Jalur Penerimaan
SIMAK
Semester 2 Tahun Ajaran 2024/2025
-
S2 30 September 2024 - 27 Oktober 2024
-
Profesi 30 September 2024 - 27 Oktober 2024
-
Spesialis 30 September 2024 - 27 Oktober 2024
-
Spesialis 2 30 September 2024 - 27 Oktober 2024
-
S3 30 September 2024 - 27 Oktober 2024
Persyaratan Pendaftaran Program Studi — S2 Jalur SIMAK Periode 2014/2015 Semester 2
S2
Program Studi | Persyaratan |
---|---|
Kedokteran | |
Ilmu Biomedik | Persyaratan penerimaan peserta didik Program Studi Magister Ilmu Biomedik FKUI:
|
Kedokteran Kerja | Persyaratan penerimaan peserta didik Program Studi Magister Kedokteran Kerja FKUI:
|
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam | |
Biologi | Fakultas MIPA:
Prodi: Lulusan Sarjana Biologi, Pertanian, Perikanan, Peternakan, Bioteknologi, Kehutanan, sarjana bidang yang relevan dengan Biologi dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud. |
Geografi | Fakultas MIPA:
Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Geografi dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud. |
Ilmu Bahan-bahan | Fakultas MIPA:
Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Bahan dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.
Informasi lebih lanjut : Website : http://physics.ui.ac.id, Jl. Salemba Raya No.4 Jakarta 10430 Telp. 021-3907694 Email : ilmumaterial@sci.ui.ac.id Departemen Fisika, Kampus Universitas Indonesia, Depok 16424 Telp. 021- 7872609-10,7270160, Fax: 7863441, 78849007 |
Ilmu Kelautan | Fakultas MIPA:
Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan Sains ilmu Kelautan fisik , Sains ilmu kelautan hayati, dan Pengelolaan sumberdaya dan Perikanan, yang diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud. Lulusan Sarjana Terapan (D4) yang relevan dengan bidang terkait Sains ilmu Kelautan fisik , Sains ilmu kelautan hayati, dan Pengelolaan sumberdaya dan Perikanan. Informasi lebih lanjut: Dapat menghubungi, humas@sci.ui.ac.id HP : 085811783713, 08174861575 |
Ilmu Kimia | Fakultas MIPA:
Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Kimia dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud. |
Hukum | |
Kenotariatan |
|
Ekonomi dan Bisnis | |
Ilmu Akuntansi |
|
Ilmu Manajemen |
Syarat Program S2 Double Degree The University of Melbourne Dapat memilih kelas Manajemen Strategi (link info lengkap https://s.id/ppimfebui) |
Magister Akuntansi | 1.Latar belakang pendidikan: a.Calon mahasiswa MAKSI merupakan lulusan S-1 atau D-IV dengan IPK yang memuaskan. b.S-1 semua jurusan. Ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. c. Memiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun bagi calon mahasiswa MAKSI atau double program MAKSI-PPAk. kelas Khusus/Malam 2.Mengisi formulir dan mengikuti tahapan pendaftaran mahasiswa baru Universitas Indonesia melalui laman http://penerimaan.ui.ac.id. 3.Mengikuti Ujian Saringan Masuk yang diselenggarakan bersama di tingkat Universitas Indonesia (SIMAK UI). 4.Mengikuti wawancara dengan Psikolog dan Program Studi bagi calon mahasiswa MAKSI atau double program MAKSI-PPAk yang memenuhi kualifikasi. Calon mahasiswa double program MAKSI-PPAk harus mendaftar di S2 MAKSI dan Profesi PPAk sekaligus. Untuk informasi lebih lanjut: Program Studi MAKSI-PPAk. FEB UI Gedung Prof. Dr. M. Sadli Jl. Salemba Raya No. 4, Kampus UI Salemba Jakarta 10430 Telpon : +62 21 31907848 Faksimili : +62 21 3900703 Mobile Phone : 0813 1880 7339/0813 1979 8223 E-mail : maksi-ppak@ui.ac.id Website : http://www.maksi-ppak.feb.ui.ac.id. |
Magister Manajemen | 1.S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional). 2.Wajib memiliki pengalaman kerja full time min.3 tahun (berlaku untuk semua program, Kelas Reguler/Pagi atau Kelas Khusus/Malam) *full time dalam artian : jika perkuliahan S1 ditempuh di kelas full time/kelas reguler, maka JIKA ADA pengalaman kerja selama menempuh S1 akan kami anggap part time. Namun jika perkuliahan selama S1 ditempuh di kelas karyawan/kelas part time, maka JIKA ADA pengalaman kerja selama S1 bisa kami anggap full time. 3.Khusus untuk Program Manajemen Bisnis Internasional (Double Degree MM-MSc.BA), Persyaratan dokumen yang harus disiapkan pada saat wawancara (seluruhnya disiapkan dalam bahasa Inggris):
(Paket levelling courses ini akan dikenakan biaya sebesar kurang lebih 200USD yang akan dibebankan ke calon mahasiswa, di luar tuition fee MM FEB UI pada saat sudah diterima menjadi mahasiswa) KHUSUS Peregrin Course, akan dijelaskan lebih lanjut pada saat interview jadi jangan khawatir jika belum tersedia.
|
Magister Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan |
|
Ilmu Pengetahuan Budaya | |
Filsafat |
|
Ilmu Linguistik |
5 Calon mahasiswa menyerahkan CV (Nama, Tempat/tanggal lahir, alamat, no. telp, Email, riwayat pendidikan, pelatihan, pengalaman kerja, pengalaman penelitian, dan publikasi ilmiah. Tautan untuk format templat CV dan proposal penelitian: https://drive.google.com/drive/folders/11S_NDP3HCRorbwqKeSITGp37Z2GSApyN ?usp=share_link
|
Psikologi | |
Psikologi | Persyaratan Pendaftar
Berkas Pendaftaran Seleksi Tahap 2
Infomasi Penting
|
Psikologi Terapan | Persyaratan Umum Program Studi Psikologi Terapan Program Magister:
Informasi Lokasi dan Waktu Perkuliahan:
Syarat Administrasi untuk Seleksi Program Studi Psikologi Terapan Program Magister (Tahap 2: Wawancara) Persyaratan kekhususan Program Studi untuk Seleksi Tahap 2 (Wawancara):
Program Pembekalan (selama Juli-Agustus 2025)
|
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | |
Antropologi |
Lokasi perkuliahan Kampus UI Depok Informasi seputar program studi silakan hubungi Sekretariat Pascasarjana Antropologi di 021 78849022 |
Ilmu Kesejahteraan Sosial | Persyaratan
|
Ilmu Politik |
|
Ilmu Komputer | |
Ilmu Komputer | Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar program MIK:
a. Surat rekomendasi dari pembimbing akademik/pembimbing tugas akhir pada program Sarjana atau supervisor di institusi tempat bekerja saat ini (minimum satu surat rekomendasi); b. Statement of Purpose yang berisi latar belakang mengambil program MIK Fasilkom UI; c. Surat Komitmen mengikuti program MIK secara full time. Ketiga Dokumen ini diunggah bersama scan legalizir ijazah melalui menu unggah dokumen ijazah. Kelalaian dalam mengunggah salah satu dari dokumen-dokumen di atas berdampak calon didiskualifikasi dalam proses penerimaan program studi MIK Fasilkom UI. Informasi Lab Riset, Pusat Penelitian, dan Kegiatan Perkuliahan Informasi mengenai lab riset dan pusat penelitian di Fasilkom UI dapat dilihat di Menu Penelitian pada: https://cs.ui.ac.id/laboratorium-pusat-penelitian/ Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Kampus Fasilkom UI, Depok. Perkuliahan dilaksanakan pada pagi/siang hari. Untuk track peminatan tertentu, beberapa mata kuliah pilihan dapat diselenggarakan pada malam hari di Kampus UI Salemba. Informasi lebih lengkap mengenai program MIK dapat diakses di: https://cs.ui.ac.id/magister-ilmu-komputer/ |
Teknologi Informasi | Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar program MTI:
Informasi lebih lengkap mengenai program MTI dapat diakses di: https://mti.cs.ui.ac.id |
Ilmu Keperawatan | |
Ilmu Keperawatan | Bagi lulusan Ners yang akan melanjutkan ke Program Pendidikan Magister. Calon mahasiswa dapat memilih peminatan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, Keperawatan Komunitas, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Anak, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Onkologi, atau Keperawatan Gerontik (di isian rekam jejak). Selain peminatan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, program magister lain merupakan satu kesatuan dengan program pendidikan Ners Spesialis Keperawatan sesuai peminatan.Persyaratan Akademik:
Persyaratan Administrasi:
Tempat dan Waktu PerkuliahanTempat : Kampus UI Depok Waktu : 5 hari/minggu; jam antara 08:00 sampai dengan jam 18:00 Tanggal-Tanggal Penting:Pendaftaran : 16 Mei sampai 13 Juni 2024 Infomasi lebih lanjut hubungi: academic-nursing@ui.ac.id |
Pascasarjana | |
Kajian Gender |
|
Kajian Ilmu Kepolisian |
|
Kajian Ilmu Lingkungan |
|
Kajian Kependudukan & Ketenagaan Kerja |
|
Kajian Ketahanan Nasional |
|
Kajian Pengembangan Perkotaan |
|
Kajian Wilayah Amerika |
|
Kajian Wilayah Eropa |
|
Kajian Wilayah Jepang |
|
Kajian Wilayah Timur Tengah Islam |
|
Teknologi Biomedis |
|
Farmasi | |
Farmasi | PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KEFARMASIAN : Jalur Kuliah dan Riset
Jalur Riset Tambahan persyaratan untuk jalur riset:
|
Herbal | PROGRAM STUDI MAGISTER HERBAL : Jalur Kuliah dan Riset
S2 Herbal: Jalur Riset Tambahan persyaratan untuk jalur riset:
|
Ilmu Administrasi | |
Ilmu Administrasi | Persyaratan calon mahasiswa baru Program Magister Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi adalah:
Kelas Reguler Program Magister Ilmu Administrasi terdiri 8 Peminatan, yaitu
Kelas Khusus merupakan Kelas Double Degree yang terdiri dari 2 peminatan, yaitu:
Calon mahasiswa wajib memperhatikan kelas yang diambil pada saat mendaftar, tidak diperkenankan pindah kelas dan peminatan pada saat sudah diterima. Program Magister Ilmu Administrasi menggunakan Kurikulum Pembelajaran Berbasis Riset (PBR) Waktu dan lokasi perkuliahan Program Magister Ilmu Administrasi Kelas Reguler dan Kelas Khusus Double Degree secara umum sama, yaitu Hari Senin-Jumat, Pukul 18.30-21.00 WIB yang dilaksanakan di Kampus UI Pegangsaan Timur Cikini (perkuliahan dilaksanakan secara hybrid). Informasi lebih lanjut Program Magister Ilmu Administrasi FIA UI dapat diunduh https://bit.ly/bookletfiaui atau melalui email: pascaadm@ui.ac.id dengan cc ke: humasfia@ui.ac.id atau melalui Whatsapp ke Sekretariat Program Pascasarjana FIA UI (0859-2815-5774) pada hari dan Jam Kerja (11.00-19.00 WIB). |