1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Informasi Beasiswa
  4. International Students Admission
Minggu, 27 November 2022 10.04 WIB (WIB)

Persyaratan Pendaftaran Program Studi — S2 Jalur SIMAK Periode 2022/2023 Semester 2

S2

Program Studi Persyaratan
Kedokteran
Ilmu Biomedik
  1. Semua peminatan dibuka untuk peserta yang memilih kelas REGULER.

  2. Peserta memilih kelas KHUSUS tidak dapat memilih peminatan. Kelas KHUSUS dibuka dengan syarat peserta yang diterima lebih dari 6 peserta per angkatan, peminatan pada kelas KHUSUS dibuka dengan syarat lebih dari 3 peserta per peminatan.

  3. Persyaratan :

    • Sarjana S1 dari Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri yang ijazahnya diakui oleh Universitas, dengan latar belakang ilmu-ilmu hayati (Biologi, Fisika, Kimia) yang IPK nya mencapai atau di atas 3,00.
    • Khusus untuk lulusan Diploma 4 (D4) : telah mendapat penyetaraan atau bersedia mengikuti kegiatan martikulasi selama 1-2 semester.
    • Khusus untuk warga negara asing : harus mendapat izin tinggal untuk belajar dan menunjukkan keterangan dari Program BIPA Universitas Indonesia yang menyatakan bahwa peserta memiliki penguasaan Bahasa Indonesia yang baik.
  4. Khusus pendaftar jalur Riset :

    • Memiliki pengalaman riset dalam bidang ilmu biomedik.
    • Memiliki pengalaman publikasi minimal dalam jurnal nasional terakreditasi Sinta.
    • Telah memiliki pra-proposal riset yang disetujui oleh calon pembimbing. *Dokumen pendukung nomor 1-3 dikirim ke email PMIB : ps.biomed2@gmail.com.
  5. Waktu Perkuliahan:

    • Kelas Reguler : Waktu kuliah Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB
    • Kelas Khusus : Waktu kuliah Senin-Jumat pukul 16.00-20.00 WIB & Sabtu pukul 08.00-12.00 WIB.
  6. Lokasi kuliah bertempat di PMIB FKUI Kampus Salemba.

  7. Bagi pendaftar jalur kuliah kelas reguler dan khusus akan diadakan ujian prodi: Ujian tertulis dan wawancara setelah ujian SIMAK.

  8. Bagi pendaftar jalur riset akan diadakan ujian prodi: Wawancara dan presentasi pra-proposal setelah ujian SIMAK.

  9. Informasi jadwal ujian prodi akan dikirimkan melalui email peserta. Ujian prodi dilaksanakan setelah ujian SIMAK UI berlangsung (jadwal tentative).

  10. Informasi lebih lanjut perihal ujian prodi : Sekretariat PMIB FKUI (Lantai 11 Gedung IMERI, Tower B - Edukasi) dan website PMIB FKUI (biomedicine.ui.ac.id). Telp 021-31900908 atau email: ps.biomed2@gmail.com.

  11. Upload surat pernyataan tidak akan tunda kuliah apabila diterima. (format surat terlampir https://bit.ly/32gdQn5)

  12. Upload sertifikat TOEFL/IELTS apabila memiliki dan masih berlaku.

  13. Upload surat pernyataan izin belajar dari instansi bagi calon peserta yang sudah bekerja. Format surat disesuaikan dengan kebijakan instansi peserta.

  14. Melampirkan hasil tes MMPI terbaru (tahun 2022) dari lembaga/instansi terakreditasi.

*Apabila terdapat kendala upload berkas pada web penerimaan maka peserta mengirim dokumen pendukung nomor 11-14 ke email PMIB: ps.biomed2@gmail.com.

Kedokteran Kerja
  • Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae diupload berbarengan dengan ijazah atau transkrip nilai).
  • Dokter yang diakui oleh Pemerintah RI, melampirkan Surat Tanda Registrasi (STR).
  • Ijazah dan transkrip nilai Program Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter.
  • IPK dokter =/> 3
  • Surat rekomendasi dari pimpinan tempat bekerja.
  • Surat resmi keterangan sehat fisik dan mental dari dokter yang memiliki surat izin praktik (SIP).
  • Surat keterangan lulus TOEFL minimal 500 (berlaku 2 tahun terakhir).
  • Lulus tes masuk yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia, dengan nilai TPA > 500 dan Bahasa Inggris > 400.
  • Sertifikat Pelatihan Hiperkes.
  • Semua dokumen di upload bersamaan dengan Transkrip atau Ijazah.
  • Sebelum pendaftaran terlebih dahulu menghubungi sekretariat Program Studi.

Waktu perkuliahan:

  • Jumat, 08.00-17.00 WIB
  • Sabtu, 08.00-17.00 WIB

Lokasi Perkuliahan: Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI d/a Jl. Pegangsaan Timur No. 16 Jakarta Pusat.

Email : mkk.fkui@gmail.com

Wawancara akan diinformasikan lebih lanjut.

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Biologi

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Biologi, Pertanian, Perikanan, Peternakan, Bioteknologi, Kehutanan, sarjana bidang yang relevan dengan Biologi dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Fisika Medis

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah- riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok atau Kampus UI Salemba b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi:

  1. Lulusan Sarjana Fisika / Sarjana Teknik yang diperoleh dari universitas dalam dan luar negeri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud. Akan tetapi, bagi yang berminat menjadi fisikawan medik yang berpraktek di fasilitas kesehatan hanya yang memiliki latar belakang pendidikan S1 Fisika atau S1 Teknik Nuklir sesuai keputusan organisasi Aliansi Fisikawan Medik Indonesia (AFISMI, www.afismi.org)
  2. Peserta lolos seleksi jalur kuliah yang merupakan lulusan dari luar UI diwajibkan mengikuti
    program bridging selama 1 bulan ( sekitar Bulan Agustus) sebelum perkuliahan dimulai.
Geografi

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Geografi dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Ilmu Bahan-bahan/Material

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Bahan dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

  • Lulusan Program Sarjana Teknik dan MIPA yang relevan dengan Ilmu Material dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negeri yang memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan oleh Depdiknas.

Informasi lebih lanjut : Website : http://physics.ui.ac.id, Jl. Salemba Raya No.4 Jakarta 10430 Telp. 021-3907694 Email : ilmumaterial@sci.ui.ac.id Departemen Fisika, Kampus Universitas Indonesia, Depok 16424 Telp. 021- 7872609-10,7270160, Fax: 7863441, 78849007

Ilmu Fisika

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok atau Kampus UI Salemba b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi:

  1. Lulusan Sarjana Bidang Fisika, Geofisika, Geothermal, Geologi, Perminyakan, Instrumentasi, Fisika Nuklir, Teknik Fisika, Meteorologi, Kebumian dan bidang yang lain yang relevan dengan Ilmu Fisika,dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.
Ilmu Kelautan

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan Sains ilmu Kelautan fisik , Sains ilmu kelautan hayati, dan Pengelolaan sumberdaya dan Perikanan, yang diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Lulusan Sarjana Terapan (D4) yang relevan dengan bidang terkait Sains ilmu Kelautan fisik , Sains ilmu kelautan hayati, dan Pengelolaan sumberdaya dan Perikanan.

Informasi lebih lanjut: Dapat menghubungi, humas@sci.ui.ac.id HP : 085811783713, 08174861575

Ilmu Kimia

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Kimia dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Matematika

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Matematika dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Teknik
Teknik Mesin
  1. Memenuhi Persyaratan Universitas (lulusan S-1, mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
    • Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional
  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris
  3. Tidak ada persyaratan (bebas) buta warna
  4. Lulusan S1 Bidang teknik Mesin dan yang terkait (Lulusan FT dan FMIPA).
  5. Jadwal kuliah program S2 Kelas reguler dilaksanakan setiap hari Senin s/d Jumat (08.00-16.00) di Kampus UI Depok
  6. Jadwal kuliah program S2 Kelas khusus dilaksanakan setiap hari Jumat (16.00-21.00) dan Sabtu (08.00-16.00) di Kampus UI Salemba.

Jadwal dan lokasi perkuliahan http://eng.ui.ac.id/magister/

Teknologi Biomedis
  • Memenuhi Persyaratan Universitas (lulusan Sarjana, mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional
  • Berkemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris
  • Tidak ada persyaratan (bebas) buta warna
  • Jadwal dan lokasi perkuliahan http://eng.ui.ac.id/magister/
  • Lulusan S1/D4 dari program studi Teknik Biomeis, Bidang Kedokteran, Teknk, Sains, Komputer, Farmasi dan yang setara.
Hukum
Ilmu Hukum
  1. Lulusan Program Sarjana 1 (S1) Sarjana Hukum dari Program Studi yang terakreditasi A atau Unggul (dengan melampirkan ijazah dan bukti akreditasi program studi), atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan ijazah yang telah dilegalisir /disetarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
  2. Memiliki IPK yang diperoleh dalam Program Sarjana minimal 2.75 (dua koma tujuh lima) skala 4 (empat);
  3. Mengisi dan Memenuhi Persyaratan yang terdapat pada formulir pendaftaran;
  4. Menyerahkan 2 (dua) surat rekomendasi dari: a) satu dari instansi tempat bekerja dan satu dari perguruan tinggi asal; atau b). dua rekomendasi dari perguruan tinggi asal. Dikirimkan ke email: mih.fhui@ui.ac.id. Template surat rekomendasi dapat diunduh dari fitur penerimaan mahasiswa baru pada laman https://law.ui.ac.id/v3/program-pasca-sarjana/
  5. Menyerahkan 1 (satu) surat motivasi. Dikirimkan ke email: mih.fhui@ui.ac.id. Template surat motivasi dapat diunduh dari fitur penerimaan mahasiswa baru pada laman https://law.ui.ac.id/v3/program-pasca-sarjana/;
  6. Lulus Ujian TPA dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh UI;
  7. Peserta yang telah dinyatakan lulus ujian saringan masuk Program Magister Ilmu Hukum tidak dapat pindah ke Program Magister Kenotariatan;
  8. Pendaftaran dibuka untuk kelas reguler dengan waktu perkuliahan mulai pukul 08.00 - 14.00 WIB, dan kelas khusus dengan waktu perkuliahan mulai pukul 17.00 - 21.00 WIB. Kuliah diadakan pada hari Senin s.d. Jumat, kecuali pada keadaan tertentu pada hari Sabtu.
Kenotariatan
  1. Lulusan Program Sarjana 1 (S1) Sarjana Hukum dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri, atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan ijazah yang telah dilegalisir /disetarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
  2. Memiliki IPK yang diperoleh dalam Program Sarjana minimal 2.75 (dua koma tujuh lima) skala 4 (empat);
  3. Mengisi dan memenuhi persyaratan yang terdapat pada formulir pendaftaran;
  4. Menyerahkan 1 (satu) surat rekomendasi dari instansi tempat bekerja atau perguruan tinggi asal ke email: mkn.fhui@ui.ac.id. Template surat rekomendasi dapat diunduh dari fitur penerimaan mahasiswa baru pada laman https://law.ui.ac.id/v3/program-pasca-sarjana/
  5. Lulus Ujian TPA dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh UI;
  6. Lulus ujian seleksi untuk materi khusus terkait Hukum Dagang, Hukum Perdata, dan Hukum Agraria yang diselenggarakan oleh Program Magister Kenotariatan FHUI. Ujian seleksi materi khusus akan diadakan pada hari Minggu, tanggal 13 November 2022 mulai pukul 09.00 s.d selesai. Ujian akan dilakukan secara online (dalam jaringan). Informasi terkait teknis pelaksanaan ujian akan disampaikan kepada peserta setelah penutupan periode pendaftaran. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui WhatsApp: 081282768785 dan e-mail: mkn.fhui@ui.ac.id;
  7. Peserta yang telah dinyatakan lulus ujian saringan masuk Program Magister Kenotariatan tidak dapat pindah ke Program Magister Ilmu Hukum;
  8. Pendaftaran hanya dibuka untuk kelas perkuliahan di Kampus FHUI Depok, dengan waktu perkuliahan Senin s.d. Jum'at pukul 14.00 - 19.00 WIB, kecuali pada keadaan tertentu pada hari Sabtu.
Ekonomi dan Bisnis
Ilmu Akuntansi
  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional)
  2. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  3. Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 08111666580
Magister Akuntansi
  1. Latar belakang pendidikan: a. Calon mahasiswa MAKSI merupakan lulusan S-1 atau D-IV dengan IPK yang memuaskan. b. S-1 semua jurusan. Ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. c. Memiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun bagi calon mahasiswa MAKSI atau double program MAKSI-PPAk. kelas Khusus/Malam

  2. Mengisi formulir dan mengikuti tahapan pendaftaran mahasiswa baru Universitas Indonesia melalui laman http://penerimaan.ui.ac.id.

  3. Mengikuti Ujian Saringan Masuk yang diselenggarakan bersama di tingkat Universitas Indonesia (SIMAK UI).

  4. Mengikuti wawancara dari Program Studi bagi calon mahasiswa MAKSI atau double program MAKSI-PPAk.

Calon mahasiswa double program MAKSI-PPAk harus mendaftar di S2 MAKSI dan Profesi PPAk sekaligus.

Magister Manajemen
  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional)
  2. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)

Peminatan kelas Khusus memiliki persyaratan pengalaman kerja minimal 3 (tiga) tahun. *Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 021 310 3976 eks.109-110

Magister Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan
  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional)
  2. IPK S-1 minimum 2,75 (skala 4)
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) *Informasi lebih lanjut hub.Program Studi di master.econ.feb@ui.ac.id atau 082110815115 (WA)
Psikologi
Psikologi
  1. Pendaftar adalah Sarjana Non S1 Psikologi dan S1 Psikologi dengan IPK minimal 3.00 (tiga koma nol nol) dalam rentang 0-4.
  2. Berasal dari Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi dengan nilai minimal B
  3. Ijazah dari Perguruan Tinggi Swasta harus dengan ijazah yang telah disetarakan oleh Kopertis. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek)
  4. Bagi Calon peserta Warga Negara Asing (WNA) harus memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang memadai untuk mengikuti program Pascasarjana serta mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kemampuan Bahasa Indonesia dinyatakan dengan menyerahkan sertifikat kursus Bahasa Indonesia
  5. Bersedia mengikuti kegiatan akademik penuh waktu di hari kerja. Bagi pendaftar yang telah bekerja wajib memiliki Surat Tugas Belajar dari Instansi/Perusahaan harus diunggah bersama dengan ijazah sesuai persyaratan diatas.

Berkas Pendaftaran

  1. Scan Ijazah asli
  2. Scan Transkrip asli
  3. 1 ( satu) buah surat rekomendasi dari pembimbing skripsi/pembimbing akademik (bila pembimbing skripsi/pembimbing akademik sudah tidak aktif, dapat digantikan dengan dosen yang mengenal baik pendaftar),
  4. 1 ( satu) buah surat rekomendasi dari atasan bagi pendaftar yang pernah bekerja sesuai dengan peminatannya
  5. Curriculum Vitae
  6. Motivational Letter

Link Penting

  1. Link unggah berkas pendaftaran: https://bit.ly/BerkasSeleksiSains-Tahap2
  2. Link pengumuman jadwal Tes Tahap 2: www.psikologi.ui.ac.id

Tes Masuk

  1. Tes Tahap 1 : TPA dan Bahasa Inggris
  2. Tes Tahap 2 : Wawancara

Tanggal Penting

  1. 6 November 2022 : Tes Tahap 1 (TPA & B.Inggris)
  2. 16 November 2022 : Pengumpulan berkas pendaftaran
  3. 18 November 2022 : Pengumuman jadwal Tes Tahap 2 (wawancara)
  4. 21 s.d. 25 November 2022 : Tes Tahap 2 (wawancara)
  5. 9 Desember 2022 : Pengumuman hasil SIMAK

Infomasi Penting

  1. Tes Tahap 2 (wawancara dilakukan secara daring)
  2. Perkuliahan matrikulasi bagi Sarjana Non S1 Psikologi dilaksanakan sebelum perkuliahan dimulai.
  3. Mahasiswa yang tidak lulus matrikulasi tidak dapat melanjutkan studi.
  4. Perkuliahan dilaksanakan di Kampus UI Depok.
  5. Perkuliahan dilakukan secara luring (tatap muka)
  6. Waktu perkuliahan regular (senin s.d. jumat, jam 08.00 s.d. 16.00 WIB).
  7. Pertanyaan seputar seleksi masuk dapat dikirimkan ke prodimagister.psi@ui.ac.id, atau no hp 0857-1800-5838 (whatsapp only).
Psikologi Terapan

Persyaratan Umum Program Studi Psikologi Terapan:

  1. Pendaftar adalah Sarjana Non S1 Psikologi dan S1 Psikologi dengan IPK minimal 2,75.
  2. Pendaftar berasal dari Perguruan Tinggi dengan Akreditasi minimal B.
  3. Memiliki ijazah dari Perguruan Tinggi Swasta yang telah disetarakan oleh Kopertis. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kemendikbud.
  4. Bagi Calon Peserta Warga Negara Asing (WNA) harus memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang memadai untuk mengikuti program Pascasarjana serta mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kemampuan Bahasa Indonesia dinyatakan dengan menyerahkan sertifikat kursus Bahasa Indonesia.
  5. Bersedia mengikuti kegiatan akademik di hari kerja. Bagi pendaftar yang telah bekerja wajib memiliki Surat Tugas Belajar dari Instansi/Perusahaan dan harus diunggah bersama dengan berkas-berkas sesuai persyaratan.
  6. Diutamakan memiliki Pengalaman bekerja dibidang yang relevan di peminatan tujuan
  7. Tes Seleksi masuk terdiri dari dua tahap. Tahap I adalah Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris. Tahap II adalah Seleksi Wawancara. Pengumuman Jadwal Tes Tahap 2 (wawancara) pada tanggal 18 November 2022, dapat dilihat melalui situs Fakultas Psikologi UI: https://psikologi.ui.ac.id
  8. Pengumuman hasil keseluruhan Seleksi SIMAK UI akan diinformasikan pada tanggal 9 Desember 2022, melalui website: www.penerimaan.ui.ac.id

Informasi Tanggal dan Syarat Administrasi untuk Seleksi Program Studi Psikologi Terapan Program Magister (Tahap 2: Wawancara) Tanggal Seleksi Tahap II (Wawancara): 28 - 29 November 2022 Persyaratan kekhususan Program Studi untuk Seleksi Tahap II (Wawancara):

  1. Melengkapi data diri pada link: https://bit.ly/Seleksi-TerapanLK.
  2. Menyerahkan Daftar Portofolio kegiatan terkait dengan peminatan yang dipilih selama 1 tahun terakhir
  3. Menyerahkan 2 buah surat rekomendasi dari pembimbing skripsi dan pembimbing akademik (bila pembimbing skripsi/pembimbing akademik sudah tidak aktif bekerja, dapat digantikan dengan dosen yang mengenal baik pendaftar).
  4. Menyerahkan surat rekomendasi dari salah satu atasan bagi pendaftar yang pernah bekerja sesuai dengan peminatannya.
  5. Menulis Essay (maksimum 750 kata). Topik essay untuk setiap peminatan akan dikirimkan melalui email masing-masing pendaftar.
  6. Seluruh berkas tersebut dikirim melalui email ke prodi.psikologiterapan@ui.ac.id, paling lambat pada tanggal 23 November 2022 (dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan Fakultas Psikologi UI).
  7. Perkuliahan matrikulasi bagi Sarjana Non S1 Psikologi dilaksanakan sebelum perkuliahan dimulai.
  8. Mahasiswa yang tidak lulus matrikulasi tidak dapat melanjutkan studi.
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Ilmu Kesejahteraan Sosial

Persyaratan

  1. Penyandang Gelar Sarjana berbagai disiplin ilmu (ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat penyetaraan dari DIKTI, Kementerian Pendidikan Nasional), Lulus D4 IPDN dan D4 STKS.
  2. Memenuhi persyaratan Universitas (Mendaftar secara online dan lulus ujian saringan). Informasi lebih lanjut langsung ke Program Studi Silahkan hubungi Sekretariat Program Ilmu Kesejahteraan Sosial di nomor telp. 021-7270176 atau 021.7270228, atau dengan Saudara Valent di nomor telp. 08129982624.
  3. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online : fotocopy ijazah S1/D4 dan fotocopy transkrip S1/D4 yang telah dilegalisir. Untuk lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri Ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh DIKTI - Kementerian Pendidikan Nasional.
  4. Perkuliahan dilakukan di Kampus UI Depok, dimulai dari jam 17.00 s/d 22.00 hari Senin s/d Jumat, dan hari Sabtu, dari jam 09.00 s/d 15.30.
Ilmu Komputer
Ilmu Komputer

Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar program MIK:

  1. Lulusan S-1 (Sarjana) dengan latar belakang keilmuan: Ilmu Komputer, Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro, Matematika, Fisika, atau ilmu komputasional lainnya.
  2. Nilai IPK minimal 3.0 pada skala 4.
  3. Lulus Ujian Saringan di tingkat universitas (SIMAK UI).
  4. Calon menyertakan beberapa dokumen sebagai berikut:

a. Surat rekomendasi dari pembimbing akademik/pembimbing tugas akhir pada program Sarjana atau supervisor di institusi tempat bekerja saat ini (minimum satu surat rekomendasi); b. Statement of Purpose yang berisi latar belakang mengambil program MIK Fasilkom UI; c. Surat Komitmen mengikuti program MIK secara full time.

Ketiga Dokumen ini diunggah bersama scan legalizir ijazah melalui menu unggah dokumen ijazah.

Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Kampus Fasilkom UI, Depok. Perkuliahan dilaksanakan pada pagi/siang hari.

Informasi lebih lengkap mengenai program MIK dapat diakses di: https://cs.ui.ac.id/magister-ilmu-komputer/

Teknologi Informasi

Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar program MTI:

  1. Lulusan S-1 (Sarjana) dengan latar belakang keilmuan: Ilmu Komputer, Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro, Matematika, Fisika; atau bidang keilmuan selain tersebut di atas dengan pengalaman kerja di bidang Teknologi Informasi.
  2. Nilai IPK minimal 3.0 pada skala 4.
  3. Peserta dengan latar belakang pendidikan non TI dapat mendaftar dengan menunjukkan pengalaman kerja di bidang TI minimal 2 tahun terakhir. Bukti pengalaman kerja berupa surat keterangan kerja di bidang teknologi informasi atau sistem informasi, CV dan surat rekomendasi atasan langsung dijadikan 1 file pdf dgn scan legalisir ijazah, untuk diunggah melalui menu unggah dokumen ijazah.
  4. Lulus Ujian Saringan di tingkat universitas (SIMAK UI)
  5. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Kampus MTI-UI Salemba. Perkuliahan dilaksanakan malam hari (kelas malam: pukul 19.00 - 21.30). Kelas siang (pukul 14.00-16.30) hanya dibuka apabila jumlah peserta mencukupi (biasanya hanya ada di penerimaan semester gasal).

Informasi lebih lengkap mengenai program MTI dapat diakses di: https://mti.cs.ui.ac.id

Farmasi
Herbal

PROGRAM STUDI MAGISTER HERBAL :

Jalur Kuliah dan Riset

  1. Program ini dapat diikuti oleh sarjana bidang : Farmasi, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Biologi, Kimia dan Teknik Kimia yang dibuktikan dengan mengunggah Ijazah S1 dan Transkripnya
  2. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kemenristekdikti
  3. Mempunyai IPK S1 3,00 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B (Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan fotokopi sertifikat akreditasi yang telah dilegalisasi)

Bagi mereka yang berasal bukan dari sarjana farmasi harus mengikuti kuliah matrikulasi ilmu dasar farmasi dengan beban SKS maksimal 12 SKS. Mahasiswa yang diperkenankan melanjutkan pendidikannya di Program Magister harus lulus semua mata kuliah matrikulasi dalam waktu maksimal 2 (dua) semester dengan IPK matrikulasi minimal 3,00.

Jalur Riset Tambahan persyaratan untuk jalur riset:

  1. Mempunyai rekam jejak riset yang dibuktikan dengan publikasi ilmiah minimal di jurnal SINTA 3
  2. Mempunyai rencana riset yang akan dilakukan dan akan dinilai pada saat wawancara oleh Program Studi.
Ilmu Kefarmasian

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KEFARMASIAN :

Jalur Kuliah dan Riset

  1. Program ini dapat diikuti oleh sarjana bidang: Farmasi, Kedokteran (dr/SKed., drg/SKG, drh/S.Vet), Biologi, Kimia, Ilmu pangan dan Teknik Kimia yang dibuktikan dengan mengunggah Ijazah S1 dan transkripnya. Bagi peminatan Farmasi Klinik harus lulusan apoteker yang dibuktikan dengan mengunggah Ijazah S1 dan Apoteker beserta transkripnya.
  2. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kemenristekdikti
  3. Mempunyai IPK S1 3,00 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B (Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan fotokopi sertifikat akreditasi yang telah dilegalisasi)

Bagi mereka yang berasal bukan dari sarjana farmasi harus mengikuti kuliah matrikulasi ilmu dasar farmasi dengan beban SKS maksimal 12 SKS. Mahasiswa yang diperkenankan melanjutkan pendidikannya di Program Magister harus lulus semua mata kuliah matrikulasi dalam waktu maksimal 2 (dua) semester dengan IPK matrikulasi minimal 3,00.

Jalur Riset Tambahan persyaratan untuk jalur riset:

  1. Mempunyai rekam jejak riset yang dibuktikan dengan publikasi ilmiah minimal di jurnal SINTA 3
  2. Mempunyai rencana riset yang akan dilakukan dan akan dinilai pada saat wawancara oleh Program Studi.
Ilmu Lingkungan
Ilmu Lingkungan

Persyaratan S2 Ilmu Lingkungan Jalur Riset:

a. Nilai TPA Universitas (nilai minimum 500);

b. Nilai Institutional TOEFL (skor minimum 500) atau IELTS (nilai minimum 6) atau lulus ujian Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Universitas;

c. IPK yang diperoleh pada jenjang pendidikan sebelumnya minimum 3.00 (dalam rentang 0-4);

d. Rekam jejak riset atau publikasi ilmiah calon mahasiswa;

e. Kriteria rekam jejak riset sebagaimana dimaksud pada butir d, yaitu pernah terlibat dalam penelitian dibuktikan dengan laporan penelitian;

f. Kriteria Publikasi ilmiah sebagaimana dimaksud pada butir d di atas, yaitu minimal submit jurnal SINTA 3;

g. Hasil penilaian wawancara oleh program studi terkait dengan rencana riset yang akan dilakukan;

h. Berasal dari S1 jurusan berikut: Ilmu Lingkungan, Teknik Lingkungan, Kesehatan Lingkungan, Kehutanan, Pertanian, Biologi, Perencanaan Wilayah dan Kota, Geografi, Ekonomi Sumber Daya dan Lingkungan atau bidang ilmu yang sesuai dengan riset lingkungan (sesuai dengan cluster research SIL UI)

i. Berasal dari Lembaga penelitian atau Civitas Akademika Universitas dengan akreditasi A.

Persyaratan S2 Ilmu Lingkungan selain Jalur Riset:

  1. Lulusan sarjana S1 terakreditasi A atau lulusan Program Diploma IV terakreditasi A dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang diakui oleh Universitas, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Kementerian Pendidikan Nasional/Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik (Nilai Minimum 500) dan Bahasa Inggris (Skor Minimum 500).

  2. Perkuliahan dilaksanakan di kampus UI Salemba (Gedung C FKG Lantai 5-6 UI Salemba Raya)

  3. Waktu perkuliahan kelas khusus di Hari Jumat (pkl 16.00-21.00 WIB) dan Hari Sabtu (pkl. 08.00-16.00 WIB) dan kelas Reguler di Hari Senin-Kamis (pkl. 08.00-16.00 WIB)

  4. Magister Ilmu Linkungan memiliki tiga kekhususan yaitu: a. Pembangunan Berkelanjutan b. Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan c. Perubahan Iklim dan Konservasi Lingkungan Pembagian kelas kekhususnya akan dimulai pada Semester 2. Pembukaan kekhususan dilakukan jika setidaknya ada 5 Mahasiswa yang beminat dikekhususan tersebut.

  5. Informasi seputar Program Studi silakan hubungi Sekretariat Program 021-31930251 atau fax: (021) 31930251, dan email: sil@ui.ac.id
Manajemen Bencana
  1. Lulusan sarjana S1 terakreditasi A atau lulusan Program Diploma IV terakreditasi A dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang diakui oleh Universitas, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4). Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Kementerian Pendidikan Nasional/Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.
  2. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik (Nilai Minimum 550) dan Bahasa Inggris (Skor Minimum Toefl 500/ IELTS 6.0)
  3. Perkuliahan dilaksanakan di Gedung Sekolah Ilmu Lingkungan kampus UI Salemba
  4. Waktu Kuliah

Kelas Reguler Pagi (Senin- Kamis pukul 08.00-16.00)

Kelas Reguler Malam (Senin- Kamis pukul 16.00- 21.30)

Kelas Khusus (Jumat pukul 16.00- 21.30 dan Sabtu pukul 07.00-16.00)

  1. Informasi seputar Program Studi silakan hubungi Unit Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan Sdr. Karwoto +62 813-8538-1264, email: sil@ui.ac.id
Kajian Stratejik dan Global
Kajian Gender

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1/D4 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara

Persyaratan tambahan untuk skema riset:

Calon mahasiswa mengirimkan essay yang memuat:

  • Tujuan
  • Methodologi
  • Data
  • Road map penelitian
  • Luaran-luaran penelitian
  • Usulan nama Pembimbing
  • Pengalaman penelitian
  • Pendanaan dan beasiswa
Kajian Ilmu Kepolisian

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1/D4 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara

Persyaratan tambahan untuk skema riset:

Calon mahasiswa mengirimkan essay yang memuat:

  • Tujuan
  • Methodologi
  • Data
  • Road map penelitian
  • Luaran-luaran penelitian
  • Usulan nama Pembimbing
  • Pengalaman penelitian
  • Pendanaan dan beasiswa
Kajian Ketahanan Nasional

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1/D4 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara

Persyaratan tambahan untuk skema riset:

Calon mahasiswa mengirimkan essay yang memuat:

  • Tujuan
  • Methodologi
  • Data
  • Road map penelitian
  • Luaran-luaran penelitian
  • Usulan nama Pembimbing
  • Pengalaman penelitian
  • Pendanaan dan beasiswa
Kajian Pengembangan Perkotaan

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1/D4 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara

Persyaratan tambahan untuk skema riset:

Calon mahasiswa mengirimkan essay yang memuat:

  • Tujuan
  • Methodologi
  • Data
  • Road map penelitian
  • Luaran-luaran penelitian
  • Usulan nama Pembimbing
  • Pengalaman penelitian
  • Pendanaan dan beasiswa
Kajian Terorisme

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1/D4 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara

Persyaratan tambahan untuk skema riset:

Calon mahasiswa mengirimkan essay yang memuat:

  • Tujuan
  • Methodologi
  • Data
  • Road map penelitian
  • Luaran-luaran penelitian
  • Usulan nama Pembimbing
  • Pengalaman penelitian
  • Pendanaan dan beasiswa
Kajian Wilayah Amerika

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1/D4 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara

Persyaratan tambahan untuk skema riset:

Calon mahasiswa mengirimkan essay yang memuat:

  • Tujuan
  • Methodologi
  • Data
  • Road map penelitian
  • Luaran-luaran penelitian
  • Usulan nama Pembimbing
  • Pengalaman penelitian
  • Pendanaan dan beasiswa
Kajian Wilayah Eropa

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1/D4 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara

Persyaratan tambahan untuk skema riset:

Calon mahasiswa mengirimkan essay yang memuat:

  • Tujuan
  • Methodologi
  • Data
  • Road map penelitian
  • Luaran-luaran penelitian
  • Usulan nama Pembimbing
  • Pengalaman penelitian
  • Pendanaan dan beasiswa
Kajian Wilayah Jepang

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1/D4 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara

Persyaratan tambahan untuk skema riset:

Calon mahasiswa mengirimkan essay yang memuat:

  • Tujuan
  • Methodologi
  • Data
  • Road map penelitian
  • Luaran-luaran penelitian
  • Usulan nama Pembimbing
  • Pengalaman penelitian
  • Pendanaan dan beasiswa
Kajian Wilayah Timur Tengah dan Islam

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1/D4 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara

Persyaratan tambahan untuk skema riset:

Calon mahasiswa mengirimkan essay yang memuat:

  • Tujuan
  • Methodologi
  • Data
  • Road map penelitian
  • Luaran-luaran penelitian
  • Usulan nama Pembimbing
  • Pengalaman penelitian
  • Pendanaan dan beasiswa