1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Informasi Beasiswa
  4. International Students Admission
Kamis, 21 November 2024 19.29 WIB (WIB)

Persyaratan Pendaftaran Program Studi — S2 Jalur SIMAK Periode 2014/2015 Semester 2

S2

Program Studi Persyaratan
Kedokteran
Ilmu Biomedik

Persyaratan penerimaan peserta didik Program Studi Magister Ilmu Biomedik FKUI:

  1. Semua peminatan dibuka untuk peserta yang memilih kelas REGULER: 1) Anatomi 2) Biokimia 3) Biologi 4) Farmakologi 5) Fisiologi
    6) Histologi 7) Imunologi 8) Mikrobiologi 9) Parasitologi 10) Patobiologi 11) Sains Reproduksi 12) Sains Transfusi 13) Onkologi 14) Bioinformatika 15) Sel Punca 16) Bahan Alam medik

  2. Peserta yang memilih jalur RISET, tidak dapat memilih peminatan.

  3. Kelas KHUSUS dibuka dengan syarat peserta yang diterima minimal 6 peserta per angkatan, peminatan pada kelas KHUSUS dibuka dengan syarat lebih dari 3 peserta per peminatan.

  4. Persyaratan :
    • Sarjana S1 dari Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri yang ijazahnya diakui oleh Universitas, dengan latar belakang ilmu-ilmu hayati (Biologi, Fisika, Kimia) yang IPK nya mencapai atau di atas 3,00.
    • Khusus untuk lulusan Diploma 4 (D4): telah mendapat penyetaraan atau bersedia mengikuti kegiatan matrikulasi selama 1-2 semester.
    • Khusus untuk Warga Negara Asing: Harus mendapat izin tinggal untuk belajar dan menunjukkan keterangan dari Program BIPA Universitas Indonesia yang menyatakan bahwa peserta memiliki penguasaan Bahasa Indonesia yang baik.
    • Khusus pendaftar jalur riset: 1) Memiliki pengalaman riset dalam bidang ilmu Biomedik 2) Memiliki pengalaman publikasi minimal dalam jurnal nasional terakreditasi Sinta 3) Telah memiliki pra-proposal riset yang disetujui oleh calon pembimbing *Dokumen pendukung nomor 1 s/d 3 dikirim ke email PMIB: ps.biomed2@gmail.com
  5. Waktu perkuliahan:
    • Kelas Reguler: Waktu kuliah Senin s/d Jumat pukul: 08.00-16.00 WIB
    • Kelas Khusus: Waktu kuliah Senin s/d Jumat pukul: 16.00-20.00 WIB & Sabtu pukul 08.00-12.00 WIB. ???
  6. Informasi lokasi kuliah:
    • Kampus FKUI, Salemba, Jakarta Pusat
  7. Bagi pendaftar jalur kuliah kelas regular dan khusus akan diadakan ujian prodi: Ujian tertulis dan wawancara setelah ujian SIMAK.
  8. Bagi pendaftar jalur riset akan diadakan ujian prodi: Wawancara dan presentasi pra-proposal setelah ujian SIMAK.
  9. Informasi jadwal ujian prodi akan dikirim melalui email peserta. Ujian prodi dilaksanakan setelah ujian SIMAK UI berlangsung (jadwal tentative).
  10. Informasi lebih lanjut perihal ujian prodi: Sekretariat PMIB FKUI (Lt. 11 Gedung IMERI FKUI Tower B ??? Edukasi) dan website PMIB FKUI (biomedicine.ui.ac.id) Telp.021-31900908 atau email: ps.biomed2@gmail.com
  11. Upload surat pernyataan tidak akan tunda kuliah apabila diterima (Lampiran I)
  12. Upload sertifikat TOELF/IELTS
  13. Upload surat pernyataan izin belajar/ tugas belajar dari instansi bagi calon peserta yang sudah bekerja (format surat disesuaikan dengan kebijakan instansi peserta)
  14. Melampirkan hasil tes MMPI terbaru tahun 2024 dari lembaga/instansi terakreditasi. *Apabila terdapat kendala upload berkas pada web penerimaan maka peserta mengirim dokumen pendukung nomor 11 s/d 14 ke email PMIB: ps.biomed2@gmail.com
Kedokteran Kerja

Persyaratan penerimaan peserta didik Program Studi Magister Kedokteran Kerja FKUI:

  1. Jadwal Perkuliahan (Hybrid learning) : Kelas Reguler dan Khusus a. Jumat : 08.00 s.d 17.00 WIB b. Sabtu : 08.00 s.d 17.00 WIB
  2. Tempat Perkuliahan d/a Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI Gedung Laboratorium Mikrobiologi FKUI Jl. Pegangsaan Timur No. 16, Jakarta Pusat (Depan Stasiun Cikini ??? Jakarta Pusat)
  3. Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae di upload berbarengan dengan ijazah atau trankrip nilai)
  4. IPK Dokter > 3.00
  5. Dokter yang diakui oleh Pemerintah RI, melampirkan Surat Tanda Registrasi (STR)
  6. Ijazah & Transkrip Nilai Program Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter.
  7. Surat Rekomendasi dari Pimpinan tempat bekerja.
  8. Surat resmi keterangan sehat fisik dan mental dari dokter yang memiliki surat izin praktik (SIP)
  9. Surat keterangan lulus TOEFL minimal 500 (berlaku 2 tahun terakhir) a. Lulus tes masuk yang di selenggarakan oleh Universitas Indonesia, dengan nilai TPA > 500 dan b. Bahasa Inggris > 400
  10. Sertifikat Pelatihan Hiperkes
  11. Semua dokumen di upload bersamaan dengan Transkip atau Ijazah.
  12. Sebelum Pendaftaran terlebih dahulu menghubungi Sekretariat Program Studi mkk.fkui@gmail.com dan pjj.prodimkk@gmail.com
  13. Telp Sekretariat: 085771960039 / 083814179085.
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Biologi

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Biologi, Pertanian, Perikanan, Peternakan, Bioteknologi, Kehutanan, sarjana bidang yang relevan dengan Biologi dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Geografi

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Geografi dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Ilmu Bahan-bahan

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Bahan dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

  • Lulusan Program Sarjana Teknik dan MIPA yang relevan dengan Ilmu Material dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negeri yang memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan oleh Depdiknas.

Informasi lebih lanjut : Website : http://physics.ui.ac.id, Jl. Salemba Raya No.4 Jakarta 10430 Telp. 021-3907694 Email : ilmumaterial@sci.ui.ac.id Departemen Fisika, Kampus Universitas Indonesia, Depok 16424 Telp. 021- 7872609-10,7270160, Fax: 7863441, 78849007

Ilmu Kelautan

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan Sains ilmu Kelautan fisik , Sains ilmu kelautan hayati, dan Pengelolaan sumberdaya dan Perikanan, yang diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Lulusan Sarjana Terapan (D4) yang relevan dengan bidang terkait Sains ilmu Kelautan fisik , Sains ilmu kelautan hayati, dan Pengelolaan sumberdaya dan Perikanan.

Informasi lebih lanjut: Dapat menghubungi, humas@sci.ui.ac.id HP : 085811783713, 08174861575

Ilmu Kimia

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Kimia dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Hukum
Kenotariatan
  1. Lulusan Program Sarjana 1 (S1) SARJANA HUKUM dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri, atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan ijazah yang telah dilegalisir /disetarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
  2. Memiliki IPK yang diperoleh dalam Program Sarjana minimal 2.75 (dua koma tujuh lima) skala 4 (empat);
  3. Mengisi dan memenuhi persyaratan yang terdapat pada formulir pendaftaran;
  4. Menyerahkan 1 (satu) surat rekomendasi dari instansi tempat bekerja atau perguruan tinggi asal ke email: mkn.fhui@ui.ac.id. Surat rekomendasi sudah diterima paling lambat tanggal 11 November 2024. Template surat rekomendasi dapat diunduh dari fitur penerimaan mahasiswa baru pada laman https://law.ui.ac.id/v3/program-pasca-sarjana/
  5. Lulus Ujian TPA dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh UI;
  6. Lulus ujian seleksi untuk materi khusus terkait Hukum Dagang, Hukum Perdata, dan Hukum Agraria yang diselenggarakan oleh Program Magister Kenotariatan FHUI. Ujian seleksi materi khusus akan diadakan pada hari Sabtu, tanggal 9 November 2024 mulai pukul 09.00 s.d selesai. Ujian akan dilakukan secara online (dalam jaringan). Informasi terkait teknis pelaksanaan ujian akan disampaikan kepada peserta setelah penutupan periode pendaftaran. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui e-mail: mkn.fhui@ui.ac.id;
  7. Peserta yang telah dinyatakan lulus ujian saringan masuk Program Magister Kenotariatan tidak dapat pindah ke Program Magister Ilmu Hukum;
  8. Pendaftaran hanya dibuka untuk kelas perkuliahan di Kampus FHUI Depok, dengan waktu perkuliahan Senin s.d. Jum'at pukul 14.00 - 19.00 WIB, kecuali pada keadaan tertentu pada hari Sabtu.
Ekonomi dan Bisnis
Ilmu Akuntansi
  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional).
  2. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  3. Mengikuti seleksi wawancara dari Program Studi.
  4. Menyerahkan Berkas yang diserahkan pada saat Wawancara, yaitu :
    • membuat CV Terbaru,
    • fotocopy Ijazah/SKL, Transkrip Nilai,
    • bukti pendaftaran,
    • kartu ujian SIMAK UI,
    • bukti Penerimaan lulus ujian SIMAK UI *Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 08111666580
Ilmu Manajemen
  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional).
  2. Lulus Ujian SIMAK UI
  3. Mengikuti Ujian Wawancara yang dilaksanakan oleh Program Studi
  4. Diutamakan untuk kelas Khusus/Malam adalah calon mahasiswa yang telah memiliki pengalaman bekerja minimum 1 tahun.
  5. Membuat CV Terbaru yang diserahkan pada saat wawancara.
  6. Waktu Perkuliahan: Kelas Pagi : Kegiatan perkuliahan dilakukan di hari Senin-Jumat (Pagi-Sore) Kelas Malam : Kegiatan perkuliahan dilakukan di hari Kamis, Jumat (Malam) dan Sabtu (Pagi-Sore)
  7. Informasi lebih lanjut hub.Program Studi +62 813-8466-0299 (wa only)/gsm.feb@ui.ac.id, Brosur : https://s.id/ppimfebui , Website : ppim.feb.ui.ac.id, IG: @ppimfebui

Syarat Program S2 Double Degree The University of Melbourne Dapat memilih kelas Manajemen Strategi (link info lengkap https://s.id/ppimfebui)

Magister Akuntansi

1.Latar belakang pendidikan: a.Calon mahasiswa MAKSI merupakan lulusan S-1 atau D-IV dengan IPK yang memuaskan. b.S-1 semua jurusan. Ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. c. Memiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun bagi calon mahasiswa MAKSI atau double program MAKSI-PPAk. kelas Khusus/Malam

2.Mengisi formulir dan mengikuti tahapan pendaftaran mahasiswa baru Universitas Indonesia melalui laman http://penerimaan.ui.ac.id.

3.Mengikuti Ujian Saringan Masuk yang diselenggarakan bersama di tingkat Universitas Indonesia (SIMAK UI).

4.Mengikuti wawancara dengan Psikolog dan Program Studi bagi calon mahasiswa MAKSI atau double program MAKSI-PPAk yang memenuhi kualifikasi.

Calon mahasiswa double program MAKSI-PPAk harus mendaftar di S2 MAKSI dan Profesi PPAk sekaligus.

Untuk informasi lebih lanjut: Program Studi MAKSI-PPAk. FEB UI Gedung Prof. Dr. M. Sadli Jl. Salemba Raya No. 4, Kampus UI Salemba Jakarta 10430 Telpon : +62 21 31907848 Faksimili : +62 21 3900703 Mobile Phone : 0813 1880 7339/0813 1979 8223 E-mail : maksi-ppak@ui.ac.id Website : http://www.maksi-ppak.feb.ui.ac.id.

Magister Manajemen

1.S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional).

2.Wajib memiliki pengalaman kerja full time min.3 tahun (berlaku untuk semua program, Kelas Reguler/Pagi atau Kelas Khusus/Malam) *full time dalam artian : jika perkuliahan S1 ditempuh di kelas full time/kelas reguler, maka JIKA ADA pengalaman kerja selama menempuh S1 akan kami anggap part time. Namun jika perkuliahan selama S1 ditempuh di kelas karyawan/kelas part time, maka JIKA ADA pengalaman kerja selama S1 bisa kami anggap full time.

3.Khusus untuk Program Manajemen Bisnis Internasional (Double Degree MM-MSc.BA), Persyaratan dokumen yang harus disiapkan pada saat wawancara (seluruhnya disiapkan dalam bahasa Inggris):

  • Ijazah dan Transkrip (dalam Bahasa Inggris dan terlegalisasi)
  • Fotocopy Paspor yang masih berlaku
  • CV
  • 2 buah Surat Rekomendasi (sertakan penjabaran alasan merekomendasikan, mencantumkan nama, jabatan, kontak yang dapat dihubungi hp atau email)
  • Essai tentang motivasi, ketentuan sbb : MOTIVATION - CAREER - PERSONALITY
  • Sertifikat English Profiency Test score min. 88 (TOEFL IBT) / 230 (TOEFL CBT) / 570 (TOEFL PBT) / 570 (institutional TOEFL) / 6.5 (IELTS) / 720 (TOEIC) (masa berlaku sesuai dengan yang tertera di sertifikat),
  • GMAT min. score 600 / GRE Score yang setara (Jika belum mempunyai nilai GMAT/GRE maka WAJIB mengambil Levelling Courses dari Peregrine Academic Services dengan judul courses : Quantitative Research Techniques & Statistics; Micro-economics; Business Finance; Accounting

(Paket levelling courses ini akan dikenakan biaya sebesar kurang lebih 200USD yang akan dibebankan ke calon mahasiswa, di luar tuition fee MM FEB UI pada saat sudah diterima menjadi mahasiswa)

KHUSUS Peregrin Course, akan dijelaskan lebih lanjut pada saat interview jadi jangan khawatir jika belum tersedia.

  1. Perkuliahan berlokasi di Salemba, dengan waktu perkuliahan: Kelas reguler : Senin-Kamis 09.00-11.30 & 13.00-15.30 WIB Kelas Khusus : Senin - Kamis 19.00-21.30 WIB

  2. Informasi tanggal atau syarat administrasi seperti wawancara dan dokumen kelengkapan wawancara yang merupakan bagian dari tahapan seleksi akan diinfokan melalui email yang didaftarkan di akun penerimaan.ui.ac.id (mohon sertakan email yang masih aktif pada saat mendaftar). Dokumen yang harus disiapkan pada saat wawancara :

    • Ijazah dan Transkrip ASLI
    • CV
    • 2 buah Surat Rekomendasi (sertakan penjabaran alasan merekomendasikan, mencantumkan nama, jabatan, kontak yang dapat dihubungi hp atau email)
    • Essai tentang motivasi
    • Perbaikan Bhs Inggris (KHUSUS jika yang nilai SIMAK Bhs Inggris masih dibawah 500) - utk yang mengambil kelas berbahasa Indonesia diperbolehkan menyiapkan prediction test.
  3. Terdapat seleksi wawancara yang akan diinformasikan maksimal 2 minggu setelah ujian SIMAK berlangsung (kami menyarankan untuk selalu mengecek email).

  4. Informasi lebih lanjut hub.Program Studi MM FEB UI di 0818 0826 8318 (WA) atau email: admisi.mmfebui@ui.ac.id, atau kunjungi website kami di : www.mm.feb.ui.ac.id
Magister Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan
  1. Dahulu bernama Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik (MPKP);
  2. Syarat pendaftar : Sarjana S1 semua jurusan dari: a. perguruan tinggi negeri, b. perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi di luar negeri yang telah diakreditasi oleh Kemendiknas RI atau c. perguruan tinggi di luar negeri yang ijazahnya telah dilegalisasi oleh Kemendiknas RI;
  3. Memenuhi persyaratan Universitas (lulusan S-1; lulus seleksi masuk UI: seleksi dokumen, tes potensi akademik, tes bahasa Inggris, IPK minimal 3.00);
  4. Tidak ada wawancara;
  5. Bagi calon mahasiswa yang telah diterima MPKP mengadakan kelas Pembekalan selama sebulan sebelum perkuliahan terutama untuk calon mahasiswa dengan latar belakang non-Ekonomi (materi: Mikroekonomi, Makroekonomi dan Analisis Kuantitatif);
  6. Lokasi Perkuliahan di Kampus UI Salemba, Jakarta Pusat Waktu Perkuliahan: Kelas Reguler: kegiatan perkuliahan dilakukan di hari kerja (Senin-Jumat) jam pagi-siang ; Kelas Khusus: kegiatan perkuliahan dilakukan di hari kerja (Senin-Jumat) mulai jam 19.00 WIB *Hari Sabtu untuk kelas pengganti atau asistensi;
  7. Informasi lebih lanjut hubungi Program Studi MPKP melalui wa: 082110815115 email: master.econ.feb@ui.ac.id, ig: mpkpfebui.
Ilmu Pengetahuan Budaya
Filsafat
  1. Berijazah Sarjana dari: a/ perguruan tinggi negeri, b/ perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi di luar negeri yang telah diakreditasi oleh Kemendiknas RI atau c/ perguruan tinggi di luar negeri yang ijazahnya telah dilegalisasi oleh Kemendiknas RI;

  2. Memenuhi persyaratan Universitas (lulusan S-1; mendaftar secara online; lulus seleksi masuk: seleksi dokumen, tes potensi akademik, tes bahasa Inggris, IPK minimal 3.00);

  3. Menyerahkan satu sampel karya tulis di bidang yang relevan, sepanjang antara 3000 - 5000 kata kepada Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Filsafat, melalui email ke: prodimagisterilmufilsafat.fibui@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM hari pelaksanaan ujian masuk;

  4. Mengikuti proses wawancara bagi yang memilih Jalur Riset;

  5. Calon mahasiswa wajib lulus program matrikulasi yang diambil sebelum menempuh Program Reguler jika dinilai perlu oleh Program Studi.
Ilmu Linguistik
  1. Berijazah Sarjana dari: a/ perguruan tinggi negeri, b/ perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi di luar negeri yang telah diakreditasi oleh Kemendiknas RI atau c/ perguruan tinggi di luar negeri yang ijazahnya telah dilegalisasi oleh Kemendiknas RI;

  2. Memenuhi persyaratan Universitas (lulusan S-1; mendaftar secara online; lulus seleksi masuk: seleksi dokumen, tes potensi akademik, tes bahasa Inggris, IPK minimal 3.00);

  3. Menyerahkan satu sampel karya tulis di bidang yang relevan, sepanjang antara 3000 - 5000 kata kepada Ketua Program Studi Pascasarjana Linguistik, melalui email ke: prodimagisterilmulinguistik.fibui@ui.ac.id , selambat-lambatnya dua hari SEBELUM hari pelaksanaan ujian masuk.

5 Calon mahasiswa menyerahkan CV (Nama, Tempat/tanggal lahir, alamat, no. telp, Email, riwayat pendidikan, pelatihan, pengalaman kerja, pengalaman penelitian, dan publikasi ilmiah. Tautan untuk format templat CV dan proposal penelitian: https://drive.google.com/drive/folders/11S_NDP3HCRorbwqKeSITGp37Z2GSApyN ?usp=share_link

  1. Calon mahasiswa wajib lulus program matrikulasi yang diambil sebelum menempuh Program Reguler jika dinilai perlu oleh Program Studi.
Psikologi
Psikologi

Persyaratan Pendaftar

  1. Pendaftar adalah Sarjana Psikologi maupun Sarjana Non Psikologi dengan IPK minimal 3.00 (tiga koma nol nol) dalam rentang 0-4. Bagi Sarjana Non Psikologi wajib mengikuti pembekalan setelah dinyatakan lolos seleksi.
  2. Berasal dari Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi dengan nilai minimal B.
  3. Ijazah dari Perguruan Tinggi Swasta harus dengan ijazah yang telah disetarakan oleh Kopertis. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).
  4. Bagi Calon peserta Warga Negara Asing (WNA) harus memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang memadai untuk mengikuti program Pascasarjana serta mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kemampuan Bahasa Indonesia dinyatakan dengan menyerahkan sertifikat kursus Bahasa Indonesia.
  5. Bersedia mengikuti kegiatan akademik penuh waktu di hari kerja. Bagi pendaftar yang telah bekerja wajib memiliki Surat Tugas Belajar dari Instansi/Perusahaan harus dikirim bersama dengan ijazah.

Berkas Pendaftaran Seleksi Tahap 2

  1. Scan Ijazah asli
  2. Scan Transkrip asli
  3. 1 (satu) buah surat rekomendasi dari pembimbing skripsi/pembimbing akademik (bila pembimbing skripsi/pembimbing akademik sudah tidak aktif, dapat digantikan dengan dosen yang mengenal baik pendaftar) (format bebas)
  4. 1 (satu) buah surat rekomendasi dari atasan bagi pendaftar yang pernah bekerja sesuai dengan peminatannya (format bebas)
  5. Curriculum Vitae (format bebas)
  6. Motivational Letter (format bebas) Catatan: ??? Seluruh berkas pendaftaran seleksi dikirim dalam format PDF dan digabung dalam zip/rar. ??? Zip/rar diberi nama dengan format (Nama Peserta_Simak 2024). ??? Peserta yang tidak mengirimkan berkas pendaftaran lengkap hingga batas akhir waktu pengiriman tidak dapat mengikuti seleksi tahap 2. Link Penting
  7. Link pengiriman berkas pendaftaran: prodimagister.psi@office.ui.ac.id
  8. Link pengumuman daftar nama peserta lolos seleksi tahap 1: psikologi.ui.ac.id
  9. Link pengumuman jadwal seleksi tahap 2: psikologi.ui.ac.id Tes Masuk
  10. Tes Tahap 1 : TPA dan Bahasa Inggris
  11. Tes Tahap 2 : Wawancara Tanggal Penting
  12. 3 November 2024 : Tes Tahap I (TPA & Bahasa Inggris)
  13. 13 November 2024 : Pengumuman daftar nama peserta lolos seleksi Tahap 1 (Pengumuman dapat diakses pada website psikologi.ui.ac.id)
  14. 16 November 2024 : Pengumpulan berkas pendaftaran (deadline pukul 16.00 WIB) (Berkas pendaftaran di kirim ke prodimagister.psi@office.ui.ac.id dengan subjek ???Berkas Pendaftaran SIMAK UI 2024_Nama???)
  15. 19 November 2024 : Pengumuman jadwal seleksi tahap 2 (Pengumuman dapat diakses pada website psikologi.ui.ac.id)
  16. 21-28 November 2024 : Seleksi Tahap 2 (wawancara)

  17. 5 Desember 2024 : Pengumuman hasil SIMAK (Pengumuman dapat diakses pada website penerimaan.ui.ac.id)

Infomasi Penting

  1. Tes Tahap 2 (wawancara dilakukan secara daring)
  2. Berkas pendaftaran (surat rekomendasi, curriculum vitae dan motivational letter) format bebas
  3. Berkas pendaftaran dikirim setelah peserta dinyatakan lolos seleksi tahap 1 SIMAK UI ke email prodimagister.psi@office.ui.ac.id.
  4. Pembekalan dilaksanakan selama bulan Juli-Agustus 2025
  5. Mahasiswa yang tidak lulus dalam mata kuliah pembekalan dapat mengulang pada pembekalan tahap berikutnya.
  6. Perkuliahan dilaksanakan di Kampus UI Depok
  7. Perkuliahan dimulai pada Semester Gasal 2025/2026
  8. Perkuliahan dilakukan secara luring (tatap muka)
  9. Waktu perkuliahan reguler (Senin s.d. Jumat, jam 08.00 s.d. 16.00 WIB)
  10. Pertanyaan seputar seleksi masuk dapat dikirimkan ke prodimagister.psi@office.ui.ac.id atau No HP 0857-1800-5838 (whatsapp only).
Psikologi Terapan

Persyaratan Umum Program Studi Psikologi Terapan Program Magister:

  1. Pendaftar adalah Sarjana Non Psikologi dan S1 Psikologi dengan IPK minimal 2,75.
  2. Pendaftar berasal dari Perguruan Tinggi dengan Akreditasi minimal B.
  3. Memiliki ijazah dari Perguruan Tinggi Swasta yang telah disetarakan oleh Kopertis. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kemendikbudristek.
  4. Pendaftar Warga Negara Asing (WNA) harus memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang memadai, dinyatakan dengan menyerahkan sertifikat kursus Bahasa Indonesia. Pendaftar juga mendapat izin belajar dari Kemendikbudristek.

Informasi Lokasi dan Waktu Perkuliahan:

  1. Perkuliahan secara blended (kombinasi daring dan luring) diselenggarakan di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Kampus UI, Depok.
  2. Waktu perkuliahan pada hari Jum???at (pkl. 14.00 s.d 21.00 WIB) dan Sabtu (pkl. 08.00 s.d 18.00 WIB). Tes Masuk
  3. Tes Tahap 1 : TPA dan Bahasa Inggris
  4. Tes Tahap 2 : Wawancara Tanggal Penting
  5. 3 November 2024 : Tes Tahap 1 (TPA dan Bahasa Inggris)
  6. 12 November 2024 : Pengumuman daftar nama peserta lolos seleksi tahap 1dapat dilihat melalui situs Fakultas Psikologi UI, yaitu https://psikologi.ui.ac.id.
  7. 18 November 2024 : Pengumpulan berkas (Protofolio, surat rekomendasi dll.) kirimmelalui email: prodi.psikologiterapan@ui.ac.id
  8. 25 November 2024 : Pengumuman jadwal Tes Tahap 2 (Wawancara) akan kami kirim melalui email para peserta.
  9. 26 dan 27 Nov. 2024 : Tes Tahap 2 (Wawancara)
  10. 5 Desember 2024 : Pengumuman hasil SIMAK melalui www.penerimaan.ui.ac.id

Syarat Administrasi untuk Seleksi Program Studi Psikologi Terapan Program Magister (Tahap 2: Wawancara) Persyaratan kekhususan Program Studi untuk Seleksi Tahap 2 (Wawancara):

  1. Melengkapi data diri pada link: https://bit.ly/SeleksiTerapanLK
  2. Menyerahkan Daftar Portofolio kegiatan terkait dengan peminatan yang dipilih selama 1 tahun terakhir.
  3. Menyerahkan 2 buah surat rekomendasi dari pembimbing skripsi dan pembimbing akademik (bila pembimbing skripsi/pembimbing akademik sudah tidak aktif bekerja, dapat digantikan oleh dosen yang mengenal baik pendaftar).
  4. Menyerahkan surat rekomendasi dari salah satu atasan bagi pendaftar yang pernah bekerja sesuai dengan peminatannya.
  5. Menulis Esai (maksimum 750 kata). Topik esai untuk setiap peminatan akan dikirimkan melalui email masing-masing pendaftar.
  6. Seluruh berkas tersebut dikirim melalui email ke prodi.psikologiterapan@ui.ac.id, paling lambat pada tanggal 18 November 2024 (dapat berubah sewaktu-waktu mengikuti kebijakan Fakultas Psikologi UI.).

Program Pembekalan (selama Juli-Agustus 2025)

  1. Pendaftar Sarjana Non Psikologi setelah dinyatakan lulus SIMAK UI wajib mengikuti program Pembekalan.
  2. Perkuliahan Pembekalan berlangsung pada hari kerja selama 6 minggu, pada bulan Juli- Agustus.
  3. Peserta harus lulus program Pembekalan minimal B agar dapat mengikuti perkuliahan di Prodi. Psikologi Terapan Program Magister.
  4. Pendaftar yang tidak lulus Pembekalan dapat mengulangnya pada semester berikutnya.
  5. Biaya Pembekalan terpisah dari uang kuliah, dan untuk informasi mengenai biaya pembekalan silahkan lihat di website psikologi.ui.ac.id. Pertanyaan seputar seleksi masuk dapat dikirimkan ke prodi.psikologiterapan@ui.ac.id
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Antropologi
  1. Melengkapi pendaftaran dan persyaratan online di http://penerimaan.ui.ac.id
  2. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)

Lokasi perkuliahan Kampus UI Depok

Informasi seputar program studi silakan hubungi Sekretariat Pascasarjana Antropologi di 021 78849022

Ilmu Kesejahteraan Sosial

Persyaratan

  1. Penyandang Gelar Sarjana berbagai disiplin ilmu (ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat penyetaraan dari DIKTI, Kementerian Pendidikan Nasional), Lulus D4 IPDN dan D4 STKS.
  2. Memenuhi persyaratan Universitas (Mendaftar secara online dan lulus ujian saringan). Informasi lebih lanjut langsung ke Program Studi Silahkan hubungi Sekretariat Program Ilmu Kesejahteraan Sosial di nomor telp. 021-7270176 atau 021.7270228, atau dengan Saudara Valent di nomor telp. 08129982624.
  3. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online : fotocopy ijazah S1/D4 dan fotocopy transkrip S1/D4 yang telah dilegalisir. Untuk lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri Ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh DIKTI - Kementerian Pendidikan Nasional.
  4. Perkuliahan dilakukan di Kampus UI Depok, dimulai dari jam 17.00 s/d 22.00 hari Senin s/d Jumat, dan hari Sabtu, dari jam 09.00 s/d 15.30.
Ilmu Politik
  1. Persyaratan

    1). Mendaftar secara online

    2). Mengunggah dokumen di akun pendaftaran online a. pas foto berwarna ukuran 4x6 b. fotocopy ijasah S1 yang telah dilegalisir c. fotocopy transrip S1 yang telah dilegalisir

    3). Mengirim dokumen ke Sekretariat Program Pascasarjana Ilmu Politik secara langsung atau melalui email paling lambat diterima pada hari terakhir pendaftaran
    a. daftar riwayat hidup b. surat rekomendasi dari institusi tempat beraktifitas (jika ada) c. dokumen MoU atau kerjasama institusi asal dengan Universitas Indonesia (jika ada)

    4). Mengikuti ujian TPA dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Panitia Penerimaan
    Mahasiswa Baru Universitas Indonesia

  2. Lokasi Perkuliahan : Kampus UI Depok

  3. Waktu Perkuliahan : Reguler: Siang sampai dengan Malam.

  4. Informasi lebih jelas dapat diperoleh melalui website : www.pascapolfisip.ui.ac.id atau menghubungi sekretariat di nomor telp. 021-78884648 fax. 021-7863102, email dengan alamat : pascapolitik.fisipui@ui.ac.id
Ilmu Komputer
Ilmu Komputer

Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar program MIK:

  1. Lulusan S-1 (Sarjana) dengan latar belakang keilmuan: Ilmu Komputer, Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro, Matematika, Fisika, atau ilmu komputasional lainnya.
  2. Nilai IPK minimal 3.0 pada skala 4.0
  3. Lulus Ujian Saringan di tingkat universitas (SIMAK UI).
  4. Calon menyertakan beberapa dokumen sebagai berikut:

a. Surat rekomendasi dari pembimbing akademik/pembimbing tugas akhir pada program Sarjana atau supervisor di institusi tempat bekerja saat ini (minimum satu surat rekomendasi); b. Statement of Purpose yang berisi latar belakang mengambil program MIK Fasilkom UI; c. Surat Komitmen mengikuti program MIK secara full time.

Ketiga Dokumen ini diunggah bersama scan legalizir ijazah melalui menu unggah dokumen ijazah. Kelalaian dalam mengunggah salah satu dari dokumen-dokumen di atas berdampak calon didiskualifikasi dalam proses penerimaan program studi MIK Fasilkom UI.

Informasi Lab Riset, Pusat Penelitian, dan Kegiatan Perkuliahan

Informasi mengenai lab riset dan pusat penelitian di Fasilkom UI dapat dilihat di Menu Penelitian pada: https://cs.ui.ac.id/laboratorium-pusat-penelitian/

Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Kampus Fasilkom UI, Depok. Perkuliahan dilaksanakan pada pagi/siang hari. Untuk track peminatan tertentu, beberapa mata kuliah pilihan dapat diselenggarakan pada malam hari di Kampus UI Salemba.

Informasi lebih lengkap mengenai program MIK dapat diakses di: https://cs.ui.ac.id/magister-ilmu-komputer/

Teknologi Informasi

Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar program MTI:

  1. Lulusan S-1 (Sarjana) dengan latar belakang keilmuan: Ilmu Komputer, Informatika, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro, Matematika, Fisika; atau bidang keilmuan selain tersebut di atas dengan pengalaman kerja di bidang Teknologi Informasi.
  2. Nilai IPK minimal 3.0 pada skala 4.0.
  3. Peserta dengan latar belakang pendidikan non TI dapat mendaftar dengan menunjukkan pengalaman kerja di bidang TI minimal 2 tahun terakhir. Bukti pengalaman kerja berupa surat keterangan kerja di bidang teknologi informasi atau sistem informasi, CV dan surat rekomendasi atasan langsung dijadikan 1 file pdf dgn scan legalisir ijazah, untuk diunggah melalui menu unggah dokumen ijazah.
  4. Lulus Ujian Saringan di tingkat universitas (SIMAK UI)
  5. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Kampus MTI-UI Salemba. Perkuliahan dilaksanakan malam hari (kelas malam: pukul 19.00 - 21.30). Kelas siang (pukul 14.00-16.30) hanya dibuka apabila jumlah peserta mencukupi (biasanya hanya ada di penerimaan semester gasal).

Informasi lebih lengkap mengenai program MTI dapat diakses di: https://mti.cs.ui.ac.id

Ilmu Keperawatan
Ilmu Keperawatan

Bagi lulusan Ners yang akan melanjutkan ke Program Pendidikan Magister. Calon mahasiswa dapat memilih peminatan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, Keperawatan Komunitas, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Anak, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Onkologi, atau Keperawatan Gerontik (di isian rekam jejak). Selain peminatan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, program magister lain merupakan satu kesatuan dengan program pendidikan Ners Spesialis Keperawatan sesuai peminatan.

Persyaratan Akademik:

  1. Memiliki ijazah S.Kp, atau Ners dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B atau setara;

  2. Memiliki Sertifikat Kompetensi atau Surat Tanda Registrasi (STR) Ners;

  3. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3 (dari skala 4.00);

  4. Memenuhi kriteria minimum skor TPA dan Bahasa Inggris sesuai ketentuan UI;

  5. Bagi calon mahasiswa yang:

    a.  biaya pendidikannya dibayarkan secara mandiri: menyerahkan surat pernyataan bermaterai akan  mengikuti paket pendidikan magister dan spesialis sesuai dengan peminatannya;
    
    b.  izin belajar/ tugas belajar: menyerahkan surat pernyataan bermaterai dari institusi yang menugaskan calon mahasiswa untuk mengikuti paket pendidikan magister dan spesialis sesuai peminatan 
  6. Mendapat rekomendasi dari pewawancara (setelah wawancara di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia)

Persyaratan Administrasi:

  1. Mendaftar secara online di situs penerimaan.ui.ac.id

  2. Mengisi rekam jejak dan mengunggah dokumen persyaratan akademik di tautan http://tiny.cc/FormS2-Kuesioner sebagai berikut;

    a.  Ijazah S.Kp, atau  Ners;
    
    b.  Sertifikat akreditasi institusi pendidikan minimal B;
    
    c.  Sertifikat kompetensi atau Surat Tanda Registrasi (STR) Ners;  
    
    d.  Surat keterangan pengalaman kerja;
    
    e.  Surat pernyataan (mengikuti paket pendidikan  S2+spesiails), untuk pendaftar selain peminatan kepemimpinan dan  manajemen keperawatan;
    
    f.  Surat izin/ tugas belajar dari pimpinan institusi asal bekerja;
    
    g.  TPA dan TOEFL yang masih berlaku (jika ada)

    Dokumen a - g digabung menjadi satu (1) file pdf. Apabila tidak mengunggah dokumen tersebut dianggap tidak memenuhi persyaratan administrasi

  3. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran SIMAK UI.

  4. Mengikuti ujian tulis yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia;

  5. Mengikuti wawancara yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Keperawatan UI

Tempat dan Waktu Perkuliahan

Tempat : Kampus UI Depok

Waktu : 5 hari/minggu; jam antara 08:00 sampai dengan jam 18:00

Tanggal-Tanggal Penting:

Pendaftaran : 16 Mei sampai 13 Juni 2024
Pengisian rekam jejak : 16 Mei sampai 13 Juni 2024
Ujian tulis : 16 Juni 2024
Wawancara : 24 Juni 2024 secara daring menggunakan Zoom

Infomasi lebih lanjut hubungi: academic-nursing@ui.ac.id

Pascasarjana
Kajian Gender
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Intansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Kajian Ilmu Kepolisian
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Kajian Ilmu Lingkungan
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Kajian Kependudukan & Ketenagaan Kerja
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Kajian Ketahanan Nasional
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Kajian Pengembangan Perkotaan
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Kajian Wilayah Amerika
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Kajian Wilayah Eropa
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Kajian Wilayah Jepang
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Kajian Wilayah Timur Tengah Islam
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Teknologi Biomedis
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Farmasi
Farmasi

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KEFARMASIAN :

Jalur Kuliah dan Riset

  1. Program ini dapat diikuti oleh sarjana bidang: Farmasi, Kedokteran (dr/SKed., drg/SKG, drh/S.Vet), Biologi, Kimia, Ilmu pangan, Teknik Kimia dan bidang lain terkait yang dibuktikan dengan mengunggah Ijazah S1 atau D4 dan transkripnya. Bagi peminatan Farmasi Klinik harus lulusan apoteker yang dibuktikan dengan mengunggah Ijazah S1 dan Apoteker beserta transkripnya.
  2. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kemenristekdikti
  3. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang S1 atau profesi apoteker dengan kriteria berikut:
    • Memiliki IPK ??? 2,50 dalam skala 4 atau setara, bagi calon mahasiswa lulusan program studi yang memiliki akreditasi A.
    • Memiliki IPK ??? 2,75 dalam skala 4 atau setara, bagi calon mahasiswa lulusan program studi yang memiliki akreditasi B.
    • Memiliki IPK ??? 3,00 dalam skala 4 atau setara, bagi calon mahasiswa lulusan program studi yang memiliki akreditasi C. (Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan fotokopi sertifikat akreditasi yang telah dilegalisasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku)
  4. Bagi mereka yang berasal bukan dari sarjana farmasi harus mengikuti kuliah matrikulasi ilmu dasar farmasi dengan beban SKS maksimal 12 SKS. Mahasiswa yang diperkenankan melanjutkan pendidikannya di Program Magister harus lulus semua mata kuliah matrikulasi dalam waktu maksimal 2 (dua) semester dengan IPK matrikulasi minimal 2,30 (C+).

Jalur Riset Tambahan persyaratan untuk jalur riset:

  1. Mempunyai rekam jejak riset yang dibuktikan dengan makalah tugas akhir atau skripsi atau publikasi ilmiah
  2. Mempunyai rencana riset yang akan dilakukan dan sudah mendapatkan rekomendasi dari calon pembimbing yang akan dinilai pada saat wawancara oleh Program Studi.
Herbal

PROGRAM STUDI MAGISTER HERBAL :

Jalur Kuliah dan Riset

  1. Program ini dapat diikuti oleh sarjana bidang : Farmasi, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Pertanian, Keperawatan, Biologi, Kimia, Teknik Kimia, dan bidang lain terkait yang dibuktikan dengan mengunggah Ijazah S1 atau D4 dan Transkripnya
  2. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kemenristekdikti
  3. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang S1 dengan kriteria berikut:
    • Memiliki IPK ??? 2,50 dalam skala 4 atau setara, bagi calon mahasiswa lulusan program studi yang memiliki akreditasi A.
    • Memiliki IPK ??? 2,75 dalam skala 4 atau setara, bagi calon mahasiswa lulusan program studi yang memiliki akreditasi B.
    • Memiliki IPK ??? 3,00 dalam skala 4 atau setara, bagi calon mahasiswa lulusan program studi yang memiliki akreditasi C. (Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan fotokopi sertifikat akreditasi yang telah dilegalisasi atau print screen akreditasi dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)/LAM-PTKes yang masih berlaku)
  4. Bagi mereka yang berasal bukan dari sarjana farmasi harus mengikuti kuliah matrikulasi ilmu dasar farmasi dengan beban SKS maksimal 12 SKS. Mahasiswa yang diperkenankan melanjutkan pendidikannya di Program Magister harus lulus semua mata kuliah matrikulasi dalam waktu maksimal 2 (dua) semester dengan IPK matrikulasi minimal 2,30 (C+)

S2 Herbal: Jalur Riset Tambahan persyaratan untuk jalur riset:

  1. Mempunyai rekam jejak riset yang dibuktikan dengan makalah tugas akhir atau skripsi atau publikasi ilmiah
  2. Mempunyai rencana riset yang akan dilakukan dan sudah mendapatkan rekomendasi dari calon pembimbing yang akan dinilai pada saat wawancara oleh Program Studi.
Ilmu Administrasi
Ilmu Administrasi

Persyaratan calon mahasiswa baru Program Magister Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi adalah:

  1. Lulusan Program Sarjana atau Program Diploma IV dari Perguruan Tinggi Terakreditasi minimal B dan Ijazah dari perguruan tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari DIKTI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang diperoleh dijenjang pendidikan sebelumnya minimum 3.00 (dalam rentang 0.00 - 4.00)
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas Indonesia, yaitu mendaftar secara online dan melengkapi berkas pendaftaran melalui http://penerimaan.ui.ac.id dan kemudian dinyatakan lulus ujian saringan TPA dan Bahasa Inggris.
  4. Kelas Khusus merupakan Program Double Degree pada Peminatan Administrasi & Kebijakan Publik dan Studi E-Government, Mahasiswa Kelas Khusus sebelum Semester 1 berakhir harus menunjukkan Sertifikat IELTS min. 6,5 (dengan Writing Score min. 6,5 dan tidak ada skor di bawah 6,0) atau TOEFL IBT min. 90 (dengan Writing Score min. 24) serta IPK min. 3,00 pada akhir semester pertama di Universitas Indonesia.

Kelas Reguler Program Magister Ilmu Administrasi terdiri 8 Peminatan, yaitu

  1. Administrasi dan Kebijakan Publik
  2. Administrasi dan Kebijakan Niaga
  3. Administrasi dan Kebijakan Pajak
  4. Administrasi dan Kebijakan Pengembangan SDM
  5. Administrasi Pengawasan
  6. Administrasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah
  7. Administrasi Keuangan Daerah dan Aset Daerah
  8. Inovasi dan Intrapreneurship

Kelas Khusus merupakan Kelas Double Degree yang terdiri dari 2 peminatan, yaitu:

  1. Studi E-Government
  2. Administrasi & Kebijakan Publik

Calon mahasiswa wajib memperhatikan kelas yang diambil pada saat mendaftar, tidak diperkenankan pindah kelas dan peminatan pada saat sudah diterima.

Program Magister Ilmu Administrasi menggunakan Kurikulum Pembelajaran Berbasis Riset (PBR)

Waktu dan lokasi perkuliahan Program Magister Ilmu Administrasi Kelas Reguler dan Kelas Khusus Double Degree secara umum sama, yaitu Hari Senin-Jumat, Pukul 18.30-21.00 WIB yang dilaksanakan di Kampus UI Pegangsaan Timur Cikini (perkuliahan dilaksanakan secara hybrid).

Informasi lebih lanjut Program Magister Ilmu Administrasi FIA UI dapat diunduh https://bit.ly/bookletfiaui atau melalui email: pascaadm@ui.ac.id dengan cc ke: humasfia@ui.ac.id atau melalui Whatsapp ke Sekretariat Program Pascasarjana FIA UI (0859-2815-5774) pada hari dan Jam Kerja (11.00-19.00 WIB).