1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Informasi Beasiswa
  4. International Students Admission
Selasa, 10 Juni 2025 12.04 WIB (WIB)

Panduan Pendaftaran — S3 PDDI Jalur SIMAK Periode 2025/2026 Semester 1

Prosedur Pendaftaran

  1. Pendaftar membuat account di situs penerimaan UI.
  2. Setelah login, peserta meng-upload file foto berwarna terbaru berukuran min.400x600 pixel.
  3. Selanjutnya pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran secara online dan akan mendapatkan nomor pendaftaran yang belum lengkap.
  4. Meng-upload hasil scan dokumen persyaratan yang diperlukan secara online dalam format PDF pada periode yang ditentukan pada jadwal kegiatan. Nomor pendaftaran akan lengkap setelah anda upload dokumen
  5. Klik verifikasi pendaftaran.
  6. Melunasi biaya pendaftaran menggunakan nomor pendaftaran yang diperoleh sebelumnya. Pembayaran dapat dilakukan melalui:
    • Bank BNI : ATM, Teller, atau Mobile Banking
    • Bank Mandiri : ATM, Teller, Livin' by Mandiri, atau Internet Banking
    • Bank BRI : ATM, Teller, BRImo, atau Internet Banking
    • Bank BTN : ATM, Teller, atau Mobile Banking
    • Bank BSI : ATM, Teller, BSI Net Banking, atau BSI Mobile
    • Bank Permata : ATM, Internet Banking, atau Mobile Banking
    • Bank CIMB Niaga : ATM, Teller, Internet Banking, atau Mobile Banking
    • Bank KB Bukopin : ATM atau Teller

    Biaya pendaftaran hanya dapat dibayarkan setelah Anda meng-upload dokumen pendaftaran dan telah klik verifikasi pendaftaran.

    Biaya pendaftaran yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dan dialihkan dengan alasan apapun. Data pendaftaran tidak dapat diubah setelah pembayaran

  7. Mengikuti wawancara yang diadakan pada jadwal Ujian Saringan Masuk.
  8. Pengumuman peserta yang diterima akan diumumkan sesuai tanggal yang telah ditetapkan pada jadwal kegiatan. Peserta dapat melihat hasil pengumuman setelah login dengan account yang telah dibuat.
  9. Selain itu, khusus untuk pendaftar jalur Beasiswa Pendidikan Doktor Dalam Negeri (PDDI) BPI, wajib menyiapkan dokumen tambahan sebagai berikut:

    1. Surat permohonan dari pimpinan perguruan tinggi.
    2. Print NIDN/NIDK dari SISTER.
    3. Form registrasi daring & Letter of Acceptance (LoA) yang mencantumkan dengan jelas perguruan tinggi dan program studi tujuan.
    4. Salinan SK dosen tetap.
    5. Salinan ijazah dan transkrip nilai jenjang S1 dan S2.
    6. Salinan PAK dan jabatan fungsional terakhir (jika ada).
    7. Salinan SK inpassing (jika ada).
    8. Surat izin melakukan studi dari pimpinan perguruan tinggi.
    9. Surat penugasan dari pimpinan perguruan tinggi.
    10. Surat pernyataan bermeterai Rp10.000 sesuai dengan format persyaratan beasiswa.
    11. Mendaftar secara daring melalui portal beasiswa mengunggah semua dokumen persyaratan dan mengisi form yang disediakan sesuai dengan jenis beasiswa.

      Persyaratan dan Format Dokumen dapat dilihat pada Buku Panduan Pendaftaran