1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Informasi Beasiswa
  4. International Students Admission
Kamis, 09 Februari 2023 09.23 WIB (WIB)

Persyaratan Pendaftaran Program Studi — Spesialis 2 Jalur SIMAK Periode 2022/2023 Semester 2

Spesialis 2

Program Studi Persyaratan
Kedokteran
Anestesiologi dan Terapi Intensif

PERSYARATAN BERKAS PENERIMAAN PESERTA BARU PROGRAM PENDIDIKAN SUBSPESIALIS ANESTESIOLOGI & TERAPI INTENSIF

  1. Surat Permohonan Calon peserta menulis Surat Permohonan untuk mengikuti Program Pendidikan Profesi Dokter Subspesialis Anestesiologi kepada Ketua Program Studi Subspesialis Anestesiologi & Terapi Intensif FKUI.

  2. Lampiran-lampiran yang diperlukan 1) Status Calon : PNS,Departemen Hankam, lembaga pendidikan swasta,Rumah Sakit Swasta, dan perseorangan, yang dinyatakan dengan bukti-bukti yang sesuai. 2) Fotokopi surat pengangkatan dari instansi induk (Departemen Kesehatan, Departemen Pendidikan, Departemen Hankam,Departemen Dalam Negeri/ Pemerintah daerah, RS Swasta, BUMN dan lain-lain). 3) Daftar penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) tahun terakhir (bagi dokter PNS) 4) Daftar Riwayat Hidup 5) Surat Keterangan Berbadan Sehat dari POLRI 6) Surat Keterangan Bebas Narkoba 7) Fotokopi Ijasah Dokter Spesialis Anestesiologi yang telah dilegalisasi oleh Dekan FK bersangkutan 8) Salinan Angka Keberhasilan Belajar (transkrip) selama PPDS Anestesiologi di Fakultas Kedokteran 9) TOEFL minimal 500 10) Surat persetujuan/ rekomendasi/ penugasan dari atasan langsung,Peer Group,Direktur RS,Dekan FK 11) Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari instansi yang berwenang atau POLRI. 12) Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 4 (empat) lembar.

  3. Kelengkapan Lamaran Berkas lamaran terdiri atas surat permohonan, formulir lamaran yang sesuai dan lampiran-lampiran yang diperlukan (semua rangkap tiga) dikirim/diantarkan langsung oleh calon peserta ke Sekretariat tanpa melewati batas waktu yang telah ditentukan .

Alamat Sekretariat : Website penerimaan.ui.ac.id === > (Prodi Subspesialis ) Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo Gedung A Medical Staf Lantai 6 Jl P. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430. Cp. Nina Noviana HP. 081280468896 / Telp. 021 3143736

Perkuliahan Reguler :

  1. Tempat pelaksanaan perkuliahan : Kampus UI Salemba
  2. Waktu Perkuliahan Pkl. 08.00 sd 16.00
  3. Kegiatan pembelajaran secara on line dan off line

Tata Cara Peserta Tes Psikometri Seleksi CPPDS FKUI

  1. Peserta yang telah melakukan pendaftaran SIMAK akan dijadwalkan untuk menjalani tes psikometri
  2. Pelaksanaan tes psikometri seleksi CPDDS FKUI bekerja sama dengan RSCM Kencana dan dilakukan secara luring berlokasi di RSCM FKUI
  3. Peserta Psikotes CPPDS datang ke lokasi yang ditentukan dengan membawa tanda pengenal asli dan bukti transfer sesuai jadwal, paling lambat 30 menit sebelum waktu pemeriksaan. Peralatan yang dibawa untuk keperluan tes: a. Foto Terbaru 4x6 sebanyak 2 lembar. (peserta menuliskan di belakang foto Nama Lengkap & Prodi) b. Pulpen biru dan hitam c. Pensil HB dan penghapus
  4. Peserta harus berpakaian rapi saat menjalani tes psikometri
  5. Tes Psikometri merupakan bagian dari keseluruhan proses seleksi CPPDS
  6. Semua informasi yang berkaitan dengan psikometri ini dapat diakses pada tautan: http://tiny.cc/PsiCPPDS_FKUI

(cp.program studi: Ibu Nina Chaidir, Hp. +6281280468896)

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis (PPDS SP2) hanya dibuka 1 (satu) Gelombang di SIMAK tgl.13 Februari - 8 Maret 2023, pengumuman hasil 25 Juli 2023.

Ilmu Bedah

Persyaratan Khusus Penerimaan

Syarat Umum :

Ketentuan Umum

  1. Penyelenggaraan Penerimaan dilakukan setiap semester

  2. Masa Studi : 4 - 8 Semester

  3. Daya Tampung : 15 Orang setiap Semester

  4. Calon Peserta Didik harus mengikuti semua tahapan seleksi penerimaan yang ditetapkan oleh Universitas dan/atau Fakultas serta Program Studi, dengan rincian sebagai berikut :

    a. Universitas dan/atau Fakultas :

            -   Melakukan Pendaftaran Online di web penerimaan.ui.ac.id
    
           -    Mengikuti Ujian SIMAK-UI
    
           -    Mengikuti Tes Psikotes dan MMPI

    b. Program Studi :

            -   Melengkapi berkas administrasi yang ditetapkan oleh Peminatan yang dipilih/dituju.  Untuk informasi tentang kelengkapan berkas administrasi setiap Peminatan, Calon Peserta Didik harap menghubungi Nomor Telepon berikut (dihari kerja, Senin - Jumat / 08.00 - 16.00 WIB) :
    
                    Bedah Anak          (021) 3910501
                    Bedah Digestif      (021) 3148705
                    Bedah Onkologi      (021) 3147293
                    Bedah Vaskular      (021) 3910487
                    Sekretariat Program Studi   081363008503
    
            -   Mengikuti Tes Ujian Tertulis
    
           -    Mengikuti Tes Wawancara

Kualifikasi Calon Peserta Didik

  1. Calon Peserta Didik berasal dari :

     a. Rumah Sakit Pendidikan/Academic Health Sytem
    
     b. Rumah Sakit Tipe A dan Tipe B (Pendidikan dan/atau non-Pendidikan)
    
     c. Rumah Sakit Pemerintah, seperti : TNI, Polri, dan/atau BUMN
    
     d. Rumah Sakit Swasta; diutamakan yang merupakan jejaring pendidikan FKUI 
  2. Warga Negara Indonesia

  3. Spesialis Bedah Umum, Anggota IKABI/KIBI

  4. Batasan Usia Maksimal 45 tahun, keculai untuk Calon Peserta Didik yang merupakan Staf Pendidik di salah satu Institusi Pendidikan

  5. Berminat pada Bidang Peminatan yang ada (Peminatan Bedah Anak, Digestif, Onkologi, dan Vaskular)

  6. Berkelakuan, beretika, dan bermoral yang baik

Syarat Berkas yang WAJIB DIUNGGAH saat pendaftaran online

  1. Scan Surat Lamaran yang ditujukan kepada Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (Tembusan : KPS Subspesialis Ilmu Bedah FKUI/RSCM)

  2. Scan Surat Izin dan/atau Pengantar untuk melanjutkan Pendidikan Subspesialis Bedah Anak/ Digestif/ Onkologi/ Vaskular dari Kepala Instansi (Direktur Rumah Sakit dan/atau Dekan Fakultas Kedokteran) dimana calon peserta didik bekerja/berasal.

  3. Scan Surat Rekomendasi dari : a. Kepala Bagian/ Atasan Langsung; b. Ketua Perkumpulan/ Organisasi Profesi (contoh : Kolegium/ Perkumpulan/ Persatuan Bedah Anak; Bedah Digestif; Bedah Onkologi; dan Bedah Vaskular) c. Sejawat di tempat bekerja; d. Sejawat lain yang memiliki kualifikasi dokter subspesialis bedah sesuai dengan peminatan yang akan dituju/dilamar.

  4. Scan Berkas Keterangan Kepegawaian : a. PNS : Scan SK PNS; b. Pegawai Tetap non PNS (PKWT Instansi; Memiliki Nomor Pegawai Tidak Tetap) :

    • Scan Surat/ Dokumen Kontrak Kerja;
    • Scan Surat Keterangan Instansi Asal yang menyatakan bahwa calon peserta didik adalah benar pegawai di instansi tersebut. Surat keterangan ditandatangani oleh Ketua Bagian/Atasan Langsung mengetahui Kepala Instansi Asal (Direktur Rumah Sakit dan/atau Dekan Fakultas Kedokteran). c. Pegawai Kontrak/ Honorer (Tidak/Belum memiliki Nomor Pegawai Tidak Tetap) :
    • Scan Surat/ Dokumen Kontrak Kerja;
    • Scan Surat Keterangan Instansi Asal yang menyatakan bahwa calon peserta didik adalah benar pegawai di instansi tersebut. Surat keterangan ditandatangani oleh Ketua Bagian/Atasan Langsung mengetahui Kepala Instansi Asal (Direktur Rumah Sakit dan/atau Dekan Fakultas Kedokteran);
      • Scan Surat Pernyataan Bermaterai (Materai 6000) yang berisi pernyataan bahwa calon peserta didik akan kembali ke Instansi asal setelah menyelesaikan pendidikan.
  5. CV/Daftar Riwayat Hidup

  6. Scan Ijazah Pendidikan Spesialis

  7. Scan Transkrip Nilai Pendidikan Spesialis

Syarat Berkas lain yang WAJIB DILENGKAPI bersamaan dengan Berkas Administrasi dari Peminatan

  1. Fotokopi Kartu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

  2. Surat Pernyataan Sehat Jasmani dan Rohani

  3. Surat Keterangan Bebas Narkoba

  4. Dokumen Pemeriksaan Laboratium : a. Darah Perifer Lengkap b. Foto Toraks

  5. Titer Anti HBs Protektif atau Bukti Selesai Vaksinasi untuk menunjukkan bahwa Calon Peserta Didik telah menjalani Vaksinasi Hepatitis B Lengkap

Tes dan Ujian Seleksi Kekhususan Program Studi:

Wawancara

Tata Cara Peserta Tes Psikometri Seleksi CPPDS FKUI

  1. Peserta yang telah melakukan pendaftaran SIMAK akan dijadwalkan untuk menjalani tes psikometri
  2. Pelaksanaan tes psikometri seleksi CPDDS FKUI bekerja sama dengan RSCM Kencana dan dilakukan secara luring berlokasi di RSCM FKUI
  3. Peserta Psikotes CPPDS datang ke lokasi yang ditentukan dengan membawa tanda pengenal asli dan bukti transfer sesuai jadwal, paling lambat 30 menit sebelum waktu pemeriksaan. Peralatan yang dibawa untuk keperluan tes: a. Foto Terbaru 4x6 sebanyak 2 lembar. (peserta menuliskan di belakang foto Nama Lengkap & Prodi) b. Pulpen biru dan hitam c. Pensil HB dan penghapus
  4. Peserta harus berpakaian rapi saat menjalani tes psikometri
  5. Tes Psikometri merupakan bagian dari keseluruhan proses seleksi CPPDS
  6. Semua informasi yang berkaitan dengan psikometri ini dapat diakses pada tautan: http://tiny.cc/PsiCPPDS_FKUI

(cp.program studi: Ibu Iit 0813-6300-8503)

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis (PPDS SP2) hanya dibuka 1 (satu) Gelombang di SIMAK tgl.13 Februari - 8 Maret 2023, pengumuman hasil 25 Juli 2023.

Ilmu Kesehatan Anak

PERSYARATAN PENERIMAAN

Ketentuan Umum

  1. Penyelenggaraan Penerimaan dilakukan setiap semester

  2. Masa Studi : 4 Semester

  3. Calon Peserta Didik harus mengikuti semua tahapan seleksi penerimaan yang ditetapkan oleh Universitas dan/atau Fakultas serta Program Studi, dengan rincian sebagai berikut :

    a.  Universitas dan/atau Fakultas :
    
            -   Melakukan Pendaftaran Online di web penerimaan.ui.ac.id
    
            -   Mengikuti Ujian SIMAK-UI
    
            -   Mengikuti Tes Psikotes dan MMPI

b. Program Studi :

    -   Mengirimkan dokumen administrasi (scan persyaratan pendaftaran dalam 1 file PDF) Program Studi Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak FKUI melalui email sp2ika.fkui@gmail.com 

    -   Mengikuti Tes Wawancara 

Seleksi Administratif

Kelengkapan administratif meliputi:

  1. Terdaftar sebagai anggota IDAI dengan melampirkan fotokopi kartu anggota

  2. a. Bagi staf di Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak

        -   Minimal telah 1 tahun penuh bekerja di Divisi yang diminati
    
        -   Disetujui oleh atasan langsung dan Direktur tempat bekerja saat ini dan dibuktikan dengan surat dari instansi tempat bekerja yang mengirimkan tugas belajar (disertai dengan alasannya) serta akan kembali bekerja setelah lulus pendidikan subspesialis IKA di instansi tersebut
    
    b.  Bagi Dokter Spesialis Anak (staf) di Jejaring FKUI-RSCM
    
            -   Minimal telah 2 tahun penuh bekerja di Divisi yang diminati. Bila divisi tersebut memiliki 1 orang konsultan terkait 
    
            -   Minimal telah 3 tahun penuh bekerja di Divisi yang diminati. Bila divisi tersebut tidak memiliki konsultan terkait 
    
            -   Disetujui oleh atasan langsung dan Direktur tempat bekerja saat ini dan dibuktikan dengan surat dari instansi tempat bekerja yang mengirimkan tugas belajar (disertai dengan alasannya) serta akan kembali bekerja setelah lulus pendidikan subspesialis IKA di instansi tersebut

    c. Bagi Sp.A yang bekerja di luar Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak

            -   Telah 3 tahun penuh berturut-turut bekerja di institusi (tidak berpindah-pindah)
    
            -   Disetujui oleh atasan langsung dan Direktur tempat bekerja saat ini dan dibuktikan dengan surat dari instansi tempat bekerja yang mengirimkan tugas belajar (disertai dengan alasannya) serta akan kembali bekerja setelah lulus pendidikan subspesialis IKA di instansi tersebut
  3. Bagi calon peserta program pendidikan subspesialis IKA, melampirkan surat pernyataan yang ditanda tangani di atas materai (10.000) dan diketahui oleh atasan langsung serta Direktur Intansi pengirim bahwa calon peserta program akan kembali ke instansi pengirim setelah menyelesaikan pendidikan subspesialis IKA FKUI

  4. Menyertakan Surat Rekomendasi dari Kolegium untuk mengikuti Program Pendidikan Dokter Subspesialis Ilmu Kesehatan Anak FKUI. Informasi lebih lanjut untuk mendapatkan Surat Rekomendasi Kolegium IKA harap menghubungi sekretariat Kolegium IKA pada Nomor Telepon berikut (dihari kerja, Senin s/d Jumat pukul 08.00 ??? 16.00 WIB): ??? Bapak Ujang: 0817877112 ??? Mba Ayu: 081286200830

  5. Surat Referensi dari anggota peer group (UKK) minimal 2 orang

  6. Surat keterangan belum pernah mengikuti program pendidikan subspesialis di bidang peminatan lain dari Ketua Departemen dan Ketua UKK

  7. Daftar riwayat hidup terbaru

  8. Fotokopi ijasah dokter umum dan dokter spesialis anak yang berbasis Instisusi (Universitas) yang telah dilegalisir

  9. Indeks prestasi kumulatif (IPK) Spesialis Anak sekurang-kurangnya 3.0

  10. Fotokopi transkip akademik dokter spesialis anak yang telah dilegalisir

  11. Fotokopi sertifikat kompetensi Sp.A dari Kolegium IKAI yang telah dilegalisir

  12. Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR) sebagai Sp.A dari Konsil Kedokteran Indonesia yang telah dilegalisasi

  13. Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 10 lembar

  14. Surat keterangan lulus TOEFL minimal 500 atau IELTS 5.0

  15. Surat resmi keterangan sehat fisik dan mental dari dokter yang memiliki surat izin praktik (SIP) untuk mengikuti Program Pendidikan Subspesialis IKA

  16. Diutamakan berumur kurang dari 45 tahun, kecuali ada rekomendasi khusus dari UKK, Direktur Rumah Sakit

  17. Surat lamaran menjadi peserta program Pendidikan Dokter Subspesialis IKA FKUI yang ditujukan ke Ketua Program Studi Subpsesialis IKA FKUI

  18. Melampirkan fotokopi Kartu BPJS

  19. Surat Pernyataan Sehat Jasmani dan Rohani

  20. Surat Keterangan Bebas Narkoba

  21. Dokumen Pemeriksaan Laboratorium:

     a. Darah Perifer Lengkap
    
     b. Foto Toraks
  22. Titer Anti HBs Protektif atau bukti selesai Vaksinasi untuk menunjukkan bahwa Calon Peserta telah menjalani Vaksinasi Hepatitis B Lengkap

Kelengkapan administratif tambahan meliputi:

  1. Melampirkan fotokopi Kartu BPJS
  2. Surat Pernyataan Sehat Jasmani dan Rohani
  3. Surat Keterangan Bebas Narkoba
  4. Dokumen Pemeriksaan Laboratorium : a. Darah Perifer Lengkap b. Foto Toraks
  5. Titer Anti HBs Protektif atau bukti selesai Vaksinasi untuk menunjukkan bahwa Calon Peserta telah menjalani Vaksinasi Hepatitis B Lengkap

Tata Cara Peserta Tes Psikometri Seleksi CPPDS FKUI

  1. Peserta yang telah melakukan pendaftaran SIMAK akan dijadwalkan untuk menjalani tes psikometri
  2. Pelaksanaan tes psikometri seleksi CPDDS FKUI bekerja sama dengan RSCM Kencana dan dilakukan secara luring berlokasi di RSCM FKUI
  3. Peserta Psikotes CPPDS datang ke lokasi yang ditentukan dengan membawa tanda pengenal asli dan bukti transfer sesuai jadwal, paling lambat 30 menit sebelum waktu pemeriksaan. Peralatan yang dibawa untuk keperluan tes: a. Foto Terbaru 4x6 sebanyak 2 lembar. (peserta menuliskan di belakang foto Nama Lengkap & Prodi) b. Pulpen biru dan hitam c. Pensil HB dan penghapus
  4. Peserta harus berpakaian rapi saat menjalani tes psikometri
  5. Tes Psikometri merupakan bagian dari keseluruhan proses seleksi CPPDS
  6. Semua informasi yang berkaitan dengan psikometri ini dapat diakses pada tautan: http://tiny.cc/PsiCPPDS_FKUI

(cp.program studi: Ibu Gadis +62 898-8740-085)

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis (PPDS SP2) hanya dibuka 1 (satu) Gelombang di SIMAK tgl.13 Februari - 8 Maret 2023, pengumuman hasil 25 Juli 2023.

Ilmu Penyakit Dalam

Kriteria Penerimaan Calon Mahasiswa Baru

  1. Surat Rekomendasi dari Kolegium Ilmu Penyakit Dalam (KIPD)

    a.  Formulir pendaftaran dari Kolegium Ilmu Penyakit Dalam (KIPD)
    
    b.  Surat pengantar dari instansi tempat bekerja mengirimkan tugas belajar disertai alasan ditugaskan belajar (format KIPD)
    
    c.  SK Penempatan/ SK sebagai dokter klinis atau dokter pendidik tetap
    
    d.  Legalisir ijazah Dokter Spesialis Penyakit Dalam
    
    e.  Legalisir transkrip nilai Dokter Spesialis Penyakit Dalam
    
    f.  Fotokopi sertifikat kompetensi Dokter Spesialis Penyakit Dalam
    
    g.  Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR) Dokter Spesialis
    
    h.  Surat Keterangan nilai TOEFL > 450 (berlaku 2 tahun terakhir)
    
     i. Surat Keterangan sehat fisik dari dokter SpPD yang memiliki SIP
    
     j. Surat Keterangan sehat mental dari dokter SpKJ yang memiliki SIP
    
    k.  Surat Keterangan tidak buta warna dari dokter mata yang memiliki SIP
    
    l.  Surat Rekomendasi dari PAPDI Cabang sesuai keanggotaan calon peserta

    m. Surat referensi pribadi dari 3 nama (seminat terkait, jabatan, dan bebas) yang dapat dihubungi lebih lanjut oleh institusi pendidikan untuk tambahan informasi dari calon peserta (format KIPD)

    n.  Pas foto terakhir berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 6 lembar (4 ditempel pada formulir, 2 lembar dilampirkan)
    
    o.  Materai Rp. 10.000 sebanyak 4 lembar (ditempel pada formulir)
    
    Persyaratan berkas di atas dikirim ke Sekretariat Kolegium Ilmu Penyakit Dalam untuk mendapatkan Surat Rekomendasi dari Kolegium IPD.
  2. Surat pernyataan kembali ke instansi tempat bekerja dengan tanda tangan di atas materai dan tanda tangan mengetahui pimpinan instansi tempat bekerja.

  3. Sertifikat pelatihan dasar endoskopi bagi pendaftar peminatan Gastroenterohepatologi.

    Persyaratan nomor 1 s.d 3 dijadikan 1 file pdf kemudian diunggah ke website pendaftararan.

Tidak ada ujian MMPI SIMAK UI untuk seleksi penerimaan Program Studi Subspesialis Ilmu Penyakit Dalam FKUI.

Kontak Person, Ibu Fifi : 0856-9531-7333

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis (PPDS SP2) hanya dibuka 1 (satu) Gelombang di SIMAK tgl.13 Februari - 8 Maret 2023, pengumuman hasil 25 Juli 2023.

Kedokteran Jiwa

Persyaratan administrasi dan akademis (sesuai ketentuan PS PPDS-II KJ) yang harus dipenuhi adalah:

  1. Mengajukan surat lamaran.

  2. Mengisi formulir pendaftaran dan menyertakan

    lampiran berupa :

    a Fotocopi ijazah dokter.

    b Fotocopi ijazah Dokter Sp.KJ yang telah dilegalisasi

    c Fotocopi transkripsi nilai akademik yang telah dilegalisasi.

    d Daftar riwayat hidup (curriculum vitae).

    e Surat SK PNS atau Pegawai Daerah atau Pegawai Tetap Universitas

    f Surat ijin dari atasan (tempat institusi calon bekerja).

    g Surat keterangan sehat fisik dan mental dari dokter spesialis di RS pemerintah.

    h Sertifikat ujian TOEFL, surat keterangan nilai TOEFL minimal 500 atau IELTS minimal 6.

    i Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 = 6 lembar.

    j Materai Rp 6.000,- = 4 lembar.

    k Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR) dari KKI serta bersedia mengurus STR untuk bekerja di RSCM selama masa pendidikan l Satu STR diserahkan ke RSCM.

Tata Cara Peserta Tes Psikometri Seleksi CPPDS FKUI

  1. Peserta yang telah melakukan pendaftaran SIMAK akan dijadwalkan untuk menjalani tes psikometri
  2. Pelaksanaan tes psikometri seleksi CPDDS FKUI bekerja sama dengan RSCM Kencana dan dilakukan secara luring berlokasi di RSCM FKUI
  3. Peserta Psikotes CPPDS datang ke lokasi yang ditentukan dengan membawa tanda pengenal asli dan bukti transfer sesuai jadwal, paling lambat 30 menit sebelum waktu pemeriksaan. Peralatan yang dibawa untuk keperluan tes: a. Foto Terbaru 4x6 sebanyak 2 lembar. (peserta menuliskan di belakang foto Nama Lengkap & Prodi) b. Pulpen biru dan hitam c. Pensil HB dan penghapus
  4. Peserta harus berpakaian rapi saat menjalani tes psikometri
  5. Tes Psikometri merupakan bagian dari keseluruhan proses seleksi CPPDS
  6. Semua informasi yang berkaitan dengan psikometri ini dapat diakses pada tautan: http://tiny.cc/PsiCPPDS_FKUI

(cp.program studi: Ibu Linda (0812-7523-1998)

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis (PPDS SP2) hanya dibuka 1 (satu) Gelombang di SIMAK tgl.13 Februari - 8 Maret 2023, pengumuman hasil 25 Juli 2023.

Obstetri dan Ginekologi

PERSYARATAN PENDAFTARAN CALON PESERTA PENDIDIKAN DOKTER SUBSPESIALIS OBSTETRI DAN GINEKOLOGI FKUI

Persyaratan :

  1. Surat permohonan mengikuti Program Pendidikan Dokter Subspesialis Obstetri dan Ginekologi yang ditujukan kepada Ketua Program Studi Subspesialis Obstetri dan Ginekologi FKUI.

  2. Calon Peserta Didik berasal dari:

    a.  Rumah Sakit Pendidikan/Academic Health System
    
    b.  Rumah Sakit Pemerintah, TNI, Polri, dan/atau BUMN
    
    c.  Rumah Sakit Tipe A dan Tipe B (Pendidikan dan/atau non-Pendidikan, diutamakan dari daerah)
  3. Batasan usia:

     a. Maksimal 40 tahun untuk Peminatan Onkologi Ginekologi & Uroginekologi Rekonstruksi
    
     b. Maksimal 45 tahun untuk Peminatan Fertilitas Endokrinokologi Reproduksi & Fetomaternal
    
    c.  Maksimal 50 tahun untuk Peminatan Obstetri Ginekologi Sosial
  4. Mengisi formulir pendaftaran dan menertakan lampiran (3 rangkap):

    a.  Curriculum vitae (CV)
    
    b.  Fotokopi ljazah Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (legalisir)
    
    c.  Fotokopi transkrip nilai Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (legalisir)

    d. Fotokopi nilai TOEFL dari LBI UI/LIA ??? 500 (berlaku 6 bulan terakhir)

    e. Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR) Dokter Spesialis

    f. Surat izin/rekomendasi atasan yang berwenang (Dekan Fakultas, Direktur Rumah Sakit, Kepala Bagian, Kepala Divisi) dari instansi asal calon peserta didik untuk mengikuti Pendidikan

    g. Surat rekomendasi IDI Cabang dari daerah asal calon peserta didik yang menyatakan bahwa tidak pernah melakukan malpraktik dan pelanggaran kode etik kedokteran

    h. Surat rekomendasi dari Himpunan masing-masing peminatan (Min 2 orang)

    i. Foto terbaru ukuran 4x6 (5 lembar) latar belakang biru

    j. Surat Keterangan Sehat dan Personality Test MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) dari institusi resmi.

    k. Membuat Surat Pernyataan (di hadapan notaris) bahwa akan kembali ke institusi/instansi asal.

    l.  Masa kerja sebagai SpOG minimal 2 tahun

    m. Sertifikat dari Kegiatan Ilmah yang pernah diikuti sesuai dengan ketentuan peminatan masing-masing.

1 Peminatan

  1. Peminatan Uroginekologi Rekonstruksi
  2. Peminatan Fetomaternal
  3. Peminatan Onkologi Ginekologi
  4. Peminatan Fertilitas Endokrinologi Reproduksi
  5. Peminatan Obstetri Ginekologi Sosial

2 Persvaratan Khusus

  1. Peminatan Onkologi

    1)  Usia maksimal 40 thn, pada saat mendaftar
    
    2)  Kandidat merupakan:
            a   ASN
            b   TNI/POLRI
            c   Bentuk kepegawaian lain milik pemerintah
            d   Berasal dari Rumah Sakit Pemerintah/Swasta tipe B atau tipe A yang melaksanakan Pendidikan kedokteran Sp1
            e   Berasal dari Rumah Sakit Pemerintah Daerah tipe B atau tipe A yang merupakan Rumah Sakit Rujukan Provinsi

    3) Telah bekerja sebagai Dokter Obstetri Ginekologi lebih dari 2 tahun yang dibuktikan dengan surat dari Direktur/ Dekan FK

    4) Surat Rekomendasi dari (masa berlaku kurang dari 6 bulan):

            a.  KSM Obstetri Dan Ginekologi Rumah Sakit tempat bekerja
            b.  Direktur Rumah Sakit tempat bekerja
            c.  Dekan, bila berasal dari institusi pendidikan
            d.  Ketua POGI cabang asal bekerja
            e.  Anggota HOGI tempat asal lulusan

    5) Surat Perjanjian kembali ke dareah asal yang ditanda tangani di depan Notaris

    6) Mempunyai sertifikat (dalam 2 tahun):

            a.  Workshop Deteksi Dini Lesi Pra Kanker
            b.  Sepuluh (10) Sertifikat peserta Seminar Onkologi Ginekologi

    7) Surat lamaran tertulis ditujukan ke Koordinator Pendidikan Konsultan HOGI, dilengkapi dengan CV tertulis

    8) Tidak pernah terkait dengan kasus kriminal dan pelanggaran Etika, dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian dan Surat Keterangan IDI setempat (masa berlaku kurang dari 6 Bulan)

    9) TOEFL 500 yang dikeluarkan oleh Lembaga Universitas

    10) Sertifikat telah menjalani WKDS/PDGS dari Kementerian Kesehatan atau penugasan ke daerah berupa pengabdian masyarakat setara PDGS minimal 6 bulan yang dibuktikan dengan surat keterangan yang berasal dari institusi yang bersangkutan

    11) Maksimal mengikuti 2 kali ujian untuk 3 Pusat Pendidikan (berkas belum lengkap tidak diperbolehkan mengikuti ujian)

Tata Cara Peserta Tes Psikometri Seleksi CPPDS FKUI

  1. Peserta yang telah melakukan pendaftaran SIMAK akan dijadwalkan untuk menjalani tes psikometri
  2. Pelaksanaan tes psikometri seleksi CPDDS FKUI bekerja sama dengan RSCM Kencana dan dilakukan secara luring berlokasi di RSCM FKUI
  3. Peserta Psikotes CPPDS datang ke lokasi yang ditentukan dengan membawa tanda pengenal asli dan bukti transfer sesuai jadwal, paling lambat 30 menit sebelum waktu pemeriksaan. Peralatan yang dibawa untuk keperluan tes: a. Foto Terbaru 4x6 sebanyak 2 lembar. (peserta menuliskan di belakang foto Nama Lengkap & Prodi) b. Pulpen biru dan hitam c. Pensil HB dan penghapus
  4. Peserta harus berpakaian rapi saat menjalani tes psikometri
  5. Tes Psikometri merupakan bagian dari keseluruhan proses seleksi CPPDS
  6. Semua informasi yang berkaitan dengan psikometri ini dapat diakses pada tautan: http://tiny.cc/PsiCPPDS_FKUI

(cp.program studi: Ibu Putri (0821-3866-0471)

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis (PPDS SP2) hanya dibuka 1 (satu) Gelombang di SIMAK tgl.13 Februari - 8 Maret 2023, pengumuman hasil 25 Juli 2023.

Orthopaedi dan Traumatologi

Kriteria Penerimaan Calon Mahasiswa Baru

Persyaratan khusus :

  1. Usia < 45 tahun

  2. Lulusan Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi (Sp.OT) yang mempunyai STR

  3. Surat permohonan mengikuti Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Subspesialis (Sp2) Orthopaedi dan Traumatologi kepada KPS Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Subspesialis (Sp2) Orthopaedi dan Traumatologi FKUI

  4. Melengkapi berkas administrasi :

    1.  Status kepegawaian : PNS/POLRI/ RS Swasta dll dinyatakan dengan bukti yang sesuai 
    2.  Fotocopi surat pengangkatan dari instansi induk 
    3.  Mempunyai nomor registrasi sebagai pendaftar peserta Subspesialis Orthopaedi dan Traumatologi dari Kolegium Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia ( www.kolegium-ioa.org)
  5. Daftar Riwayat Hidup

  6. Fotokopi KTP

  7. Surat Keterangan berbadan sehat

  8. Surat Bebas NAPZA

  9. Fotokopi Ijazah Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi yang telah dilegalisir

  10. Salinan angka keberhasilan belajar ( transkip nilai ) Sp1 Orthopaedi dan Traumatologi

  11. Salinan Sertifikat Kompetensi dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi

  12. Salinan Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih aktif

  13. Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari instansi yang berwenang atau POLRI.

  14. Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 4 (empat) lembar.

  15. TOEFL minimal 500 (atau TOEFL prediction score dari lembaga bahasa / institusi pendidikan yang terakreditasi)

  16. Memilki pengalaman bekerja di Institusi Pendidikan, RS Pendidikan/Jejaring, RS Pemerintah lainnya atau RS Rujukan, minimal 2 tahun

  17. Surat persetujuan/ rekomendasi/ penugasan dari instansi induk, sebagai berikut:

    a Bagi calon peserta dari Kementrian Kesehatan dilampirkan surat persetujuan dari Pimpinan Unit Pelaksana Teknis Kementrian Kesehatan. b Bagi calon peserta dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dilampirkan surat persetujuan dari Pimpinan Unit Pelaksana Teknis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. c Bagi calon peserta dari Kementrian Pertahanan dilampirkan pesetujuan dari Kepala Rumah Sakit terkait di lingkungan Kementrian Pertahanan d Bagi calon peserta dari Kementrian lain dan instansi swasta dilampirkan surat pesetujuan dari pimpinan instansi yang bersangkutan. e Bagi calon peserta berstatus perseorangan dilampirkan surat rekomendasi dari sponsor/peer group.

  18. Surat rekomendasi dari perhimpunan profesi kedokteran Ikatan Dokter Indonesia atau Ketua Pengurus IDI Daerah/Wilayah, yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tidak pernah melakukan malpraktek dan pelanggaran kode etik kedokteran.

  19. Rekomendasi tertulis dari PABOI daerah sesuai tempat calon peserta didik terdaftar.

  20. Surat pernyataan bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia pada Rumah Sakit pemerintah sesuai kebutuhan

  21. Bukti keminatan terhadap bidang terkait, dapat berupa (satu atau lebih):

    a.  Fotocopy sertifikat pelatihan atau seminar dari bidang subspesialis terkait
    b.  Publikasi di jurnal nasional maupun internasional dari bidang subspesialis terkait

Seleksi Penerimaan :

A. Universitas a. Melakukan pendaftaran online di web penerimaan.ui.ac.id b. Mengikuti ujian SIMAK -UI c. Mengikuti tes Psikotes dan MPPI

B. Program Studi a. Melengkapi berkas administrasi yang ditetapkan oleh Peminatan yang dipilih/dituju. Untuk informasi tentang kelengkapan berkas administrasi setiap Peminatan, Calon Peserta Didik harap menghubungi secretariat program studi b. Mengikuti tes ujian tertulis c. Mengikuti tes wawaancara

Tata Cara Peserta Tes Psikometri Seleksi CPPDS FKUI

  1. Peserta yang telah melakukan pendaftaran SIMAK akan dijadwalkan untuk menjalani tes psikometri
  2. Pelaksanaan tes psikometri seleksi CPDDS FKUI bekerja sama dengan RSCM Kencana dan dilakukan secara luring berlokasi di RSCM FKUI
  3. Peserta Psikotes CPPDS datang ke lokasi yang ditentukan dengan membawa tanda pengenal asli dan bukti transfer sesuai jadwal, paling lambat 30 menit sebelum waktu pemeriksaan. Peralatan yang dibawa untuk keperluan tes: a. Foto Terbaru 4x6 sebanyak 2 lembar. (peserta menuliskan di belakang foto Nama Lengkap & Prodi) b. Pulpen biru dan hitam c. Pensil HB dan penghapus
  4. Peserta harus berpakaian rapi saat menjalani tes psikometri
  5. Tes Psikometri merupakan bagian dari keseluruhan proses seleksi CPPDS
  6. Semua informasi yang berkaitan dengan psikometri ini dapat diakses pada tautan: http://tiny.cc/PsiCPPDS_FKUI

Contact Person : Bapak Agus (0895-2407-2455)

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis (PPDS SP2) hanya dibuka 1 (satu) Gelombang di SIMAK tgl.13 Februari - 8 Maret 2023, pengumuman hasil 25 Juli 2023.