1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Informasi Beasiswa
  4. International Students Admission
Jumat, 29 Maret 2024 02.48 WIB (WIB)

Persyaratan Pendaftaran Program Studi — S2 Jalur SIMAK Periode 2018/2019 Semester 2

S2

Program Studi Persyaratan
Kedokteran
Ilmu Biomedik

Persyaratan penerimaan peserta didik Program Studi Magister Ilmu Biomedik FKUI:

  1. Semua peminatan dibuka untuk peserta yang memilih kelas REGULER.

  2. Peserta memilih kelas KHUSUS tidak dapat memilih peminatan. Kelas KHUSUS dibuka dengan syarat peserta yang diterima lebih dari 6 peserta per angkatan, peminatan pada kelas KHUSUS dibuka dengan syarat lebih dari 3 peserta per peminatan.

  3. Persyaratan :

    • Sarjana S1 dari Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri yang ijazahnya diakui oleh Universitas, dengan latar belakang ilmu-ilmu hayati (Biologi, Fisika, Kimia) yang IPK nya mencapai atau di atas 3,00.
    • Khusus untuk lulusan Diploma 4 (D4): telah mendapat penyetaraan atau bersedia mengikuti kegiatan matrikulasi selama 1-2 semester.
    • Khusus untuk Warga Negara Asing: Harus mendapat izin tinggal untuk belajar dan menunjukkan keterangan dari Program BIPA Universitas Indonesia yang menyatakan bahwa peserta memiliki penguasaan Bahasa Indonesia yang baik.
  4. Khusus pendaftar jalur Riset :

    • Memiliki pengalaman riset dalam bidang ilmu biomedik.
    • Memiliki pengalaman publikasi minimal dalam jurnal nasional terakreditasi Sinta.
    • Telah memiliki pra-proposal riset yang disetujui oleh calon pembimbing. *Dokumen pendukung di atas dikirim ke email PMIB: ps.biomed2@gmail.com.
  5. Waktu Perkuliahan:

    • Kelas Reguler: Waktu kuliah Senin s/d Jumat pukul: 08.00-16.00 WIB
    • Kelas Khusus: Waktu kuliah Senin s/d Jumat pukul: 16.00-20.00 WIB & Sabtu pukul 08.00-12.00 WIB.
  6. Lokasi kuliah bertempat di PMIB FKUI Kampus Salemba.

  7. Bagi pendaftar jalur kuliah kelas regular dan khusus akan diadakan ujian prodi: Ujian tertulis dan wawancara setelah ujian SIMAK.

  8. Bagi pendaftar jalur riset akan diadakan ujian prodi: Wawancara dan presentasi pra-proposal setelah ujian SIMAK.

  9. Informasi jadwal ujian prodi akan dikirimkan melalui email peserta. Ujian program studi dilaksanakan setelah ujian SIMAK UI berlangsung (jadwal tentative).

  10. Informasi lebih lanjut perihal ujian prodi: Sekretariat PMIB FKUI (Lantai 11 Gedung IMERI, Tower B - Edukasi) dan website PMIB FKUI (biomedicine.ui.ac.id). Telp 021-31900908 atau email: ps.biomed2@gmail.com.

  11. Upload surat pernyataan tidak akan tunda kuliah apabila diterima.

  12. Upload sertifikat TOEFL/IELTS.

  13. Upload surat pernyataan izin belajar/tugas belajar dari instansi bagi calon peserta yang sudah bekerja (Format surat disesuaikan dengan kebijakan instansi peserta).

  14. Melampirkan hasil tes MMPI terbaru tahun 2024 dari lembaga/instansi terakreditasi.

*Apabila terdapat kendala upload berkas pada web penerimaan maka peserta mengirim dokumen pendukung nomor 11-14 ke email PMIB: ps.biomed2@gmail.com.

Kedokteran Kerja

Persyaratan penerimaan peserta didik Program Studi Magister Kedokteran Kerja FKUI:

  • Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae diupload berbarengan dengan ijazah atau transkrip nilai).
  • IPK dokter =/> 3.00.
  • Dokter yang diakui oleh Pemerintah RI, melampirkan Surat Tanda Registrasi (STR).
  • Ijazah dan transkrip nilai Program Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter.
  • Surat rekomendasi dari pimpinan tempat bekerja.
  • Surat resmi keterangan sehat fisik dan mental dari dokter yang memiliki surat izin praktik (SIP).
  • Surat keterangan lulus TOEFL minimal 500 (berlaku 2 tahun terakhir): Lulus tes masuk yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia, dengan nilai TPA > 500 dan Bahasa Inggris > 400.
  • Sertifikat Pelatihan Hiperkes.
  • Semua dokumen di upload bersamaan dengan Transkrip atau Ijazah.
  • Sebelum Pendaftaran terlebih dahulu menghubungi Sekretariat Program Studi mkk.fkui@gmail.com dan pjj.prodimkk@gmail.com.

Jadwal Perkuliahan: Kelas Reguler dan Khusus a. Jumat: 08.00 s.d 17.00 WIB b. Sabtu: 08.00 s.d 17.00 WIB

Lokasi Perkuliahan: d/a Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI Gedung Laboratorium Mikrobiologi FKUI Jl. Pegangsaan Timur No. 16 Jakarta Pusat (Depan Stasiun Cikini-Jakarta Pusat).

Email: mkk.fkui@gmail.com dan pjj.prodimkk@gmail.com.

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Biologi

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Biologi, Pertanian, Perikanan, Peternakan, Bioteknologi, Kehutanan, sarjana bidang yang relevan dengan Biologi dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Geografi

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Geografi dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Ilmu Bahan-bahan/Material

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Bahan dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

  • Lulusan Program Sarjana Teknik dan MIPA yang relevan dengan Ilmu Material dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negeri yang memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan oleh Depdiknas.

Informasi lebih lanjut : Website : http://physics.ui.ac.id, Jl. Salemba Raya No.4 Jakarta 10430 Telp. 021-3907694 Email : ilmumaterial@sci.ui.ac.id Departemen Fisika, Kampus Universitas Indonesia, Depok 16424 Telp. 021- 7872609-10,7270160, Fax: 7863441, 78849007

Ilmu Fisika

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok atau Kampus UI Salemba b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi:

  1. Lulusan Sarjana Bidang Fisika, Geofisika, Geothermal, Geologi, Perminyakan, Instrumentasi, Fisika Nuklir, Teknik Fisika, Meteorologi, Kebumian dan bidang yang lain yang relevan dengan Ilmu Fisika,dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.
Ilmu Kelautan

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan Sains ilmu Kelautan fisik , Sains ilmu kelautan hayati, dan Pengelolaan sumberdaya dan Perikanan, yang diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Lulusan Sarjana Terapan (D4) yang relevan dengan bidang terkait Sains ilmu Kelautan fisik , Sains ilmu kelautan hayati, dan Pengelolaan sumberdaya dan Perikanan.

Informasi lebih lanjut: Dapat menghubungi, humas@sci.ui.ac.id HP : 085811783713, 08174861575

Ilmu Kimia

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Kimia dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Matematika

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Matematika dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Teknik
Teknologi Biomedis
  • Memenuhi Persyaratan Universitas (lulusan Sarjana, mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional
  • Berkemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris
  • Tidak ada persyaratan (bebas) buta warna
  • Jadwal dan lokasi perkuliahan http://eng.ui.ac.id/magister/
  • Lulusan S1/D4 dari program studi Teknik Biomeis, Bidang Kedokteran, Teknk, Sains, Komputer, Farmasi dan yang setara.
Hukum
Ilmu Hukum
  1. Lulusan Program Sarjana 1 (S1) Sarjana Hukum dari Program Studi yang terakreditasi A atau Unggul (dengan melampirkan ijazah dan bukti akreditasi program studi), atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan ijazah yang telah dilegalisir /disetarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Khusus untuk peminatan Socio-Legal menerima Sarjana non hukum dari Program Studi yang terakreditasi A atau Unggul (dengan melampirkan ijazah dan bukti akreditasi program studi), atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan ijazah yang telah dilegalisir /disetarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Memiliki IPK yang diperoleh dalam Program Sarjana minimal 2.75 (dua koma tujuh lima) skala 4 (empat);
  3. Mengisi dan Memenuhi Persyaratan yang terdapat pada formulir pendaftaran;
  4. Menyerahkan 2 (dua) surat rekomendasi dari: a) satu dari instansi tempat bekerja dan satu dari perguruan tinggi asal; atau b). dua rekomendasi dari perguruan tinggi asal. Dikirimkan ke email: mih.fhui@ui.ac.id. Template surat rekomendasi dapat diunduh dari fitur penerimaan mahasiswa baru pada laman https://law.ui.ac.id/v3/program-pasca-sarjana/
  5. Menyerahkan 1 (satu) surat motivasi. Dikirimkan ke email: mih.fhui@ui.ac.id. Template surat motivasi dapat diunduh dari fitur penerimaan mahasiswa baru pada laman https://law.ui.ac.id/v3/program-pasca-sarjana/;
  6. Surat reskomendasi dan motivasi diserahkan paling lambat tanggal 31 Maret 2024;
  7. Lulus Ujian TPA dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh UI;
  8. Peserta yang telah dinyatakan lulus ujian saringan masuk Program Magister Ilmu Hukum tidak dapat pindah ke Program Magister Kenotariatan;
  9. Pendaftaran dibuka untuk kelas reguler dengan waktu perkuliahan mulai pukul 08.00 - 14.00 WIB, dan kelas khusus dengan waktu perkuliahan mulai pukul 17.00 - 21.00 WIB. Kuliah diadakan pada hari Senin s.d. Jumat, kecuali pada keadaan tertentu pada hari Sabtu. Perkuliahan pada dasarnya dilakukan di Kampus FHUI Salemba, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dilaksanakan di Kampus FHUI Depok.
Kenotariatan
  1. Lulusan Program Sarjana 1 (S1) Sarjana Hukum dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri, atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan ijazah yang telah dilegalisir /disetarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
  2. Memiliki IPK yang diperoleh dalam Program Sarjana minimal 2.75 (dua koma tujuh lima) skala 4 (empat);
  3. Mengisi dan memenuhi persyaratan yang terdapat pada formulir pendaftaran;
  4. Menyerahkan 1 (satu) surat rekomendasi dari instansi tempat bekerja atau perguruan tinggi asal ke email: mkn.fhui@ui.ac.id. Surat rekomendasi sudah diterima paling lambat tanggal 31 Maret 2024. Template surat rekomendasi dapat diunduh dari fitur penerimaan mahasiswa baru pada laman https://law.ui.ac.id/v3/program-pasca-sarjana/
  5. Lulus Ujian TPA dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh UI;
  6. Lulus ujian seleksi untuk materi khusus terkait Hukum Dagang, Hukum Perdata, dan Hukum Agraria yang diselenggarakan oleh Program Magister Kenotariatan FHUI. Ujian seleksi materi khusus akan diadakan pada hari Sabtu, tanggal 23 Maret 2024 mulai pukul 09.00 s.d selesai. Ujian akan dilakukan secara online (dalam jaringan). Informasi terkait teknis pelaksanaan ujian akan disampaikan kepada peserta setelah penutupan periode pendaftaran. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui e-mail: mkn.fhui@ui.ac.id;
  7. Peserta yang telah dinyatakan lulus ujian saringan masuk Program Magister Kenotariatan tidak dapat pindah ke Program Magister Ilmu Hukum;
  8. Pendaftaran hanya dibuka untuk kelas perkuliahan di Kampus FHUI Depok, dengan waktu perkuliahan Senin s.d. Jum'at pukul 14.00 - 19.00 WIB, kecuali pada keadaan tertentu pada hari Sabtu.
Ekonomi dan Bisnis
Ilmu Akuntansi
  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional).
  2. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  3. Mengikuti seleksi wawancara dari Program Studi.
  4. Menyerahkan Berkas yang diserahkan pada saat Wawancara, yaitu :
    • membuat CV Terbaru,
    • fotocopy Ijazah/SKL, Transkrip Nilai,
    • bukti pendaftaran,
    • kartu ujian SIMAK UI,
    • bukti Penerimaan lulus ujian SIMAK UI *Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 08111666580
Magister Akuntansi

1.Latar belakang pendidikan: a.Calon mahasiswa MAKSI merupakan lulusan S-1 atau D-IV dengan IPK yang memuaskan. b.S-1 semua jurusan. Ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. c. Memiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun bagi calon mahasiswa MAKSI atau double program MAKSI-PPAk. kelas Khusus/Malam

2.Mengisi formulir dan mengikuti tahapan pendaftaran mahasiswa baru Universitas Indonesia melalui laman http://penerimaan.ui.ac.id.

3.Mengikuti Ujian Saringan Masuk yang diselenggarakan bersama di tingkat Universitas Indonesia (SIMAK UI).

4.Mengikuti wawancara dengan Psikolog dan Program Studi bagi calon mahasiswa MAKSI atau double program MAKSI-PPAk yang memenuhi kualifikasi.

Calon mahasiswa double program MAKSI-PPAk harus mendaftar di S2 MAKSI dan Profesi PPAk sekaligus.

Untuk informasi lebih lanjut: Program Studi MAKSI-PPAk. FEB UI Gedung Prof. Dr. M. Sadli Jl. Salemba Raya No. 4, Kampus UI Salemba Jakarta 10430 Telpon : +62 21 31907848 Faksimili : +62 21 3900703 Mobile Phone : 0813 1880 7339/0813 1979 8223 E-mail : maksi-ppak@ui.ac.id Website : http://www.maksi-ppak.feb.ui.ac.id.

Magister Manajemen
  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional).
  2. Wajib memiliki pengalaman kerja min.3 tahun (berlaku untuk semua program, Kelas Reguler/Pagi atau Kelas Khusus/Malam)
  3. Perkuliahan berlokasi di Salemba, dengan waktu perkuliahan:
    • Kelas reguler : Senin-Kamis 09.00-11.30 & 13.00-15.30 WIB
    • Kelas Khusus : Senin - Kamis 19.00-21.30 WIB
  4. Informasi tanggal atau syarat administrasi seperti wawancara dan dokumen kelengkapan wawancara yang merupakan bagian dari tahapan seleksi akan diinfokan melalui email yang didaftarkan di akun penerimaan.ui.ac.id (mohon sertakan email yang masih aktif pada saat mendaftar)
    • Terdapat seleksi wawancara yang akan diinformasikan maksimal 2 minggu setelah ujian SIMAK berlangsung (kami menyarankan untuk selalu mengecek email). *Informasi lebih lanjut hub.Program Studi MM FEB UI di 0818 0826 8318 (WA) atau email: admisi.mmfebui@ui.ac.id, atau kunjungi website kami di : www.mm.feb.ui.ac.id
Magister Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan
  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional).
  2. Lokasi Perkuliahan di Salemba, Waktu Perkuliahan: Kelas Reguler: kegiatan perkuliahan dilakukan di hari kerja (Senin-Jumat) pagi-siang Kelas Khusus: kegiatan perkuliahan dilakukan di hari kerja (Senin-Jumat) mulai jam 19.00WIB *Hari Sabtu untuk kelas pengganti atau asistensi
  3. Informasi lebih lanjut hub.Program Studi di https://mpkp.feb.ui.ac.id/ atau 082110815115 (WA) email: master.econ.feb@ui.ac.id
Psikologi
Psikologi

Persyaratan Pendaftar

  1. Pendaftar adalah Sarjana Psikologi maupun Sarjana Non Psikologi dengan IPK minimal 3.00 (tiga koma nol nol) dalam rentang 0-4. Bagi Sarjana Non Psikologi wajib mengikuti pembekalan setelah dinyatakan lolos seleksi.

  2. Berasal dari Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi dengan nilai minimal B.

  3. Ijazah dari Perguruan Tinggi Swasta harus dengan ijazah yang telah disetarakan oleh Kopertis. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

  4. Bagi Calon peserta Warga Negara Asing (WNA) harus memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang memadai untuk mengikuti program Pascasarjana serta mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kemampuan Bahasa Indonesia dinyatakan dengan menyerahkan sertifikat kursus Bahasa Indonesia.

  5. Bersedia mengikuti kegiatan akademik penuh waktu di hari kerja. Bagi pendaftar yang telah bekerja wajib memiliki Surat Tugas Belajar dari Instansi/Perusahaan harus dikirim bersama dengan ijazah.

Berkas Pendaftaran Seleksi Tahap 2

  1. Scan Ijazah asli
  2. Scan Transkrip asli
  3. 1 (satu) buah surat rekomendasi dari pembimbing skripsi/pembimbing akademik (bila pembimbing skripsi/pembimbing akademik sudah tidak aktif, dapat digantikan dengan dosen yang mengenal baik pendaftar) (format bebas)
  4. 1 (satu) buah surat rekomendasi dari atasan bagi pendaftar yang pernah bekerja sesuai dengan peminatannya (format bebas)
  5. Curriculum Vitae (format bebas)
  6. Motivational Letter (format bebas) Catatan: ??? Seluruh berkas pendaftaran seleksi dikirim dalam format PDF dan digabung dalam zip/rar. ??? Peserta yang tidak mengirimkan berkas pendaftaran lengkap hingga batas akhir waktu pengiriman tidak dapat mengikuti seleksi tahap 2.

Link Penting

  1. Link pengiriman berkas pendaftaran: prodimagister.psi@office.ui.ac.id
  2. Link pengumuman daftar nama peserta lolos seleksi tahap 1: psikologi.ui.ac.id
  3. Link pengumuman jadwal seleksi tahap 2: psikologi.ui.ac.id Tes Masuk
  4. Tes Tahap 1 : TPA dan Bahasa Inggris
  5. Tes Tahap 2 : Wawancara

Tanggal Penting

  1. 24 Maret 2024 : Tes Tahap I (TPA & Bahasa Inggris)
  2. 2 April 2024 : Pengumuman daftar nama peserta lolos seleksi Tahap 1 (Pengumuman dapat diakses pada website psikologi.ui.ac.id)
  3. 5 April 2024 : Pengumpulan berkas pendaftaran (deadline pukul 16.00 WIB) (Berkas pendaftaran di kirim ke prodimagister.psi@office.ui.ac.id dengan subjek ???Berkas Pendaftaran SIMAK UI 2024_Nama???)
  4. 16 April 2024 : Pengumuman jadwal seleksi tahap 2 (Pengumuman dapat diakses pada website psikologi.ui.ac.id)
  5. 18 s.d. 25 April 2024 : Seleksi Tahap 2 (wawancara)

  6. 3 Mei 2024 : Pengumuman hasil SIMAK (Pengumuman dapat diakses pada website penerimaan.ui.ac.id)

Infomasi Penting

  1. Tes Tahap 2 (wawancara dilakukan secara daring)
  2. Berkas pendaftaran (surat rekomendasi, curriculum vitae dan motivational letter) format bebas
  3. Berkas pendaftaran dikirim setelah peserta dinyatakan lolos seleksi tahap 1 SIMAK UI ke email prodimagister.psi@office.ui.ac.id.
  4. Pembekalan dilaksanakan selama bulan Juli-Agustus 2024
  5. Mahasiswa yang tidak lulus dalam mata kuliah pembekalan dapat mengulang pada pembekalan tahap berikutnya.
  6. Perkuliahan dilaksanakan di Kampus UI Depok
  7. Perkuliahan dimulai pada Semester Gasal 2024/2025
  8. Perkuliahan dilakukan secara luring (tatap muka)
  9. Waktu perkuliahan regular (Senin s.d. Jumat, jam 08.00 s.d. 16.00 WIB)
  10. Pertanyaan seputar seleksi masuk dapat dikirimkan ke prodimagister.psi@office.ui.ac.id, atau No HP 0857-1800-5838 (whatsapp only).
Psikologi Terapan

Persyaratan Umum Program Studi Psikologi Terapan Program Magister:

  1. Pendaftar adalah Sarjana Non Psikologi dan S1 Psikologi dengan IPK minimal 2,75.
  2. Pendaftar berasal dari Perguruan Tinggi dengan Akreditasi minimal B.
  3. Memiliki ijazah dari Perguruan Tinggi Swasta yang telah disetarakan oleh Kopertis. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kemendikbudristek.
  4. Pendaftar Warga Negara Asing (WNA) harus memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang memadai, dinyatakan dengan menyerahkan sertifikat kursus Bahasa Indonesia. Pendaftar juga mendapat izin belajar dari Kemendikbudristek.

Informasi Lokasi dan Waktu Perkuliahan:

  1. Perkuliahan secara blended (kombinasi daring dan luring) diselenggarakan di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Kampus UI, Depok.
  2. Waktu perkuliahan pada hari Jumat (pkl. 14.00 s.d 21.00 WIB) dan Sabtu (pkl. 08.00 s.d 18.00 WIB).

Tes Masuk

  1. Tes Tahap 1 : TPA dan Bahasa Inggris
  2. Tes Tahap 2 : Wawancara

Tanggal Penting

  1. 24 Maret 2024 : Tes Tahap 1 (TPA dan Bahasa Inggris)
  2. 1 April 2024 : Pengumuman daftar nama peserta lolos seleksi tahap 1 dapat dilihat melalui situs Fakultas Psikologi UI, yaitu https://psikologi.ui.ac.id.
  3. 16 April 2024 : Pengumpulan berkas (Protofolio, surat rekomendasi dll.) kirim melalui email: prodi.psikologiterapan@ui.ac.id
  4. 23 April 2024 : Pengumuman jadwal Tes Tahap 2 (Wawancara) akan kami kirim melalui email para peserta.
  5. 24 dan 25 April 2024 : Tes Tahap 2 (Wawancara)
  6. 3 Mei 2024 : Pengumuman hasil SIMAK melalui www.penerimaan.ui.ac.id

Syarat Administrasi untuk Seleksi Program Studi Psikologi Terapan Program Magister (Tahap 2: Wawancara)

Persyaratan kekhususan Program Studi untuk Seleksi Tahap 2 (Wawancara):

  1. Melengkapi data diri pada link: https://bit.ly/SeleksiTerapan-LK.
  2. Menyerahkan Daftar Portofolio kegiatan terkait dengan peminatan yang dipilih selama 1 tahun terakhir.
  3. Menyerahkan 2 buah surat rekomendasi dari pembimbing skripsi dan pembimbing akademik (bila pembimbing skripsi/pembimbing akademik sudah tidak aktif bekerja, dapat digantikan oleh dosen yang mengenal baik pendaftar).
  4. Menyerahkan surat rekomendasi dari salah satu atasan bagi pendaftar yang pernah bekerja sesuai dengan peminatannya.
  5. Menulis Esai (maksimum 750 kata). Topik esai untuk setiap peminatan akan dikirimkan melalui email masing-masing pendaftar.
  6. Seluruh berkas tersebut dikirim melalui email ke prodi.psikologiterapan@ui.ac.id, paling lambat pada tanggal 16 April 2024 (dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan Fakultas Psikologi UI.).

Program Pembekalan:

  1. Pendaftar Sarjana Non Psikologi setelah dinyatakan lulus SIMAK UI wajib mengikuti program Pembekalan.
  2. Perkuliahan Pembekalan berlangsung pada hari kerja selama 6 minggu, pada bulan Juli- Agustus.
  3. Peserta harus lulus program Pembekalan minimal B agar dapat mengikuti perkuliahan di Prodi. Psikologi Terapan Program Magister.
  4. Pendaftar yang tidak lulus Pembekalan dapat mengulangnya pada semester berikutnya.
  5. Biaya Pembekalan terpisah dari uang kuliah, dan untuk informasi mengenai biaya pembekalan silahkan lihat di website psikologi.ui.ac.id.

Pertanyaan seputar seleksi masuk dapat dikirimkan ke prodi.psikologiterapan@ui.ac.id

Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Ilmu Kesejahteraan Sosial

Persyaratan

  1. Penyandang Gelar Sarjana berbagai disiplin ilmu (ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat penyetaraan dari DIKTI, Kementerian Pendidikan Nasional), Lulus D4 IPDN dan D4 STKS.
  2. Memenuhi persyaratan Universitas (Mendaftar secara online dan lulus ujian saringan). Informasi lebih lanjut langsung ke Program Studi Silahkan hubungi Sekretariat Program Ilmu Kesejahteraan Sosial di nomor telp. 021-7270176 atau 021.7270228, atau dengan Saudara Valent di nomor telp. 08129982624.
  3. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online : fotocopy ijazah S1/D4 dan fotocopy transkrip S1/D4 yang telah dilegalisir. Untuk lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri Ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh DIKTI - Kementerian Pendidikan Nasional.
  4. Perkuliahan dilakukan di Kampus UI Depok, dimulai dari jam 17.00 s/d 22.00 hari Senin s/d Jumat, dan hari Sabtu, dari jam 09.00 s/d 15.30.
Ilmu Politik
  1. Persyaratan

    1). Mendaftar secara online

    2). Mengunggah dokumen di akun pendaftaran online a. pas foto berwarna ukuran 4x6 b. fotocopy ijasah S1 yang telah dilegalisir c. fotocopy transrip S1 yang telah dilegalisir

    3). Mengirim dokumen ke Sekretariat Program Pascasarjana Ilmu Politik secara langsung atau melalui email paling lambat diterima pada hari terakhir pendaftaran
    a. daftar riwayat hidup b. surat rekomendasi dari institusi tempat beraktifitas (jika ada) c. dokumen MoU atau kerjasama institusi asal dengan Universitas Indonesia (jika ada)

    4). Mengikuti ujian TPA dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Panitia Penerimaan
    Mahasiswa Baru Universitas Indonesia

  2. Lokasi Perkuliahan : Kampus UI Depok

  3. Waktu Perkuliahan : Reguler: Siang sampai dengan Malam.

  4. Informasi lebih jelas dapat diperoleh melalui website : www.pascapolfisip.ui.ac.id atau menghubungi sekretariat di nomor telp. 021-78884648 fax. 021-7863102, email dengan alamat : pascapolitik.fisipui@ui.ac.id
Kriminologi

Sesuai Syarat di dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor : 1705/SK/R/UI/2018, tentang penyelenggaraan Program Magister

  1. Persyaratan

    1. Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00
    2. Nilai TOEFL 500 / IELST Minimum 6
    3. Nilai TPA Universitas Indonesia Nilai Minimum 500
  2. Lokasi perkuliahan :

    Departemen Kriminologi FISIP UI Gedung Nusantara I Lantai 2 dan Lantai 3 Kampus FISIP UI Depok

  3. Jam perkuliahan

    a. Jumat, 15.30 s/d 21.30 WIB b. Sabtu, 08.00 s/d 16.30 WIB

  4. Informasi seputar program studi silahkan hubungi Sekretariat Departemen Kriminologi FISIP UI Depok di no telp. 021-7271574 atau no fax: 021-78849012
Ilmu Komputer
Ilmu Komputer

Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar program MIK:

  1. Lulusan S-1 (Sarjana) dengan latar belakang keilmuan: Ilmu Komputer, Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro, Matematika, Fisika, atau ilmu komputasional lainnya.
  2. Nilai IPK minimal 3.0 pada skala 4.0
  3. Lulus Ujian Saringan di tingkat universitas (SIMAK UI).
  4. Calon menyertakan beberapa dokumen sebagai berikut:

a. Surat rekomendasi dari pembimbing akademik/pembimbing tugas akhir pada program Sarjana atau supervisor di institusi tempat bekerja saat ini (minimum satu surat rekomendasi); b. Statement of Purpose yang berisi latar belakang mengambil program MIK Fasilkom UI; c. Surat Komitmen mengikuti program MIK secara full time.

Ketiga Dokumen ini diunggah bersama scan legalizir ijazah melalui menu unggah dokumen ijazah. Kelalaian dalam mengunggah salah satu dari dokumen-dokumen di atas berdampak calon didiskualifikasi dalam proses penerimaan program studi MIK Fasilkom UI.

Informasi Lab Riset, Pusat Penelitian, dan Kegiatan Perkuliahan

Informasi mengenai lab riset dan pusat penelitian di Fasilkom UI dapat dilihat di Menu Penelitian pada: https://cs.ui.ac.id/laboratorium-pusat-penelitian/

Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Kampus Fasilkom UI, Depok. Perkuliahan dilaksanakan pada pagi/siang hari.

Informasi lebih lengkap mengenai program MIK dapat diakses di: https://cs.ui.ac.id/magister-ilmu-komputer/

Teknologi Informasi

Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar program MTI:

  1. Lulusan S-1 (Sarjana) dengan latar belakang keilmuan: Ilmu Komputer, Informatika, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro, Matematika, Fisika; atau bidang keilmuan selain tersebut di atas dengan pengalaman kerja di bidang Teknologi Informasi.
  2. Nilai IPK minimal 3.0 pada skala 4.0.
  3. Peserta dengan latar belakang pendidikan non TI dapat mendaftar dengan menunjukkan pengalaman kerja di bidang TI minimal 2 tahun terakhir. Bukti pengalaman kerja berupa surat keterangan kerja di bidang teknologi informasi atau sistem informasi, CV dan surat rekomendasi atasan langsung dijadikan 1 file pdf dgn scan legalisir ijazah, untuk diunggah melalui menu unggah dokumen ijazah.
  4. Lulus Ujian Saringan di tingkat universitas (SIMAK UI)
  5. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Kampus MTI-UI Salemba. Perkuliahan dilaksanakan malam hari (kelas malam: pukul 19.00 - 21.30). Kelas siang (pukul 14.00-16.30) hanya dibuka apabila jumlah peserta mencukupi (biasanya hanya ada di penerimaan semester gasal).

Informasi lebih lengkap mengenai program MTI dapat diakses di: https://mti.cs.ui.ac.id

Farmasi
Farmasi

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KEFARMASIAN :

Jalur Kuliah dan Riset

  1. Program ini dapat diikuti oleh sarjana bidang: Farmasi, Kedokteran (dr/SKed., drg/SKG, drh/S.Vet), Biologi, Kimia, Ilmu pangan dan Teknik Kimia yang dibuktikan dengan mengunggah Ijazah S1 dan transkripnya. Bagi peminatan Farmasi Klinik harus lulusan apoteker yang dibuktikan dengan mengunggah Ijazah S1 dan Apoteker beserta transkripnya.
  2. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kemenristekdikti
  3. Mempunyai IPK S1 3,00 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B (Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan fotokopi sertifikat akreditasi yang telah dilegalisasi)

Bagi mereka yang berasal bukan dari sarjana farmasi harus mengikuti kuliah matrikulasi ilmu dasar farmasi dengan beban SKS maksimal 12 SKS. Mahasiswa yang diperkenankan melanjutkan pendidikannya di Program Magister harus lulus semua mata kuliah matrikulasi dalam waktu maksimal 2 (dua) semester dengan IPK matrikulasi minimal 3,00.

Jalur Riset Tambahan persyaratan untuk jalur riset:

  1. Mempunyai rekam jejak riset yang dibuktikan dengan publikasi ilmiah minimal di jurnal SINTA 3
  2. Mempunyai rencana riset yang akan dilakukan dan sudah mendapatkan rekomendasi dari calon pembimbing yang akan dinilai pada saat wawancara oleh Program Studi.
Herbal

PROGRAM STUDI MAGISTER HERBAL :

Jalur Kuliah dan Riset

  1. Program ini dapat diikuti oleh sarjana bidang : Farmasi, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Biologi, Kimia dan Teknik Kimia yang dibuktikan dengan mengunggah Ijazah S1 dan Transkripnya
  2. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kemenristekdikti
  3. Mempunyai IPK S1 3,00 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B (Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan fotokopi sertifikat akreditasi yang telah dilegalisasi)

Bagi mereka yang berasal bukan dari sarjana farmasi harus mengikuti kuliah matrikulasi ilmu dasar farmasi dengan beban SKS maksimal 12 SKS. Mahasiswa yang diperkenankan melanjutkan pendidikannya di Program Magister harus lulus semua mata kuliah matrikulasi dalam waktu maksimal 2 (dua) semester dengan IPK matrikulasi minimal 3,00.

Jalur Riset Tambahan persyaratan untuk jalur riset:

  1. Mempunyai rekam jejak riset yang dibuktikan dengan publikasi ilmiah minimal di jurnal SINTA 3
  2. Mempunyai rencana riset yang akan dilakukan dan sudah mendapatkan rekomendasi dari calon pembimbing yang akan dinilai pada saat wawancara oleh Program Studi.
Ilmu Lingkungan
Ilmu Lingkungan

Persyaratan S2 Ilmu Lingkungan Jalur Riset:

a. Nilai TPA Universitas (nilai minimum 500);

b. Nilai Institutional TOEFL (skor minimum 500) atau IELTS (nilai minimum 6) atau lulus ujian Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Universitas;

c. IPK yang diperoleh pada jenjang pendidikan sebelumnya minimum 3.00 (dalam rentang 0-4);

d. Rekam jejak riset atau publikasi ilmiah calon mahasiswa;

e. Kriteria rekam jejak riset sebagaimana dimaksud pada butir d, yaitu pernah terlibat dalam penelitian dibuktikan dengan laporan penelitian;

f. Kriteria Publikasi ilmiah sebagaimana dimaksud pada butir d di atas, yaitu minimal submit jurnal SINTA 3;

g. Hasil penilaian wawancara oleh program studi terkait dengan rencana riset yang akan dilakukan;

h. Berasal dari S1 jurusan berikut: Ilmu Lingkungan, Teknik Lingkungan, Kesehatan Lingkungan, Kehutanan, Pertanian, Biologi, Perencanaan Wilayah dan Kota, Geografi, Ekonomi Sumber Daya dan Lingkungan atau bidang ilmu yang sesuai dengan riset lingkungan (sesuai dengan cluster research SIL UI)

i. Berasal dari Lembaga penelitian atau Civitas Akademika Universitas dengan akreditasi A.

Persyaratan S2 Ilmu Lingkungan selain Jalur Riset:

  1. Lulusan sarjana S1 terakreditasi A atau lulusan Program Diploma IV terakreditasi A dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang diakui oleh Universitas, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Kementerian Pendidikan Nasional/Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik (Nilai Minimum 500) dan Bahasa Inggris (Skor Minimum 500).

  2. Perkuliahan dilaksanakan di kampus UI Salemba (Gedung C FKG Lantai 5-6 UI Salemba Raya)

  3. Waktu perkuliahan kelas khusus di Hari Jumat (pkl 16.00-21.00 WIB) dan Hari Sabtu (pkl. 08.00-16.00 WIB) dan kelas Reguler di Hari Senin-Kamis (pkl. 08.00-16.00 WIB)

  4. Magister Ilmu Linkungan memiliki tiga kekhususan yaitu: a. Pembangunan Berkelanjutan b. Pengelolaan dan Perlindungan Lingkungan c. Perubahan Iklim dan Konservasi Lingkungan Pembagian kelas kekhususnya akan dimulai pada Semester 2. Pembukaan kekhususan dilakukan jika setidaknya ada 5 Mahasiswa yang beminat dikekhususan tersebut.

  5. Informasi seputar Program Studi silakan hubungi Sekretariat Program 021-31930251 atau fax: (021) 31930251, dan email: sil@ui.ac.id
Kajian Stratejik dan Global
Kajian Gender

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1/D4 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara

Persyaratan tambahan untuk skema riset:

Calon mahasiswa mengirimkan essay yang memuat:

  • Tujuan
  • Methodologi
  • Data
  • Road map penelitian
  • Luaran-luaran penelitian
  • Usulan nama Pembimbing
  • Pengalaman penelitian
  • Pendanaan dan beasiswa
Kajian Ilmu Kepolisian

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1/D4 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara

Persyaratan tambahan untuk skema riset:

Calon mahasiswa mengirimkan essay yang memuat:

  • Tujuan
  • Methodologi
  • Data
  • Road map penelitian
  • Luaran-luaran penelitian
  • Usulan nama Pembimbing
  • Pengalaman penelitian
  • Pendanaan dan beasiswa
Kajian Ketahanan Nasional

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1/D4 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara

Persyaratan tambahan untuk skema riset:

Calon mahasiswa mengirimkan essay yang memuat:

  • Tujuan
  • Methodologi
  • Data
  • Road map penelitian
  • Luaran-luaran penelitian
  • Usulan nama Pembimbing
  • Pengalaman penelitian
  • Pendanaan dan beasiswa
Kajian Pengembangan Perkotaan

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1/D4 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara

Persyaratan tambahan untuk skema riset:

Calon mahasiswa mengirimkan essay yang memuat:

  • Tujuan
  • Methodologi
  • Data
  • Road map penelitian
  • Luaran-luaran penelitian
  • Usulan nama Pembimbing
  • Pengalaman penelitian
  • Pendanaan dan beasiswa
Kajian Terorisme

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1/D4 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara

Persyaratan tambahan untuk skema riset:

Calon mahasiswa mengirimkan essay yang memuat:

  • Tujuan
  • Methodologi
  • Data
  • Road map penelitian
  • Luaran-luaran penelitian
  • Usulan nama Pembimbing
  • Pengalaman penelitian
  • Pendanaan dan beasiswa
Kajian Wilayah Amerika

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1/D4 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara

Persyaratan tambahan untuk skema riset:

Calon mahasiswa mengirimkan essay yang memuat:

  • Tujuan
  • Methodologi
  • Data
  • Road map penelitian
  • Luaran-luaran penelitian
  • Usulan nama Pembimbing
  • Pengalaman penelitian
  • Pendanaan dan beasiswa
Kajian Wilayah Eropa

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1/D4 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara

Persyaratan tambahan untuk skema riset:

Calon mahasiswa mengirimkan essay yang memuat:

  • Tujuan
  • Methodologi
  • Data
  • Road map penelitian
  • Luaran-luaran penelitian
  • Usulan nama Pembimbing
  • Pengalaman penelitian
  • Pendanaan dan beasiswa
Kajian Wilayah Jepang

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1/D4 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara

Persyaratan tambahan untuk skema riset:

Calon mahasiswa mengirimkan essay yang memuat:

  • Tujuan
  • Methodologi
  • Data
  • Road map penelitian
  • Luaran-luaran penelitian
  • Usulan nama Pembimbing
  • Pengalaman penelitian
  • Pendanaan dan beasiswa
Kajian Wilayah Timur Tengah dan Islam

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1/D4 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara

Persyaratan tambahan untuk skema riset:

Calon mahasiswa mengirimkan essay yang memuat:

  • Tujuan
  • Methodologi
  • Data
  • Road map penelitian
  • Luaran-luaran penelitian
  • Usulan nama Pembimbing
  • Pengalaman penelitian
  • Pendanaan dan beasiswa