1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Informasi Beasiswa
  4. International Students Admission
Sabtu, 27 Juli 2024 11.17 WIB (WIB)

Persyaratan Pendaftaran Program Studi — RPL Jalur SIMAK Periode 2023/2024 Semester 1

RPL (Ekstensi)

Program Studi Persyaratan
Hukum
Ilmu Hukum - Ekstensi

1.Mahasiswa memilih jalur penerimaan RPL, yaitu: a. Pendidikan Formal, b. Pengalaman Kerja, atau c. Pendidikan Informal.

  1. Bagi Mahasiswa yang mendaftar melalui jalur Pendidikan Formal, menyerahkan bukti-bukti telah lulus pendidikan D3, D4, atau Sarjana, yang dibuktikan dengan ijazah;

  2. Bagi Mahasiswa yang mendaftar melalui jalur Pengalaman Kerja, menyerahkan bukti-bukti memiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun, yang dibuktikan dengan surat keterangan dari tempat kerja; atau

  3. Bagi Mahasiswa yang mendaftar melalui jalur Pendidikan Informal, menyerahkan bukti-bukti hasil belajar yang diperoleh dari lembaga sertifikasi/lembaga profesi/lembaga pelatihan yang terakreditasi, yang dibuktikan dengan adanya sertifikat dari lembaga tersebut.

  4. Mahasiswa harus memenuhi syarat-syarat sebagaimana diatur dalam Peraturan Rektor Universitas Indonesia tentang Penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau untuk Melanjutkan Pendidikan di Universitas Indonesia.

Catatan:

  • Perkuliahan dilaksanakan di kampus FHUI Depok, pada hari Senin s.d. Jumat, pukul 17.00 s.d. 21.30 WIB.
  • Perkuliahan Program Studi RPL dilaksakan dengan Sistem Blok.
  • Masa studi dirancang untuk 10 (sepuluh) semester dan dapat ditempuh minimal dalam 5 (lima) semester dan maksimal dalam 16 (enam belas) semester.

Bagi pendaftar dengan jalur pendidikan formal, pada saat pendaftaran melalui situs https://penerimaan.ui.ac.id, unggah surat keterangan dari tempat kerja dapat digantikan dengan dokumen ijazah/transkrip nilai dari pendidikan sebelumnya agar dapat melanjutkan proses pendaftaran.

Ekonomi dan Bisnis
Akuntansi
  1. Berasal dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah terakreditasi
  2. Calon yang memilih Program Ekstensi Akuntansi dapat berasal dari lulusan: a. DIII atau DIV jurusan Akuntansi atau Perpajakan. b. Jenjang Sarjana Strata Satu (S1) dalam bidang Ekonomi, Akuntansi atau Administrasi Niaga.
  3. Calon mahasiswa dengan latar belakang lulusan luar negeri, ijazahnya harus sudah mendapatkan penilaian minimal sama dengan lulusan Sarjana Muda yang telah disahkan Ditjen Dikti Kemendikbud.
  4. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan).

Lokasi perkuliahan: Kampus UI Salemba

Pada saat pendaftaran melalui situs https://penerimaan.ui.ac.id, unggah surat keterangan dari tempat kerja dapat digantikan dengan dokumen ijazah/transkrip nilai dari pendidikan sebelumnya agar dapat melanjutkan proses pendaftaran.

Manajemen
  1. Berasal dari Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta yang telah terakreditasi
  2. Calon yang memilih Program Ekstensi Manajemen dapat berasal dari lulusan: a. DIII atau DIV (diutamakan dari bidang Ilmu Manajemen, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Industri, Manajemen Aset, Kebendaharaan Negara, Akuntansi, Administrasi Bisnis/Niaga/Keuangan dan Perbankan); b. Jenjang Sarjana Strata Satu (S1) dalam bidang Ekonomi, Teknik Industri, atau Ilmu Administrasi Bisnis/Niaga.
  3. Calon mahasiswa dengan latar belakang lulusan luar negeri, ijazahnya harus sudah mendapatkan penilaian minimal sama dengan lulusan Sarjana Muda yang telah disahkan Ditjen Dikti Kemendikbud.
  4. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan).

Lokasi perkuliahan: Kampus UI Salemba

Pada saat pendaftaran melalui situs https://penerimaan.ui.ac.id, unggah surat keterangan dari tempat kerja dapat digantikan dengan dokumen ijazah/transkrip nilai dari pendidikan sebelumnya agar dapat melanjutkan proses pendaftaran.

Kesehatan Masyarakat
Kesehatan Masyarakat

Persyaratan

  1. Lulusan D3 dari: Akademi Kebidananan, Akademi Keperawatan, Akademi Gizi, Analis Kesehatan, Okupasi Terapi, Perumahsakitan, Akademi Perawat Gigi, Hiperkes, Aktuaria, Manajemen pelayanan Medik, Rekam Medis, Manajemen Rekam Medis, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Kesehatan Lingkungan, Radiologi, Fisioterapi, Okupasi Terapi.
  2. Semua akademi pada butir No. 1 tersebut harus terakreditasi BAN-PT/LAM-PTKes.
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian SIMAK UI).
  4. Pada saat mendaftar, calon mahasiswa telah menentukan Peminatan yang menjadi pilihannya. Pilihan Peminatan hanya dilakukan saat pendaftaran, setelah mendaftar ulang mahasiswa tidak diperkenankan untuk pindah Peminatan.
  5. Peminatan akan dibuka jika jumlah peserta minimal 10 orang.

Pengajuan RPL

  1. Pengajuan RPL dapat dilakukan oleh calon mahasiswa yang telah melakukan pendaftaran online melalui situs https://penerimaan.ui.ac.id
  2. Sebelum mengajukan RPL, calon mahasiswa mempelajari lebih dulu Daftar Mata Kuliah S1 Kesehatan Masyarakat yang dapat diajukan untuk RPL.
  3. Setelah mempelajari Daftar Mata Kuliah, calon mahasiswa mengunduh Formulir Evaluasi Diri dan Formulir Aplikasi RPL, untuk kemudian diisi sesuai dengan mata kuliah yang akan diajukan untuk RPL.
  4. Daftar Mata Kuliah, Formulir Evaluasi Diri, serta Formulir Aplikasi RPL dapat diakses pada tautan https://bit.ly/MK_RPL_LED_S1Kesmas
  5. Formulir Evaluasi Diri dan Formulir Aplikasi RPL yang telah diisi dikirimkan kepada Tim RPL FKM UI melalui email fkmui@ui.ac.id dengan Subject email: Pengajuan RPL Kelas Khusus RPL S1 Kesmas.
  6. Pengajuan RPL oleh calon mahasiswa dilakukan selambatnya hingga tanggal 15 Juni 2024 untuk dapat dilaksanakan asesmen oleh Tim di FKM UI.
  7. Hasil asesmen akan dapat diperoleh sebelum perkuliahan semester gasal dimulai.

Untuk pengisian Formulir Evaluasi Diri dan Formulir Aplikasi RPL, calon mahasiswa dapat berkonsultasi dengan Tim RPL FKM UI dengan menghubungi Administrator S1 FKM UI melalui nomor Whatsapp 081318777817.

Pada saat pendaftaran melalui situs https://penerimaan.ui.ac.id, unggah surat keterangan dari tempat kerja dapat digantikan dengan dokumen ijazah/transkrip nilai dari pendidikan sebelumnya agar dapat melanjutkan proses pendaftaran.

Tempat perkuliahan: Kampus UI Depok Waktu perkuliahan: Senin s.d Jum'at (pukul 16.00 - 21.00) dan Sabtu (pukul 08.00 - 17.00)

Ilmu Keperawatan
Ilmu Keperawatan

Bagi lulusan Diploma III Keperawatan

Persyaratan

  1. Memiliki ijazah Diploma Keperawatan dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B atau setara;
  2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3 (dari skala 4.00);
  3. Memiliki dokumen bukti pendukung atau portofolio sesuai dengan yang dibutuhkan dalam proses asesmen Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)
  4. Tidak Buta Warna
  5. Lulus Ujian SIMAK UI;

Masa studi: 5 (lima) semester untuk program sarjana dan 2 (dua) semester untuk program profesi ners

Tata Cara Pendaftaran

  1. Mendaftar secara online di situs penerimaan.ui.ac.id
  2. Melengkapi dokumen a. Ijazah D3 Keperawatan; b. Transkrip D3 Keperawatan; c. Sertifikat akreditasi institusi pendidikan minimal B (saat lulus D3)
  3. Mengunduh Formulir Evaluasi Diri untuk proses asesmen RPL dari tautan https://bit.ly/EvaluasiDiri_RPL2024 dan mengisinya sesuai panduan;
  4. Melengkapi isian Formulir Evaluasi Diri dengan bukti pendukung atau portofolio;
  5. Mengunggah Formulir Evaluasi Diri yang sudan disi lengkap dan diberi nama: Nama Lengkap_Asal Institusi_RPL2024 di situs http://tiny.cc/FormRPL-RekamJejak
  6. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran SIMAK UI;
  7. Mengikuti ujian SIMAK UI yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia.

Untuk pengisian Formulir Evaluasi Diri, calon peserta dapat berkonsultasi dengan Tim RPL dengan menghubungi Sekretariat Program Studi Sarjana (email: bachelor-nursing@ui.ac.id).

Tempat dan Waktu Perkuliahan Tempat : Kampus UI Depok dan Wahana Praktik Waktu :

  • Kuliah dan Praktikum 5 hari/minggu; jam antara 14:00 sampai dengan jam 20:00
  • Praktik Profesi: 6 hari/ minggu jam 08.00-16.00 dan atau sesuai dengan jadwal dinas di lahan praktik

Pada saat pendaftaran melalui situs https://penerimaan.ui.ac.id, unggah surat keterangan dari tempat kerja dapat digantikan dengan dokumen ijazah/transkrip nilai dari pendidikan sebelumnya agar dapat melanjutkan proses pendaftaran.