1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Informasi Beasiswa
  4. International Students Admission
Rabu, 15 Juli 2020 11.07 WIB (WIB)

Persyaratan Pendaftaran Program Studi — S3Jalur SIMAKPeriode 2020/2021Semester 1

S3

Program Studi Persyaratan
Kedokteran
Ilmu Biomedik
  • Sarjana S2 Ilmu Biomedik atau bidang lain yang berkaitan dengan Ilmu Biomedik dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri yang terakreditasi dan diakui Kemenristek Dikti dengan IPKnya mencapai atau diatas 3,00.

  • Persyaratan calon mahasiswa Program Doktor melalui Riset

    1. TPA UI > 550
    2. TOEFL > 500 atau IELTS > 6 atau lulus ujian B. Inggris yang diadakan UI
    3. IPK pada jenjang pendidikan sebelumnya min. 3 (rentang 0-4)
    4. Hasil penilaian wawancara terkait kesiapan mengikuti prodi doktor
    5. Hasil penilaian Praproposal Riset lengkap yang dievaluasi oleh pakar bidang ilmu terkait
    6. Calon mahasiswa minimal telah memiliki 2 (dua) publikasi ilmiah
    7. Ketersediaan calon promotor yang memiliki kepakaran yang diminati oleh calon mahasiswa
  • Lokasi Perkuliahan : Kampus UI Salemba

  • Jadwal Perkuliahan : Senin-Jumat, jam 08.00-16.00 WIB

  • Test Wawancara diinformasikan setelah pengumuman hasil ujian SIMAK (TPA dan Bahasa Inggris)

Informasi wawancara : Sekretariat PDIB FKUI (Gedung IMERI FKUI Lantai 11 Tower Edukasi) dan website pdib.fkui.ac.id, telp/fax. +6221-31900908, +6221-29189168, atau email s3biomedik.fkui@gmail.com

  • Calon peserta mengajukan usulan/rencana penelitian (praproposal) untuk format draft proposal hubungi sekretariat PDIB FKUI.
Ilmu Gizi

A. Memiliki ijazah Magister (S-2) dari dalam dan luar negeri yang diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Catatan:

  1. Bagi calon mahasiswa (PS DIG) dengan ijazah Magister yang bukan berasal dari disiplin Ilmu Gizi atau Ilmu Kesehatan maka diharuskan mengikuti matrikulasi meliputi mata kuliah Ilmu Gizi Dasar, Penilaian Status Gizi, Epidemiologi Gizi, Metabolisme Zat Gizi Klinik Dasar serta Gizi dan Penyakit yang dapat diambil pada Program Studi S2 Ilmu Gizi FKUI

  2. Standar nilai untuk masing-masing mata kuliah matrikulasi tersebut adalah B (3,0) yang dibuktikan melalui transkrip akademik / sertifikat / surat keterangan dari Penanggung Jawab mata kuliah.

  3. Adapun kuliah matrikulasi tersebut dilakukan setelah mahasiswa diterima sebagai calon mahasiswa S3 Ilmu Gizi.

  4. Biaya kuliah matrikulasi sama dengan Biaya Operasional Pendidikan Program Doktor Ilmu Gizi.

B. Telah lulus TPA dengan nilai 550

C. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan kemampuan Tes TOEFL =/> 550 atau IELTS =/> 6 atau lulus ujian bahasa Inggris yang diadakan Universitas Indonesia.

D. Memiliki IPK dari jenjang pendidikan sebelumnya minimum 3.00 (dari rentang IPK 0 - 4)

Informasi lokasi kuliah : Kampus UI, Jln. Salemba Raya No. 6, Jakarta Pusat

Waktu kuliah : Senin - Jumat, 08.00-16.00

Pelaksanaan ujian wawancara di Program Studi Doktor Ilmu Gizi FKUI akan diinformasikan lebih lanjut.

Ilmu Kedokteran

Persyaratan :

A. Lulusan Program Magister terakreditasi atau setara dari Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri yang diakui oleh Kemenristek DIKTI dengan IPK minimum 3,00.

B. Lulus ujian TPA dan TOEFL

C. Melengkapi dan menyerahkan berkas untuk ujian wawancara ke Sekretariat Program Studi S3 Ilmu Kedokteran sebelum ujian TPA dan ujian TOEFL berupa:

  1. Kartu Ujian Peserta

  2. Ijazah Spesialis/Magister (legalisir)

  3. Transkrip Nilai Spesialis/Magister (legalisir)

  4. Surat Rekomendasi

  5. Surat pernyataan kesediaan menjadi Ketua Pembimbing Akademik (KPA)

  6. Surat Persetujuan Menempuh Pendidikan Program Doktor Ilmu Kedokteran dari atasan langsung

  7. Sinopsis Rencana Penelitian (minimal 2 lembar dan maksimal 3 lembar) dengan isi sebagai berikut:

    • Judul Penelitian
    • Latar Belakang
    • Rumusan Masalah
    • Pertanyaan Penelitian
    • Hipotesis Penelitian
    • Tujuan Penelitian

D. Lulus ujian wawancara

Lokasi Perkuliahan :

  • Kuliah Program Dasar : Ruang Kimia 3, Jl. Salemba Raya No. 4, Jakarta Pusat atau dengan metode daring (online)
  • Bimbingan dan Ujian: Gedung IMERI FKUI, Jl. Salemba Raya No.6, Jakarta Pusat

Perkuliahan dilaksanakan hari Senin-Jumat pukul 08.00-15.00 WIB

Tanggal Wawancara Ujian wawancara akan dilaksanakan setelah pengumuman hasil ujian SIMAK (TPA dan TOEFL).

Informasi mengenai jadwal wawancara dapat menghubungi Sekretariat Program Studi S3 Ilmu Kedokteran melalui alamat email s3ilmukedokteran@gmail.com dan telepon 0815-1042-3888

Kedokteran Gigi
Ilmu Kedokteran Gigi
  1. Jalur Kuliah dan Riset
    • Lulusan Magister/Spesialis Ilmu Kedokteran Gigi
    • IPK min 3.00
    • Sudah mempunyai Pra Usulan Penelitian
    • Memenuhi Persyaratan yang telah ditetapkan oleh Universitas Indonesia (ujian TPA & Bahasa Inggris)
    • Lulus TPA & Bahasa Inggris
    • Lulus Tes Wawancara (Wawancara dilaksanakan secara Online/daring pada tanggal 27 Juli 2020)
    • Memiliki Asuransi Kesehatan

Lokasi Perkuliahan : Kampus Salemba Jam kuliah : Reguler

  1. Jalur riset
    • Lulusan Magister/Spesialis Ilmu Kedokteran Gigi
    • IPK min 3.00
    • Sudah mempunyai Pra Usulan Penelitian
    • Memenuhi Persyaratan yang telah ditetapkan oleh Universitas Indonesia (ujian TPA & Bahasa Inggris)
    • Lulus TPA & Bahasa Inggris
    • Lulus Tes Wawancara (Wawancara dilaksanakan secara Online/daring pada tanggal 27 Juli 2020)
    • Menyerahkan 2 karya ilmiah mandiri hasil penelitian yang sudah dipublikasi internasional terindek Scopus minimal Q4 dalam 3 tahun terakhir yang relevan dengan tema disertasi
    • Menyerahkan daftar pengalaman penelitian mandiri atau berkelompok yang pernah dilakukan
    • Memiliki Asuransi Kesehatan

Dokumen fisik yang harus dikirim baik untuk jalur kuliah dan riset maupun jalur riset:

  • Print out pendaftaran online yang sudah ditandatangani
  • Foto copy ijazah Magister/Spesialis Ilmu Kedokteran Gigi yang dilegalisir
  • Transkrip Akademik Magister/Spesialis yang dilegalisir
  • Identitas diri (KTP/ SIM)
  • 1 lbr foto berwarna 4 x 6 (3 bulan terakhir)
  • Pra Usulan Penelitian Bukti fisik berupa hard copy dimasukan kedalam map warna hijau, dikirim ke Bagian Administrasi Pendidikan FKGUI Jl. Salemba Raya No.4 Gd. A Lt. 2Jakarta Pusat 10430

Bukti fisik berupa soft copy dikirim melalui email: academicadmission.fkg@ui.ac.id satu file dalam bentuk PDF

Berkas paling lambat kami terima tanggal 26 Juli 2020

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Biologi

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Untuk jalur riset (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis dari minimal 2 (dua) artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional dan sebagai penulis pertama minimal di salah satu artikel tersebut. b. menyiapkan proposal rencana riset dan lulus wawancara yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. sudah memiliki calon promotor d. bagi yang tidak memenuhi persyaratan a -- c, maka diwajibkan untuk mengikuti matrikulasi
  3. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan S2 Biologi, Kehutanan, Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kedokteran Hewan dan Pendidikan Biologi yang relevan dengan ilmu Biologi dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan dan kesetaraan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Ilmu Bahan-bahan/Material

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Untuk jalur riset (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis dari minimal 2 (dua) artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional dan sebagai penulis pertama minimal di salah satu artikel tersebut. b. menyiapkan proposal rencana riset dan lulus wawancara yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. sudah memiliki calon promotor d. bagi yang tidak memenuhi persyaratan a -- c, maka diwajibkan untuk mengikuti matrikulasi
  3. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan S2 Teknik dan MIPA yang relevan dengan ilmu Material dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan dan kesetaraan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Informasi lebih lanjut : Website : http://physics.ui.ac.id, Jl. Salemba Raya No.4 Jakarta 10430 Telp. 021-3907694 Email : ilmumaterial@sci.ui.ac.id Departemen Fisika, Kampus Universitas Indonesia, Depok 16424 Telp. 021- 7872609-10,7270160, Fax: 7863441, 78849007

Ilmu Fisika

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Untuk jalur riset (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis dari minimal 2 (dua) artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional dan sebagai penulis pertama minimal di salah satu artikel tersebut. b. menyiapkan proposal rencana riset dan lulus wawancara yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. sudah memiliki calon promotor d. bagi yang tidak memenuhi persyaratan a -- c, maka diwajibkan untuk mengikuti matrikulasi
  3. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Jalur Kuliah dan Riset Lulusan program S2 yang relevan dengan ilmu Fisika dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan dan kesetaraan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Informasi lebih lanjut:

PASCA SARJANA FISIKA UNVERSITAS INDONESIA Jl. Salemba Raya No. 4, jakarta 10430 Telp.3907694, 3927554, 3928339 Fax. 3928339 Email : doktorfisika@sci.ui.ac.id atau Departemen Fisika, Kampus Universitas Indonesia, Depok 16424 Telp: 021-7872609-10, 7270160, Fax: 786 3441, 78849007

Ilmu Kimia

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Untuk jalur riset (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis dari minimal 2 (dua) artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional dan sebagai penulis pertama minimal di salah satu artikel tersebut. b. menyiapkan proposal rencana riset dan lulus wawancara yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. sudah memiliki calon promotor d. bagi yang tidak memenuhi persyaratan a -- c, maka diwajibkan untuk mengikuti matrikulasi
  3. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan S2 bidang/setara dari Jurusan Kimia, Farmasi, Teknik Kimia yang relevan dengan ilmu Kimia dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan dan kesetaraan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Teknik
Arsitektur

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Arsitektur (M.Ars) atau Magister Teknik (MT) bidang Arsitektur baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Elektro

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik dari Teknik Elektro dan Teknik Komputer (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Industri

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA dan Ekonomi baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan.

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Kimia

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Mesin

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan dilakukan di Departemen Teknik Mesin FTUI

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Metalurgi dan Material

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Sipil

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan dilakukan di Departemen Teknik Sipil FTUI

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Hukum
Ilmu Hukum
  1. Lulusan program Strata 1 (S-1) Sarjana Hukum dan program Strata 2 (S-2) dengan akreditasi minimal A. Apabila salah satu jenjang pendidikan ditempuh di universitas di luar negeri, wajib menyerahkan ijazah yang telah dilegalisir/disetarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi;
  2. Lulus ujian saringan masuk yang terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris;
  3. Memiliki IPK yang diperoleh dalam Program Magister minimal 3.00 (tiga koma nol nol);
  4. Menyerahkan rekomendasi dari 2 (dua) orang Guru Besar yang berkaitan dengan topik proposal riset disertasi;
  5. Menyerahkan 2 (dua) karya tulis yang telah dipublikasikan dalam waktu 2 (dua) tahun sebelum pendaftaran Program Doktor;
  6. Menyerahkan surat izin untuk kuliah dari Dekan atau Rektor bagi dosen tetap atau atasan bagi calon yang berasal dari Instansi Pemerintah;
  7. Menyerahkan Jaminan Pembiayaan dari Instansi yang menugaskan, lembaga pemberi dana/sponsor atau salinan rekening calon yang menunjukkan bahwa tersedia dana selama masa studi;
  8. Mengisi dan memenuhi persyaratan yang terdapat pada formulir pendaftaran Program Doktor;
  9. Menyerahkan proposal riset disertasi pada saat pengembalian formulir pendaftaran. Proposal riset disertasi diserahkan langsung ke Sekretariat Program Pascasarjana FHUI, Kampus Salemba;
  10. Syarat-syarat di atas dari nomor 4 s.d 9 harus diserahkan ke Sekretariat Program Pascasarjana FHUI Salemba sebelum pelaksanaan ujian tertulis (TPA dan Bahasa Inggris);
  11. Lulus Ujian Wawancara yang dilaksanakan setelah pelaksanaan ujian tulis (TPA dan Bahasa Inggris) oleh UI.
  12. Bagi yang berlatar belakang Strata 2 (S-2) non Hukum harus mengikuti matrikulasi.
Ekonomi dan Bisnis
Ilmu Akuntansi
  1. S-2 semua jurusan Untuk lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional
  2. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  3. Mengikuti ujian wawancara yang dilaksanakan oleh pogram studi
    • Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 08111666580
Ilmu Ekonomi
  1. S-2 semua jurusan Untuk lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional
  2. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  3. Mengikuti ujian wawancara yang dilaksanakan oleh pogram studi
    • Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 021 788 49152/53 eks.853

Pengumuman Ujian Saringan Masuk (USM) Program Doktor Gel. I Semester Gasal TA. 2020/2021 Program Pascasarjana Ilmu Ekonomi (PPIE) akan diumumkan bersamaan dengan hasil seleksi penerimaan Gel. II Semester Gasal TA. 2020/2021 pada tanggal 30 Juli 2020.

Ilmu Manajemen

A. S-2 semua jurusan. Untuk lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional

B. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)

C. Membuat esai rencana penelitian sesuai dengan bidang yang diminati

D. Mengikuti ujian wawancara yang dilaksanakan oleh pogram studi

Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 021 7872588/89 ekst. 836/831 atau 081384660299

Ilmu Pengetahuan Budaya
Arkeologi
  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 5000 kata kepada Ketua Program Studi Doktor Arkeologi, Dr. Isman Pratama Nasution, melalui email: isman.pratama@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font TImes New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada Ketua Program Studi Doktor Ilmu Susastra melalui email: isman.pratama@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris dipanggil melalui telepon untuk wawancara pada waktu yang akan ditentukan oleh Program Studi;

  5. Menyerahkan sertifikat TOEFL Institusional (Institutional TOEFL) dengan nilai minimal 550 dan masih berlaku (maksimum 2 tahun);

  6. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  7. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.
Ilmu Filsafat
  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 5000 kata kepada Ketua Program Studi Doktor Ilmu Filsafat, Dr. Herdito Sandi Pratama, melalui email: herditosandi@gmail.com, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font TImes New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada Ketua Program Studi Doktor Ilmu Filsafat melalui email: herditosandi@gmail.com, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris dipanggil melalui telepon untuk wawancara pada waktu yang akan ditentukan oleh Program Studi;

  5. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  6. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.
Ilmu Linguistik
  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 5000 kata kepada Ketua Program Studi Doktor Linguistik, Dr. Sonya Puspasari Suganda, melalui email: sonya.puspa@gmail.com, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font Times New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada Ketua Program Studi Doktor Linguistik melalui email: sonya.puspa@gmail.com, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk; .
  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris dipanggil melalui telepon untuk wawancara pada waktu yang akan ditentukan oleh Program Studi;

  5. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  6. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.
Ilmu Sejarah
  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 5000 kata kepada Ketua Program Studi Doktor Ilmu Sejarah, Dr. Linda Sunarti, melalui email: sunartilinda70@gmail.com, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font TImes New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada Ketua Program Studi Doktor Ilmu Sejarah melalui email: sunartilinda70@gmail.com, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk; .
  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris dipanggil melalui telepon untuk wawancara pada waktu yang akan ditentukan oleh Program Studi;

  5. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  6. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.
Ilmu Susastra
  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 6000 kata kepada Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Susastra, Dr. Christina Suprihatin, melalui email: christina.sup@gmail.com, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font TImes New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Susastra melalui email: christina.sup@gmail.com, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk; .
  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris dipanggil melalui telepon untuk wawancara pada waktu yang akan ditentukan oleh Program Studi;

  5. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  6. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.
Psikologi
Psikologi
  1. Pendaftar adalah lulusan Pendidikan Strata 2 (Magister/Master) dengan IPK minimal 3,25
  2. Pendaftar adalah lulusan Program Studi S1 dan S2 dimana salah satu program yang diikuti berasal dari Program Studi Psikologi
  3. Berasal dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi dengan nilai minimal B
  4. Ijazah dari perguruan tinggi swasta harus telah disetarakan oleh Kopertis. Ijazah dari perguruan tinggi di luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
  5. Calon yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) harus memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang memadai untuk mengikuti program doktor, serta mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kemampuan Bahasa Indonesia dinyatakan dengan menyerahkan sertifikat kursus Bahasa Indonesia
  6. Pendaftar menyatakan kesediaan untuk mengikuti pendidikan penuh waktu di hari kerja. Bagi pendaftar yang telah bekerja, memiliki surat tugas belajar dari instansi/ perusahaannya. Surat Tugas Belajar harus diunggah bersama dengan ijazah sesuai persyaratan di atas.
  7. Tes masuk terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris, dan tes tahap kedua adalah Ujian lisan pra proposal disertasi, wawancara, yang menyangkut juga ujian mengenai pengetahuan dasar terkait metodologi penelitian dan statistik.
  8. Mengingat di tahap kedua calon akan diseleksi berdasarkan pra proposal penelitian disertasi, wawancara dan pengetahuan umum terkait metodologi penelitian dan statistik, pendaftar diminta telah siap dengan draft pra proposal penelitian disertasi dan mempelajari kembali dasar-dasar metodologi penelitian dan statistik. Format pra proposal penelitian disertasi dapat diunduh dari https://psikologi.ui.ac.id/download/
  9. Pendaftar yang lulus seleksi tahap pertama akan diumumkan melalui situs Fakultas Psikologi UI, http://www.psikologi.ui.ac.id, dan akan memperoleh informasi mengenai penyelenggaraan ujian tahap kedua.
  10. Daftar nama peserta lolos seleksi tahap pertama (SIMAK gel 1) akan diumumkan melalui situs Fakultas Psikologi UI sekitar tanggal 7 Agustus 2020.
  11. Segera setelah dinyatakan lulus dari seleksi tahap pertama, pendaftar harus menyerahkan melalui alamat imel ke prodidoktor.psi@ui.ac.id selambatnya-lambatnya pada hari Sabtu, 8 Agustus 2020, pk. 18.00, berkas berikut ini: a. Pra proposal penelitian disertasi (k.l. maksimal 5000 kata) yang memuat judul, pendahuluan (latarbelakang permasalahan, pertanyaan penelitian, kebaruan, tujuan dan manfaat penelitian), tinjauan kepustakaan, hipotesis (bila ada), metode penelitian, dan daftar pustaka. b. Daftar dan bukti (softcopy) karya ilmiah yang dihasilkan dalam 5 tahun terakhir, seperti yang dipresentasikan dalam konferensi atau dipublikasikan dalam jurnal, terutama yang berhubungan dengan bidang ilmu dan topik yang sedang/akan ditekuni untuk studi doktoral pendaftar.
  12. Ujian seleksi tahap kedua menyangkut pra proposal disertasi, wawancara, serta pengetahuan dasar terkait metodologi penelitian dan statistik dilaksanakan secara online (melalui skype/google meet atau zoom) pada Senin, 10 Agustus 2020. Jadwal pelaksanaan (jam) akan diumumkan lebih lanjut. Mohon pendaftar menyiapkan 3 moda online tersebut.
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Ilmu Kesejahteraan Sosial

Persyaratan

  1. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  2. Surat izin dari pimpinan bagi calon mahasiswa dari institusi pemerintah.
  3. Surat rekomendasi dari 2 (dua) orang yang minimal bergelar doktor / S3.
  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online : fotocopy ijazah S2 dan fotocopy transkrip S2. Untuk lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kersarjanaan di Indonesia oleh DIKTI - Kementerian Pendidikan Nasional.
  5. Menyerahkan Proposal minimal 15 halaman dan maksimal 20 halaman dan curriculum vitae (CV) ke Program Pascasarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial, FISIP UI, Gedung Nusantara 2 Lt. 2 FISIP UI Depok atau melalui email : valent.geta@gmail.com. (Informasi lebih lanjut dapat menghubungi program di nomor telp. 021.7270176 atau 021.7270228 atau dengan Saudara Valent di nomor telp. 08129982624.
  6. Perkuliahan dilakukan di Kampus UI Depok, dimulai dari jam 08.00 s/d 16.30 seminggu 3 kali.
Ilmu Komunikasi

Persyaratan

  1. Tahap I. Lulus Tes TPA dan Bahasa Inggris (diselenggarakan oleh Universitas Indonesia).

  2. Tahap II. Lulus Tes yang meliputi :

    a. Wawancara b. Motivational Letter c. Outline Penelitian d. Publikasi Ilmiah

  3. Lokasi Perkuliahan : Salemba

  4. Waktu Perkuliahan : 08.00 s/d 17.00 WIB

  5. Informasi dapat menghubungi program di no. Telpon: 021-3156941/3904722.
Ilmu Politik
  1. Persyaratan :

    1). Mendaftar Secara Online 2). Mengunggah Dokumen di Akun Pendaftaran Online a. pas photo berwarna ukuran 4x6 b. fotocopy ijazah S2 yang telah dilegalisir (untuk lulusan perguruan tinggi luar negeri ijazah harus disahkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) c. fotocopy transkrip S2 yang telah dilegalisir d. surat rekomendasi dari 2 (dua) orang yang minimal bergelar Doktor / S3 3). Mengikuti Ujian TPA dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia. 4). Mengirim dokumen tersebut ke Sekretariat Program Pascasarjana Ilmu Politik secara langsung atau melalui pos / jasa ekspedisi setelah nilai memenuhi syarat (eligible) dan akan dihubungi oleh sekretariat a. daftar riwayat hidup (CV) b. dokumen MoU atau kerjasama institusi asal dengan Universitas Indonesia (jika ada) c. surat izin dari pimpinan bagi calon mahasiswa dari instansi pemerintahan d. fotocopy tesis S2 e. proposal penelitian minimal 20 halaman dan dicopy sebanyak 6 (enam) eksemplar dengan format :

    • Judul
    • Latar Belakang
    • Permasalahan dan pertanyaan penelitian
    • Metode Penelitian
    • Kerangka Teori
    • Sistematika penulisan (pembabakan dalam pembahasan) 5). Mengikuti Ujian Kekhususan (essay), proposal penelitian, dan wawancara (jadwal menyusul)
  2. Lokasi Perkuliahan : Kampus UI Depok

  3. Waktu Perkuliahan : Reguler Pagi sampai dengan Malam

  4. Informasi lebih jelas dapat diperoleh melalui website : www.pascapol.fisip.ui.ac.id atau menghubungi sekretariat di nomor telp. 021-788846648, fax. 021-7863102, atau email dengan alamat : pascapolfisip@gmail.com.
Kriminologi

Sesuai Syarat di dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Indonesia, Nomor : 1727/SK/R/UI/2018, tentang Penyelenggaraan Program Doktor

  1. Mendapatkan surat rekomendasi dari 2 (dua) orang yang minimal bergelar doktor (S3)
  2. Menyerahkan Proposal di Sekretariat Departemen Kriminologi Gedung Nusantara I Lantai 2
  3. Mengikuti Ujian Kekhususan / Wawancara
  4. Tanggal Ujian Kekhususan hanya dilakukan untuk Calon Mahasiswa Program Doktor, waktu akan dihubungi melalui kontak personal.
  5. Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Minimal 3.25
  6. Nilai TOEFL 500 / IELST Minimum 6
  7. Nilai TPA Universitas Indonesia Nilai Minimum 550

Melengkapi Pendaftaran dan Persyaratan Online Dengan Mengupload Dokumen-Dokumen sesuai dengan ketentuan yang tertera dalam https://penerimaan.ui.ac.id.

Lokasi Perkuliahan : Departemen Kriminologi FISIP UI Gedung Nusantara I Lantai 2 dan Lantai 3 Kampus UI Depok

Jam perkuliahan : Jumat, 15.30 s/d 21.30 WIB Sabtu, 08.00 s/d 16.30 WIB

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Program di no. Telpon: 021 7271574

Sosiologi

A. Persyaratan Program Doktor Kuliah dan Riset

  1. Lulus S2 Bidang Ilmu Sosial/Humaniora dari Universitas dalam atau luar negeri (ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapatkan penyetaraan dari DIKTI). Atau lulus S2 semua bidang dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun dalam bidang ilmu sosial/humaniora
  2. IPK minimal 3.0 (dari rentang 0.0 - 4.0)
  3. Lulus Ujian Tertulis Tingkat Universitas
  4. Lulus Ujian Kekhususan / Wawancara di Tingkat Program Studi
  5. Bagi yang dinyatakan lulus dengan wajib matrikulasi, mengikuti matrikulasi selama 2 semester dan lulus mata kuliah matrikulasi dengan nilai minimal B
  6. Proposal menjadi dasar untuk ujian wawancara
  7. Lokasi Perkuliahan : Kampus UI Depok
  8. Waktu Perkuliahan : Jam 08.00 s/d 16.30 untuk Mata Kuliah Pilihan Jam 17.00 s/d 21.00 untuk Kuliah Matrikulasi
  9. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Program Pascasarjana dengan nomor telepon 021.78849024 atau 021.78849023 atau melalui email : doktoral.sosio@gmail.com.

B. Persyaratan Program Doktor Jalur Riset (S3 by Research)

  1. Lulus S2 Bidang Ilmu Sosial/Humaniora dari Universitas dalam atau luar negeri (ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapatkan penyetaraan dari DIKTI). Atau lulus S2 semua bidang dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun dalam bidang ilmu sosial/humaniora.
  2. Indeks Penilaian Kumulatif (IPK) S2 minimum 3.00 (rentang 0-4)
  3. Memiliki Nilai TOEFL (skor minimum 500) atau IELTS (skor minimum 6) atau lulus ujian Bahasa Inggris yang diadakan Universitas Indonesia.
  4. Lulus Ujian Tertulis Tingkat Universitas
  5. Lulus wawancara dan penilaian rencana riset/pra proposal oleh Program Pascasarjana Sosiologi.
  6. Calon mahasiswa minimal telah memiliki 2 (dua) publikasi ilmiah,yaitu berupa 2 (dua) Jurnal Ilmiah nasional terakreditasi atau 1 (satu) jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan 1 (satu) jurnal Ilmiah Internasional.
  7. Ketersediaan dan kesediaan dari calon promotor yang relevan dengan minat calon mahasiswa untuk informasi hal ini, calon mahasiswa dapat menghubungi Program Pascasarjana Sosiologi
  8. Bagi yang dinyatakan lulus dengan wajib matrikulasi, mengikuti matrikulasi selama 2 semester dan lulus mata kuliah matrikulasi dengan nilai B+
Ilmu Administrasi

Persyaratan calon mahasiswa baru Program Doktor Fakultas Ilmu Administrasi adalah:

  1. Penyandang gelar S2 berbagai disiplin ilmu (Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI).
  2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang diperoleh dijenjang pendidikan sebelumnya minimum 3.00 (dalam rentang 0 - 4.0)
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas Indonesia, yaitu mendaftar secara online dan melengkapi berkas pendaftaran melalui http://penerimaan.ai.ac.id dan kemudian dinyatakan lulus ujian saringan TPA dan Bahasa Inggris.
  4. Mengumpulkan proposal terkait rencana riset yang akan dilakukan sebanyak 15-20 halaman (7 rangkap) ke Sekretariat Program paling lambat dua hari sebelum Ujian TPA dan Bahasa Inggris.
  5. Bagi peserta lulus Test TPA dan Bahasa Inggris akan dihubungi untuk test wawancara.

Lokasi perkuliahan Kampus UI Pegangsaan Timur Cikini (Gedung Mochtar, Lt.3, Jl. Pegangsaan Timur No. 16. Jakarta)

Hari/Jam Perkuliahan: Untuk Kelas Doktor perkuliahan dumulai pukul 13.00-18.00 WIB hari rabu dan kamis

Kelas: Untuk program doktor adalah kelas reguler

Tanggal Ujian Wawancara : hari Jumat, 31 Juli 2020

Kesehatan Masyarakat
Epidemiologi
  1. Memenuhi persyaratan UI (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)

  2. Calon mahasiswa memiliki gelar magister dari program studi yang terakreditasi BAN PT/LAM PTKes

  3. Ujian untuk S3 Epidemiologi akan dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap yaitu: 1) Tahap 1: Ujian Tulis (SIMAK UI) 2) Tahap 2: Presentasi Pra Proposal dan Wawancara (dalam masa pandemi Covid-19 ujian akan dilaksanakan daring dengan aplikasi Zoom)

  4. Peserta yang mengikuti seleksi Tahap 2 adalah peserta yang telah lulus Ujian Tahap 1. Untuk mengikuti seleksi Tahap 2 peserta harus mempersiapkan Pra Proposal Penelitian dan bahan yang akan dipresentasikan dalam bentuk MS Power Point (PPT) dengan ketentuan sebagai berikut:

1) Pra Proposal Penelitian maksimum 1000 kata terdiri dari: a. Judul Penelitian b. Latar Belakang Masalah c. Tujuan Penelitian d. Metode Penelitian: a) Disain penelitian b) Populasi dan sampel c) Metode pengumpulan data d) Rencana analisis data e) Keterbaruan (novelty)

2) Bahan presentasi (PPT) dibuat dengan jumlah maksimum 25 slide dengan alokasi waktu presentasi 10-15 menit.

  1. Peserta yang lulus Uian Tahap 1 akan diumumkan melalui www.fkm.ui.ac.id dengan perkiraan waktu pengumuman 7 hari setelah Ujian Tahap 1. Mohon setiap peserta dapat memantau web tersebut.
Ilmu Kesehatan Masyarakat
  1. Memenuhi persyaratan UI (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)

  2. Calon mahasiswa memiliki gelar magister dari program studi yang terakreditasi BAN PT/LAM-PTKes

  3. Ujian untuk S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat akan dilaksanakan dalam 2 (dua) tahap yaitu 1) Tahap 1: Ujian Tulis (SIMAK UI) 2) Tahap 2: Ujian Presentasi dan Wawancara (dalam masa pandemi Covid-19 ujian akan dilaksanakan daring menggunakan aplikasi Zoom)

  4. Peserta yang mengikuti Ujian Tahap 2 adalah peserta yang telah lulus Ujian Tahap 1. Untuk mengikuti Ujian Tahap 2 peserta harus mempersiapkan Extended Abstract Rencana Penelitian dan bahan yang akan dipresentasikan dalam bentuk MS Power Point (PPT) dengan ketentuan sebagai berikut:

1) Extended Abstract Rencana Penelitian maksimum 1000 kata terdiri dari: a. Judul Penelitian b. Latar Belakang Masalah c. Tujuan Penelitian d. Metode Penelitian: a) Disain penelitian b) Populasi dan sampel c) Metode pengumpulan data d) Rencana analisis data e) Keterbaruan (novelty)

2) Bahan presentasi (PPT) dibuat dengan jumlah maksimum 25 slide dengan alokasi waktu presentasi 10-15 menit.

  1. Peserta yang lulus Uian Tahap 1 akan diumumkan melalui www.fkm.ui.ac.id dengan perkiraan waktu pengumuman 7 hari setelah Ujian Tahap 1. Mohon setiap peserta dapat memantau web tersebut.

  2. Peserta yang lulus Ujian Tahap 1 akan diundang untuk mengikuti briefing daring dengan menggunakan aplikasi Zoom.

  3. Program Studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat UI membuka 2 kelas yaitu Kelas Regular dan Kelas Riset. Peserta yang lulus dalam tahap 1 dapat mengajukan pemilihan kelas dalam form yang akan disediakan pada www.fkm.ui.ac.id saat pengumuman kelulusan Ujian Tahap 1. Bagi peserta yang memilih Kelas Riset harus melampirkan persyaratan tambahan (dilampirkan berbarengan dengan Extended Abstract dan PPT) yaitu: a. Mempunyai pengalaman melaksanakan penelitian dan menjadi peneliti utama. Bukti berupa scan cover abstrak/ringkasan. b. Pernah mempublikasikan penelitiannya pada jurnal ilmiah minimal 1 sebagai penulis utama. Bukti berupa link ke jurnal ilmiah.
Ilmu Komputer
Ilmu Komputer

Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar ke program DIK:

  1. Memiliki ijazah Magister (S2) pada latar belakang sebidang (ilmu komputer/informatika, sistem informasi, teknik komputer) atau yang terkait dengan topik riset yang diusulkan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 (pada skala 4.00). Untuk pendaftar yang latar belakang pendidikan (S1 dan S2) tidak sebidang, harus mengikuti program matrikulasi terlebih dahulu selama satu atau dua semester (ditentukan oleh tim seleksi pada saat wawancara).

  2. Calon mahasiswa sudah harus mendapatkan pernyataan tertulis kesediaan calon pembimbing (gunakan template terlampir) dari seorang dosen tetap Fasilkom UI yang telah bergelar S3. Dalam rangka memberikan persetujuan ini, dosen yang bersangkutan dapat saja memberikan tugas mandiri untuk menguji kesesuian dan kelayakan potensi riset calon mahasiswa, misalnya membuat rangkuman paper ilmiah, atau mempresentasikan suatu topik tertentu. Calon mahasiswa perlu menghubungi calon pembimbing jauh-jauh hari sebelum batas pendaftaran. Daftar dosen yang dapat membimbing mahasiswa DIK terlampir pada dokumen ini. Informasi lebih rinci dari masing-masing dosen bisa juga dilihat di https://www.cs.ui.ac.id/index.php/doktor-ilmu-komputer.html. Informasi mengenai lab riset di Fasilkom UI dapat dilihat di Menu Penelitian pada http://www.cs.ui.ac.id/

Tanggal Penting: Penerimaan UI 2020 Gelombang II

Pendaftaran online: 19 Juni - 19 Juli 2020

Ujian tertulis Dasar Bidang Ilmu Komputasi: 25 Juli 2020 (Online/Daring)

Mengirim berkas tambahan dan sebaiknya sudah diserahkan pada saat ujian bidang dalam bentuk hardcopy (ke Sekretariat Akademik, Lt. 2, Gd. B, Kampus Depok Fasilkom UI) dan softcopy (via email ke akademik@cs.ui.ac.id)

Ujian tertulis Saringan masuk UI (SIMAK UI): 26 - 30 Juli 2020 (Online/Daring)

Ujian wawancara & presentasi rencana riset (calon akan dihubungi oleh tim sekretariat Fasilkom UI): 5 - 12 Agustus 2020 (Online/Daring)

Pengumuman hasil seleksi: 15 Agustus 2020

Informasi lebih rinci dan terkini dapat dilihat pada halaman: https://www.cs.ui.ac.id/wp-content/uploads/2020/02/Informasi-DIK-2020-OK-1.pdf

Ilmu Keperawatan
Ilmu Keperawatan

Persyaratan Akademik:

  1. Memiliki ijazah Ners spesialis/Magister Keperawatan peminatan Kepemimpinan dan manajemen/ Master of Nursing/MSc in Nursing/ Master of Art in Nursing dari perguruan tinggi yang terakreditasi atau setara (ijazah asli diupload) ;
  2. Memiliki ijazah Magister Kesehatan/S2 Kesehatan dan memiliki latar belakang Ners dari perguruan tinggi yang terakreditasi, tetapi wajib mengikuti matrikulasi selama 2 (dua) semester sebelum mengikuti program pendidikan doktor;
  3. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3 (dari skala 4.00);

Persyaratan Administrasi:

  1. Mendaftar secara online;
  2. Mengunggah dokumen persyaratan akademik nomor 1 sampai dengan 3; apabila tidak mengunggah dokumen tersebut dianggap tidak memenuhi persyaratan administrasi;
  3. Mengunggah bukti akreditasi perguruan tinggi terkait persyaratan akademik nomor 1 dan 2;
  4. Menyerahkan rencana riset yang akan dilakukan dengan mengikuti format pra-proposal doktor keperawatan UI (pedoman dapat dilihat pada web : nursing.ui.ac.id );
  5. Mengisi rekam jejak, dengan mengisi formulir dengan mengunjungi web nursing.ui.ac.id , di bagian paling atas ada menu bernama Pendaftaran - S3 Rekam Jejak atau dengan link : http://tiny.cc/FormS3-RekamJejak
  6. Mengikuti ujian tulis yang diselenggarakan oleh Universitas;
  7. Mengikuti ujian pra-proposal penelitian.

    Waktu dan Tempat Perkuliahan

Tempat : Kampus UI Depok Waktu : 5 hari/minggu; jam antara 08:00 sampai dengan jam 18:00 untuk semester 1 seterusnya disesuaikan dengan sks mata kuliah

Tanggal-Tanggal Penting:

  1. Pendaftaran : 19 Juni-19 Juli 2020
  2. Penyerahan praproposal ke fakultas : 19 Juli 2020 *) (sudah diterima Panitia melalui email: academic-nursing@ui.ac.id)
  3. Pengisian rekam jejak : 19 Juni-19 Juli 2020
  4. Ujian tulis : 26 Juli 2020
  5. Ujian Pra-proposal (online/daring) : 27-28 Juli 2020

*) Pra-proposal Penelitian dikirim ke : Email : academic-nursing@ui.ac.id

Farmasi
Ilmu Farmasi

PROGRAM STUDI DOKTOR ILMU FARMASI :

  1. Lulusan Program Magister Sebidang dengan peminatan yang akan diambil di Program Studi Doktor Ilmu Farmasi Fakultas Farmasi UI (Peminatan: Biologi Farmasi, Farmakologi & Toksikologi, Farmasi Klinik, Kimia Farmasi, dan Teknologi Farmasi);
  2. IPK Program Magister minimal 3.00 (pada skala 4.00) dibuktikan dengan ijazah dan transkrip.
  3. Untuk lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Kemenristekdikti;
  4. Calon mahasiswa telah memiliki minimal 2 (dua) publikasi ilmiah sebagai penulis pertama pada jurnal nasional terakreditasi dan/atau jurnal Internasional, serta minimal salah satunya pada jurnal Internasional (khusus yang mengambil JALUR RISET);
  5. Rekomendasi dari calon promotor dari FF-UI yang memiliki kepakaran yang diminati oleh calon mahasiswa;
  6. Tes masuk terdiri dari 3 (tiga) tahap:

a. Tahap pertama Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan Universitas Indonesia, b. Tahap kedua penilaian wawancara, c. Tahap ketiga penilaian pra-proposal riset.

  1. Dokumen pra-proposal penelitian sudah dikonsultasikan dan memperoleh REKOMENDASI dari CALON PROMOTOR dari Fakultas Farmasi UI diunggah ke dalam sistem pendaftaran SIMAK dan dikirim dalam bentuk PDF ke email Prodi S3 Ilmu Farmasi prodi_S3@farmasi.ui.ac.id
  2. Apabila dokumen tidak lengkap, maka calon mahasiswa dinyatakan tidak dapat diterima pada Program Studi Doktor Ilmu Farmasi Fakultas Farmasi UI;
  3. Calon mahasiswa yang memenuhi syarat akan dihubungi oleh sekretariat Program Studi Doktor untuk mengikuti tes wawancara dan pra-proposal riset, serta membawa dokumen asli.
  4. Apabila diterima sebagai mahasiswa pada Program Studi Doktor Ilmu Farmasi Fakultas Farmasi UI, bersedia mengikuti kurikulum yang berlaku dan mengikuti tahapan-tahapannya secara tertib, bertanggung jawab dan disiplin.
  5. Bagi calon mahasiswa Progrqm Doktor yang pendidikan sebelumnya tidak sebidang dengan Program Doktor yang akan diikuti, wajib mengikuti kuliah matrikulasi ibeban SKS maksimal 12 SKS. Mahasiswa yang diperkenankan melanjutkan pendidikannya di Program Doktor harus lulus semua mata kuliah matrikulasi dalam waktu maksimal 2 (dua) semester dengan IPK matrikulasi minimal 3,00.

Dokumen pra-proposal harap dikirimkan ke:

Program Studi S3 Ilmu Farmasi Gedung J, FMIPA Kampus UI Depok. Telpon 021-7270031 prodi_S3@farmasi.ui.ac.id

Ilmu Lingkungan
Ilmu Lingkungan

A. Lulusan Magister/S2 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan/Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI atau Instansi lain yang berwenang.

B. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

C. Lulus Ujian Wawancara / Presentasi Praproposal Penelitian dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Materi : Wawancara & Presentasi Pra Proposal
  2. Tempat : R-601 Lt. IV Gd C, Jl. Salemba Raya 4 Jakarta Pusat 10430.
  3. Pra Proposal 10-15 halaman (termasuk CV pada halaman terakhir) sebanyak 4 eksemplar Dikirimkan kepada :
    • Sub-Bagian Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan (P2K) BAS, Sdr. Karwoto/Sdri. Dewi Gedung Sekolah Ilmu Lingkungan Lantai Dasar Jl. Salemba Raya 6 Jakarta Pusat 10430
    • Pendaftar diharapkan menghubungi Sub-Bagian P2K BAS telepon (021) 3929717 untuk mendapatkan Pedoman Pembuatan Pra Proposal Riset dan Jadual Wawancara serta Presentasi Praproposal.

D. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.

Kajian Stratejik dan Global
Kajian Stratejik dan Global

JALUR KULIAH DAN RISET

  1. Lulusan program S2 semua jurusan
  2. IPK S2 minimal 3,00 skala (0-4)
  3. Lulus seleksi SIMAK Universitas Indonesia (tertulis dan wawancara).
  4. Essai rencana penelitian yang akan dilakukan
  5. Menyerahkan 2 (dua) surat rekomendasi

JALUR RISET

  1. Lulusan program S2 semua jurusan
  2. IPK S2 minimal 3,00 skala (0-4)
  3. Lulus seleksi SIMAK Universitas Indonesia (tertulis dan wawancara)
  4. Proposal Riset yang akan dilakukan
  5. Memiliki pengalaman riset yang baik
  6. Menyerahkan 2 (dua) surat rekomendasi