis;
  5. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3 (dari skala 4.00);
  6. Memenuhi kriteria minimum skor TPA dan Bahasa Inggris sesuai ketentuan UI;
  7. Memiliki rancangan proposal disertasi;
  8. Mendapat rekomendasi dari pewawancara (setelah wawancara di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia)

Apabila topik praproposal disertasi tidak linear dengan latar belakang peminatan di program Magister/ Spesialis wajib mengikuti matrikulasi 1-2 semester sebelum mengikuti pendidikan doktor**.

Persyaratan Administrasi:

  1. Mendaftar secara online di situs penerimaan.ui.ac.id
  2. Mengisi rekam jejak dan mengunggah dokumen persyaratan akademik di tautan http://tiny.cc/FormS3-RekamJejak sebagai berikut; a. Ijazah S.Kp atau Ners; b. Ijazah Magister. dan atau Ners Spesialis; c. Sertifikat akreditasi institusi pendidikan minimal B (saat lulus Ners dan Magister/Spesialis); d. Sertifikat kompetensi atau Surat Tanda Registrasi (STR); e. Surat keterangan pengalaman kerja; f. Surat izin/ tugas belajar dari pimpinan institusi asal bekerja; g. TPA dan TOEFL yang masih berlaku (jika ada); Dokumen a-g dijadikan satu (1) file pdf). Apabila tidak mengunggah dokumen tersebut dianggap tidak memenuhi persyaratan administrasi

  3. Mengunggah Rancangan PraProposal Disertasi sesuai template saat mengisi rekam jejak;
  4. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran SIMAK UI;
  5. Mengikuti ujian tulis yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia;
  6. Mengikuti wawancara dan ujian proposal yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Keperawatan UI

Tempat dan Waktu Perkuliahan

Tempat : Kampus UI Depok.

Waktu : 3 hari/minggu; jam antara 08:00 sampai dengan jam 18:00 untuk semester 1 dan 2. Selanjutnya, jam perkuliahan menyesuaikan dengan sks mata kuliah dan jadwal bimbingan.

Tanggal-Tanggal Penting:

Pendaftaran : 16 Mei sampai 13 Juni 2024
Pengisian rekam jejak : 16 Mei sampai 13 Juni 2024
Ujian tulis : 16 Juni 2024
Wawancara : 24 Juni 2024 secara daring menggunakan Zoom

Informasi lebih lanjut hubungi: academic-nursing@ui.ac.id

*Ketentuan Matrikulasi (SK Dekan FIK UI No. 398/SK/D/FIK/2021)

Bagi calon mahasiswa Program Studi Doktor, yang memiliki:

  1. Ijazah ners dan magister non Kesehatan/ keperawatan (MM, MBA, dll), wajib mengikuti matrikulasi 2 semester;
  2. Ijazah ners dan magister Kesehatan non keperawatan (M.Biomed, M.K.M., M.Epid) wajib mengikuti matrikulasi 1-2 semester sesuai hasil telaah oleh departemen terkait;
  3. Ijazah magister keperawatan tanpa spesialis dan memiliki rencana penelitian disertasi sesuai dengan peminatan, tidak perlu pengikuti matrikulasi;
  4. Ijazah magister keperawatan tanpa spesialis dan memiliki rencana penelitian disertasi tidak sesuai dengan peminatan, akan ditelaah oleh departmen terkait untuk menetapkan perlu tidaknya mengikuti matrikulasi.
Farmasi
Ilmu Farmasi
  1. Lulusan Program Magister sebidang dengan bidang penelitian yang akan diambil di Program Studi Doktor Ilmu Farmasi Fakultas Farmasi UI (Bidang Penelitian: Bahan Alam untuk Obat dan Kosmetik, Bioteknologi, Farmakologi dan Toksikologi, Farmasi Klinik, Kimia Farmasi, dan Teknologi Farmasi dan Kosmetik).

  2. Untuk lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri, ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah magister di Indonesia oleh Ditjen Dikti.

  3. Tes masuk terdiri dari 3 tahap: a. Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia b. Penilaian Pra-Proposal Riset c. Wawancara

  4. Calon mahasiswa akan dihubungi oleh Sekretariat Program Studi Doktor Ilmu Farmasi untuk Ujian Pra-Proposal Riset dan Wawancara apabila lulus ujian TPA dan Bahasa Indonesia yang diselenggarakan Universitas Indonesia atau memiliki dokumen TPA dari eksternal dan TOEFL/IELTS maksimal 2 tahun sebelum pelaksanaan SIMAK UI.

  5. Dokumen Pra-Proposal Penelitian sudah dikonsultasikan oleh Calon Promotor dari Fakultas Farmasi UI serta diunggah ke dalam sistem pendaftaran SIMAK dan dikirim dalam bentuk PDF ke prodi_s3@farmasi.ui.ac.id.

  6. Rekomendasi calon Promotor (Dosen UI) berdasarkan hasil korespondensi sebelumnya dengan calon mahasiswa.

  7. Penerimaan calon mahasiswa Program Doktor didasarkan pada: a. Nilai TPA ujian SIMAK UI (nilai minimum 550) atau ujian TPA eksternal. b. Lulus Ujian Masuk Bahasa Inggris yang diadakan oleh Universitas, atau TOEFL (skor minimum 500) atau IELTS (skor minimum 6). c. IPK yang diperoleh pada jenjang pendidikan sebelumnya minimum 3,00 (tiga koma nol nol) (dalam rentang 0 - 4); d. Hasil penilaian wawancara dan praproposal riset; e. Khusus untuk Jalur Riset, calon mahasiswa minimal telah memiliki minimal 1 (satu) publikasi ilmiah sebagai penulis pertama pada jurnal nasional terakreditasi dan/atau jurnal internasional.
Ilmu Administrasi
Ilmu Administrasi

Persyaratan calon mahasiswa baru Program Doktor Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi adalah:

  1. Lulusan Program Magister dari Perguruan Tinggi Terakreditasi minimal B dan Ijazah dari perguruan tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari DIKTI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang diperoleh dijenjang pendidikan sebelumnya minimum 3.00 (dalam rentang 0.00 - 4.00)
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas Indonesia, yaitu mendaftar secara online dan melengkapi berkas pendaftaran melalui http://penerimaan.ai.ac.id dan kemudian dinyatakan lulus ujian saringan TPA dan Bahasa Inggris.
  4. Mengumpulkan proposal terkait rencana riset yang akan dilakukan sebanyak 15-20 halaman (7 rangkap) ke Sekretariat Program paling lambat dua hari sebelum Ujian TPA dan Bahasa Inggris. Panduan format penulisan proposal dapat diakses melalui bit.ly/PanduanproposaldisertasiFIAUI.
  5. Bagi peserta yang dinyatakan lulus Ujian TPA dan Bahasa Inggris akan dihubungi lebih lanjut untuk tes wawancara.
  6. Jadwal wawancara akan dilaksanakan setelah ujian SIMAK UI dan dilaksanakan secara daring (jadwal diberitahukan kemudian)

Kelas Program Doktor adalah Kelas Reguler dan menggunakan Kurikulum Pembelajaran Berbasis Riset (PBR)

Lokasi perkuliahan Kampus UI Pegangsaan Timur Cikini (Perkuliahan diselenggarakan secara Hybrid). Waktu Perkuliahan: Kamis - Jumat Pukul 13.00-18.00 WIB

Informasi lebih lanjut Doktor Ilmu Administrasi FIA UI dapat diunduh https://bit.ly/bookletfiaui atau melalui email: pascaadm@ui.ac.id dengan cc: humasfia@ui.ac.id atau melalui Whatsapp ke Sekretariat Program Pascasarjana FIA UI (0859-2815-5774) pada hari dan Jam Kerja (11.00-19.00 WIB).

Ilmu Lingkungan
Ilmu Lingkungan

A. Lulusan Magister/S2 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan/Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI atau Instansi lain yang berwenang.

B. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

C. Lulus Ujian Wawancara / Presentasi Praproposal Penelitian dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Materi : Wawancara & Presentasi Pra Proposal
  2. Tempat : R-601 Lt. IV Gd C, Jl. Salemba Raya 4 Jakarta Pusat 10430.
  3. Pra Proposal 10-15 halaman (termasuk CV pada halaman terakhir) sebanyak 4 eksemplar Dikirimkan kepada :
    • Sub-Bagian Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan (P2K) BAS, Sdr. Karwoto/Sdri. Dewi Gedung Sekolah Ilmu Lingkungan Lantai Dasar Jl. Salemba Raya 6 Jakarta Pusat 10430
    • Pendaftar diharapkan menghubungi Sub-Bagian P2K BAS telepon (021) 3929717 untuk mendapatkan Pedoman Pembuatan Pra Proposal Riset dan Jadual Wawancara serta Presentasi Praproposal.

D. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

SYARAT PENERIMAAN MAHASISWA BARU S3 BY RESEARCH (Jalur Riset)

Penerimaan mahasiswa baru program S3 By Research mengacu pada SK Rektor UI No. 8 Tahun 2020 Tentang penyelenggaraan Program Doktor. Persyaratan mahasiswa baru untuk dapat diterima pada Program Doktor Ilmu Lingkungan By Research adalah sebagai berikut:

  1. Calon mahasiswa Program Doktor adalah lulusan Program Magister terakreditasi atau yang setara dari Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri yang diakui oleh Universitas.
  2. Calon mahasiswa Program Doktor dapat diwajibkan mengikuti kegiatan matrikulasi berdasarkan hasil telaah Program Studi.
  3. Calon mahasiswa asing harus memenuhi persyaratan tersebut dan memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang memenuhi standar Universitas.
  4. Calon mahasiswa asing yang mengikuti kelas Internasional tidak harus memenuhi persyaratan sebagaimana persyaratan butir 3.
  5. Nilai TPA Universitas (nilai minimum 550);
  6. Nilai TOEFL (skor minimum 500) atau IELTS (skor minimum 6) atau lulus Ujian Masuk Bahasa Inggris yang diadakan oleh Universitas;
  7. IPK yang diperoleh pada jenjang pendidikan sebelumnya minimum 3,00 (tiga koma nol nol) (dalam rentang 0 - 4);
  8. Hasil penilaian wawancara oleh Program Studi terkait dengan rencana riset yang akan dilakukan;
  9. Hasil penilaian Praproposal Riset lengkap yang dievaluasi oleh para pakar bidang ilmu terkait;
  10. Calon mahasiswa minimal telah memiliki publikasi ilmiah; dan
  11. Rekomendasi calon Promotor/ Kopromotor berdasarkan hasil korespondensi sebelumnya dengan calon mahasiswa.

Adapun persyaratan tambahan meliputi:

  1. Calon mahasiswa Program Doktor wajib memiliki minimal 1 artikel ilmiah yang telah dipublikasikan pada jurnal ilmiah internasional bereputasi.
  2. Mendapatkan rekomendasi dari satu orang pimpinan/atasan di tempat kerja dan satu orang dosen di Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia.
  3. Calon mahasiswa Program Doktor telah memiliki judul riset disertasi yang disetujui oleh calon Promotor dan Co-Promotor.
Kajian Stratejik dan Global
Kajian Stratejik dan Global

JALUR KULIAH DAN RISET

  1. Lulusan program S2 semua jurusan
  2. IPK S2 minimal 3,00 skala (0-4)
  3. Lulus seleksi SIMAK Universitas Indonesia (tertulis dan wawancara).
  4. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  5. Menyerahkan 2 (dua) surat rekomendasi

Persyaratan tambahan

  1. Calon mahasiswa mengirimkan rencana penelitian yang memuat:

    • Tujuan
    • Methodologi
    • Data
    • Road map penelitian
    • Luaran-luaran penelitian
    • Usulan nama Pembimbing
    • Pengalaman penelitian
    • Pendanaan dan beasiswa
  2. Rencana penelitian diketik dengan huruf Time New Roman font 12 spasi 1,5

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi sksg@ui.ac.id atau 021 3929717