1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Informasi Beasiswa
  4. International Students Admission
Kamis, 05 Agustus 2021 04.44 WIB (WIB)

Persyaratan Pendaftaran Program Studi — S3 Jalur SIMAK Periode 2010/2011 Semester 1

S3

Program Studi Persyaratan
Kedokteran
Ilmu Biomedik
  • Sarjana S2 Ilmu Biomedik atau bidang lain yang berkaitan dengan Ilmu Biomedik dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri yang terakreditasi dan diakui Kemenristek Dikti dengan IPKnya mencapai atau diatas 3,00.

  • Lokasi Perkuliahan : Kampus UI Salemba

  • Jadwal Perkuliahan : Senin-Jumat, jam 08.00-16.00 WIB

  • Test Wawancara diinformasikan setelah pengumuman hasil ujian SIMAK (TPA dan Bahasa Inggris)

Informasi wawancara : Sekretariat PDIB FKUI (Gedung IMERI FKUI Lantai 11 Tower Edukasi) dan website pdib.fkui.ac.id, telp/fax. +6221-31900908, +6221-29189168, atau email s3biomedik.fkui@gmail.com

  • Calon peserta mengajukan usulan/rencana penelitian (praproposal)

  • Surat pernyataan izin/tugas belajar dari instansi bagi calon peserta yang sudah bekerja (format disesuaikan dengan kebijakan dari instansi peserta)

Khusus Kelas Riset : Penerimaan calon mahasiswa Program Doktor melalui Riset berdasarkan pada Peraturan Rektor UI nomor : 016 tahun 2016, pasal 11) :

  1. Nilai TPA Universitas Indonesia (nilai minimum 550)
  2. Nilai TOEFL (Skor minimum 500) atau IELTS (skor minimum 6) atau lulus ujian Bahasa Inggris yang diadakan Universitas
  3. IPK yang diperoleh pada jenjang pendidikan sebelumnya minimum 3,00 (dalam rentang 0-4)
  4. Hasil penilaian wawancara oleh Program Studi terkait dengan riset yang akan dilakukan
  5. Hasil penilaian Praproposal Riset lengkap yang dievaluasi oleh pakar bidang ilmu terkait
  6. Calon mahasiswa minimal telah memiliki publikasi ilmiah
  7. Rekomendasi calon Promotor/kopromotor berdasarkan hasil korespondensi sebelumnya dengan calon mahasiswa
  8. Ketersediaan calon promotor yang memiliki kepakaran yang diminati oleh calon mahasiswa
Ilmu Gizi

A. Memiliki ijazah Magister (S-2) dari dalam dan luar negeri yang diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Catatan:

  1. Bagi calon mahasiswa (PS DIG) dengan ijazah Magister yang bukan berasal dari disiplin Ilmu Gizi atau Ilmu Kesehatan maka diharuskan mengikuti matrikulasi meliputi mata kuliah Ilmu Gizi Dasar, Penilaian Status Gizi, Epidemiologi Gizi, Metabolisme Zat Gizi, Ilmu Gizi Klinik Dasar serta Gizi dan Penyakit yang dapat diambil pada Program Studi S2 Ilmu Gizi FKUI

  2. Standar nilai untuk masing-masing mata kuliah matrikulasi tersebut adalah B (3,0) yang dibuktikan melalui transkrip akademik / sertifikat / surat keterangan dari Penanggung Jawab mata kuliah.

  3. Adapun kuliah matrikulasi tersebut dilakukan setelah mahasiswa diterima sebagai calon mahasiswa S3 Ilmu Gizi.

  4. Biaya kuliah matrikulasi sama dengan Biaya Operasional Pendidikan Program Doktor Ilmu Gizi.

B. Telah lulus TPA dengan nilai 550

C. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan kemampuan Tes TOEFL =/> 550 atau IELTS =/> 6 atau lulus ujian bahasa Inggris yang diadakan Universitas Indonesia.

D. Memiliki IPK dari jenjang pendidikan sebelumnya minimum 3.00 (dari rentang IPK 0 - 4)

E. Penilaian wawancara terkait dengan kesiapan mengikuti Program Studi Doktor Ilmu Gizi dilakukan setelah memenuhi prosedur standar penerimaan UI.

F. Membawa 2 (dua) buah surat rekomendasi dari supervisor/atasan atau pembimbing pada studi sebelumnya.

G. Mengumpulkan draft proposal singkat (maksimum 10 halaman) dari topik yang diminati dan dipresentasikan dihadapan tim pewawancara PS DIG.

H. Mempunyai sumber dana selama mahasiswa menjadi peserta Program Studi Doktor Ilmu Gizi FKUI.

I. Membawa surat izin belajar dari atasan saat wawancara bila calon mahasiswa masih bekerja/mendapat penugasan

Informasi lokasi kuliah : Kampus UI, Jln. Salemba Raya No. 6, Jakarta Pusat

Waktu kuliah : Senin - Jumat, 08.00-16.00 WIB

Pelaksanaan ujian wawancara di Program Studi Doktor Ilmu Gizi FKUI akan diinformasikan lebih lanjut atau dapat menghubungi Sekretariat Program Studi Doktor Ilmu Gizi FKUI melalui telepon 021-31907658 atau 021-3927246, email : s3ilmugizifkui@gmail.com.

Ilmu Kedokteran

Persyaratan Doktor melalui Kuliah dan Riset (Reguler)

A. Lulusan Program Magister terakreditasi dari Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri yang diakui oleh Kemenristek DIKTI dengan IPK minimum 3,00.

B. Lulus ujian TPA dan TOEFL

C. Melengkapi dan menyerahkan berkas untuk ujian wawancara ke Sekretariat Program Studi S3 Ilmu Kedokteran sebelum ujian TPA dan ujian TOEFL berupa:

  1. Kartu Ujian Peserta

  2. Ijazah Spesialis/Magister (legalisir)

  3. Transkrip Nilai Spesialis/Magister (legalisir)

  4. Surat Rekomendasi

  5. Surat pernyataan kesediaan menjadi Ketua Pembimbing Akademik (KPA)

  6. Surat Persetujuan Menempuh Pendidikan Program Doktor Ilmu Kedokteran dari atasan langsung

  7. Sinopsis Rencana Penelitian (minimal 2 lembar dan maksimal 3 lembar) dengan isi sebagai berikut:

    • Judul Penelitian
    • Latar Belakang
    • Rumusan Masalah
    • Pertanyaan Penelitian
    • Hipotesis Penelitian
    • Tujuan Penelitian

D. Lulus ujian wawancara

Persyaratan Doktor melalui Riset

A. Lulusan Program Magister terakreditasi dari Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri yang diakui oleh Kemenristek DIKTI dengan IPK minimum 3,00.

B. Lulus ujian TPA dan TOEFL

C. Melengkapi dan menyerahkan berkas untuk ujian wawancara ke Sekretariat Program Studi S3 Ilmu Kedokteran sebelum ujian TPA dan ujian TOEFL berupa:

  1. Kartu Ujian Peserta

  2. Ijazah Spesialis/Magister (legalisir)

  3. Transkrip Nilai Spesialis/Magister (legalisir)

  4. Surat Rekomendasi

  5. Surat pernyataan kesediaan menjadi Ketua Pembimbing Akademik (KPA)

  6. Surat Persetujuan Menempuh Pendidikan Program Doktor Ilmu Kedokteran dari atasan langsung

  7. Sinopsis Rencana Penelitian (minimal 2 lembar dan maksimal 3 lembar) dengan isi sebagai berikut:

    • Judul Penelitian
    • Latar Belakang
    • Rumusan Masalah
    • Pertanyaan Penelitian
    • Hipotesis Penelitian
    • Tujuan Penelitian
  8. Calon peserta minimal telah memiliki publikasi ilmiah

  9. Rekomendasi calon Promotor/kopromotor berdasarkan hasil korespondensi sebelumnya dengan calon mahasiswa

D. Lulus ujian wawancara

Lokasi Perkuliahan :

  • Kuliah Program Dasar : Ruang Kimia 3, Jl. Salemba Raya No. 4, Jakarta Pusat atau dengan metode daring (online)
  • Bimbingan dan Ujian: Gedung IMERI FKUI, Jl. Salemba Raya No.6, Jakarta Pusat

Perkuliahan dilaksanakan hari Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB

Tanggal Wawancara Ujian wawancara akan dilaksanakan setelah pengumuman hasil ujian SIMAK (TPA dan TOEFL).

Informasi mengenai jadwal wawancara dapat menghubungi Sekretariat Program Studi S3 Ilmu Kedokteran melalui alamat email s3ilmukedokteran@gmail.com dan telepon 0815-1042-3888 (Sdr. Yana Maulana Yusuf)

Kedokteran Gigi
Ilmu Kedokteran Gigi
  1. Jalur Kuliah dan Riset
    • Lulusan Magister/Spesialis Ilmu Kedokteran Gigi
    • IPK min 3.00
    • Sudah mempunyai Pra Usulan Penelitian
    • Memenuhi Persyaratan yang telah ditetapkan oleh Universitas Indonesia (ujian TPA & Bahasa Inggris)
    • Lulus TPA & Bahasa Inggris
    • Lulus Tes Wawancara (Wawancara dilaksanakan secara Online/daring pada tanggal 21 Juli 2021)
    • Memiliki Asuransi Kesehatan
    • Surat keterangan sehat dan surat keterangan bebas Napza (narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif)
    • Surat pernyataan izin/tugas belajar dari instansi tempat bekerja

Lokasi Perkuliahan : Kampus Salemba Jam kuliah : Reguler

  1. Jalur riset
    • Lulusan Magister/Spesialis Ilmu Kedokteran Gigi
    • IPK min 3.00
    • Sudah mempunyai Pra Usulan Penelitian
    • Memenuhi Persyaratan yang telah ditetapkan oleh Universitas Indonesia (ujian TPA & Bahasa Inggris)
    • Lulus TPA & Bahasa Inggris
    • Lulus Tes Wawancara (Wawancara dilaksanakan secara Online/daring pada tanggal 21 Juli 2021)
    • Surat keterangan sehat dan surat keterangan bebas Napza (narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif)
    • Surat pernyataan izin/tugas belajar dari instansi tempat bekerja
    • Mempunyai asuransi kesehatan
    • Mempunyai 2(dua) publikasi ilmiah
    • Menyerahkan daftar pengalaman penelitian mandiri atau berkelompok yang pernah dilakukan

Dokumen fisik yang harus dikirim baik untuk jalur kuliah dan riset maupun jalur riset:

  • Print out pendaftaran online yang sudah ditandatangani
  • Foto copy ijazah Magister/Spesialis Ilmu Kedokteran Gigi yang dilegalisir
  • Transkrip Akademik Magister/Spesialis yang dilegalisir
  • Identitas diri (KTP/ SIM)
  • 1 lbr foto berwarna 4 x 6 (3 bulan terakhir)
  • Pra Usulan Penelitian, untuk jalur riset juga menyerahkan bukti publikasi ilmiah
  • Surat Keterangan sehat

  • Bukti fisik berupa hard copy dimasukan kedalam map warna hijau, dikirim ke Bagian Administrasi Pendidikan FKGUI Jl. Salemba Raya No.4 Gd. A Lt. 2Jakarta Pusat 10430

Bukti fisik berupa soft copy dikirim melalui email: academicadmission.fkg@ui.ac.id satu file dalam bentuk PDF

Berkas paling lambat kami terima tanggal 13 Juli 2021

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Biologi

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Untuk jalur riset (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis dari minimal 2 (dua) artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional dan sebagai penulis pertama minimal di salah satu artikel tersebut. b. menyiapkan proposal rencana riset dan lulus wawancara yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. sudah memiliki calon promotor d. bagi yang tidak memenuhi persyaratan a -- c, maka diwajibkan untuk mengikuti matrikulasi
  3. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan S2 Biologi, Kehutanan, Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kedokteran Hewan dan Pendidikan Biologi yang relevan dengan ilmu Biologi dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan dan kesetaraan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Ilmu Bahan-bahan

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Untuk jalur riset (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis dari minimal 2 (dua) artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional dan sebagai penulis pertama minimal di salah satu artikel tersebut. b. menyiapkan proposal rencana riset dan lulus wawancara yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. sudah memiliki calon promotor d. bagi yang tidak memenuhi persyaratan a -- c, maka diwajibkan untuk mengikuti matrikulasi
  3. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan S2 Teknik dan MIPA yang relevan dengan ilmu Material dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan dan kesetaraan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Informasi lebih lanjut : Website : http://physics.ui.ac.id, Jl. Salemba Raya No.4 Jakarta 10430 Telp. 021-3907694 Email : ilmumaterial@sci.ui.ac.id Departemen Fisika, Kampus Universitas Indonesia, Depok 16424 Telp. 021- 7872609-10,7270160, Fax: 7863441, 78849007

Ilmu Farmasi
  1. S2 Sebidang/Farmasi
  2. Melengkapi pendaftaran dan persyaratan online
    • Untuk lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional
Ilmu Kimia

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Untuk jalur riset (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis dari minimal 2 (dua) artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional dan sebagai penulis pertama minimal di salah satu artikel tersebut. b. menyiapkan proposal rencana riset dan lulus wawancara yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. sudah memiliki calon promotor d. bagi yang tidak memenuhi persyaratan a -- c, maka diwajibkan untuk mengikuti matrikulasi
  3. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan S2 bidang/setara dari Jurusan Kimia, Farmasi, Teknik Kimia yang relevan dengan ilmu Kimia dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan dan kesetaraan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Teknik
Arsitektur

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Arsitektur (M.Ars) atau Magister Teknik (MT) bidang Arsitektur baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Opto Elektroteknika & Aplikasi Laser

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 2,75 (Dua koma Tujuh Lima).
  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.
  3. Mengajukan rancangan (proposal) disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka
  4. mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online: a. salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir b. form rekomendasi c. proposal disertasi
Teknik Elektro

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik dari Teknik Elektro dan Teknik Komputer (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Kimia

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Mesin

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan dilakukan di Departemen Teknik Mesin FTUI

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Metalurgi & Material

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Sipil

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan dilakukan di Departemen Teknik Sipil FTUI

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Hukum
Ilmu Hukum
  1. Lulusan program Strata 1 (S-1) Sarjana Hukum dan program Strata 2 (S-2) dengan akreditasi minimal A. Apabila salah satu jenjang pendidikan ditempuh di universitas di luar negeri, wajib menyerahkan ijazah yang telah dilegalisir/disetarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi;
  2. Lulus ujian saringan masuk yang terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris;
  3. Memiliki IPK yang diperoleh dalam Program Magister minimal 3.00 (tiga koma nol nol);
  4. Menyerahkan rekomendasi dari calon Promotor (berasal dari FHUI) dan calon Ko-promotor; atau rekomendasi dari 2 (dua) orang Guru Besar yang berkaitan dengan topik proposal riset disertasi, atau rekomendasi dari 2 (dua) orang guru besar dari universitas asal. Form rekomendasi dapat diunduh di: https://law.ui.ac.id/v3/doktor-ilmu-hukum/.
  5. Menyerahkan surat izin untuk kuliah dari Dekan atau Rektor bagi dosen tetap atau atasan bagi calon yang berasal dari Instansi Pemerintah;
  6. Menyerahkan Jaminan Pembiayaan dari Instansi yang menugaskan, lembaga pemberi dana/sponsor atau salinan rekening calon yang menunjukkan bahwa tersedia dana selama masa studi;
  7. Menyerahkan tanda peserta ujian Program Doktor;
  8. Menyerahkan proposal riset disertasi
  9. Syarat-syarat di atas dari nomor 4 s.d 8 harus diserahkan paling lambat tanggal 10 Juli 2021 pukul 16.00 ke email: doktoral.fhui@ui.ac.id;
  10. Lulus Ujian Wawancara yang akan dilaksanakan 17 Juli 2021, mulai pukul 09.00 WIB.
Ekonomi dan Bisnis
Ilmu Akuntansi
  1. S-2 semua jurusan Untuk lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional
  2. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  3. Mengikuti ujian wawancara yang dilaksanakan oleh pogram studi
    • Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 08111666580
Ilmu Ekonomi
  1. S-2 semua jurusan Untuk lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional
  2. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  3. Mengikuti ujian wawancara yang dilaksanakan oleh pogram studi
    • Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 021 788 49152/53 eks.853

Persyaratan Program Doktor Ilmu Ekonomi by Riset (S3 PPIE kelas Riset):

  1. Lulusan S2 bidang ilmu ekonomi setara S2 PPIE FEB UI atau bidang lain yang mengajarkan pendekatan kuantitatif
  2. IPK S2 minimum 3.3
  3. Mendapatkan minimal 2 surat rekomendasi (berasal dari akademisi atau non akademisi) dan sekurangnya mendapatkan 1 surat rekomendasi dari akademisi
  4. Memiliki sekurangnya 1 artikel ilmiah yang telah diterbitkan, minimal pada jurnal nasional terakreditasi SINTA 2 (diunggah / dilampirkan dalam pendaftaran SIMAK)
  5. Rencana proposal penelitian (diunggah / dilampirkan dalam pendaftaran SIMAK)
Ilmu Manajemen

A. S-2 semua jurusan. Untuk lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional

B. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)

C. Membuat esai rencana penelitian sesuai dengan bidang yang diminati

D. Mengikuti ujian wawancara yang dilaksanakan oleh pogram studi

Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 021 7872588/89 ekst. 836/831 atau 081384660299

Ilmu Pengetahuan Budaya
Arkeologi

JALUR RISET & KULIAH:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 6000 kata melalui email: prodidoktorarkeologi.fibui@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font TImes New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada melalui email: prodidoktorarkeologi.fibui@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  5. Menyerahkan sertifikat TOEFL Institusional (Institutional TOEFL) dengan nilai minimal 550 dan masih berlaku (maksimum 2 tahun);

  6. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  7. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.

JALUR RISET:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Memenuhi persyaratan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya untuk jalur riset program Doktor;

  3. Menyerahkan transkrip S2 sebagai bukti sudah mengambil MK metodologi atau MK lain yang terkait riset ke alamat email: prodidoktorarkeologi.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Menyerahkan tesis atau karya akhir S2 ke alamat email: prodidoktorarkeologi.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  5. Menyerahkan minimal 5 publikasi dalam bidang keilmuan yang sama dengan program Doktor dalam 5 tahun terakhir. (Artikel prosiding nasional ; Artikel prosiding internasional ; Artikel jurnal nasional tidak terakreditasi ; Artikel jurnal nasional terakreditasi ; Buku (nasional) ; Artikel jurnal internasional terindeks DOAJ/Copernicus ; Artikel jurnal internasional terindeks Scopus/T&R ; Buku (internasional) ; Buku (internasional terindeks / bereputasi)) ke alamat email: prodidoktorarkeologi.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  6. Menyerahkan proposal penelitian yang terdiri dari: Judul, Abstrak (maksimal 150 kata), Latar Belakang (maksimal 300 kata), Tinjauan Pustaka (maksimal 300 kata), Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian, Kebaruan (Novelty) (maksimal 150 kata). Metode Penelitian (maksimal 100 kata) dan Daftar Acuan ke alamat email: prodidoktorarkeologi.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  7. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  8. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;
Ilmu Filsafat

JALUR RISET & KULIAH:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 6000 kata melalui email: prodidoktorilmufilsafat.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font TImes New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada melalui email: prodidoktorilmufilsafat.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  5. Menyerahkan sertifikat TOEFL Institusional (Institutional TOEFL) dengan nilai minimal 550 dan masih berlaku (maksimum 2 tahun);

  6. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  7. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.

JALUR RISET:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Memenuhi persyaratan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya untuk jalur riset program Doktor;

  3. Menyerahkan transkrip S2 sebagai bukti sudah mengambil MK metodologi atau MK lain yang terkait riset ke alamat email: prodidoktorilmufilsafat.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Menyerahkan tesis atau karya akhir S2 ke alamat email: prodidoktorilmufilsafat.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  5. Menyerahkan minimal 5 publikasi dalam bidang keilmuan yang sama dengan program Doktor dalam 5 tahun terakhir. (Artikel prosiding nasional ; Artikel prosiding internasional ; Artikel jurnal nasional tidak terakreditasi ; Artikel jurnal nasional terakreditasi ; Buku (nasional) ; Artikel jurnal internasional terindeks DOAJ/Copernicus ; Artikel jurnal internasional terindeks Scopus/T&R ; Buku (internasional) ; Buku (internasional terindeks / bereputasi)) ke alamat email: prodidoktorilmufilsafat.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  6. Menyerahkan proposal penelitian yang terdiri dari: Judul, Abstrak (maksimal 150 kata), Latar Belakang (maksimal 300 kata), Tinjauan Pustaka (maksimal 300 kata), Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian, Kebaruan (Novelty) (maksimal 150 kata). Metode Penelitian (maksimal 100 kata) dan Daftar Acuan ke alamat email: prodidoktorilmufilsafat.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  7. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  8. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;
Ilmu Linguistik

JALUR RISET & KULIAH:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 6000 kata melalui email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font TImes New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada melalui email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  5. Menyerahkan sertifikat TOEFL Institusional (Institutional TOEFL) dengan nilai minimal 550 dan masih berlaku (maksimum 2 tahun);

  6. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  7. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.

JALUR RISET:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Memenuhi persyaratan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya untuk jalur riset program Doktor;

  3. Menyerahkan transkrip S2 sebagai bukti sudah mengambil MK metodologi atau MK lain yang terkait riset ke alamat email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Menyerahkan tesis atau karya akhir S2 ke alamat email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  5. Menyerahkan minimal 5 publikasi dalam bidang keilmuan yang sama dengan program Doktor dalam 5 tahun terakhir. (Artikel prosiding nasional ; Artikel prosiding internasional ; Artikel jurnal nasional tidak terakreditasi ; Artikel jurnal nasional terakreditasi ; Buku (nasional) ; Artikel jurnal internasional terindeks DOAJ/Copernicus ; Artikel jurnal internasional terindeks Scopus/T&R ; Buku (internasional) ; Buku (internasional terindeks / bereputasi)) ke alamat email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  6. Menyerahkan proposal penelitian yang terdiri dari: Judul, Abstrak (maksimal 150 kata), Latar Belakang (maksimal 300 kata), Tinjauan Pustaka (maksimal 300 kata), Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian, Kebaruan (Novelty) (maksimal 150 kata). Metode Penelitian (maksimal 100 kata) dan Daftar Acuan ke alamat email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  7. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  8. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;
Ilmu Sejarah

JALUR RISET & KULIAH:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 6000 kata melalui email: prodidoktorilmusejarah.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font TImes New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada melalui email: prodidoktorilmusejarah.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  5. Menyerahkan sertifikat TOEFL Institusional (Institutional TOEFL) dengan nilai minimal 550 dan masih berlaku (maksimum 2 tahun);

  6. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  7. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.

JALUR RISET:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Memenuhi persyaratan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya untuk jalur riset program Doktor;

  3. Menyerahkan transkrip S2 sebagai bukti sudah mengambil MK metodologi atau MK lain yang terkait riset ke alamat email: prodidoktorilmusejarah.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Menyerahkan tesis atau karya akhir S2 ke alamat email: prodidoktorilmusejarah.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  5. Menyerahkan minimal 5 publikasi dalam bidang keilmuan yang sama dengan program Doktor dalam 5 tahun terakhir. (Artikel prosiding nasional ; Artikel prosiding internasional ; Artikel jurnal nasional tidak terakreditasi ; Artikel jurnal nasional terakreditasi ; Buku (nasional) ; Artikel jurnal internasional terindeks DOAJ/Copernicus ; Artikel jurnal internasional terindeks Scopus/T&R ; Buku (internasional) ; Buku (internasional terindeks / bereputasi)) ke alamat email: prodidoktorilmusejarah.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  6. Menyerahkan proposal penelitian yang terdiri dari: Judul, Abstrak (maksimal 150 kata), Latar Belakang (maksimal 300 kata), Tinjauan Pustaka (maksimal 300 kata), Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian, Kebaruan (Novelty) (maksimal 150 kata). Metode Penelitian (maksimal 100 kata) dan Daftar Acuan ke alamat email: prodidoktorilmusejarah.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  7. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  8. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;
Ilmu Susastra (Sastra)

JALUR RISET & KULIAH:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 6000 kata melalui email: prodidoktorilmususastra.fibui@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font TImes New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada melalui email: prodidoktorilmususastra.fibui@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  5. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  6. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.

JALUR RISET:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Memenuhi persyaratan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya untuk jalur riset program Doktor;

  3. Menyerahkan transkrip S2 sebagai bukti sudah mengambil MK metodologi atau MK lain yang terkait riset ke alamat email: prodidoktorilmususastra.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Menyerahkan tesis atau karya akhir S2 ke alamat email: prodidoktorilmususastra.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  5. Menyerahkan minimal 5 publikasi dalam bidang keilmuan yang sama dengan program Doktor dalam 5 tahun terakhir. (Artikel prosiding nasional ; Artikel prosiding internasional ; Artikel jurnal nasional tidak terakreditasi ; Artikel jurnal nasional terakreditasi ; Buku (nasional) ; Artikel jurnal internasional terindeks DOAJ/Copernicus ; Artikel jurnal internasional terindeks Scopus/T&R ; Buku (internasional) ; Buku (internasional terindeks / bereputasi)) ke alamat email: prodidoktorilmususastra.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  6. Menyerahkan proposal penelitian yang terdiri dari: Judul, Abstrak (maksimal 150 kata), Latar Belakang (maksimal 300 kata), Tinjauan Pustaka (maksimal 300 kata), Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian, Kebaruan (Novelty) (maksimal 150 kata). Metode Penelitian (maksimal 100 kata) dan Daftar Acuan ke alamat email: prodidoktorilmususastra.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  7. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  8. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;
Psikologi
Psikologi
  1. Pendaftar adalah lulusan Pendidikan Strata 2 (Magister/Master) dengan IPK minimal 3,25
  2. Pendaftar adalah lulusan Program Studi S1 dan S2 dimana salah satu program yang diikuti berasal dari Program Studi Psikologi
  3. Berasal dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi dengan nilai minimal B
  4. Ijazah dari perguruan tinggi swasta harus telah disetarakan oleh Kopertis. Ijazah dari perguruan tinggi di luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
  5. Calon yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) harus memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang memadai untuk mengikuti program doktor, serta mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kemampuan Bahasa Indonesia dinyatakan dengan menyerahkan sertifikat kursus Bahasa Indonesia
  6. Pendaftar menyatakan kesediaan untuk mengikuti pendidikan penuh waktu di hari kerja. Bagi pendaftar yang telah bekerja, memiliki surat tugas belajar dari instansi/ perusahaannya. Surat Tugas Belajar harus diunggah bersama dengan ijazah sesuai persyaratan di atas.
  7. Tes masuk terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris, dan tes tahap kedua adalah Ujian lisan pra proposal disertasi, wawancara, yang menyangkut juga ujian mengenai pengetahuan dasar terkait metodologi penelitian dan statistik.
  8. Pendaftar yang lulus seleksi tahap pertama akan diumumkan melalui situs Fakultas Psikologi UI, http://www.psikologi.ui.ac.id, dan akan memperoleh informasi mengenai penyelenggaraan ujian tahap kedua pada hari Rabu, 21 Juli 2021.
  9. Segera setelah dinyatakan lulus dari seleksi tahap pertama, pendaftar harus mengunggah persyaratan di https://bit.ly/BerkasSeleksiS3-Tahap2, selambatnya-lambatnya pada hari Minggu, 25 Juli 2021, , berkas berikut ini: a. Curriculum Vitae b. Motivational Letter c. Abstrak Tesis S2 d. Pra proposal penelitian disertasi (k.l. maksimal 5000 kata) yang memuat judul, pendahuluan (latar belakang permasalahan, pertanyaan penelitian, kebaruan, tujuan dan manfaat penelitian), tinjauan kepustakaan, hipotesis (bila ada), metode penelitian, dan daftar pustaka. Format pra proposal penelitian disertasi dapat diunduh dari https://psikologi.ui.ac.id/download/ . e. Daftar dan bukti (softcopy) karya ilmiah yang dihasilkan dalam 5 tahun terakhir, seperti yang dipresentasikan dalam konferensi atau dipublikasikan dalam jurnal, terutama yang berhubungan dengan bidang ilmu dan topik yang sedang/akan ditekuni untuk studi doktoral pendaftar.
  10. Ujian Seleksi Tahap II menyangkut pra proposal disertasi, wawancara, serta pengetahuan dasar terkait metodologi penelitian dan statistik dilaksanakan secara online melalui zoom pada hari Rabu, 28 Juli 2021. Jadwal pelaksanaan (jam) akan diumumkan lebih lanjut.
  11. Pengumuman Hasil Seleksi SIMAK UI akan diinformasikan pada hari Kamis, 12 Agustus 2021 di https://penerimaan.ui.ac.id .
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Antropologi

(1) Penyandang gelar Magister berbagai disiplin Ilmu (Ijasah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat penyetaraan dari Dikti). (2) Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) (3) Sebagai kelengkapan wawancara, pendaftar wajib menyerahkan Statement of Intent (SOI) sesuai format yang telah ditetapkan. Unduh format di http://simak.ui.ac.id/XMPwA Pengumpulan SOI dikirim langsung ke Sekretariat Program Pascasarjana Antropologi FISIP UI, Ged.B lantai 1, Kampus Depok atau melalui email pascant@gmail.com.

Ujian kekhususan/Wawancara akan diinformasikan kemudian setelah ujian tulis.

Lokasi perkuliahan di Kampus UI Depok

Ilmu Kesejahteraan Sosial

Persyaratan

  1. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  2. Surat izin dari pimpinan bagi calon mahasiswa dari institusi pemerintah.
  3. Surat rekomendasi dari 2 (dua) orang yang minimal bergelar doktor / S3.
  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online : fotocopy ijazah S2 dan fotocopy transkrip S2. Untuk lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kersarjanaan di Indonesia oleh DIKTI - Kementerian Pendidikan Nasional.
  5. Menyerahkan Proposal minimal 15 halaman dan maksimal 20 halaman dan curriculum vitae (CV) ke Program Pascasarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial, FISIP UI, Gedung Nusantara 2 Lt. 2 FISIP UI Depok atau melalui email : valent.geta@gmail.com. (Informasi lebih lanjut dapat menghubungi program di nomor telp. 021.7270176 atau 021.7270228 atau dengan Saudara Valent di nomor telp. 08129982624.
  6. Perkuliahan dilakukan di Kampus UI Depok, dimulai dari jam 08.00 s/d 16.30 seminggu 3 kali.
Ilmu Komunikasi

Persyaratan

  1. Tahap I. Lulus Tes TPA dan Bahasa Inggris (diselenggarakan oleh Universitas Indonesia).

  2. Tahap II. Lulus Tes yang meliputi :

    a. Wawancara b. Motivational Letter c. Outline Penelitian d. Publikasi Ilmiah

  3. Lokasi Perkuliahan : Salemba

  4. Waktu Perkuliahan : 08.00 s/d 17.00 WIB

  5. Informasi dapat menghubungi program di no. Telpon: 021-3156941/3904722.
Ilmu Politik
  1. Persyaratan :

    1). Mendaftar Secara Online

    2). Mengunggah Dokumen di Akun Pendaftaran Online:

      a.  pas photo berwarna ukuran 4x6;
    
      b.  fotocopy ijazah S2 yang telah dilegalisir (untuk lulusan perguruan tinggi luar negeri 
           ijazah harus disahkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan);
    
      c.  fotocopy transkrip S2 yang telah dilegalisir:
    
      d.  surat rekomendasi dari 2 (dua) orang yang minimal bergelar Doktor / S3.

    3). Mengikuti Ujian TPA dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia.

    4). Mengirim dokumen berikut ke Sekretariat Program Pascasarjana Ilmu Politik secara langsung atau melalui pos / jasa ekspedisi setelah nilai memenuhi syarat (eligible) dan akan dihubungi oleh sekretariat

      a. daftar riwayat hidup (CV);
    
      b. dokumen MoU atau kerjasama institusi asal dengan Universitas Indonesia (jika ada);
    
      c. surat izin dari pimpinan bagi calon mahasiswa dari instansi pemerintahan;
    
      d. fotocopy tesis S2;
    
      e. proposal penelitian minimal 20 halaman dan dicopy sebanyak 6 (enam) eksemplar
          dengan format :
    
          -  Judul
          -  Latar Belakang
          -  Permasalahan dan pertanyaan penelitian
          -  Metode Penelitian
          -  Kerangka Teori
          -  Sistematika penulisan (pembabakan dalam pembahasan) 

    5). Mengikuti Ujian Kekhususan (essay), proposal penelitian, dan wawancara (jadwal menyusul)

  2. Lokasi Perkuliahan : Kampus UI Depok

  3. Waktu Perkuliahan : Reguler Pagi sampai dengan Malam

  4. Informasi lebih jelas dapat diperoleh melalui website : www.pascapol.fisip.ui.ac.id atau menghubungi sekretariat di nomor telp. 021-788846648, fax. 021-7863102, atau email dengan alamat : pascapolitik.fisipui@ui.ac.id
Kriminologi

Sesuai Syarat di dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Indonesia, Nomor : 1727/SK/R/UI/2018, tentang Penyelenggaraan Program Doktor

  1. Mendapatkan surat rekomendasi dari 2 (dua) orang yang minimal bergelar doktor (S3)
  2. Menyerahkan Proposal di Sekretariat Departemen Kriminologi Gedung Nusantara I Lantai 2
  3. Mengikuti Ujian Kekhususan / Wawancara
  4. Tanggal Ujian Kekhususan hanya dilakukan untuk Calon Mahasiswa Program Doktor, waktu akan dihubungi melalui kontak personal.
  5. Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 3.25
  6. Nilai TOEFL 500 / IELST Minimum 6
  7. Nilai TPA Universitas Indonesia Nilai Minimum 550

Melengkapi Pendaftaran dan Persyaratan Online Dengan Mengupload Dokumen-Dokumen sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam https://penerimaan.ui.ac.id.

Lokasi Perkuliahan : Departemen Kriminologi FISIP UI Gedung Nusantara I Lantai 2 dan Lantai 3 Kampus UI Depok

Jam perkuliahan : Jumat, 15.30 s/d 21.30 WIB Sabtu, 08.00 s/d 16.30 WIB

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Program di no. Telpon: 021 7271574

Sosiologi

A. Persyaratan Program Doktor Kuliah dan Riset

  1. Lulus S2 Bidang Ilmu Sosial/Humaniora dari Universitas dalam atau luar negeri (ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapatkan penyetaraan dari DIKTI). Atau lulus S2 semua bidang dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun dalam bidang ilmu sosial/humaniora
  2. IPK minimal 3.0 (dari rentang 0.0 - 4.0)
  3. Lulus Ujian Tertulis Tingkat Universitas
  4. Lulus Ujian Kekhususan / Wawancara di Tingkat Program Studi
  5. Bagi yang dinyatakan lulus dengan wajib matrikulasi, mengikuti matrikulasi selama 2 semester dan lulus mata kuliah matrikulasi dengan nilai minimal B
  6. Proposal menjadi dasar untuk ujian wawancara
  7. Lokasi Perkuliahan : Kampus UI Depok
  8. Waktu Perkuliahan : Jam 08.00 s/d 16.30 untuk Mata Kuliah Pilihan Jam 17.00 s/d 21.00 untuk Kuliah Matrikulasi
  9. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Program Pascasarjana dengan nomor telepon 021.78849024 atau 021.78849023 atau melalui email : doktoral.sosio@gmail.com.

B. Persyaratan Program Doktor Jalur Riset (S3 by Research)

  1. Lulus S2 Bidang Ilmu Sosial/Humaniora dari Universitas dalam atau luar negeri (ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapatkan penyetaraan dari DIKTI). Atau lulus S2 semua bidang dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun dalam bidang ilmu sosial/humaniora.
  2. Indeks Penilaian Kumulatif (IPK) S2 minimum 3.00 (rentang 0-4)
  3. Memiliki Nilai TOEFL (skor minimum 500) atau IELTS (skor minimum 6) atau lulus ujian Bahasa Inggris yang diadakan Universitas Indonesia.
  4. Lulus Ujian Tertulis Tingkat Universitas
  5. Lulus wawancara dan penilaian rencana riset/pra proposal oleh Program Pascasarjana Sosiologi.
  6. Calon mahasiswa minimal telah memiliki 2 (dua) publikasi ilmiah,yaitu berupa 2 (dua) Jurnal Ilmiah nasional terakreditasi atau 1 (satu) jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan 1 (satu) jurnal Ilmiah Internasional.
  7. Ketersediaan dan kesediaan dari calon promotor yang relevan dengan minat calon mahasiswa untuk informasi hal ini, calon mahasiswa dapat menghubungi Program Pascasarjana Sosiologi
  8. Bagi yang dinyatakan lulus dengan wajib matrikulasi, mengikuti matrikulasi selama 2 semester dan lulus mata kuliah matrikulasi dengan nilai B+
Kesehatan Masyarakat
Epidemiologi
  1. Memenuhi persyaratan UI (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)

  2. Calon mahasiswa memiliki gelar magister dari program studi yang terakreditasi BAN PT/LAM PTKes

  3. Ujian untuk S3 Epidemiologi akan dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap yaitu: 1) Tahap 1: Ujian Tulis (SIMAK UI) 2) Tahap 2: Presentasi Pra Proposal dan Wawancara (dalam masa pandemi Covid-19 ujian akan dilaksanakan daring dengan aplikasi Zoom)

  4. Peserta yang mengikuti seleksi Tahap 2 adalah peserta yang telah lulus Ujian Tahap 1. Untuk mengikuti seleksi Tahap 2 peserta harus mempersiapkan Pra Proposal Penelitian dan bahan yang akan dipresentasikan dalam bentuk MS Power Point (PPT) dengan ketentuan sebagai berikut:

1) Pra Proposal Penelitian maksimum 1000 kata terdiri dari: a. Judul Penelitian b. Latar Belakang Masalah c. Tujuan Penelitian d. Metode Penelitian: a) Disain penelitian b) Populasi dan sampel c) Metode pengumpulan data d) Rencana analisis data e) Keterbaruan (novelty)

2) Bahan presentasi (PPT) dibuat dengan jumlah maksimum 25 slide dengan alokasi waktu presentasi 10-15 menit.

  1. Peserta yang lulus Uian Tahap 1 akan diumumkan melalui www.fkm.ui.ac.id dengan perkiraan waktu pengumuman 7 hari setelah Ujian Tahap 1. Mohon setiap peserta dapat memantau web tersebut.
Ilmu Kesehatan Masyarakat
  1. Memenuhi persyaratan UI (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)

  2. Calon mahasiswa memiliki gelar magister dari program studi yang terakreditasi BAN PT/LAM-PTKes

  3. Ujian untuk S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat akan dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap yaitu 1) Tahap 1: Ujian Tulis (SIMAK UI) 2) Tahap 2: Ujian Presentasi dan Wawancara (dalam masa pandemi Covid-19 ujian akan dilaksanakan daring menggunakan aplikasi Zoom)

  4. Peserta yang mengikuti Ujian Tahap 2 adalah peserta yang telah lulus Ujian Tahap 1. Untuk mengikuti Ujian Tahap 2 peserta harus mempersiapkan Extended Abstract Rencana Penelitian dan bahan yang akan dipresentasikan dalam bentuk MS Power Point (PPT) dengan ketentuan sebagai berikut:

1) Extended Abstract Rencana Penelitian maksimum 1000 kata terdiri dari: a. Judul Penelitian b. Latar Belakang Masalah c. Tujuan Penelitian d. Metode Penelitian: a) Disain penelitian b) Populasi dan sampel c) Metode pengumpulan data d) Rencana analisis data e) Keterbaruan (novelty)

2) Bahan presentasi (PPT) dibuat dengan jumlah maksimum 25 slide dengan alokasi waktu presentasi 10-15 menit.

  1. Peserta yang lulus Uian Tahap 1 akan diumumkan melalui www.fkm.ui.ac.id dengan perkiraan waktu pengumuman 7 hari setelah Ujian Tahap 1. Mohon setiap peserta dapat memantau web tersebut.

  2. Peserta yang lulus Ujian Tahap 1 akan diundang untuk mengikuti briefing daring dengan menggunakan aplikasi Zoom.

  3. Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat UI membuka 2 kelas yaitu Kelas Regular dan Kelas Riset. Peserta yang lulus dalam tahap 1 dapat mengajukan pemilihan kelas dalam form yang akan disediakan pada www.fkm.ui.ac.id saat pengumuman kelulusan Ujian Tahap 1. Bagi peserta yang memilih Kelas Riset harus melampirkan persyaratan tambahan (dilampirkan berbarengan dengan Extended Abstract dan PPT) yaitu: a. Mempunyai pengalaman melaksanakan penelitian dan menjadi peneliti utama. Bukti berupa scan cover abstrak/ringkasan. b. Pernah mempublikasikan penelitiannya pada jurnal ilmiah minimal 1 sebagai penulis utama. Bukti berupa link ke jurnal ilmiah.
Ilmu Komputer
Ilmu Komputer

Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar ke program DIK:

  1. Memiliki ijazah Magister (S2) pada latar belakang sebidang (ilmu komputer/informatika, sistem informasi, teknik komputer) atau yang terkait dengan topik riset yang diusulkan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 (pada skala 4.00).

  2. Calon mahasiswa sudah harus mendapatkan pernyataan tertulis kesediaan calon pembimbing (gunakan template terlampir) dari seorang dosen tetap Fasilkom UI yang telah bergelar Doktor (S3). Dalam rangka memberikan persetujuan ini, dosen yang bersangkutan dapat saja memberikan tugas mandiri untuk menguji kesesuaian dan kelayakan potensi riset calon mahasiswa, misalnya membuat rangkuman paper ilmiah, atau mempresentasikan suatu topik tertentu. Calon mahasiswa perlu menghubungi calon pembimbing jauh-jauh hari sebelum batas pendaftaran. Daftar dosen yang dapat membimbing mahasiswa DIK dapat dilihat melalui https://cs.ui.ac.id/doktor-ilmu-komputer/daftar-dosen-pembimbing-program-doktor-s3/ Informasi mengenai lab riset di Fasilkom UI dapat dilihat di Menu Penelitian pada: https://cs.ui.ac.id/laboratorium-pusat-penelitian/

  3. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Kampus Fasilkom UI, Depok. Perkuliahan dilaksanakan pada pagi/siang hari.

Tanggal Penting: Penerimaan UI 2021/2022 Gelombang 2

Ujian tertulis Dasar Bidang Ilmu Komputasi: 10 Juli 2021

Mengirim berkas tambahan dan sudah diserahkan pada saat ujian bidang dalam bentuk softcopy (via email ke sekreakademik@cs.ui.ac.id).

Ujian wawancara & presentasi rencana riset (calon akan dihubungi oleh tim sekretariat Fasilkom UI): 19 - 30 Juli 2021

Informasi lebih rinci dan terkini dapat dilihat pada: https://cs.ui.ac.id/doktor-ilmu-komputer/

Ilmu Keperawatan
Ilmu Keperawatan

Persyaratan Akademik:

  1. Memiliki ijazah Ners spesialis/Magister Keperawatan peminatan Kepemimpinan dan manajemen/ Master of Nursing/MSc in Nursing/ Master of Art in Nursing dari perguruan tinggi yang terakreditasi atau setara (ijazah asli diupload) ;
  2. Memiliki ijazah Magister Kesehatan/S2 Kesehatan dan memiliki latar belakang Ners dari perguruan tinggi yang terakreditasi, tetapi wajib mengikuti matrikulasi selama 2 (dua) semester sebelum mengikuti program pendidikan doktor;
  3. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3 (dari skala 4.00);

Persyaratan Administrasi:

  1. Mendaftar secara online;
  2. Mengunggah dokumen persyaratan akademik nomor 1 sampai dengan 3; apabila tidak mengunggah dokumen tersebut dianggap tidak memenuhi persyaratan administrasi;
  3. Mengunggah bukti akreditasi perguruan tinggi terkait persyaratan akademik nomor 1 dan 2;
  4. Menyerahkan rencana riset yang akan dilakukan dengan mengikuti format pra-proposal doktor keperawatan UI (pedoman dapat dilihat pada web : nursing.ui.ac.id );
  5. Mengisi rekam jejak, dengan mengisi formulir dengan mengunjungi web nursing.ui.ac.id , di bagian paling atas ada menu bernama Pendaftaran - S3 Rekam Jejak atau dengan link : http://tiny.cc/FormS3-RekamJejak
  6. Mengikuti ujian tulis yang diselenggarakan oleh Universitas;
  7. Mengikuti ujian pra-proposal penelitian.

    Waktu dan Tempat Perkuliahan

Tempat : Kampus UI Depok Waktu : 5 hari/minggu; jam antara 08:00 sampai dengan jam 18:00 untuk semester 1 seterusnya disesuaikan dengan sks mata kuliah

Tanggal-Tanggal Penting:

  1. Pendaftaran : 7 Juni -- 9 Juli 2021
  2. Penyerahan praproposal ke fakultas : 9 Juli 2021 *) (sudah diterima Panitia melalui email: academic-nursing@ui.ac.id)
  3. Pengisian rekam jejak : 7 Juni -- 9 Juli 2021
  4. Ujian tulis : 11 Juli 2021
  5. Ujian Pra-proposal (online/daring) : 23 Juli 2021

*) Pra-proposal Penelitian dikirim ke : Email : academic-nursing@ui.ac.id

Pascasarjana
Kajian Ilmu Lingkungan

Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)

Ujian Seleksi Tahap II
Materi : Wawancara & Presentasi Pra Proposal Tempat : R-603 & 602 Lt. IV Gd C Jl. Salemba Raya 4 Jakarta 10430

Pra Proposal 15-25 halaman (termasuk CV pada halaman terakhir) sebanyak 4 eksemplar Dikirimkan kepada Sekretaris Program Studi : Dr. Hayati Sari Hasibuan

Sekretariat PSIL Gd C Lt. V-VI Jl. Salemba Raya 4 Jakarta 10430

Tanggal Ujian Pra Proposal mohon konfirmasi melalui telp. ke Sekretariat PSIL 021 3145563, 3193 0251

Ilmu Administrasi
Ilmu Administrasi

Persyaratan calon mahasiswa baru Program Doktor Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi adalah:

  1. Penyandang gelar S2 berbagai disiplin ilmu dari Perguruan Tinggi Terakreditasi minimal B dan Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
  2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang diperoleh dijenjang pendidikan sebelumnya minimum 3.00 (dalam rentang 0.00 - 4.00)
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas Indonesia, yaitu mendaftar secara online dan melengkapi berkas pendaftaran melalui http://penerimaan.ai.ac.id dan kemudian dinyatakan lulus ujian saringan TPA dan Bahasa Inggris.
  4. Mengumpulkan proposal terkait rencana riset yang akan dilakukan sebanyak 15-20 halaman (7 rangkap) ke Sekretariat Program paling lambat dua hari sebelum Ujian TPA dan Bahasa Inggris.
  5. Bagi peserta yang dinyatakan lulus Ujian TPA dan Bahasa Inggris akan dihubungi lebih lanjut untuk tes wawancara.
  6. Jadwal wawancara akan dilaksanakan setelah ujian SIMAK UI dan dilaksanakan secara daring (jadwal tentative)

Kelas Program Doktor adalah Kelas Reguler

Lokasi perkuliahan Kampus UI Pegangsaan Timur Cikini (selama masa pandemi keseluruhan perkuliahan akan dilakukan secara daring atau blended). Waktu Perkuliahan: Kamis - Jumat Pukul 13.00-18.00 WIB

Informasi lebih lanjut Doktor Ilmu Administrasi FIA UI dapat diunduh https://bit.ly/BROSURFIA atau melalui email: pascaadm@ui.ac.id dengan cc ke: humasfia@ui.ac.id atau melalui Whatsapp (Jam Kerja 09.00-15.00): 0812-8012-0644