1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Informasi Beasiswa
  4. International Students Admission
Rabu, 30 September 2020 15.39 WIB (WIB)

Persyaratan Pendaftaran Program Studi — Spesialis 2Jalur SIMAKPeriode 2020/2021Semester 2

Spesialis 2

Program Studi Persyaratan
Kedokteran
Anestesiologi dan Terapi Intensif

PERSYARATAN BERKAS PENERIMAAN PESERTA BARU PROGRAM PENDIDIKAN SUBSPESIALIS ANESTESIOLOGI & TERAPI INTENSIF

  1. Surat Permohonan Calon peserta menulis Surat Permohonan untuk mengikuti Program Pendidikan Profesi Dokter Subspesialis Anestesiologi kepada Ketua Program Studi Subspesialis Anestesiologi & Terapi Intensif FKUI.

  2. Lampiran-lampiran yang diperlukan 1) Status Calon : PNS,Departemen Hankam, lembaga pendidikan swasta,Rumah Sakit Swasta, dan perseorangan, yang dinyatakan dengan bukti-bukti yang sesuai. 2) Fotokopi surat pengangkatan dari instansi induk (Departemen Kesehatan, Departemen Pendidikan, Departemen Hankam,Departemen Dalam Negeri/ Pemerintah daerah, RS Swasta, BUMN dan lain-lain). 3) Daftar penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) tahun terakhir (bagi dokter PNS) 4) Daftar Riwayat Hidup 5) Surat Keterangan Berbadan Sehat dari POLRI 6) Surat Keterangan Bebas Narkoba 7) Fotokopi Ijasah Dokter Spesialis Anestesiologi yang telah dilegalisasi oleh Dekan FK bersangkutan 8) Salinan Angka Keberhasilan Belajar (transkrip) selama PPDS Anestesiologi di Fakultas Kedokteran 9) TOEFL minimal 500 10) Surat persetujuan/ rekomendasi/ penugasan dari atasan langsung,Peer Group,Direktur RS,Dekan FK 11) Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari instansi yang berwenang atau POLRI. 12) Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 4 (empat) lembar.

  3. Kelengkapan Lamaran Berkas lamaran terdiri atas surat permohonan, formulir lamaran yang sesuai dan lampiran-lampiran yang diperlukan (semua rangkap tiga) dikirim/diantarkan langsung oleh calon peserta ke Sekretariat tanpa melewati batas waktu yang telah ditentukan .

TATA CARA PESERTA PSIKOTES SELEKSI CPPDS FKUI

1 PESERTA YANG TELAH MELAKUKAN PENDAFTARAN ONLINE AKAN DIKIRIMKAN TUGAS TERTULIS DAN INSTRUKSI LAINNYA MELALUI EMAIL. 2 PESERTA AKAN MENDAPATKAN JADWAL WAWANCARA SECARA DARING YANG AKAN KAMI INFORMASIKAN MELALUI EMAIL ATAU WHATSAPP. 3 BERPAKAIAN RAPI SAAT WAWANCARA ONLINE.

Alamat Sekretariat : Website penerimaan.ui.ac.id === > (Prodi Subspesialis ) Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo Gedung A Medical Staf Lantai 6 Jl P. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430. Cp. Nina Noviana HP. 081280468896 / Telp. 021 3143736

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis hanya dibuka di SIMAK tgl. 14 September 2020 sd 14 Oktober 2020 dengan pengumuman hasil seleksi tgl. 7 Desember 2020.

Ilmu Bedah

Persyaratan Khusus Penerimaan

Peminatan Bedah Anak :

Syarat Umum :

Ketentuan Umum

  1. Penyelenggaraan Penerimaan dilakukan setiap semester

  2. Masa Studi : 4 - 8 Semester

  3. Daya Tampung : 15 Orang setiap Semester

  4. Calon Peserta Didik harus mengikuti semua tahapan seleksi penerimaan yang ditetapkan oleh Universitas dan/atau Fakultas serta Program Studi, dengan rincian sebagai berikut :

    a. Universitas dan/atau Fakultas :

            -   Melakukan Pendaftaran Online di web penerimaan.ui.ac.id
    
           -    Mengikuti Ujian SIMAK-UI
    
           -    Mengikuti Tes Psikotes dan MMPI

    b. Program Studi :

            -   Melengkapi berkas administrasi yang ditetapkan oleh Peminatan yang dipilih/dituju.  Untuk informasi tentang kelengkapan berkas administrasi setiap Peminatan, Calon Peserta Didik harap menghubungi Nomor Telepon berikut (dihari kerja, Senin - Jumat / 08.00 - 16.00 WIB) :
    
                    Bedah Anak          (021) 3910501
                    Bedah Digestif      (021) 3148705
                    Bedah Onkologi      (021) 3147293
                    Bedah Vaskular      (021) 3910487
                    Sekretariat Program Studi   081363008503
    
            -   Mengikuti Tes Ujian Tertulis
    
           -    Mengikuti Tes Wawancara

Kualifikasi Calon Peserta Didik

  1. Calon Peserta Didik berasal dari :

     a. Rumah Sakit Pendidikan/Academic Health Sytem
    
     b. Rumah Sakit Tipe A dan Tipe B (Pendidikan dan/atau non-Pendidikan)
    
     c. Rumah Sakit Pemerintah, seperti : TNI, Polri, dan/atau BUMN
    
     d. Rumah Sakit Swasta; diutamakan yang merupakan jejaring pendidikan FKUI 
  2. Warga Negara Indonesia

  3. Spesialis Bedah Umum, Anggota IKABI/KIBI

  4. Batasan Usia Maksimal 45 tahun, keculai untuk Calon Peserta Didik yang merupakan Staf Pendidik di salah satu Institusi Pendidikan

  5. Berminat pada Bidang Peminatan yang ada (Peminatan Bedah Anak, Digestif, Onkologi, dan Vaskular)

  6. Berkelakuan, beretika, dan bermoral yang baik

Syarat Berkas yang WAJIB DIUNGGAH saat pendaftaran online

  1. Scan Surat Lamaran yang ditujukan kepada Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (Tembusan : KPS Subspesialis Ilmu Bedah FKUI/RSCM)

  2. Scan Surat Izin dan/atau Pengantar untuk melanjutkan Pendidikan Subspesialis Bedah Anak/ Digestif/ Onkologi/ Vaskular dari Kepala Instansi (Direktur Rumah Sakit dan/atau Dekan Fakultas Kedokteran) dimana calon peserta didik bekerja/berasal.

  3. Scan Surat Rekomendasi dari : a. Kepala Bagian/ Atasan Langsung; b. Ketua Perkumpulan/ Organisasi Profesi (contoh : Kolegium/ Perkumpulan/ Persatuan Bedah Anak; Bedah Digestif; Bedah Onkologi; dan Bedah Vaskular) c. Sejawat di tempat bekerja; d. Sejawat lain yang memiliki kualifikasi dokter subspesialis bedah sesuai dengan peminatan yang akan dituju/dilamar.

  4. Scan Berkas Keterangan Kepegawaian : a. PNS : Scan SK PNS; b. Pegawai Tetap non PNS (PKWT Instansi; Memiliki Nomor Pegawai Tidak Tetap) :

    • Scan Surat/ Dokumen Kontrak Kerja;
    • Scan Surat Keterangan Instansi Asal yang menyatakan bahwa calon peserta didik adalah benar pegawai di instansi tersebut. Surat keterangan ditandatangani oleh Ketua Bagian/Atasan Langsung mengetahui Kepala Instansi Asal (Direktur Rumah Sakit dan/atau Dekan Fakultas Kedokteran). c. Pegawai Kontrak/ Honorer (Tidak/Belum memiliki Nomor Pegawai Tidak Tetap) :
    • Scan Surat/ Dokumen Kontrak Kerja;
    • Scan Surat Keterangan Instansi Asal yang menyatakan bahwa calon peserta didik adalah benar pegawai di instansi tersebut. Surat keterangan ditandatangani oleh Ketua Bagian/Atasan Langsung mengetahui Kepala Instansi Asal (Direktur Rumah Sakit dan/atau Dekan Fakultas Kedokteran);
      • Scan Surat Pernyataan Bermaterai (Materai 6000) yang berisi pernyataan bahwa calon peserta didik akan kembali ke Instansi asal setelah menyelesaikan pendidikan.
  5. CV/Daftar Riwayat Hidup

  6. Scan Ijazah Pendidikan Spesialis

  7. Scan Transkrip Nilai Pendidikan Spesialis

Syarat Berkas lain yang WAJIB DILENGKAPI bersamaan dengan Berkas Administrasi dari Peminatan

  1. Fotokopi Kartu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

  2. Surat Pernyataan Sehat Jasmani dan Rohani

  3. Surat Keterangan Bebas Narkoba

  4. Dokumen Pemeriksaan Laboratium : a. Darah Perifer Lengkap b. Foto Toraks

  5. Titer Anti HBs Protektif atau Bukti Selesai Vaksinasi untuk menunjukkan bahwa Calon Peserta Didik telah menjalani Vaksinasi Hepatitis B Lengkap

Tes dan Ujian Seleksi Kekhususan Program Studi:

Wawancara

TATA CARA PESERTA PSIKOTES SELEKSI CPPDS FKUI

1 PESERTA YANG TELAH MELAKUKAN PENDAFTARAN ONLINE AKAN DIKIRIMKAN TUGAS TERTULIS DAN INSTRUKSI LAINNYA MELALUI EMAIL. 2 PESERTA AKAN MENDAPATKAN JADWAL WAWANCARA SECARA DARING YANG AKAN KAMI INFORMASIKAN MELALUI EMAIL ATAU WHATSAPP. 3 BERPAKAIAN RAPI SAAT WAWANCARA ONLINE.

(cp.program studi: Ibu Iit 0813-6300-8503)

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis hanya dibuka di SIMAK tgl. 14 September 2020 sd 14 Oktober 2020 dengan pengumuman hasil seleksi tgl. 7 Desember 2020.

Ilmu Kesehatan Anak

Persyaratan Peserta Program

Ketentuan Umum

  1. Penyelenggaraan Penerimaan dilakukan setiap semester

  2. Masa Studi : 4 Semester

  3. Calon Peserta Didik harus mengikuti semua tahapan seleksi penerimaan yang ditetapkan oleh Universitas dan/atau Fakultas serta Program Studi, dengan rincian sebagai berikut :

    a.  Universitas dan/atau Fakultas :
            -   Melakukan Pendaftaran Online di web penerimaan.ui.ac.id
            -   Mengikuti Ujian SIMAK-UI
            -   Mengikuti Tes Psikotes dan MMPI

    b. Program Studi :

    • Melengkapi berkas administrasi yang ditetapkan. Untuk informasi tentang kelengkapan berkas administrasi Calon Peserta Didik harap menghubungi sekretariat Kolegium IKA pada Nomor Telepon berikut (dihari kerja, Senin s/d Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB) :

         Bapak Ujang                              0817877112
         Mba Indira                               085694204950
         Sekretariat Program Studi  (Gadis)       08988740085
    • Mengikuti Tes Wawancara

Seleksi Administratif

Kelengkapan administratif meliputi:

  1. Terdaftar sebagai anggota IDAI dengan melampirkan fotokopi kartu anggota

  2. a. Bagi staf di Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak

    • Minimal telah 1 tahun penuh bekerja di Divisi yang diminati
    • Disetujui oleh atasan langsung dan Direktur tempat bekerja saat ini dan dibuktikan dengan surat dari instansi tempat bekerja yang mengirimkan tugas belajar (disertai dengan alasannya) serta akan kembali bekerja setelah lulus pendidikan subspesialis IKA di instansi tersebut

      b. Bagi Dokter Spesialis Anak (staf ) di Jejaring FKUI-RSCM

      • Minimal telah 2 tahun penuh bekerja di Divisi yang diminati. Bila divisi tersebut memiliki 1 orang konsultan terkait
      • Minimal telah 3 tahun penuh bekerja di Divisi yang diminati. Bila divisi tersebut tidak memiliki konsultan terkait
    • Disetujui oleh atasan langsung dan Direktur tempat bekerja saat ini dan dibuktikan dengan surat dari instansi tempat bekerja yang mengirimkan tugas belajar (disertai dengan alasannya) serta akan kembali bekerja setelah lulus pendidikan subspesialis IKA di instansi tersebut

      c. Bagi Sp.A yang bekerja di luar Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak

      • Telah 3 tahun penuh berturut-turut bekerja di institusi (tidak berpindah-pindah)
      • Disetujui oleh atasan langsung dan Direktur tempat bekerja saat ini dan dibuktikan dengan surat dari instansi tempat bekerja yang mengirimkan tugas belajar (disertai dengan alasannya) serta akan kembali bekerja setelah lulus pendidikan subspesialis IKA di instansi tersebut
  3. Bagi calon peserta program pendidikan subspesialis IKA, melampirkan surat pernyataan yang ditanda tangani di atas materai (6.000) dan diketahui oleh atasan langsung serta Direktur Intansi pengirim bahwa calon peserta program akan kembali ke instansi pengirim setelah menyelesaikan pendidikan subspesialis IKA FKUI

  4. Surat Referensi dari anggota peer group (UKK) minimal 2 orang

  5. Surat keterangan belum pernah mengikuti program pendidikan subspesialis di bidang peminatan lain dari Ketua Departemen dan Ketua UKK

  6. Daftar riwayat hidup

  7. Fotokopi ijasah dokter umum dan dokter spesialis anak yang telah dilegalisir

  8. Indeks prestasi kumulatif (IPK) Spesialis Anak sekurang-kurangnya 3.0

  9. Fotokopi transkip akademik dokter spesialis anak yang telah dilegalisir

  10. Fotokopi sertifikat kompetensi Sp.A dari Kolegium IKAI yang telah dilegalisir

  11. Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR) sebagai Sp.A dari Konsil Kedokteran Indonesia yang telah dilegalisasi

  12. Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 10 lembar

  13. Surat keterangan lulus TOEFL minimal 500 atau IELTS 5.0

  14. Surat resmi keterangan sehat fisik dan mental dari dokter yang memiliki surat izin praktik (SIP) untuk mengikuti Program Pendidikan Subspesialis IKA

  15. Diutamakan berumur kurang dari 45 tahun, kecuali ada rekomendasi khusus dari UKK, Direktur Rumah Sakit

  16. Surat lamaran menjadi peserta program Pendidikan Dokter Subspesialis IKA FKUI yang ditujukan ke Ketua Program Studi Subpsesialis IKA FKUI

Kelengkapan administratif tambahan meliputi:

  1. Melampirkan fotokopi Kartu BPJS

  2. Surat Pernyataan Sehat Jasmani dan Rohani

  3. Surat Keterangan Bebas Narkoba

  4. Dokumen Pemeriksaan Laboratorium : a. Darah Perifer Lengkap b. Foto Toraks

  5. Titer Anti HBs Protektif atau bukti selesai Vaksinasi untuk menunjukkan bahwa Calon Peserta telah menjalani Vaksinasi Hepatitis B Lengkap

TATA CARA PESERTA PSIKOTES SELEKSI CPPDS FKUI

1 PESERTA YANG TELAH MELAKUKAN PENDAFTARAN ONLINE AKAN DIKIRIMKAN TUGAS TERTULIS DAN INSTRUKSI LAINNYA MELALUI EMAIL. 2 PESERTA AKAN MENDAPATKAN JADWAL WAWANCARA SECARA DARING YANG AKAN KAMI INFORMASIKAN MELALUI EMAIL ATAU WHATSAPP. 3 BERPAKAIAN RAPI SAAT WAWANCARA ONLINE.

(cp.program studi: Ibu Gadis +62 898-8740-085)

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis hanya dibuka di SIMAK tgl. 14 September 2020 sd 14 Oktober 2020 dengan pengumuman hasil seleksi tgl. 7 Desember 2020.

Ilmu Penyakit Dalam
  1. Kriteria Penerimaan Calon Mahasiswa Baru

a. Persyaratan berkas:

  1. Formulir pendaftaran dari Kolegium Ilmu Penyakit Dalam (KIPD)
  2. Surat Penugasan belajar dari instansi tempat bekerja disertai alasan penugasan belajar
  3. SK Penempatan/ SK sebagai dokter tetap
  4. Surat pernyataan kembali ke instansi tempat bekerja dengan tanda tangan di atas materai dan diketahui oleh pimpinan instansi tempat bekerja
  5. Legalisir ijazah Dokter Spesialis Penyakit Dalam
  6. Legalisir transkrip nilai Dokter Spesialis Penyakit Dalam
  7. Fotokopi sertifikat kompetensi Dokter Spesialis Penyakit Dalam
  8. Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR) Dokter Spesialis
  9. Surat Keterangan nilai TOEFL > 450 (berlaku 2 tahun terakhir)
  10. Surat Keterangan sehat fisik, mental dan tidak buta warna dari RS Negeri
  11. Surat Rekomendasi dari PAPDI Cabang sesuai keanggotaan calon peserta
  12. Surat referensi pribadi dari 3 nama (seminat terkait, jabatan, dan bebas)
  13. Pasfoto terakhir berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 6 lembar
  14. Materai Rp. 6000 sebanyak 4 lembar
  15. Fotokopi sertifikat pelatihan endoskopi bagi calon peserta bidang peminatan Gastroenterohepatologi
  16. Surat Rekomendansi dari Kolegium Ilmu Penyakit Dalam

Persyaratan nomor 1 s.d 15 dikirimkan ke Sekretariat Kolegium Ilmu Penyakit Dalam untuk mendapatkan persyaratan nomor 16.

b. Persyaratan berkas yang wajib diunggah calon peserta:

  1. Surat Penugasan belajar dari instansi tempat bekerja disertai alasan penugasan belajar
  2. SK Penempatan/ SK sebagai dokter tetap
  3. Surat pernyataan kembali ke instansi tempat bekerja dengan tanda tangan di atas materai dan diketahui oleh pimpinan instansi tempat bekerja
  4. Legalisir Ijazah Spesialis
  5. Legalisir Transkrip Nilai Spesialis
  6. Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR) Dokter Spesialis
  7. Surat Rekomendansi dari Kolegium Ilmu Penyakit Dalam

TATA CARA PESERTA PSIKOTES SELEKSI CPPDS FKUI

1 PESERTA YANG TELAH MELAKUKAN PENDAFTARAN ONLINE AKAN DIKIRIMKAN TUGAS TERTULIS DAN INSTRUKSI LAINNYA MELALUI EMAIL. 2 PESERTA AKAN MENDAPATKAN JADWAL WAWANCARA SECARA DARING YANG AKAN KAMI INFORMASIKAN MELALUI EMAIL ATAU WHATSAPP. 3 BERPAKAIAN RAPI SAAT WAWANCARA ONLINE.

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis hanya dibuka di SIMAK tgl. 14 September 2020 sd 14 Oktober 2020 dengan pengumuman hasil seleksi tgl. 7 Desember 2020.

Kontak Person, Ibu Fifi 0856-9531-7333

Kedokteran Jiwa

Persyaratan administrasi dan akademis (sesuai ketentuan PS PPDS-II KJ) yang harus dipenuhi adalah:

  1. Mengajukan surat lamaran.

  2. Mengisi formulir pendaftaran dan menyertakan

    lampiran berupa :

    a Fotocopi ijazah dokter.

    b Fotocopi ijazah Dokter Sp.KJ yang telah dilegalisasi

    c Fotocopi transkripsi nilai akademik yang telah dilegalisasi.

    d Daftar riwayat hidup (curriculum vitae).

    e Surat SK PNS atau Pegawai Daerah atau Pegawai Tetap Universitas

    f Surat ijin dari atasan (tempat institusi calon bekerja).

    g Surat keterangan sehat fisik dan mental dari dokter spesialis di RS pemerintah.

    h Sertifikat ujian TOEFL, surat keterangan nilai TOEFL minimal 500 atau IELTS minimal 6.

    i Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 = 6 lembar.

    j Materai Rp 6.000,- = 4 lembar.

    k Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR) dari KKI serta bersedia mengurus STR untuk bekerja di RSCM selama masa pendidikan l Satu STR diserahkan ke RSCM

TATA CARA PESERTA PSIKOTES SELEKSI CPPDS FKUI

1 PESERTA YANG TELAH MELAKUKAN PENDAFTARAN ONLINE AKAN DIKIRIMKAN TUGAS TERTULIS DAN INSTRUKSI LAINNYA MELALUI EMAIL. 2 PESERTA AKAN MENDAPATKAN JADWAL WAWANCARA SECARA DARING YANG AKAN KAMI INFORMASIKAN MELALUI EMAIL ATAU WHATSAPP. 3 BERPAKAIAN RAPI SAAT WAWANCARA ONLINE.

(cp.program studi: Ibu Ardhinii 0857-8407-3233)

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis hanya dibuka di SIMAK tgl. 14 September 2020 sd 14 Oktober 2020 dengan pengumuman hasil seleksi tgl. 7 Desember 2020.

Obstetri dan Ginekologi

A. Batasan usia : Maksimal 45 tahun

B. Indeks prestasi kumulatif (IPK) profesi =/> 2,75

C. Nilai TOEFL (ujian internal) LIA / LBI UI =/> 500

D. Surat keterangan sehat dari RS Pemerintah.

E. Calon Peserta hanya boleh melamar 2 (dua) kali di program studi yang sama.

F. Persyaratan khusus lainnya ditentukan oleh program studi.

TATA CARA PESERTA PSIKOTES SELEKSI CPPDS FKUI

1 PESERTA YANG TELAH MELAKUKAN PENDAFTARAN ONLINE AKAN DIKIRIMKAN TUGAS TERTULIS DAN INSTRUKSI LAINNYA MELALUI EMAIL. 2 PESERTA AKAN MENDAPATKAN JADWAL WAWANCARA SECARA DARING YANG AKAN KAMI INFORMASIKAN MELALUI EMAIL ATAU WHATSAPP. 3 BERPAKAIAN RAPI SAAT WAWANCARA ONLINE.

(cp.program studi: Ibu Murni 0857-8091-5940)

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis hanya dibuka di SIMAK tgl. 14 September 2020 sd 14 Oktober 2020 dengan pengumuman hasil seleksi tgl. 7 Desember 2020.