1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Informasi Beasiswa
  4. International Students Admission
Rabu, 03 Juni 2020 12.23 WIB (WIB)

Persyaratan Pendaftaran Program Studi — S2Jalur SIMAKPeriode 2018/2019Semester 1

S2

Program Studi Persyaratan
Kedokteran
Ilmu Biomedik
  • Sarjana S1 dari Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri yang ijazahnya diakui oleh Universitas, dengan latar belakang ilmu-ilmu hayati (Biologi, Fisika, Kimia) yang IPK nya mencapai atau di atas 3,00
  • Khusus untuk lulusan Diploma 4 (D4) : telah mendapat penyetaraan atau bersedia mengikuti kegiatan martikulasi selama 1-2 semester.
  • Khusus untuk warga negara asing : harus mendapat izin tinggal untuk belajar dan menunjukkan keterangan dari Program BIPA Universitas Indonesia yang menyatakan bahwa peserta memiliki penguasaan Bahasa Indonesia yang baik.

  • Kelas Reguler : Waktu kuliah Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB
  • Kelas Khusus : Waktu kuliah Senin-Jumat pukul 16.00-20.00 WIB & Sabtu pukul 08.00-12.00 WIB

  • Lokasi kuliah bertempat di PMIB FKUI Kampus Salemba

  • Diadakan test wawancara setelah ujian SIMAK. Jadwal wawancara akan dilaksanakan setelah ujian SIMAK UI berlangsung (jadwal tentative)

  • Informasi lebih lanjut perihal wawancara : Sekretariat PMIB FKUI (Lantai 11 Gedung IMERI, Tower B - Edukasi) dan website PMIB FKUI (biomedicine.ui.ac.id). Telp 021-31900908 atau email: psbiomed2@gmail.com

  • Upload surat pernyataan tidak akan tunda kuliah apabila diterima (format surat terlampir https://bit.ly/32gdQn5)

  • Upload surat pernyataan izin belajar dari instansi bagi calon peserta yang sudah bekerja. Format surat disesuaikan dengan kebijakan instansi peserta.
Ilmu Gizi
  • Mengunggah ijazah dan transkrip nilai di laman penerimaan.ui.ac.id
  • Untuk peminatan Ilmu Gizi Klinik memiliki gelar profesi (dokter)
  • Untuk peminatan Ilmu Gizi Komunitas memiliki gelar sarjana (S1) dalam bidang pangan dan nutrisi atau bidang ilmu lain yang berkaitan dengan kesehatan dan gizi
  • Lulus SIMAK Universitas Indonesia

  • Informasi waktu perkuliahan : Senin - Jumat, 08.00-16.00 WIB

  • Informasi lokasi perkuliahan : Kampus UI Salemba, Jalan Salemba Raya No.6, Jakarta Pusat (Departemen Ilmu Gizi FKUI dan SEAMEO-RECFON)

  • Ujian Peminatan yaitu wawancara calon mahasiswa Program Studi Magister Ilmu Gizi FKUI dengan jadwal tentatif. (Akan diinformasik pihak Prodi S2 Gizi FKUI melalui email).

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Program Studi Magister Ilmu Gizi FKUI: Sdri. Tina/Sdri. Musriati (021-31907658 atau 021-3927246) pada jam kerja 08.00-12.00 dan 13.00-16.00 WIB atau melalui email : s2s3gizi.fkui@gmail.com.

Kedokteran Kerja
  • Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae diupload berbarengan dengan ijazah)
  • Dokter yang diakui oleh Pemerintah RI
  • Ijazah dan transkrip nilai Program Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter
  • IPK dokter =/> 2,75
  • Lulus tes masuk yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia, dengan nilai TPA =/> 500 dan Bahasa Inggris =/> 400.
  • Berbadan sehat fisik dan mental (dinyatakan dengan Surat Keterangan Sehat)
  • Sertifikat Pelatihan Hiperkes

Waktu perkuliahan :

  • Jumat, 08.00 - 17.00 WIB
  • Sabtu, 08.00 - 17.00 WIB

Lokasi Perkuliahan: Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI d/a Jl. Pegangsaan Timur No. 16 Jakarta Pusat

Email : mkk.fkui@gmail.com

Wawancara akan diinformasikan lebih lanjut.

Pendidikan Kedokteran
  1. Memiliki ijazah dokter/ijazah sarjana lainnya di bidang kesehatan dari institusi pendidikan terakreditasi, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) > 2,75
  2. Untuk yang bukan berijazah dokter, harus menyerahkan surat keterangan bekerja di institusi pendidikan dokter/tenaga kesehatan lainnya
  3. Lulus tes masuk yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia, yang meliputi tes potensi akademik (TPA), Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris
  4. Lulus ujian (tes) wawancara yang diselenggarakan oleh Program Studi.

Informasi waktu perkuliahan : Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB

Tanggal ujian wawancara : Senin, 3 Agustus 2020 pukul 08.00-11.00 WIB

Informasi lokasi perkuliahan: Departemen Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jalan Salemba Raya no 6 Jakarta Pusat 10430 Tlp/fax: 021-3901814

Kedokteran Gigi
Ilmu Kedokteran Gigi Dasar
  • Memenuhi Persyaratan yang telah ditetapkan oleh Universitas Indonesia
  • Lulus TPA & Bahasa Inggris
  • Lulusan S1 Sarjana dan Profesi Dokter Gigi
  • Memiliki Asuransi Kesehatan

Lokasi Perkuliahan : Kampus Salemba Jam kuliah : Reguler

Dokumen fisik yang harus dikirim:

  • Print out pendaftaran online yang sudah ditandatangani
  • Foto copy ijazah SKG dan DRG yang dilegalisir
  • Transkrip Akademik dan Profesi yang dilegalisir
  • Identitas diri (KTP/ SIM)
  • 1 lbr foto berwarna 4 x 6 (3 bulan terakhir) Bukti fisik berupa hard copy dimasukan kedalam map warna hijau, dikirim ke Bagian Administrasi Pendidikan FKGUI Jl. Salemba Raya No.4 Gd. A Lt. 2 Jakarta Pusat 10430

Bukti fisik berupa soft copy dikirim melalui email: academicadmission.fkg@ui.ac.id satu file dalam bentuk PDF

Berkas paling lambat kami terima tanggal 26 Juli 2020

Ilmu Kedokteran Gigi Komunitas
  • Memenuhi Persyaratan yang telah ditetapkan oleh Universitas Indonesia
  • Lulus TPA & Bahasa Inggris
  • Lulusan S1 Sarjana dan Profesi Dokter Gigi
  • Memiliki Asuransi Kesehatan

Lokasi Perkuliahan : Kampus Salemba Jam kuliah : Reguler

Dokumen fisik yang harus dikirim:

  • Print out pendaftaran online yang sudah ditandatangani
  • Foto copy ijazah SKG dan DRG yang dilegalisir
  • Transkrip Akademik dan Profesi yang dilegalisir
  • Identitas diri (KTP/ SIM)
  • 1 lbr foto berwarna 4 x 6 (3 bulan terakhir) Bukti fisik berupa hard copy dimasukan kedalam map warna hijau, dikirim ke Bagian Administrasi Pendidikan FKGUI Jl. Salemba Raya No.4 Gd. A Lt. 2 Jakarta Pusat 10430.

Bukti fisik berupa soft copy dikirim melalui email: academicadmission.fkg@ui.ac.id satu file dalam bentuk PDF

Berkas paling lambat kami terima tanggal 26 Juli 2020

Keterangan : Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan cara: Blended learning (Pelaksanaan pendidikan dan pengajarannya (pembelajaran) sebagian dilakukan secara daring (< 50% mata kuliah) dan sebagian tatap muka di kampus Salemba FKGUI)

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Biologi

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan Biologi dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Geografi

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Geografi dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Ilmu Bahan-bahan

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Bahan dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

  • Lulusan Program Sarjana Teknik dan MIPA yang relevan dengan Ilmu Material dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negeri yang memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan oleh Depdiknas.

Informasi lebih lanjut : Website : http://physics.ui.ac.id, Jl. Salemba Raya No.4 Jakarta 10430 Telp. 021-3907694 Email : ilmumaterial@sci.ui.ac.id Departemen Fisika, Kampus Universitas Indonesia, Depok 16424 Telp. 021- 7872609-10,7270160, Fax: 7863441, 78849007

Ilmu Bahan-bahan/Material

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Bahan dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

  • Lulusan Program Sarjana Teknik dan MIPA yang relevan dengan Ilmu Material dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negeri yang memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan oleh Depdiknas.

Informasi lebih lanjut : Website : http://physics.ui.ac.id, Jl. Salemba Raya No.4 Jakarta 10430 Telp. 021-3907694 Email : ilmumaterial@sci.ui.ac.id Departemen Fisika, Kampus Universitas Indonesia, Depok 16424 Telp. 021- 7872609-10,7270160, Fax: 7863441, 78849007

Ilmu Fisika

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok atau Kampus UI Salemba b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi:

  1. Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Fisika dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.
Ilmu Kelautan

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Kelautan dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Ilmu Kimia

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Kimia dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Matematika

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Matematika dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Teknik
Arsitektur
  1. Memenuhi Persyaratan Universitas (lulusan S-1, mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
    • Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional
  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris
  3. Tidak ada persyaratan (bebas) buta warna
  4. Menyerahkan langsung ke Sekretariat Departemen Arsitektur: a. Statement of Purpose yang berisi penjelasan yang jelas dan terinci mengenai alasan mengapa anda ingin melanjutkan studi S-2 di Arsitektur UI serta kaitannya dengan rencana masa depan anda. Sertakan juga informasi mengenai latar belakang pendidikan anda, pengalaman praktis, minat khusus dan tujuan anda studi S-2 di Arsitektur UI. b. Portofolio karya yang dituangkan dalam maximal 8 lembar A3. Bagi pelamar yang tidak memiliki latar belakang Arsitektur/Desain, dapat menyerahkan portofolio non-desain. Statement of purpose dan portofolio diserahkan langsung selambat-lambatnya satu minggu setelah hari ujian ke: Sekretariat Departemen Arsitektur FT UI Kampus UI Depok 16424 Telpon 021-7863512, fax 021 7863514 up. Sdr Suci

Jadwal dan lokasi perkuliahan http://eng.ui.ac.id/magister/

Teknik Elektro
  1. Memenuhi Persyaratan Universitas (lulusan S-1, mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
    • Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional
  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris
  3. Tidak ada persyaratan (bebas) buta warna

Jadwal dan lokasi perkuliahan http://eng.ui.ac.id/magister/

Teknik Industri
  1. Memenuhi Persyaratan Universitas (lulusan S-1, mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
    • Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional
  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris
  3. Tidak ada persyaratan (bebas) buta warna

Jadwal dan lokasi perkuliahan http://eng.ui.ac.id/magister/

Teknik Kimia
  1. Memenuhi Persyaratan Universitas (lulusan S-1, mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
    • Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional
  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris
  3. Tidak ada persyaratan (bebas) buta warna

Jadwal dan lokasi perkuliahan http://eng.ui.ac.id/magister/

Teknik Mesin
  1. Memenuhi Persyaratan Universitas (lulusan S-1, mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
    • Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional
  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris
  3. Tidak ada persyaratan (bebas) buta warna
  4. Lulusan S1 Bidang teknik Mesin dan yang terkait (Lulusan FT dan FMIPA).
  5. Jadwal kuliah program S2 Kelas reguler dilaksanakan setiap hari Senin s/d Jumat (08.00-16.00) di Kampus UI Depok
  6. Jadwal kuliah program S2 Kelas khusus dilaksanakan setiap hari Jumat (16.00-21.00) dan Sabtu (08.00-16.00) di Kampus UI Salemba.

Jadwal dan lokasi perkuliahan http://eng.ui.ac.id/magister/

Teknik Metalurgi dan Material
  1. Memenuhi Persyaratan Universitas (lulusan S-1, mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
    • Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional
  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris
  3. Tidak ada persyaratan (bebas) buta warna
  4. Lulusan S1 Bidang Teknik dan yang terkait (lulusan FMIPA)
  5. Jadwal kuliah program S2 Khusus dilaksanakan pada hari Jumat (16.00 - 21.00) dan Sabtu (08.00 - 16.00) di Kampus UI Depok
  6. Jadwal kuliah program S2 Reguler dilaksanakan setiap hari Senin s.d. Kamis (16.00 - 21.00) di kampus UI Depok.
Teknik Sipil
  1. Memenuhi Persyaratan Universitas (lulusan S-1, mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
    • Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional
  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris
  3. Tidak ada persyaratan (bebas) buta warna
  4. Khusu peminatan Magister Manajemen Proyek dan Manajemen Konstruksi kelas Salemba, perkuliahan dilakukan hari Senin - Jumat pukul 19.00-21.30 dan Sabtu pukul 08.00 - 16.00.; dan pendaftar dari Non IPA (tidak linear) diwajibkan mengikuti matrikulasi yang akan diadakan oleh Departemen.

Jadwal dan lokasi perkuliahan http://eng.ui.ac.id/magister/

Teknik Sistem Energi
  1. Lulusan S1 bidang Ilmu Keteknikan, Lingkungan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Ekonomi, Manajemen & Bisnis
  2. Memenuhi semua persyaratan dan ketentuan lain yang ditetapkan oleh Universitas Indonesia, antara lain: tata cara pendaftaran, dan tata cara seleksi
  3. Sehat jasmani, rohani, bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif
  4. Berkemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris
  5. Tidak ada persyaratan (bebas) buta warna

Jadwal dan lokasi perkuliahan http://eng.ui.ac.id/magister/

Teknologi Biomedis
  • Memenuhi Persyaratan Universitas (lulusan Sarjana, mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional
  • Berkemampuan membaca dan menulis dalam bahasa Inggris
  • Tidak ada persyaratan (bebas) buta warna
  • Jadwal dan lokasi perkuliahan http://eng.ui.ac.id/magister/
  • Lulusan S1/D4 dari program studi Teknik Biomeis, Bidang Kedokteran, Teknk, Sains, Komputer, Farmasi dan yang setara.
Hukum
Ilmu Hukum
  1. Lulusan Program Sarjana 1 (S1) Sarjana Hukum dari PTN atau PTS yang terakreditasi A atau Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan ijazah yang telah dilegalisir /disetarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset dan Pendidikan;
  2. Memiliki IPK yang diperoleh dalam Program Sarjana minimal 2.75 (dua koma tujuh lima);
  3. Lulus TPA (nilai minimum 500) yang masih berlaku maksimal satu tahun;
  4. Lulus TOEFL (nilai minimum 450) atau IELTS (minimum 5) atau Lulus Ujian Bahasa Inggris yang diadakan oleh UI. Nilai TOEFL/IELTS diperoleh dalam waktu maksimal 1 tahun sebelum pendaftaran Program Magister;
  5. Mengisi dan Memenuhi Persyaratan yang terdapat pada formulir pendaftaran;
  6. Peserta yang telah dinyatakan lulus ujian saringan masuk Program Magister Ilmu Hukum tidak diperkenankan pindah ke Program Magister Kenotariatan;
Kenotariatan
  1. Lulusan Program Sarjana 1 (S1) Sarjana Hukum dari PTN atau PTS yang terakreditasi A atau Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan ijazah yang telah dilegalisir /disetarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset dan Pendidikan;
  2. Memiliki IPK yang diperoleh dalam Program Sarjana minimal 2.75 (dua koma tujuh lima);
  3. Lulus TPA (nilai minimum 500) yang masih berlaku maksimal satu tahun;
  4. Lulus TOEFL (nilai minimum 450) atau IELTS (minimum 5) atau Lulus Ujian Bahasa Inggris yang diadakan oleh UI. Nilai TOEFL/IELTS diperoleh dalam waktu maksimal 1 tahun sebelum pendaftaran Program Magister;
  5. Tidak memiliki kebutuhan-kebutuhan khusus yang berpotensi menghalangi profesi sebagai Calon Notaris;
  6. Peserta yang telah dinyatakan lulus ujian saringan masuk Program Magister Kenotariatan tidak diperkenankan pindah ke Program Magister Ilmu Hukum;
  7. Mengisi dan Memenuhi Persyaratan yang terdapat pada formulir pendaftaran
  8. Ujian gelombang kedua hanya dibuka untuk kelas reguler, yaitu tempat perkuliahan di Depok, dengan waktu perkuliahan Senin s.d. Jum'at pukul 14.00 - 19.00 WIB dan Sabtu pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB.
Ekonomi dan Bisnis
Ilmu Akuntansi
  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional)
  2. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  3. Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 08111666580
Ilmu Ekonomi
  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional)
  2. IPK minimal 2,75 (skala 4); dan calon mahasiswa wajib lulus program matrikulasi yang diambil sebelum menempuh Program Reguler, jika program studi mewajibkan calon mahasiswa mengikuti program matrikulasi karena tidak sebidang
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Diharapkan seluruh mahasiswa magister mengikuti penyegaran sebelum kuliah atau kuliah matrikulasi dimulai
    • Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 021 788 49152/53 eks.853
Ilmu Manajemen

Manajemen Stratejik

  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional)
  2. Diutamakan bagi calon mahasiswa yang telah memiliki pengalaman bekerja (posisi manajerial) minimum 2 tahun
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)

Manajemen Perbankan

  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional)
  2. Diutamakan bagi calon mahasiswa yang telah memiliki pengalaman bekerja dibidang perbankan atau lembaga keuangan lain minimum 1 tahun
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)

Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 021 787 2588/89 eskt.836/831

Magister Akuntansi
  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional)
  2. D4 STAN
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan TPA dan Bahasa Inggris) *Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 021 31907848 eks.621 - 626

Calon mahasiswa dual program MAKSI-PPAk harus mendaftar di S2 MAKSI dan profesi PPAk sekaligus. Pendaftar MAKSI-PPAk memiliki kemungkinan hanya diterima di salah satu program saja.

Magister Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan
  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional)
  2. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
    • Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 021 787 2911
Magister Manajemen
  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional)
  2. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)

Peminatan kelas Khusus memiliki persyaratan pengalaman kerja minimal 3 (tiga) tahun. *Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 021 310 3976 eks.109-110

Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik
  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional)
  2. IPK S-1 minimum 2,75 (skala 4)
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) *Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 021 391 2007 eks.12
Ilmu Pengetahuan Budaya
Arkeologi
  1. Berijazah Sarjana dari: a/ perguruan tinggi negeri, b/ perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi di luar negeri yang telah diakreditasi oleh Kemendiknas RI atau c/ perguruan tinggi di luar negeri yang ijazahnya telah dilegalisasi oleh Kemendiknas RI;

  2. Memenuhi persyaratan Universitas (lulusan S-1; mendaftar secara online; lulus seleksi masuk: seleksi dokumen, tes potensi akademik, tes bahasa Inggris, IPK minimal 3.00);

  3. Menyerahkan satu sampel karya tulis di bidang yang relevan, sepanjang antara 3000 - 5000 kata kepada Ketua Program Studi Pascasarjana Arkeologi, Dr. Isman Pratama Nasution, melalui email: isman.pratama@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM hari pelaksanaan ujian masuk;

4 Calon mahasiswa wajib lulus program matrikulasi yang diambil sebelum menempuh Program Reguler jika dinilai perlu oleh Program Studi.

Asia Tenggara
  • Berijazah Sarjana dari: a/ perguruan tinggi negeri, b/ perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi di luar negeri yang telah diakreditasi oleh Kemendiknas RI atau c/ perguruan tinggi di luar negeri yang ijazahnya telah dilegalisasi oleh Kemendiknas RI;

  • Memenuhi persyaratan Universitas (lulusan S-1; mendaftar secara online; lulus ujian masuk: seleksi dokumen, tes potensi akademik, tes bahasa Inggris, IPK minimal 3,00);

  • Calon mahasiswa wajib lulus program matrikulasi yang diambil sebelum menempuh Program Reguler jika program studi mewajibkan calon mahasiswa mengikuti program matrikulasi.

  • Menyerahkan satu sampel karya tulis di bidang yang relevan, sepanjang antara 3000 - 5000 kata kepada Ketua Program Studi Magister Kajian Asia Tenggara, Dr. Darmoko, melalui email: pak.darmoko@gmail.com, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM hari pelaksanaan ujian masuk.
Filsafat
  1. Berijazah Sarjana dari: a/ perguruan tinggi negeri, b/ perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi di luar negeri yang telah diakreditasi oleh Kemendiknas RI atau c/ perguruan tinggi di luar negeri yang ijazahnya telah dilegalisasi oleh Kemendiknas RI;

  2. Memenuhi persyaratan Universitas (lulusan S-1; mendaftar secara online; lulus seleksi masuk: seleksi dokumen, tes potensi akademik, tes bahasa Inggris, IPK minimal 3.00);

  3. Menyerahkan satu sampel karya tulis di bidang yang relevan, sepanjang antara 3000 - 5000 kata kepada Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Filsafat, Dr. Herdito Sandi Pratama, melalui email: herditosandi@gmail.com, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM hari pelaksanaan ujian masuk;

4 Calon mahasiswa wajib lulus program matrikulasi yang diambil sebelum menempuh Program Reguler jika dinilai perlu oleh Program Studi.

Ilmu Linguistik
  1. Berijazah Sarjana dari: a/ perguruan tinggi negeri, b/ perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi di luar negeri yang telah diakreditasi oleh Kemendiknas RI atau c/ perguruan tinggi di luar negeri yang ijazahnya telah dilegalisasi oleh Kemendiknas RI;

  2. Memenuhi persyaratan Universitas (lulusan S-1; mendaftar secara online; lulus seleksi masuk: seleksi dokumen, tes potensi akademik, tes bahasa Inggris, IPK minimal 3.00);

  3. Menyerahkan satu sampel karya tulis di bidang yang relevan, sepanjang antara 3000 - 5000 kata kepada Ketua Program Studi Pascasarjana Linguistik, Dr. Sonya Puspasari Suganda, melalui email: sonya.puspa@gmail.com, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM hari pelaksanaan ujian masuk.

4 Calon mahasiswa wajib lulus program matrikulasi yang diambil sebelum menempuh Program Reguler jika dinilai perlu oleh Program Studi.

Ilmu Perpustakaan
  1. Berijazah Sarjana dari: a/ perguruan tinggi negeri, b/ perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi di luar negeri yang telah diakreditasi oleh Kemendiknas RI atau c/ perguruan tinggi di luar negeri yang ijazahnya telah dilegalisasi oleh Kemendiknas RI;

  2. Memenuhi persyaratan Universitas (lulusan S-1; mendaftar secara online; lulus seleksi masuk: seleksi dokumen, tes potensi akademik, tes bahasa Inggris, IPK minimal 3.00);

  3. Menyerahkan satu sampel karya tulis di bidang yang relevan, sepanjang antara 3000 - 5000 kata kepada Ketua Program Studi Magister Ilmu Perpustakaan, Dr. Nina Mayesti, melalui email: nmayesti@yahoo.com, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM hari pelaksanaan ujian masuk;

4 Calon mahasiswa wajib lulus program matrikulasi yang diambil sebelum menempuh Program Reguler jika dinilai perlu oleh Program Studi.

Ilmu Sejarah
  1. Berijazah Sarjana dari: a/ perguruan tinggi negeri, b/ perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi di luar negeri yang telah diakreditasi oleh Kemendiknas RI atau c/ perguruan tinggi di luar negeri yang ijazahnya telah dilegalisasi oleh Kemendiknas RI;

  2. Memenuhi persyaratan Universitas (lulusan S-1; mendaftar secara online; lulus seleksi masuk: seleksi dokumen, tes potensi akademik, tes bahasa Inggris, IPK minimal 3.00);

  3. Menyerahkan satu sampel karya tulis di bidang yang relevan, sepanjang antara 3000 - 5000 kata kepada Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Sejarah, Dr. Linda Sunarti, melalui email: sunartilinda70@gmail.com, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM hari pelaksanaan ujian masuk.

4 Calon mahasiswa wajib lulus program matrikulasi yang diambil sebelum menempuh Program Reguler jika dinilai perlu oleh Program Studi.

Ilmu Susastra
  1. Berijazah Sarjana dari: a/ perguruan tinggi negeri, b/ perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi di luar negeri yang telah diakreditasi oleh Kemendiknas RI atau c/ perguruan tinggi di luar negeri yang ijazahnya telah dilegalisasi oleh Kemendiknas RI;

  2. Memenuhi persyaratan Universitas (lulusan S-1; mendaftar secara online; lulus seleksi masuk: seleksi dokumen, tes potensi akademik, tes bahasa Inggris, IPK minimal 3.00);

  3. Menyerahkan satu sampel karya tulis di bidang yang relevan, sepanjang antara 3000 - 5000 kata kepada Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Susastra, Dr. Christina T. Suprihatin, melalui email: Christina.sup@gmail.com, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM hari pelaksanaan ujian masuk

4 Calon mahasiswa wajib lulus program matrikulasi yang diambil sebelum menempuh Program Reguler jika dinilai perlu oleh Program Studi.

Psikologi
Ilmu Psikologi
  1. Pendaftar adalah Sarjana S1 Psikologi dengan IPK minimal 2.75
  2. Berasal dari Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi dengan nilai minimal B
  3. Ijazah dari Perguruan Tinggi Swasta harus dengan ijazah yang telah disetarakan oleh Kopertis. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
  4. Bagi Calon peserta Warga Negara Asing (WNA) harus memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang memadai untuk mengikuti program Pascasarjana serta mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kemampuan Bahasa Indonesia dinyatakan dengan menyerahkan sertifikat kursus Bahasa Indonesia
  5. Bersedia mengikuti kegiatan akademik penuh waktu dihari kerja. Bagi pendaftar yang telah bekerja memiliki surat tugas belajar dari Instansi/Perusahaan yang harus diunggah bersama dengan ijazah sesuai persyaratan diatas.
  6. Tes masuk terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris. Pendaftar yang telah Lulus seleksi tahap I (TPA dan Bahasa Inggris) akan diumumkan melalui situs Fakultas Psikologi UI: https://psikologi.ui.ac.id/ untuk mengikuti seleksi tahap II: tes psikologi dan wawancara
  7. Pada seleksi tahap II, pendaftar harus membawa: 1) 2 surat rekomendasi dari pembimbing skripsi/pembimbing akademik (bila pembimbing skripsi/pembimbing akademik sudah tidak aktif, dapat digantikan dengan dosen yang mengenal baik pendaftar), 2) 1 surat rekomendasi dari atasan bagi pendaftar yang pernah bekerja sesuai dengan peminatannya. Format dari surat rekomendasi harus diunduh dari https://simak.ui.ac.id/pengumuman/8159.html. Surat - surat rekomendasi tersebut harus dibawa pendaftar saat mengikuti seleksi tahap II
  8. Daftar nama peserta lolos seleksi tahap pertama (SIMAK gel 1) akan diumumkan melalui situs Fakultas Psikologi UI sekitar tanggal 20 Maret 2020
Psikologi Profesi
  1. Pendaftar adalah Sarjana S1 Psikologi dengan IPK minimal 2.75
  2. Kurikulum terdiri dari kurikulum wajib program studi magister psikologi profesi dan kurikulum wajib masing-masing peminatan (klinis, pendidikan, dan industri & organisasi)
  3. Kegiatan kuliah berlangsung selama 5 semester. Batas masa studi maksimum 7 semester
  4. Berasal dari Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi dengan nilai minimal B
  5. Ijazah dari Perguruan Tinggi Swasta harus dengan ijazah yang telah disetarakan oleh Kopertis. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
  6. Bagi Calon peserta Warga Negara Asing (WNA) harus memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang memadai untuk mengikuti program Pascasarjana serta mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kemampuan Bahasa Indonesia dinyatakan dengan menyerahkan sertifikat kursus Bahasa Indonesia
  7. Bersedia mengikuti kegiatan akademik penuh waktu di hari kerja. Bagi pendaftar yang telah bekerja, memiliki surat tugas belajar dari Instansi/Perusahaan yang harus diunggah bersama dengan ijazah sesuai persyaratan diatas.
  8. Tes masuk terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris. Pendaftar yang telah Lulus seleksi tahap I (TPA dan Bahasa Inggris) akan diumumkan melalui situs Fakultas Psikologi UI: https://psikologi.ui.ac.id/ untuk mengikuti seleksi tahap II: tes psikologi dan wawancara
  9. Pada seleksi tahap II, pendaftar harus membawa: 1) 2 surat rekomendasi dari pembimbing skripsi/pembimbing akademik (bila pembimbing skripsi/pembimbing akademik sudah tidak aktif, dapat digantikan dengan dosen yang mengenal baik pendaftar), 2) 1 surat rekomendasi dari atasan bagi pendaftar yang pernah bekerja sesuai dengan peminatannya. Surat - surat rekomendasi tersebut harus dibawa pendaftar saat mengikuti seleksi tahap II
  10. Prioritas utama akan diberikan kepada pendaftar yang telah memiliki pengalaman di bidang peminatan yang dipilih yang dibuktikan dengan surat keterangan dari tempat kerja yang diunggah bersama transkrip dan ijazah
  11. Daftar nama peserta lolos seleksi tahap pertama (SIMAK gel 1) akan diumumkan melalui situs Fakultas Psikologi UI sekitar tanggal 20 Maret 2020
Psikologi Terapan
  1. Pendaftar adalah Sarjana S1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional) dengan IPK minimal 2.75
  2. Berasal dari Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi dengan nilai minimal B
  3. Ijazah dari Perguruan Tinggi Swasta harus dengan ijazah yang telah disetarakan oleh Kopertis. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
  4. Bagi Calon peserta Warga Negara Asing (WNA) harus memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang memadai untuk mengikuti program Pascasarjana serta mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kemampuan Bahasa Indonesia dinyatakan dengan menyerahkan sertifikat kursus Bahasa Indonesia
  5. Bersedia mengikuti kegiatan akademik penuh waktu dihari kerja. Bagi pendaftar yang telah bekerja, memiliki surat tugas belajar dari Instansi/Perusahaan. Surat Tugas belajar harus diunggah bersama dengan persyaratan ijazah
  6. Persyaratan khusus untuk peminatan Psikologi SDM, pendaftar memiliki pengalaman bekerja minimal 2 tahun yang dibuktikan dengan surat keterangan dari tempat kerja yang diunggah bersama transkip dan ijazah S1 harus diunggah bersama dengan ijazah sesuai persyaratan diatas
  7. Tes masuk terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris. Pendaftar yang telah Lulus seleksi tahap I (TPA dan Bahasa Inggris) akan diumumkan melalui situs Fakultas Psikologi UI: https://psikologi.ui.ac.id/ untuk mengikuti seleksi tahap II: tes psikologi, diskusi kelompok dan wawancara
  8. Pada seleksi tahap II, pendaftar harus membawa: 1) 2 surat rekomendasi dari pembimbing skripsi/pembimbing akademik (bila pembimbing skripsi/pembimbing akademik sudah tidak aktif, dapat digantikan dengan dosen yang mengenal baik pendaftar), 2) 1 surat rekomendasi dari atasan bagi pendaftar yang pernah bekerja sesuai dengan peminatannya. 3) Portofolio kegiatan 2 tahun terakhir yang terkait dengan peminatan yang dipilih Surat - surat rekomendasi dan portofolio tersebut diatas harus dibawa pendaftar saat mengikuti seleksi tahap II
  9. Daftar nama peserta lolos seleksi tahap pertama (SIMAK gel 1) akan diumumkan melalui situs Fakultas Psikologi UI sekitar tanggal 20 Maret 2020
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Antropologi
  1. Melengkapi pendaftaran dan persyaratan online di http://penerimaan.ui.ac.id
  2. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)

Lokasi perkuliahan Kampus UI Depok

Informasi seputar program studi silakan hubungi Sekretariat Pascasarjana Antropologi di 021 78849022

Ilmu Hubungan Internasional

Persyaratan

A. Syarat Pendaftaran

  1. Sudah Menyelesaikan Pendidikan jenjang Sarjana (S1) dari segala bidang ilmu
  2. Lulus Ujian Seleksi Masuk UI
  3. Mengumpulkan Proposal Riset, Rencana Studi dan Motivations Letter ke Departemen HI bagi yang lolos SIMAK UI.

B. Informasi Perkuliahan

a. Kuliah diselenggarakan di Gedung Nusantara II, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Kampus UI Depok

b. Waktu Perkuliahan Hari Senin s/d Jumat dimulai Jam 17.00 s/d 21.30 WIB Reguler

C. Informasi seputar program studi silakan hubungi Sekretariat Program 021-7873744

Ilmu Kesejahteraan Sosial

Persyaratan

  1. Penyandang Gelar Sarjana berbagai disiplin ilmu (ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat penyetaraan dari DIKTI, Kementerian Pendidikan Nasional), Lulus D4 IPDN dan D4 STKS.
  2. Memenuhi persyaratan Universitas (Mendaftar secara online dan lulus ujian saringan). Informasi lebih lanjut langsung ke Program Studi Silahkan hubungi Sekretariat Program Ilmu Kesejahteraan Sosial di nomor telp. 021-7270176 atau 021.7270228, atau dengan Saudara Valent di nomor telp. 08129982624.
  3. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online : fotocopy ijazah S1/D4 dan fotocopy transkrip S1/D4 yang telah dilegalisir. Untuk lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri Ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh DIKTI - Kementerian Pendidikan Nasional.
  4. Perkuliahan dilakukan di Kampus UI Depok, dimulai dari jam 17.00 s/d 22.00 hari Senin s/d Jumat, dan hari Sabtu, dari jam 09.00 s/d 15.30.
Ilmu Komunikasi

Persyaratan

  1. Lulus TPA dan Bahasa Inggris (diselenggarakan oleh Universitas Indonesia)

  2. Lokasi Perkuliahan : Salemba

  3. Waktu Perkuliahan : Kelas Reguler : 08.00 s/d 17.00 WIB Kelas Khusus : 18.30 s/d 21.30 WIB

  4. Informasi seputar program studi silakan hubungi Sekretariat Program 021-3156941/3904722
Ilmu Politik
  1. Persyaratan

    1). Mendaftar secara online 2). Mengunggah dokumen di akun pendaftaran online a. pas foto berwarna ukuran 4x6 b. fotocopy ijasah S1 yang telah dilegalisir c. fotocopy transrip S1 yang telah dilegalisir 3). Mengirim dokumen ke Sekretariat Program Pascasarjana Ilmu Politik secara langsung atau melalui email paling lambat diterima pada hari terakhir pendaftaran
    a. daftar riwayat hidup b. surat rekomendasi dari institusi tempat beraktifitas (jika ada) c. dokumen MoU atau kerjasama institusi asal dengan Universitas Indonesia (jika ada) 4). Mengikuti ujian TPA dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Panitia Penerimaan
    Mahasiswa Baru Universitas Indonesia

  2. Lokasi Perkuliahan : Kampus UI Depok

  3. Waktu Perkuliahan : Reguler: Siang sampai dengan Malam.

  4. Informasi lebih jelas dapat diperoleh melalui website : www.pascapolfisip.ui.ac.id atau menghubungi sekretariat di nomor telp. 021-78884648 fax. 021-7863102, email dengan alamat : pascapolfisipui@gmail.com.
Kriminologi

Sesuai Syarat di dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor : 1705/SK/R/UI/2018, tentang penyelenggaraan Program Magister

  1. Persyaratan

    1. Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00
    2. Nilai TOEFL 500 / IELST Minimum 6
    3. Nilai TPA Universitas Indonesia Nilai Minimum 500
  2. Lokasi perkuliahan :

    Departemen Kriminologi FISIP UI Gedung Nusantara I Lantai 2 dan Lantai 3 Kampus FISIP UI Depok

  3. Jam perkuliahan

    a. Jumat, 15.30 s/d 21.30 WIB b. Sabtu, 08.00 s/d 16.30 WIB

  4. Informasi seputar program studi silahkan hubungi Sekretariat Departemen Kriminologi FISIP UI Depok di no telp. 021-7271574 atau no fax: 021-78849012
Sosiologi

Persyaratan

A. Jenjang Magister (S2)

  1. Persyaratan : Memiliki Ijazah S1 dan Lulus Ujian Seleksi SIMAK UI
  2. Lokasi Perkuliahan : Kampus UI Depok
  3. Waktu Perkuliahan : Senin s/d Jumat

    • Peminatan Sosiologi (Reguler) Jam 16.00 s/d 21.30 WIB untuk Mata Kuliah Wajib, dan Jam 08.00 s/d 16.00 WIB untuk Mata Kuliah Pilihan

    • Peminatan Kebijakan Pembangunan Sosial (Reguler) Jam 16.00 s/d 21.30 WIB untuk Mata Kuliah Wajib.
  4. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat Program Pascasarjana Sosiologi dengan nomor telp. 021-78849024 atau 021.78849023 atau melalu email magister.sosio@gmail.com.
Ilmu Administrasi

Persyaratan calon mahasiswa baru Program Magister Fakultas Ilmu Administrasi adalah:

  1. Penyandang gelar Sarjana berbagai disiplin ilmu (Ijazah dari perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI).
  2. Memenuhi Persyaratan Universitas Indonesia, yaitu mendaftar secara online dan melengkapi berkas pendaftaran melalui http://penerimaan.ui.ac.id dan kemudian dinyatakan lulus ujian saringan TPA dan Bahasa Inggris.
  3. Informasi seputar Program Studi Ilmu Administrasi dapat menghubungi Sekretariat Program di nomer telepon: (021)-3913606/3913607
  4. IPK S1 >= 2.75
  5. Mengikuti test wawancara

Persyaratan Calon Mahasiswa Program Magister Double Degree dengan Victoria University of Wellington, Selandia Baru untuk kekhususan Studi E-Government adalah sebagai berikut: A. Kriteria input tahun pertama (semester satu) ditentukan oleh Universitas Indonesia, sebagai berikut:

  1. Lulusan Program Sarjana atau Diploma IV dari Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh BAN-PT atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang diakui oleh Dikti.
  2. Mengikuti Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) untuk Program Magister meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris (standar TOEFL). Materi dirancang khusus oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UI.
  3. Memperoleh TPA minimum 450 dan Bahasa Inggris minimum 500 dari SIMAK UI, dengan nilai gabungan minimum 950. Persyaratan ini bertujuan untuk mempermudah mahasiswa memperoleh Letter of Acceptance (LoA) dari Victoria University of Wellington, sehingga apabila ada mahasiswa yang masih memperoleh Conditional LoA berupa nilai Bahasa Inggris yang perlu ditingkatkan, maka mahasiswa tersebut dapat mempersiapkan pada semester pertama di UI.
  4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S1 >= 2.75
  5. Mengikuti test wawancara

B. Kriteria input tahun kedua (semester dua) ditentukan oleh Victoria University of Wellington, yaitu:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada akhir semester pertama di Universitas Indonesia minimal 3.00
  2. Lulus semua mata kuliah yang ditetapkan Universitas Indonesia di akhir semester pertama
  3. IELTS minimal overall score 6,5 dengan tidak ada skor di bawah 6,0 dan writing minimal 6,5, atau IBT TOEFL minimal 90 dengan skor writing minimal 24
  4. Mengikuti Proses Administrasi bagi Mahasiswa Baru Victoria University of Wellington.

Persyaratan Calon Mahasiswa Program Magister Double Degree dengan The University of Melbourne untuk Kekhususan Public Policy and Management adalah sebagai berikut: A. Kriteria input tahun pertama (semester satu) ditentukan oleh Universitas Indonesia, sebagai berikut:

  1. Lulusan Program Sarjana atau Diploma IV dari Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh BAN-PT atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang diakui oleh Dikti.
  2. Mengikuti Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) untuk Program Magister meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris (standar TOEFL). Materi dirancang khusus oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UI.
  3. Memperoleh TPA minimum 450 dan Bahasa Inggris minimum 500 dari SIMAK UI, dengan nilai gabungan minimum 950. Persyaratan ini bertujuan untuk mempermudah mahasiswa memperoleh Letter of Acceptance (LoA) dari The University of Melbourne, sehingga apabila ada mahasiswa yang masih memperoleh Conditional LoA berupa nilai Bahasa Inggris yang perlu ditingkatkan, maka mahasiswa tersebut dapat mempersiapkan pada semester pertama di UI.
  4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S1 >= 2.75
  5. Mengikuti test wawancara

B. Kriteria input tahun kedua (semester dua) ditentukan oleh The University of Melbourne, yaitu:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada akhir semester pertama di Universitas Indonesia minimal 3.00
  2. Lulus semua mata kuliah yang ditetapkan Universitas Indonesia di akhir semester pertama
  3. IELTS minimal overall score 6,5 dengan tidak ada skor di bawah 6,0 dan writing minimal 6,5, atau IBT TOEFL minimal 90 dengan skor writing minimal 24
  4. Mengikuti Proses Administrasi bagi Mahasiswa Baru The University of Melbourne.

Untuk kelas regular (Magister)

Lokasi perkuliahan Kampus UI Pegangsaan Timur Cikini (Gedung Mochtar, Lt.3, Jl. Pegangsaan Timur No. 16. Jakarta)

Untuk Kelas Double Degree (Magister) Pada semester I Lokasi perkuliahan Kampus UI Pegangsaan Timur Cikini (Gedung Mochtar, Lt.3, Jl. Pegangsaan Timur No. 16. Jakarta) Pada semester 2 dan 3 perkuliahan di Universitas mitra dan semester 4 kembali lagi di Kampus UI Pegangsaan Timur, Cikini.

Informasi Jam Kuliah

Untuk kelas regular (Magister) perkuliaan dimulai pukul 18.30 - 21.00 WIB hari senin - jumat Untuk Kelas Double Degree (Magister) perkuliaan dimulai pukul 16.00 WIB atau 18.30 WIB hari senin - jumat

Untuk program magister terdiri dari kelas regular dan double degree

Tanggal Ujian Wawancara : Untuk S2 hari kamis, 30 Juli 2020

Kesehatan Masyarakat
Administrasi Rumah Sakit
  1. Memenuhi persyaratan UI (lulusan S-1, mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  2. Memiliki pengalaman bekerja di rumah sakit minimal 3 (tiga) tahun/pemilik rumah sakit/staf pengajar di bidang perumahsakitan
  3. Mengirim berkas berikut via e-mail ke fkmui@ui.ac.id:
    • Curriculum Vitae (CV)
    • Letter of Intention
    • Surat rekomendasi dari pimpinan tempat bekerja untuk mengikuti pendidikan pada Program Studi S2 KARS
  4. Calon mahasiswa harus memiliki gelar sarjana dari program studi yang terakreditasi minimal B dari BAN PT/LAM-PTKes
  5. Pilihan program studi hanya dilakukan saat pendaftaran, setelah mendaftar ulang mahasiswa tidak diperkenankan untuk pindah program studi
Epidemiologi
  1. Memenuhi persyaratan UI (lulusan S-1, mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  2. Kekhususan/peminatan/kelas dibuka apabila jumlah minimal peserta adalah 5 (lima) orang
  3. Waktu belajar: a. Kekhususan Epidemiologi Komunitas : Senin s.d Sabtu b. Kekhususan Epidemiologi Klinik : Jumat dan Sabtu c. Kekhususan Epidemiologi Terapan (FETP): Sistem Blok
  4. Untuk kekhususan Epidemiologi Terapan (FETP) akan ada tambahan biaya kerja lapangan sebesar Rp. 10.000.000 per mahasiswa per semester
  5. Calon mahasiswa harus memiliki gelar sarjana dari program studi yang terakreditasi BAN PTLAM-PTKes
Ilmu Kesehatan Masyarakat
  1. Memenuhi persyaratan UI (lulusan S-1, atau lulusan D4 Kesehatan, mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  2. Kekhususan/peminatan dibuka jika jumlah peserta minimal 5 (lima) orang
  3. Calon mahasiswa harus memiliki gelar sarjana dari program studi yang terakreditasi BAN PT/LAM-PTKes
  4. Pilihan program studi dan peminatan hanya dilakukan saat pendaftaran, setelah mendaftar ulang mahasiswa tidak diperkenankan untuk pindah program studi atau peminatan
Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  1. Memenuhi persyaratan UI (lulusan S-1, atau lulusan D4 Kesehatan, mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  2. Calon mahasiswa harus memiliki gelar sarjana dari program studi yang terakreditasi BAN PT/LAM-PTKes
  3. Memiliki pengalaman bekerja di bidang K3 minimal 1 (satu) tahun dengan melampirkan surat keterangan kerja.
  4. Membuat "letter of intention" yang menyatakan motivasi dan harapan kuliah di Program Studi S2 K3.
  5. Waktu belajar: Jum'at mulai jam 16:00 dan Sabtu mulai jam 08:00 WIB
  6. Mengirim CV, surat keterangan kerja, dan "letter of intention" via e-mail ke fkmui@ui.ac.id
Ilmu Komputer
Ilmu Komputer

Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar program MIK:

  1. Lulusan S-1 dengan latar belakang keilmuan: Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro, Matematika, Fisika.
  2. Nilai IPK minimal 2.75 pada skala 4.
  3. Lulus Ujian Saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik (Quantitative Aptitude Test) dan Bahasa Inggris (Grammar; Vocabulary; Reading)
  4. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Kampus Fasilkom UI, Depok. Perkuliahan dilaksanakan pada pagi/siang hari.

Informasi lebih lengkap mengenai program MIK dapat diakses di: http://www.cs.ui.ac.id/index.php/magister-ilmu-komputer.html

Teknologi Informasi

Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar program MTI:

  1. Lulusan S-1 dengan latar belakang keilmuan: Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro, Matematika, Fisika; atau Bidang keilmuan selain tersebut di atas dengan pengalaman kerja di bidang Teknologi Informasi.
  2. Nilai IPK minimal 2.75 pada skala 4.
  3. Peserta dengan latar belakang pendidikan non TI dapat mendaftar dengan menunjukkan pengalaman kerja di bidang TI minimal 2 tahun terakhir. Bukti pengalaman kerja berupa surat keterangan kerja, CV dan surat rekomendasi atasan langsung dijadikan 1 file pdf dgn scan legalisir ijazah, untuk diunggah kedalam menu unggah dokumen ijazah.
  4. Lulus Ujian Saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik (Quantitative Aptitude Test) dan Bahasa Inggris (Grammar; Vocabulary; Reading)
  5. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Kampus MTI-UI Salemba. Perkuliahan dilaksanakan pada malam hari (kelas malam: 19.00 - 21.30). Kelas siang hanya dibuka apabila jumlah peserta mencukupi (biasanya hanya ada di penerimaan semester Gasal).

Informasi lebih lengkap mengenai program MTI dapat diakses di: http://www.cs.ui.ac.id/index.php/magister-teknologi-informasi.html

Ilmu Keperawatan
Ilmu Keperawatan

Persyaratan Akademik:

  1. Memiliki ijazah pendidikan Ners dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B. Calon mahasiswa ini dapat memilih peminatan/spesialis: Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, Keperawatan Komunitas, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Anak dan Keperawatan Onkologi (ijazah asli diunggah)
  2. Lulus Uji Kompetensi Ners atau Memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) Ners
  3. Memiliki pengalaman kerja di klinik minimal satu tahun dalam bidang keperawatan sesuai area peminatan/spesialisasinya dibuktikan dengan surat keterangan dari institusi klinik/kerja dimana calon tersebut bekerja (surat asli diunggah);
  4. Bagi calon dengan biaya pendidikan mandiri, menyerahkan surat pernyataan bermeterai akan mengikuti paket pendidikan magister dan spesialis sesuai peminatannya (surat asli diunggah);
  5. Bagi calon mahasiswa tugas/ijin belajar, menyerahkan surat pernyataan dari institusi bermeterai bahwa menugaskan calon mahasiswa untuk mengikuti paket pendidikan magister dan spesialis sesuai peminatannya (surat asli diunggah) ;
  6. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 (dari skala 4.00) (transkrip asli diunggah)

Persyaratan Administrasi:

  1. Mendaftar secara online;
  2. Menggunggah dokumen terkait persyaratan akademik nomor 1 sampai dengan 6 ; apabila tidak menggunggah dokumen tersebut dianggap tidak memenuhi persyaratan administrasi.
  3. Mengunggah bukti akreditasi perguruan tinggi terkait persyaratan akademik nomor 1;
  4. Seluruh dokumen digabung dalam 1 file format pdf bersama ijasah atau bersama transkrip nilai. Kemudian diunggah dalam menu unggah ijasah dan transkrip nilai.
  5. Mengisi kuesioner, dengan cara mengisi formulir dengan mengunjungi web nursing.ui.ac.id , di bagian paling atas ada menu bernama Formulir Kuesioner
  6. Mengikuti ujian tulis yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia;
  7. Mengikuti ujian peminatan yang diselenggarakan oleh FIKUI.

Waktu dan Tempat Perkuliahan :

  • Tempat : FIK-UI, Kampus UI Depok atau Salemba (khusus untuk dosen tamu)
  • Waktu : 5 hari/minggu; jam antara 08:00 sampai dengan jam 18:00

Tanggal-Tanggal Penting:

  1. Pendaftaran : 16 Juni-16 Juli 2020
  2. Penyerahan kuesioner ke fakultas : 16 Juli 2020 *) (sudah diterima Panitia melalui email: academic-nursing@ui.ac.id)
  3. Pengisian kuesioner : 16 Juni-16 Juli 2020
  4. Ujian tulis : 26-30 Juli 2020
  5. Ujian Peminatan dan Wawancara : 1-2 Agustus 2020

*) Kuesioner dikirim ke : Email : academic-nursing@ui.ac.id

Farmasi
Farmasi

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KEFARMASIAN :

  1. Program ini dapat diikuti oleh sarjana bidang: Farmasi, Kedokteran (dr/SKed., drg/SKG, drh/S.Vet), Biologi, Kimia, Ilmu pangan dan Teknik Kimia yang dibuktikan dengan mengunggah Ijazah S1 dan transkripnya. Bagi peminatan Farmasi Klinik harus lulusan apoteker yang dibuktikan dengan mengunggah Ijazah S1 dan Apoteker beserta transkripnya.
  2. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kemenristekdikti
  3. Mempunyai IPK S1 3,00 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B (Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan fotokopi sertifikat akreditasi yang telah dilegalisasi)

Bagi mereka yang berasal bukan dari sarjana farmasi harus mengikuti kuliah matrikulasi ilmu dasar farmasi dengan beban SKS maksimal 12 SKS. Mahasiswa yang diperkenankan melanjutkan pendidikannya di Program Magister harus lulus semua mata kuliah matrikulasi dalam waktu maksimal 2 (dua) semester dengan IPK matrikulasi minimal 3,00.

Herbal

PROGRAM STUDI MAGISTER HERBAL :

  1. Program ini dapat diikuti oleh sarjana bidang : Farmasi, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Biologi, Kimia dan Teknik Kimia yang dibuktikan dengan mengunggah Ijazah S1 dan Transkripnya
  2. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kemenristekdikti
  3. Mempunyai IPK S1 3,00 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B (Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan fotokopi sertifikat akreditasi yang telah dilegalisasi)

Bagi mereka yang berasal bukan dari sarjana farmasi harus mengikuti kuliah matrikulasi ilmu dasar farmasi dengan beban SKS maksimal 12 SKS. Mahasiswa yang diperkenankan melanjutkan pendidikannya di Program Magister harus lulus semua mata kuliah matrikulasi dalam waktu maksimal 2 (dua) semester dengan IPK matrikulasi minimal 3,00.

Ilmu Administrasi
Ilmu Administrasi

Persyaratan calon mahasiswa baru Program Magister Fakultas Ilmu Administrasi adalah:

  1. Penyandang gelar Sarjana berbagai disiplin ilmu (Ijazah dari perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI).
  2. Memenuhi Persyaratan Universitas Indonesia, yaitu mendaftar secara online dan melengkapi berkas pendaftaran melalui http://penerimaan.ui.ac.id dan kemudian dinyatakan lulus ujian saringan TPA dan Bahasa Inggris.
  3. Informasi seputar Program Studi Ilmu Administrasi dapat menghubungi Sekretariat Program di nomer telepon: (021)-3913606/3913607
  4. IPK S1 >= 2.75
  5. Mengikuti test wawancara

Persyaratan Calon Mahasiswa Program Magister Double Degree dengan Victoria University of Wellington, Selandia Baru untuk kekhususan Studi E-Government adalah sebagai berikut: A. Kriteria input tahun pertama (semester satu) ditentukan oleh Universitas Indonesia, sebagai berikut:

  1. Lulusan Program Sarjana atau Diploma IV dari Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh BAN-PT atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang diakui oleh Dikti.
  2. Mengikuti Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) untuk Program Magister meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris (standar TOEFL). Materi dirancang khusus oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UI.
  3. Memperoleh TPA minimum 450 dan Bahasa Inggris minimum 500 dari SIMAK UI, dengan nilai gabungan minimum 950. Persyaratan ini bertujuan untuk mempermudah mahasiswa memperoleh Letter of Acceptance (LoA) dari Victoria University of Wellington, sehingga apabila ada mahasiswa yang masih memperoleh Conditional LoA berupa nilai Bahasa Inggris yang perlu ditingkatkan, maka mahasiswa tersebut dapat mempersiapkan pada semester pertama di UI.
  4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S1 >= 2.75
  5. Mengikuti test wawancara

B. Kriteria input tahun kedua (semester dua) ditentukan oleh Victoria University of Wellington, yaitu:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada akhir semester pertama di Universitas Indonesia minimal 3.00
  2. Lulus semua mata kuliah yang ditetapkan Universitas Indonesia di akhir semester pertama
  3. IELTS minimal overall score 6,5 dengan tidak ada skor di bawah 6,0 dan writing minimal 6,5, atau IBT TOEFL minimal 90 dengan skor writing minimal 24
  4. Mengikuti Proses Administrasi bagi Mahasiswa Baru Victoria University of Wellington.

Persyaratan Calon Mahasiswa Program Magister Double Degree dengan The University of Melbourne untuk Kekhususan Public Policy and Management adalah sebagai berikut: A. Kriteria input tahun pertama (semester satu) ditentukan oleh Universitas Indonesia, sebagai berikut:

  1. Lulusan Program Sarjana atau Diploma IV dari Perguruan Tinggi/Sekolah Tinggi dalam negeri yang terakreditasi oleh BAN-PT atau Perguruan Tinggi Luar Negeri yang diakui oleh Dikti.
  2. Mengikuti Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) untuk Program Magister meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris (standar TOEFL). Materi dirancang khusus oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UI.
  3. Memperoleh TPA minimum 450 dan Bahasa Inggris minimum 500 dari SIMAK UI, dengan nilai gabungan minimum 950. Persyaratan ini bertujuan untuk mempermudah mahasiswa memperoleh Letter of Acceptance (LoA) dari The University of Melbourne, sehingga apabila ada mahasiswa yang masih memperoleh Conditional LoA berupa nilai Bahasa Inggris yang perlu ditingkatkan, maka mahasiswa tersebut dapat mempersiapkan pada semester pertama di UI.
  4. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) S1 >= 2.75
  5. Mengikuti test wawancara

B. Kriteria input tahun kedua (semester dua) ditentukan oleh The University of Melbourne, yaitu:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada akhir semester pertama di Universitas Indonesia minimal 3.00
  2. Lulus semua mata kuliah yang ditetapkan Universitas Indonesia di akhir semester pertama
  3. IELTS minimal overall score 6,5 dengan tidak ada skor di bawah 6,0 dan writing minimal 6,5, atau IBT TOEFL minimal 90 dengan skor writing minimal 24
  4. Mengikuti Proses Administrasi bagi Mahasiswa Baru The University of Melbourne.

Untuk kelas regular (Magister)

Lokasi perkuliahan Kampus UI Pegangsaan Timur Cikini (Gedung Mochtar, Lt.3, Jl. Pegangsaan Timur No. 16. Jakarta)

Untuk Kelas Double Degree (Magister) Pada semester I Lokasi perkuliahan Kampus UI Pegangsaan Timur Cikini (Gedung Mochtar, Lt.3, Jl. Pegangsaan Timur No. 16. Jakarta) Pada semester 2 dan 3 perkuliahan di Universitas mitra dan semester 4 kembali lagi di Kampus UI Pegangsaan Timur, Cikini.

Informasi Jam Kuliah

Untuk kelas regular (Magister) perkuliaan dimulai pukul 18.30 - 21.00 WIB hari senin - jumat Untuk Kelas Double Degree (Magister) perkuliaan dimulai pukul 16.00 WIB atau 18.30 WIB hari senin - jumat

Untuk program magister terdiri dari kelas regular dan double degree

Tanggal Ujian Wawancara : Untuk S2 hari kamis, 30 Juli 2020

Ilmu Lingkungan
Ilmu Lingkungan
  1. Lulusan sarjana S1 terakreditasi A atau lulusan Program Diploma IV terakreditasi A dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang diakui oleh Universitas, dengan IPK minimal 2,75 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Kementerian Pendidikan Nasional/Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik (Nilai Minimum 500) dan Bahasa Inggris (Skor Minimum 500).

  2. Perkuliahan dilaksanakan di kampus UI Salemba (Gedung C FKG Lantai 5-6 UI Salemba Raya)

  3. Waktu perkuliahan kelas khusus di Hari Jumat (pkl 16.00-21.00 WIB) dan Hari Sabtu (pkl. 08.00-16.00 WIB) dan kelas Reguler di Hari Senin-Kamis (pkl. 08.00-16.00 WIB)

  4. Informasi seputar Program Studi silakan hubungi Sekretariat Program 021-31930251 atau fax: (021) 31930251, dan email: sil@ui.ac.id
Kajian Stratejik dan Global
Kajian Gender

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 2,75 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara
Kajian Ilmu Kepolisian

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 2,75 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara
Kajian Ketahanan Nasional

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 2,75 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara
Kajian Pengembangan Perkotaan

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 2,75 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara
Kajian Terorisme

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 2,75 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara
Kajian Wilayah Amerika

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 2,75 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara
Kajian Wilayah Eropa

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 2,75 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara
Kajian Wilayah Jepang

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 2,75 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara
Kajian Wilayah Timur Tengah dan Islam

Persyaratan Umum

  1. Lulusan sarjana S1 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 2,75 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Depdiknas/Depdikbud/Depag/Kemendikbud/Kemenristekdikti)

  1. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

  2. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 10 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Persyaratan Khusus Skema Riset

  1. Mempunyai pengalaman dalam menulis artikel pada publikasi nasional/internasional
  2. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  3. Pengalaman publikasi dan essai rencana penelitian disampaikan saat wawancara