1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Informasi Beasiswa
  4. International Students Admission
Rabu, 15 Juli 2020 12.56 WIB (WIB)

Persyaratan Pendaftaran Program Studi — Spesialis 2Jalur SIMAKPeriode 2020/2021Semester 1

Spesialis 2

Program Studi Persyaratan
Kedokteran
Anestesiologi dan Terapi Intensif

PERSYARATAN BERKAS PENERIMAAN PESERTA BARU PROGRAM PENDIDIKAN SUBSPESIALIS ANESTESIOLOGI & TERAPI INTENSIF

  1. Surat Permohonan

Calon peserta menulis Surat Permohonan untuk mengikuti Program Pendidikan Profesi Dokter Subspesialis Anestesiologi kepada Ketua Program Studi Subspesialis Anestesiologi & Terapi Intensif FKUI.

  1. Lampiran-lampiran yang diperlukan

1) Status Calon : PNS,Departemen Hankam, lembaga pendidikan swasta,Rumah Sakit Swasta, dan perseorangan, yang dinyatakan dengan bukti-bukti yang sesuai.

2) Fotokopi surat pengangkatan dari instansi induk (Departemen Kesehatan, Departemen Pendidikan, Departemen Hankam,Departemen Dalam Negeri/ Pemerintah daerah, RS Swasta, BUMN dan lain-lain).

3) Daftar penilaian Pelaksanaan Pekerjaan (DP3) tahun terakhir (bagi dokter PNS)

4) Daftar Riwayat Hidup

5) Surat Keterangan Berbadan Sehat dari RS Instansi Pemerintah

6) Surat Keterangan Bebas Narkoba

7) Fotokopi Ijasah Dokter Spesialis Anestesiologi yang telah dilegalisasi oleh Dekan FK bersangkutan

8) Salinan Angka Keberhasilan Belajar (transkrip) selama PPDS Anestesiologi di Fakultas Kedokteran

9) TOEFL minimal 500

10) Surat persetujuan/ rekomendasi/ penugasan dari atasan langsung,Peer Group,Direktur RS,Dekan FK ( untuk Staf Pengajar ).

11) Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari instansi yang berwenang atau POLRI.

12) Pasfoto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 4 (empat) lembar.

  1. Kelengkapan Lamaran Berkas lamaran terdiri atas surat permohonan, formulir lamaran yang sesuai dan lampiran-lampiran yang diperlukan (semua rangkap tiga) dikirim/diantarkan langsung oleh calon peserta ke Sekretariat tanpa melewati batas waktu yang telah ditentukan .

Alamat Sekretariat : Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif RSUPN dr. Cipto Mangunkusumo, Gedung A Medical Staf Lantai 6 Jl P. Diponegoro No. 71 Jakarta 10430. Cp. Nina Noviana HP. 081280468896 / Telp. 021 3143736

Psikotes dan Tes MMPI (info lengkap klik https://simak.ui.ac.id/k0Je4)

Tanggal Tes Psikotes dan MMPI : 19 Maret 2020

Tanggal Tes Ulang MMPI : 23 Maret 2020

Mohon bagi calon mahasiswa baru setelah melakukan registrasi/pendaftaran segera lapor diri ke program studi terkait, untuk pelaksanaan Tes Psikologi dan MMPI, dengan meyerahkan :

  1. Lembar pendaftaran SIMAK UI
  2. Fotokopi KTP

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis hanya dibuka di SIMAK tgl. 3 Februari 2020 sd 6 Maret 2020 dengan pengumuman hasil seleksi tgl. 30 Juli 2020.

Ilmu Bedah

Persyaratan Khusus Penerimaan

Peminatan Bedah Anak :

Syarat Umum :

Ketentuan Umum

  1. Penyelenggaraan Penerimaan dilakukan setiap semester

  2. Masa Studi : 4 - 8 Semester

  3. Daya Tampung : 15 Orang setiap Semester

  4. Calon Peserta Didik harus mengikuti semua tahapan seleksi penerimaan yang ditetapkan oleh Universitas dan/atau Fakultas serta Program Studi, dengan rincian sebagai berikut :

    a. Universitas dan/atau Fakultas :

            -   Melakukan Pendaftaran Online di web penerimaan.ui.ac.id
    
           -    Mengikuti Ujian SIMAK-UI
    
           -    Mengikuti Tes Psikotes dan MMPI

    b. Program Studi :

            -   Melengkapi berkas administrasi yang ditetapkan oleh Peminatan yang dipilih/dituju.  Untuk informasi tentang kelengkapan berkas administrasi setiap Peminatan, Calon Peserta Didik harap menghubungi Nomor Telepon berikut (dihari kerja, Senin - Jumat / 08.00 - 16.00 WIB) :
    
                    Bedah Anak          (021) 3910501
                    Bedah Digestif      (021) 3148705
                    Bedah Onkologi      (021) 3147293
                    Bedah Vaskular      (021) 3910487
                    Sekretariat Program Studi   081363008503
    
            -   Mengikuti Tes Ujian Tertulis
    
           -    Mengikuti Tes Wawancara

Kualifikasi Calon Peserta Didik

  1. Calon Peserta Didik berasal dari :

     a. Rumah Sakit Pendidikan/Academic Health Sytem
    
     b. Rumah Sakit Tipe A dan Tipe B (Pendidikan dan/atau non-Pendidikan)
    
     c. Rumah Sakit Pemerintah, seperti : TNI, Polri, dan/atau BUMN
    
     d. Rumah Sakit Swasta; diutamakan yang merupakan jejaring pendidikan FKUI 
  2. Warga Negara Indonesia

  3. Spesialis Bedah Umum, Anggota IKABI/KIBI

  4. Batasan Usia Maksimal 45 tahun, keculai untuk Calon Peserta Didik yang merupakan Staf Pendidik di salah satu Institusi Pendidikan

  5. Berminat pada Bidang Peminatan yang ada (Peminatan Bedah Anak, Digestif, Onkologi, dan Vaskular)

  6. Berkelakuan, beretika, dan bermoral yang baik

Syarat Berkas yang WAJIB DIUNGGAH saat pendaftaran online

  1. Scan Surat Lamaran yang ditujukan kepada Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (Tembusan : KPS Subspesialis Ilmu Bedah FKUI/RSCM)

  2. Scan Surat Izin dan/atau Pengantar untuk melanjutkan Pendidikan Subspesialis Bedah Anak/ Digestif/ Onkologi/ Vaskular dari Kepala Instansi (Direktur Rumah Sakit dan/atau Dekan Fakultas Kedokteran) dimana calon peserta didik bekerja/berasal.

  3. Scan Surat Rekomendasi dari : a. Kepala Bagian/ Atasan Langsung; b. Ketua Perkumpulan/ Organisasi Profesi (contoh : Kolegium/ Perkumpulan/ Persatuan Bedah Anak; Bedah Digestif; Bedah Onkologi; dan Bedah Vaskular) c. Sejawat di tempat bekerja; d. Sejawat lain yang memiliki kualifikasi dokter subspesialis bedah sesuai dengan peminatan yang akan dituju/dilamar.

  4. Scan Berkas Keterangan Kepegawaian : a. PNS : Scan SK PNS; b. Pegawai Tetap non PNS (PKWT Instansi; Memiliki Nomor Pegawai Tidak Tetap) :

    • Scan Surat/ Dokumen Kontrak Kerja;
    • Scan Surat Keterangan Instansi Asal yang menyatakan bahwa calon peserta didik adalah benar pegawai di instansi tersebut. Surat keterangan ditandatangani oleh Ketua Bagian/Atasan Langsung mengetahui Kepala Instansi Asal (Direktur Rumah Sakit dan/atau Dekan Fakultas Kedokteran). c. Pegawai Kontrak/ Honorer (Tidak/Belum memiliki Nomor Pegawai Tidak Tetap) :
    • Scan Surat/ Dokumen Kontrak Kerja;
    • Scan Surat Keterangan Instansi Asal yang menyatakan bahwa calon peserta didik adalah benar pegawai di instansi tersebut. Surat keterangan ditandatangani oleh Ketua Bagian/Atasan Langsung mengetahui Kepala Instansi Asal (Direktur Rumah Sakit dan/atau Dekan Fakultas Kedokteran);
      • Scan Surat Pernyataan Bermaterai (Materai 6000) yang berisi pernyataan bahwa calon peserta didik akan kembali ke Instansi asal setelah menyelesaikan pendidikan.
  5. CV/Daftar Riwayat Hidup

  6. Scan Ijazah Pendidikan Spesialis

  7. Scan Transkrip Nilai Pendidikan Spesialis

Syarat Berkas lain yang WAJIB DILENGKAPI bersamaan dengan Berkas Administrasi dari Peminatan

  1. Fotokopi Kartu BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan

  2. Surat Pernyataan Sehat Jasmani dan Rohani

  3. Surat Keterangan Bebas Narkoba

  4. Dokumen Pemeriksaan Laboratium : a. Darah Perifer Lengkap b. Foto Toraks

  5. Titer Anti HBs Protektif atau Bukti Selesai Vaksinasi untuk menunjukkan bahwa Calon Peserta Didik telah menjalani Vaksinasi Hepatitis B Lengkap

Tes dan Ujian Seleksi Kekhususan Program Studi:

Wawancara

Psikotes dan Tes MMPI (info lengkap klik https://simak.ui.ac.id/k0Je4)

Tanggal Tes Psikotes dan MMPI : 19 Maret 2020

Tanggal Tes Ulang MMPI : 23 Maret 2020

Mohon bagi calon mahasiswa baru setelah melakukan registrasi/pendaftaran segera lapor diri ke program studi terkait, untuk pelaksanaan Tes Psikologi dan MMPI, dengan meyerahkan :

  1. Lembar pendaftaran SIMAK UI
  2. Fotokopi KTP

(cp.program studi: Ibu Iit 0813-6300-8503)

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis hanya dibuka di SIMAK tgl. 3 Februari 2020 sd 6 Maret 2020 dengan pengumuman hasil seleksi tgl. 30 Juli 2020.

Ilmu Kesehatan Anak

Persyaratan Peserta Program

Ketentuan Umum

  1. Penyelenggaraan Penerimaan dilakukan setiap semester

  2. Masa Studi : 4 Semester

  3. Calon Peserta Didik harus mengikuti semua tahapan seleksi penerimaan yang ditetapkan oleh Universitas dan/atau Fakultas serta Program Studi, dengan rincian sebagai berikut :

    a.  Universitas dan/atau Fakultas :
            -   Melakukan Pendaftaran Online di web penerimaan.ui.ac.id
            -   Mengikuti Ujian SIMAK-UI
            -   Mengikuti Tes Psikotes dan MMPI

    b. Program Studi :

    • Melengkapi berkas administrasi yang ditetapkan. Untuk informasi tentang kelengkapan berkas administrasi Calon Peserta Didik harap menghubungi sekretariat Kolegium IKA pada Nomor Telepon berikut (dihari kerja, Senin s/d Jumat pukul 08.00 - 16.00 WIB) :

         Bapak Ujang                              0817877112
         Mba Indira                               085694204950
         Sekretariat Program Studi  (Gadis)       08988740085
    • Mengikuti Tes Wawancara

Seleksi Administratif

Kelengkapan administratif meliputi:

  1. Terdaftar sebagai anggota IDAI dengan melampirkan fotokopi kartu anggota

  2. a. Bagi staf di Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak

    • Minimal telah 1 tahun penuh bekerja di Divisi yang diminati
    • Disetujui oleh atasan langsung dan Direktur tempat bekerja saat ini dan dibuktikan dengan surat dari instansi tempat bekerja yang mengirimkan tugas belajar (disertai dengan alasannya) serta akan kembali bekerja setelah lulus pendidikan subspesialis IKA di instansi tersebut

      b. Bagi Dokter Spesialis Anak (staf ) di Jejaring FKUI-RSCM

      • Minimal telah 2 tahun penuh bekerja di Divisi yang diminati. Bila divisi tersebut memiliki 1 orang konsultan terkait
      • Minimal telah 3 tahun penuh bekerja di Divisi yang diminati. Bila divisi tersebut tidak memiliki konsultan terkait
    • Disetujui oleh atasan langsung dan Direktur tempat bekerja saat ini dan dibuktikan dengan surat dari instansi tempat bekerja yang mengirimkan tugas belajar (disertai dengan alasannya) serta akan kembali bekerja setelah lulus pendidikan subspesialis IKA di instansi tersebut

      c. Bagi Sp.A yang bekerja di luar Institusi Pendidikan Dokter Spesialis Anak

      • Telah 3 tahun penuh berturut-turut bekerja di institusi (tidak berpindah-pindah)
      • Disetujui oleh atasan langsung dan Direktur tempat bekerja saat ini dan dibuktikan dengan surat dari instansi tempat bekerja yang mengirimkan tugas belajar (disertai dengan alasannya) serta akan kembali bekerja setelah lulus pendidikan subspesialis IKA di instansi tersebut
  3. Bagi calon peserta program pendidikan subspesialis IKA, melampirkan surat pernyataan yang ditanda tangani di atas materai (6.000) dan diketahui oleh atasan langsung serta Direktur Intansi pengirim bahwa calon peserta program akan kembali ke instansi pengirim setelah menyelesaikan pendidikan subspesialis IKA FKUI

  4. Surat Referensi dari anggota peer group (UKK) minimal 2 orang

  5. Surat keterangan belum pernah mengikuti program pendidikan subspesialis di bidang peminatan lain dari Ketua Departemen dan Ketua UKK

  6. Daftar riwayat hidup

  7. Fotokopi ijasah dokter umum dan dokter spesialis anak yang telah dilegalisir

  8. Indeks prestasi kumulatif (IPK) Spesialis Anak sekurang-kurangnya 3.0

  9. Fotokopi transkip akademik dokter spesialis anak yang telah dilegalisir

  10. Fotokopi sertifikat kompetensi Sp.A dari Kolegium IKAI yang telah dilegalisir

  11. Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR) sebagai Sp.A dari Konsil Kedokteran Indonesia yang telah dilegalisasi

  12. Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 cm sebanyak 10 lembar

  13. Surat keterangan lulus TOEFL minimal 500 atau IELTS 5.0

  14. Surat resmi keterangan sehat fisik dan mental dari dokter yang memiliki surat izin praktik (SIP) untuk mengikuti Program Pendidikan Subspesialis IKA

  15. Diutamakan berumur kurang dari 45 tahun, kecuali ada rekomendasi khusus dari UKK, Direktur Rumah Sakit

  16. Surat lamaran menjadi peserta program Pendidikan Dokter Subspesialis IKA FKUI yang ditujukan ke Ketua Program Studi Subpsesialis IKA FKUI

Kelengkapan administratif tambahan meliputi:

  1. Melampirkan fotokopi Kartu BPJS

  2. Surat Pernyataan Sehat Jasmani dan Rohani

  3. Surat Keterangan Bebas Narkoba

  4. Dokumen Pemeriksaan Laboratorium : a. Darah Perifer Lengkap b. Foto Toraks

  5. Titer Anti HBs Protektif atau bukti selesai Vaksinasi untuk menunjukkan bahwa Calon Peserta telah menjalani Vaksinasi Hepatitis B Lengkap

Mengikuti Psikotes dan Tes MMPI (info lengkap klik https://simak.ui.ac.id/k0Je4)

Tanggal Tes Psikotes dan MMPI : 19 Maret 2020

Tanggal Tes Ulang MMPI : 23 Maret 2020

Mohon bagi calon mahasiswa baru setelah melakukan registrasi/pendaftaran segera lapor diri ke program studi terkait, untuk pelaksanaan Tes Psikologi dan MMPI, dengan meyerahkan :

  1. Lembar pendaftaran SIMAK UI
  2. Fotokopi KTP (cp.program studi: Ibu Gadis +62 898-8740-085)

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis hanya dibuka di SIMAK tgl. 3 Februari 2020 sd 6 Maret 2020 dengan pengumuman hasil seleksi tgl. 30 Juli 2020.

Ilmu Penyakit Dalam

Persyaratan Berkas:

  1. Legalisir Ijazah Spesialis

  2. Legalisir Transkrip Nilai Spesialis

  3. Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR) Dokter Spesialis

  4. Sertifikat TOEFL > 450

  5. Surat Rekomendasi dari Himpunan Ilmu Penyakit Dalam (PAPDI)

  6. Surat Izin Praktek (SIP) sebagai dokter praktek spesialis minial 6 bulan

  7. Surat Keterangan Sehat dan Tidak Buta Warna dari RS Negeri

  8. Surat referensi dari 3 nama (seminat terkait, jabatan/instansi dan umum/bebas)

  9. Surat penempatan bagi calon yang bekerja di RS pemerintah

  10. Surat penugasan belajar dari instansi pengirim disertai alasannya

  11. Surat Rekomendansi dari KIPD

Persyaratan Berkas yang wajib di-upload calon peserta:

  1. Legalisir Ijazah Spesialis

  2. Legalisir Transkrip Nilai Spesialis

  3. Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR) Dokter Spesialis

  4. Surat penugasan belajar dari instansi pengirim disertai alasannya

  5. Surat Rekomendansi dari KIPD

Lokasi Perkuliahan

Lokasi perkuliahan peserta didik di FKUI-RSCM Salemba

Jam Perkuliahan

Perkuliahan peserta didik setiap hari Senin-Jumat jam 07.30-15.30 WIB atau lebih sampai pekerjaan selesai. Kegiatan jaga malam disesuaikan dengan modul divisi masing-masing.

Mengikuti Psikotes dan MMPI sesuai info yang tertera di web SIMAK UI https://simak.ui.ac.id/k0Je4

Tanggal Tes Psikotes dan MMPI : 19 Maret 2020

Tanggal Tes Ulang MMPI : 23 Maret 2020

Mohon bagi calon mahasiswa baru setelah melakukan registrasi/pendaftaran segera lapor diri ke program studi terkait, untuk pelaksanaan Tes Psikologi dan MMPI, dengan meyerahkan :

  1. Lembar pendaftaran SIMAK UI
  2. Fotokopi KTP (cp.program studi: Ibu Fifi +62 898-8740-085)

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis hanya dibuka di SIMAK tgl. 3 Februari 2020 sd 6 Maret 2020 dengan pengumuman hasil seleksi tgl. 30 Juli 2020.

Kedokteran Jiwa

Persyaratan administrasi dan akademis (sesuai ketentuan PS PPDS-II KJ) yang harus dipenuhi adalah:

  1. Mengajukan surat lamaran.

  2. Mengisi formulir pendaftaran dan menyertakan

    lampiran berupa :

    a Fotocopi ijazah dokter.

    b Fotocopi ijazah Dokter Sp.KJ yang telah dilegalisasi

    c Fotocopi transkripsi nilai akademik yang telah dilegalisasi.

    d Daftar riwayat hidup (curriculum vitae).

    e Surat SK PNS atau Pegawai Daerah atau Pegawai Tetap Universitas

    f Surat ijin dari atasan (tempat institusi calon bekerja).

    g Surat keterangan sehat fisik dan mental dari dokter spesialis di RS pemerintah.

    h Sertifikat ujian TOEFL, surat keterangan nilai TOEFL minimal 500 atau IELTS minimal 6.

    i Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 = 6 lembar.

    j Materai Rp 6.000,- = 4 lembar.

    k Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR) dari KKI serta bersedia mengurus STR untuk bekerja di RSCM selama masa pendidikan

    l Satu STR diserahkan ke RSCM

Psikotes dan Tes MMPI (info lengkap klik https://simak.ui.ac.id/k0Je4)

Tanggal Tes Psikotes dan MMPI : 19 Maret 2020

Tanggal Tes Ulang MMPI : 23 Maret 2020

Mohon bagi calon mahasiswa baru setelah melakukan registrasi/pendaftaran segera lapor diri ke program studi terkait, untuk pelaksanaan Tes Psikologi dan MMPI, dengan meyerahkan :

  1. Lembar pendaftaran SIMAK UI
  2. Fotokopi KTP

(cp.program studi: Ibu Ardhinii 0857-8407-3233)

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis hanya dibuka di SIMAK tgl. 3 Februari 2020 sd 6 Maret 2020 dengan pengumuman hasil seleksi tgl. 30 Juli 2020.

Obstetri dan Ginekologi

A. Batasan usia : Maksimal 45 tahun

B. Indeks prestasi kumulatif (IPK) profesi =/> 2,75

C. Nilai TOEFL (ujian internal) LIA / LBI UI =/> 500

D. Surat keterangan sehat dari RS Pemerintah.

E. Calon Peserta hanya boleh melamar 2 (dua) kali di program studi yang sama.

F. Persyaratan khusus lainnya ditentukan oleh program studi.

Psikotes dan Tes MMPI (info lengkap klik https://simak.ui.ac.id/k0Je4)

Tanggal Tes Psikotes dan MMPI : 19 Maret 2020

Tanggal Tes Ulang MMPI : 23 Maret 2020

Mohon bagi calon mahasiswa baru setelah melakukan registrasi/pendaftaran segera lapor diri ke program studi terkait, untuk pelaksanaan Tes Psikologi dan MMPI, dengan meyerahkan :

  1. Lembar pendaftaran SIMAK UI
  2. Fotokopi KTP

(cp.program studi: Ibu Murni 0857-8091-5940)

Pendaftaran Program Pendidikan Dokter Subspesialis hanya dibuka di SIMAK tgl. 3 Februari 2020 sd 6 Maret 2020 dengan pengumuman hasil seleksi tgl. 30 Juli 2020.