1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Informasi Beasiswa
  4. International Students Admission
Rabu, 25 Mei 2022 01.12 WIB (WIB)

Persyaratan Pendaftaran Program Studi — Profesi Jalur SIMAK Periode 2022/2023 Semester 1

Profesi

Program Studi Persyaratan
Teknik
Arsitek
  1. Memenuhi Persyaratan Universitas (lulusan Sarjana Arsitek, mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
    • Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional
  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris
  3. Tidak ada persyaratan (bebas) buta warna
Insinyur

Syarat PPI Reguler:

  1. Pendaftar PPI Reguler harus memiliki latar belakang Sarjana (S1) bidang teknik, sarjana terapan bidang teknik, sarjana pendidikan bidang teknik, atau sarjana bidang sains (Fisika, Kimia, Ilmu Hayat, Geosains dan bidang-bidang yang memiliki aspek kerekayasaan) yang didapat dari perguruan tinggi yang terakreditasi dengan IPK minimum 2,75.
  2. Pendaftar juga harus memiliki pengalaman kerja dan praktek keinsinyuran minimum 2 (dua) tahun.
  3. Harus mengikuti ujian saringan TPA dan Bahasa Inggris yang disyaratkan oleh Universitas Indonesia.
  4. Berkas-berkas yang harus diupload adalah Transkrip Nilai, Ijazah dan CV. Berkas-berkas tersebut disatukan dalam satu file, diupload ke laman PMB.

Syarat PPI RPL:

  1. Pendaftar harus memiliki latar belakang Sarjana (S1) bidang teknik, sarjana terapan bidang teknik, sarjana pendidikan bidang teknik, atau sarjana bidang sains (Fisika, Kimia, Ilmu Hayat, Geosains dan bidang-bidang yang memiliki aspek kerekayasaan) yang didapat dari perguruan tinggi yang terakreditasi, minimal B.
  2. Pendaftar berasal dari perguruan tinggi yang saat ini terakreditasi A dan program studi di perguruan tinggi asal minimum terakreditasi B, serta memiliki pengalaman kerja dalam praktik keinsinyuran paling sedikit 5 (lima) tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan resmi, atau
  3. Pendaftar berasal dari perguruan tinggi yang saat ini terakreditasi B dan program studi di perguruan tinggi asal minimum terakreditasi B, serta memiliki pengalaman kerja dalam praktik keinsinyuran paling sedikit 7 (tujuh) tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan resmi.
  4. Pengalaman kerja dalam praktik keinsinyuran paling sedikit 4 pekerjaan/proyek besar atau yang dibuktikan dengan SK penugasan dan yang setara.
  5. Tergabung di satu atau lebih organisasi profesi/keahlian legal yang sesuai dengan bidang pekerjaan/pendidikannya yang dibuktikan dengan kartu anggota/surat keterangan lainnya yang masih berlaku.
  6. Pernah mengikuti paling sedikit 1 kali Pendidikan profesi/keahlian teknik/keinsinyuran tahap ahli (minimal 200 jam atau yang setara) yang sesuai dengan bidang keinsinyuran yang dibuktikan dengan sertifikat yang wajib memuat jam pendidikan.
  7. Pernah melakukan paparan/presentasi paling sedikit 1 (satu) seminar/lokakarya keinsinyuran yang sesuai dengan bidang keinsinyuran yang dibuktikan dengan sertifikat keikutsertaan dan bukti publikasi pada buletin/prosiding dan sejenisnya.
  8. Pendaftar harus mengisikan semua data-data yang dipersyaratkan di link: https://fair.eng.ui.ac.id/
Ekonomi dan Bisnis
Akuntansi
  1. Latar belakang pendidikan: a. Calon mahasiswa PPAk. merupakan lulusan S-1/D-IV Akuntansi maupun Non Akuntansi dengan IPK yang memuaskan dari perguruan tinggi yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). b. Ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
  2. Mengisi formulir dan mengikuti tahapan pendaftaran mahasiswa baru Universitas Indonesia melalui laman http://penerimaan.ui.ac.id.
  3. Mengikuti Ujian Saringan Masuk yang diselenggarakan bersama di tingkat Universitas Indonesia (SIMAK UI)

Calon mahasiswa double program MAKSI-PPAk. harus mendaftar di S2 MAKSI dan Profesi PPAk. sekaligus.