1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Informasi Beasiswa
  4. International Students Admission
Minggu, 22 Juli 2018 13.59 WIB (WIB)

Persyaratan Pendaftaran Program Studi — S3Jalur SIMAKPeriode 2018/2019Semester 1

S3

Program Studi Persyaratan
KEDOKTERAN
Ilmu Biomedik
  • Sarjana S2 Ilmu Biomedik atau bidang lain yang berkaitan dengan ilmu Biomedik dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri yang terakreditasi/diakui Kemenristek Dikti.

  • Lokasi Perkuliahan : Kampus UI Salemba

  • Jadwal Perkuliahan : Setiap hari, jam 08.00-14.00 WIB

  • Test Wawancara diinformasikan setelah pengumuman hasil ujian TPA dan Bahasa Inggris

infomasi lebih lanjut: 021 31900908

Ilmu Gizi

A. Memiliki ijazah S-2 dari dalam dan luar negeri yang diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk calon mahasiswa WNI yang mempunyai ijazah dari Universitas di luar negeri.

Catatan:

  1. Bagi calon mahasiswa Program Studi Doktor Ilmu Gizi (PS DIG) dengan ijazah S2 yang telah memiliki ijazah S2 Ilmu Gizi atau Ilmu Kesehatan, namun telah lebih dari 5 (lima) tahun, maka diharuskan mengikuti matrikulasi, meliputi mata kuliah Penilaian Status Gizi dan Epidemiologi Gizi, yang dapat diambil pada Program Studi S2 Ilmu Gizi FKUI,

  2. Bagi calon mahasiswa (PS DIG) dengan ijazah S2 yang bukan berasal dari disiplin Ilmu Gizi atau Ilmu Kesehatan maka diharuskan mengikuti matrikulasi meliputi mata kuliah Ilmu Gizi Dasar, Penilaian Status Gizi dan Epidemiologi Gizi, Nutrition and Disease yang dapat diambil pada Program Studi S2 Ilmu Gizi FKUI

  3. Standar nilai untuk masing-masing mata kuliah matrikulasi tersebut adalah B (3,0) yang dibuktikan melalui transkrip akademik atau sertifikat atau surat keterangan dari Penanggung Jawab mata kuliah.

  4. Adapun kuliah matrikulasi tersebut dilakukan setelah mahasiswa diterima sebagai calon mahasiswa S3 Ilmu Gizi

  5. Biaya kuliah matrikulasi sudah termasuk biaya Pendidikan Program Doktor Ilmu Gizi.

B. Telah lulus TPA dengan nilai 550

C. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan kemampuan Tes TOEFL =/> 550 atau IELTS =/> 6 atau lulus ujian bahasa Inggris yang diadakan Universitas Indonesia.

D. Memiliki IPK dari jenjang pendidikan sebelumnya minimum 3.00 (dari rentang IPK 0 - 4)

E. Penilaian wawancara terkait dengan kesiapan mengikuti Program Studi S3 Ilmu Gizi, dilakukan setelah memenuhi prosedur standar penerimaan di UI.

F. Membawa 2 (dua) buah surat rekomendasi dari supervisor/atasan atau pembimbing pada studi sebelumnya.

G. Mengumpulkan draft proposal singkat (maksimum 10 halaman) dari topik yang diminati yang telah lolos telaah awal.

H. Ketersediaan promotor di FKUI, terutama dari dosen homebase PS DIG yang memenuhi syarat dan memiliki kepakaran yang diminati oleh calon mahasiswa.

Informasi lokasi kuliah : Kampus UI, Jln. Salemba Raya No. 6, Jakarta Pusat

Waktu kuliah : Senin - Jumat, 08.00-16.00

Tanggal ujian wawancara di Program Studi Doktor Ilmu Gizi FKUI akan diinformasikan kemudian dan informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat Program Studi Doktor Ilmu Gizi FKUI : 021-31907658 atau 021-3927246, email : s2s3gizi.fkui@gmail.com. (http://fk.ui.ac.id/departemen-ilmu-gizi.html)

Ilmu Kedokteran

Persyaratan :

A. Lulus ujian TPA

B. Lulus ujian TOEFL

C. Melengkapi dan menyerahkan berkas untuk ujian wawancara ke Sekretariat Program Studi S3 Ilmu Kedokteran sebelum ujian TPA dan ujian TOEFL berupa:

  1. Kartu Ujian Peserta

  2. Ijazah Spesialis/Magister (legalisir)

  3. Transkrip Nilai Spesialis/Magister (legalisir)

  4. Surat Rekomendasi

  5. Sinopsis Rencana Penelitian (minimal 2 lembar dan maksimal 3 lembar) dengan isi sebagai berikut:

    • Judul Penelitian
    • Latar Belakang
    • Rumusan Masalah
    • Pertanyaan Penelitian

D. Lulus ujian wawancara

Lokasi Perkuliahan :

  • Kuliah Program Dasar : Ruang Kimia 3, Salemba 4
  • Bimbingan dan Ujian:
    1. Gedung IMERI (Indonesian Medical Education and Research Institute) Lantai 11
    2. Sekretariat Program Studi S3 Ilmu Kedokteran Salemba 4
    3. Gedung IASTH Lantai 5, Salemba 4

Tanggal Wawancara Ujian wawancara akan dilaksanakan setelah calon mahasiswa baru mengikuti ujian TPA dan ujian TOEFL (tanggal akan diinformasikan kepada calon mahasiswa baru oleh Program Studi S3 Ilmu Kedokteran)

Untuk informasi lebih lanjut dapat pula mengunjungi website S3 Ilmu Kedokteran FKUI di: s3ilmukedokteran.fk.ui.ac.id

KEDOKTERAN GIGI
Ilmu Kedokteran Gigi
  • Lulusan Magister/Spesialis Ilmu Kedokteran Gigi
  • IPK min 3.00
  • Sudah mempunyai Pra Usulan Penelitian
  • Memenuhi Persyaratan yang telah ditetapkan oleh Universitas Indonesia (ujian TPA & Bahasa Inggris)
  • Lulus TPA & Bahasa Inggris
  • Lulus Tes Wawancara
  • Memiliki Asuransi Kesehatan

Dokumen fisik yang harus dikirim:

  • Print out pendaftaran online yang sudah ditandatangani
  • Foto copy ijazah Magister/Spesialis Ilmu Kedokteran Gigi yang dilegalisir
  • Transkrip Akademik Magister/Spesialis yang dilegalisir
  • Identitas diri (KTP/ SIM)
  • 1 lbr foto berwarna 4 x 6 (3 bulan terakhir)
  • Pra Usulan Penelitian Masukan kedalam map warna hijau, dikirim ke Bagian Administrasi Pendidikan FKGUI Jl. Salemba Raya No.4 Gd. A Lt. 2Jakarta Pusat 10430
MATEMATIKA & ILMU PENGETAHUAN ALAM
Biologi

A. Lulusan S2 Biologi, Kehutanan, Pertanian, Peternakan, Perikanan, Kedokteran Hewan dan Pendidikan Biologi

B. Berkemampuan berbicara dan menulis dalam Bahasa Inggris

C. IPK minimal 2,75

D. Melengkapi pendaftaran dan persyaratan online

E. lulus seleksi masuk yang terdiri dari TPA dan Bahasa Inggris.

Untuk lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional

Ilmu Bahan-bahan

A. Lulusan S2 Bidang Teknik Material, Sipil, Elektro, Mesin, Industri, Metalurgi, Kelautan, Pertambangan Kimia, Perminyakan, Fisika Teknik, Aeronotika, Geologi dan Geofisika, Ilmu Fisika, Ilmu Kimia,Teknik Pertanian, Farmasi dan Biologi

B. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

C. Melengkapi pendaftaran dan persyaratan online

Untuk lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional

Lokasi perkuliahan Kampus UI Depok, Senin - Jumat (08.00 - 17.00) Masa studi normal: 6 semester

Ilmu Bahan-bahan/Material

A. Lulusan S2 Bidang Teknik Material, Sipil, Elektro, Mesin, Industri, Metalurgi, Kelautan, Pertambangan Kimia, Perminyakan, Fisika Teknik, Aeronotika, Geologi dan Geofisika, Ilmu Fisika, Ilmu Kimia,Teknik Pertanian, Farmasi dan Biologi

B. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

C. Melengkapi pendaftaran dan persyaratan online

Untuk lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional

Lokasi perkuliahan Kampus UI Depok, Senin - Jumat (08.00 - 17.00) Masa studi normal: 6 semester

Ilmu Fisika

Persyaratan Akademik

Jalur Kuliah dan Riset

  1. Lulusan program S2 yang Relevan (Lulusan S1 dan S2 tidak sebidang harus mengikuti matrikulasi)
  2. IPK minimal 3,00 skala (0-4)
  3. Nilai TOEFL =/> 500 atau IELTS =/> 6
  4. Nilai TPA UI =/> 550
  5. Proposal Riset yang akan dilakukan
  6. Memiliki calon promotor
  7. Lulus seleksi simak Universitas Indonesia (tertulis dan wawancara)

    Jalur Riset

  8. Lulusan program S2 yang Relevan (Lulusan S2 tidak sebidang harus mengikuti matrikulasi)
  9. IPK minimal 3,0 skala (0-4)
  10. Nilai TOEFL =/> 500 atau IELTS =/> 6
  11. Nilai TPA UI =/> 550
  12. Memiliki minimal dua publikasi ilmiah
  13. Surat rekomendasi dosen tetap Universitas Indonesia di Program S3 Fisika yang menyatakan bersedia menjadi pembimbing
  14. Proposal Riset yang akan dilakukan
  15. Memiliki calon promotor
  16. Lulus seleksi simak Universitas Indonesia (tertulis dan wawancara)

Persyaratan administrasi

  1. CV lengkap yang memperlihatkan track record terkait dengan arah riset;
  2. Fotokopi Tesis Magister atau final project report;
  3. Pernyataan keabsahan dokumen pendaftaran;
  4. Surat keterangan kesehatan;
  5. Surat izin belajar atasan bagi yang sudah bekerja;
  6. Surat rekomendasi dari tiga mantan dosen pembimbing atau atasan mengenai kemampuan akademik;
  7. Surat pernyataan kesanggupan untuk memenuhi kewajiban pembiayaan kuliah atau pernyataan beasiswa bila mendapatkan beasiswa dari institusi;
  8. Surat kesediaan Calon Promotor dan/atau Calon Ko-promotor;
  9. Tiga buah foto berwarna ukuran 4 x 6;
  10. Surat keterangan penunjang seperti: motivasi dan komitmen, pengalaman penelitian atau kerja yang berkaitan dengan bidang ilmu yang akan diteliti, tiga surat rekomendasi, reputasi dan penghargaan yang pernah diterimanya;
  11. Proposal Penelitian
  12. Print out 2 (dua) publikasi ilmiah (khusus jalur riset)

Salinan berkas persyaratan administrasi harus dibawa pada saat wawancara.

Waktu dan Tempat Wawancara: Wawancara yang dilaksanakan paling lambat lima hari kerja setelah hari ujian diDepartemen Fisika, Kampus Universitas Indonesia, Depok 16424 Telp: 021-7872609-10, 7270160, Fax: 786 3441, 78849007

Biaya Kuliah:

  1. Biaya Operasional Pendidikan (BOP) Rp. 12.500.000,00 per semester
  2. Dana Pengembangan (Uang Pangkal) Rp. 15.000.000,00 di semester pertama

Tempat Perkuliahan: Perkuliahan dilaksanakan di Kampus UI Salemba Jakarta dan Kampus UI Depok.

Ketentuan:

  • Bila seorang peserta membuat pernyatan yang tidak benar atau menyembunyikan sesuatu fakta pada waktu mengajukan permohonan/pendaftaran, maka proses penerimaannya dapat dibatalkan.
  • Bila kepalsuan ini diketahui setelah peserta mengikuti kegiatan akademik, Program Pascasarjana Universitas Indonesia berhak mengeluarkan peserta dari pendidikan dan yang bersangkutan tidak dapat mendaftar/diterima kembali.

INFORMASI LEBIH LANJUT

PASCA SARJANA FISIKA UNVERSITAS INDONESIA Jl. Salemba Raya No. 4, jakarta 10430 Telp.3907694, 3927554, 3928339 Fax. 3928339 Email : doktorfisika@sci.ui.ac.id atau Departemen Fisika, Kampus Universitas Indonesia, Depok 16424 Telp: 021-7872609-10, 7270160, Fax: 786 3441, 78849007

Ilmu Kimia

A. Lulusan S2 bidang/setara dari Jurusan Kimia, Farmasi, Teknik Kimia dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta dari dalam/Luar Negeri,

B. Memiliki IPK >2,75,

C. Melengkapi pendaftaran dan persyaratan online

D. Lulus Ujian saringan masuk (TPA dan bahasa Inggris) serta Ujian Pra Proposal.

Untuk lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional

TEKNIK
Arsitektur

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Arsitektur (M.Ars) atau Magister Teknik (MT) bidang Arsitektur baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhi
Teknik Elektro

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik dari Teknik Elektro dan Teknik Komputer (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhi
Teknik Industri

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan.

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhi
Teknik Kimia

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhi
Teknik Mesin

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan dilakukan di Departemen Teknik Mesin FTUI

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhi
Teknik Metalurgi & Material

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Sipil

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan dilakukan di Departemen Teknik Sipil FTUI

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhi
HUKUM
Ilmu Hukum
  1. Lulusan program Strata 1 (S-1) Sarjana Hukum dan program Strata 2 (S-2) dengan akreditasi minimal A. Apabila salah satu jenjang pendidikan ditempuh di universitas di luar negeri, wajib menyerahkan ijazah yang telah dilegalisir/disetarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Ristek dan Pendidikan Tinggi;
  2. Lulus ujian saringan masuk yang terdiri dari Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris;
  3. Memiliki IPK yang diperoleh dalam Program Magister minimal 3.00 (tiga koma nol nol);
  4. Menyerahkan rekomendasi dari 2 (dua) orang Guru Besar yang berkaitan dengan topik proposal riset disertasi;
  5. Menyerahkan 2 (dua) karya tulis yang telah dipublikasikan dalam waktu 2 (dua) tahun sebelum pendaftaran Program Doktor;
  6. Menyerahkan surat iin untuk kuliah dari Dekan atau Rektor bagi dosen tetap atau atasan bagi calon yang berasal dari Instansi Pemerintah;
  7. Menyerahkan Jaminan Pembiayaan dari Instansi yang menugaskan, lembaga pemberi dana/sponsor atau salinan rekening calon yang menunjukkan bahwa tersedia dana selama masa studi;
  8. Mengisi dan memenuhi persyaratan yang terdapat pada formulir pendaftaran Program Doktor;
  9. Menyerahkan proposal riset disertasi pada saat pengembalian formulir pendaftaran. Proposal riset disertasi diserahkan langsung ke Sekretariat Program Pascasarjana FHUI, Kampus Salemba;
  10. Syarat-syarat diatas dari nomor 4 s.d 9 harus diserahkan ke Sekretariat Program Pascasarjana FHUI Salemba paling lambat sebelum pelaksanaan ujian tertulis (TPA dan Bahasa Inggris);
  11. Lulus Ujian Wawancara yang dilaksanakan setelah pelaksanaan ujian tulis (TPA dan Bahasa Inggris) oleh UI. Hanya calon mahasiswa Program Doktor (S3) FH UI yang lulus ujian tulis yang berhak mengikuti ujian wawancara. Peserta ujian wawancara akan dihubungi Sekretariat Program Pascasarjana, untuk mendapatkan informasi tentang waktu dan tempat pelaksanaan ujian wawancara;
  12. Bagi yang berlatar belakang Strata 2 (S-2) non Hukum harus mengikuti matrikulasi.
EKONOMI & BISNIS
Ilmu Manajemen

A. S-2 semua jurusan. Untuk lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional

B. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)

C. Membuat esai rencana penelitian sesuai dengan bidang yang diminati

D. Mengikuti ujian wawancara yang dilaksanakan oleh pogram studi

Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 021 7872588/89 ekst. 836/831 atau 081384660299

ILMU PENGETAHUAN BUDAYA
Ilmu Linguistik
  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 5000 kata kepada Sekretaris Program Studi Doktor Linguistik melalui email: afdoltw@yahoo.co.id, selambat-lambatnya dua hari sesudah ujian masuk atau pada 4 April 2018;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font Times New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada Ketua Program Studi Doktor Linguistik melalui email: afdoltw@yahoo.co.id, selambat-lambatnya dua hari sesudah ujian masuk atau pada 4 April 2018; .
  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris dipanggil melalui telepon untuk wawancara pada waktu yang akan ditentukan oleh Program Studi;

  5. Menyerahkan sertifikat TOEFL Institusional (Institutional TOEFL) dengan nilai minimal 550 dan masih berlaku (maksimum 2 tahun);

  6. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  7. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.
Ilmu Sejarah
  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 5000 kata kepada Sekretaris Program Studi Doktor Ilmu Sejarah melalui email: machmudi@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari sesudah ujian masuk;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font TImes New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada Ketua Program Studi Doktor Ilmu Sejarah melalui email: a_setiawan55@hotmail.com , selambat-lambatnya dua hari sesudah ujian masuk; .
  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris dipanggil melalui telepon untuk wawancara pada waktu yang akan ditentukan oleh Program Studi;

  5. Menyerahkan sertifikat TOEFL Institusional (Institutional TOEFL) dengan nilai minimal 550 dan masih berlaku (maksimum 2 tahun);

  6. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  7. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.
Ilmu Susastra (Sastra)
  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 6000 kata kepada Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Susastra melalui email: dhitahapsarani@gmail.com, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font TImes New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Susastra melalui email: dhitahapsarani@gmail.com, selambat-lambatnya dua hari sesudah ujian masuk; .
  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris dipanggil melalui telepon untuk wawancara pada waktu yang akan ditentukan oleh Program Studi;

  5. Menyerahkan sertifikat TOEFL Institusional (Institutional TOEFL) dengan nilai minimal 550 dan masih berlaku (maksimum 2 tahun);

  6. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  7. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.
PSIKOLOGI
Psikologi
  1. Pendaftar adalah Sarjana S2 dengan IPK minimal 3.25
  2. Pendaftar adalah lulusan prodi S-1 dan S-2 dari semua program studi, dengan salah satu (S-1 atau S-2) harus berlatar belakang Psikologi
  3. Berasal dari Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi
  4. Ijazah dari Perguruan Tinggi Swasta harus dengan ijazah yang telah disetarakan oleh Kopertis. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)
  5. Bagi Calon peserta Warga Negara Asing (WNA) harus memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang memadai untuk mengikuti program Doktor serta mendapat izin belajar dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Kemampuan Bahasa Indonesia dinyatakan dengan menyerahkan sertifikat kursus Bahasa Indonesia
  6. Bersedia mengikuti kegiatan akademik penuh waktu. Bagi pendaftar yang telah bekerja, memiliki surat tugas belajar dari Instansi/Perusahaan. Surat Tugas belajar harap diunggah bersama dengan persyaratan ijazah
  7. Tes masuk terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris dan tahap kedua adalah ujian lisan pra-proposal disertasi dan wawancara
  8. Pendaftar yang lulus seleksi tahap pertama akan diumumkan melalui situs Fakultas Psikologi UI: http://www.psikologi.ui.ac.id
  9. Daftar nama peserta lolos seleksi tahap I (SIMAK gel 1) akan diumumkan melalui situs Fakultas Psikologi UI sekitar tanggal 31 Mei 2018
  10. Agar dapat mengikuti seleksi tahap kedua, segera setelah dinyatakan lulus pada tahap pertama pendaftar menyerahkan : a. Pra-proposal disertasi (maksimal 10 halaman) yang memuat Judul, Pendahuluan (latar belakang permasalahan, kebaruan, tujuan dan manfaat penelitian), Tinjauan kepustakaan, Hipotesis (bila ada), Metode Penelitian, Daftar pustaka b. Karya ilmiah yang dihasilkan selama 5 tahun terakhir (Judul, Daftar Isi, Pendahuluan), terutama yang berhubungan dengan bidang ilmu yang sedang/akan ditekuni.
ILMU SOSIAL & ILMU POLITIK
Antropologi

(1) Penyandang gelar Magister berbagai disiplin Ilmu (Ijasah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat penyetaraan dari Dikti). (2) Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) (3) Sebagai kelengkapan wawancara, pendaftar wajib menyerahkan Statement of Intent (SOI) sesuai format yang telah ditetapkan. Unduh format di http://simak.ui.ac.id/XMPwA Pengumpulan SOI dikirim langsung ke Sekretariat Program Pascasarjana Antropologi FISIP UI, Ged.B lantai 1, Kampus Depok atau melalui email pascant@gmail.com selambatnya 27 Maret 2017.

Ujian kekhususan/Wawancara akan diinformasikan kemudian setelah ujian tulis.

Lokasi perkuliahan di Kampus UI Depok

Ilmu Kesejahteraan Sosial

A. Penyandang gelar Magister berbagai disiplin Ilmu (Ijasah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat penyetaraan dari Dikti).

B. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)

C. Menyerahkan draft Proposal Disertasi dan Curiculum Vitae ke Program Studi paling lambat 4 April 2017 melalui email doktoral_kessos@ui.ac.id atau valent.geta@gmail.com

D. Lulus ujian saringan masuk serta mengikuti tes wawancara untuk draft proposal Disertasi yang akan dijadwalkan kemudian

Lokasi perkuliahan di Kampus FISIP UI Depok pada pkl.08.00 - 16.30 seminggu 4 (empat) kali tergantung dari jadwal kuliah dan dosen pengampu.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat Program Ilmu kesejahteraan Sosial di nomor Telepon: 021-7270176 dan 021-7270228

Ilmu Komunikasi

(1) Lulusan program Magister dari semua disiplin Ilmu (Ijasah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat penyetaraan dari Dikti). (2) Belum pernah dinyatakan drop out dari program Doktor di lingkungan Universitas Indonesia (3) Mendaftarkan diri dan memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) (4) Lulus seleksi ujian tulis Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan Universitas Indonesia (5) Lulus seleksi wawancara yang diselenggarakan oleh Program Doktor, Pascasarjana Departemen Ilmu Komunikasi, FISIP UI. Ujian kekhususan/Wawancara menyesuaikan dengan keluarnya hasil ujian tulis Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

Lokasi perkuliahan Gd. IASTH, Lt. 6, Kampus UI Salemba, Jl. Salemba Raya No. 4, Jakarta Pusat 10430

Waktu perkuliahan hari Senin - Jumat Sesi 1 jam 08.00 - 10.30 Sesi 2 jam 11.00 - 13.30 Sesi 3 jam 14.00 - 16.30 Hari dan jam perkuliahan tergantung mata kuliah yang diambil

Informasi dapat menghubungi program di no. Telpon: 021-3156941/3904722.

Ilmu Politik

(1) Penyandang gelar Magister berbagai disiplin Ilmu (Ijasah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat penyetaraan dari Dikti). (2) Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) (3) Mengirim dokumen ke Sekretariat Program Pascasarjana Ilmu Politik secara langsung atau melalui pos atau jasa ekspedisi paling lambat diterima pada hari terakhir pendaftaran

  • daftar riwayat hidup (CV)
  • dokumen MoU atau kerjasama institusi asal dengan UI (jika ada)
  • surat izin dari pimpinan bagi calon mahasiswa dari institusi pemerintahan
  • fotocopy tesis S2
  • proposal penelitian minimal 20 halaman dan dicopy sebanyak 7 (tujuh) eksemplar dengan format
    • Judul
    • Latar belakang
    • Permasalahan dan pertanyaan penelitian
    • Metode penelitian
    • Kerangka teori
    • Sistematika penulisan (pembabakan dalam pembahasan) (4) Mengikuti Ujian kekhususan (essay), proposal penelitian dan wawancara tgl.17-20 April 2017.

Lokasi perkuliahan Kampus UI Depok dengan waktu perkuliahan siang sampai dengan malam.

informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui website www.pascapol.fisip.ui.ac.id atau menghubungi program di no. Telpon: 021-78884648 atau melalui surat elektronik (email) dengan alamat: pascapolfisipui@gmail.com

Kriminologi

Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan). Untuk lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara oleh DIKTI.

Jadwal Ujian kekhususan/Wawancara akan dihubungi melalui kontak personal Calon Mahasiswa Program Doktor.

Lokasi Perkuliahan di kampus FISIP UI Depok

Jam perkuliahan Jumat pkl.16.30 - 21.30 WIB Sabtu pkl.08.00 - 13.00 WIB

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Program di no. Telpon: 021 7271574

Sosiologi

(1) Lulus S2 bidang Ilmu sosial/humaniora dari universitas dalam atau luar negeri (Ijasah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat penyetaraan dari Dikti). Atau lulus S2 semua bidang dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun dalam bidang ilmu sosial/humaniora. (2) IPK minimal 3.0 (dari rentang 0.0 - 4.0) (3) Lulus ujian tertulis tingkat Universitas (4) Lulus ujian kekhususan/wawancara di tingkat program studi (5) Bagi yang dinyatakan lulus dengan wajib matrikulasi, mengikuti matrikulasi selama 2 semester dan lulus mata kuliah matrikulasi dengan nilai minimal B.

Ujian kekhususan diselenggarakan tgl. 11 dan 12 April 2017. Deadline proposal riset disertasi diserahkan ke prodi pada hari Rabu, 5 April 2017. Proposal menjadi dasar untuk ujian wawancara.

Lokasi perkuliahan di Kampus FISIP UI Depok

Jam Perkuliahan 08.00-16.30 untuk kuliah wajib dan kuliah pilihan 17.00-21.00 untuk kuliah matrikulasi

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi program dinomor Telepon: 021-78849024/78849023

KESEHATAN MASYARAKAT
Epidemiologi
  1. Memenuhi persyaratan UI (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  2. Calon mahasiswa memiliki gelar magister atau dokter spesialis dari program studi yang terakreditasi BAN PT
  3. Bagi peserta yang lulus ujian tulis akan dihubungi untuk mengikuti ujian pra proposal (informasi lebih detil dapat dilihat di www.fkm.ui.ac.id)
  4. Calon mahasiswa dinyatakan diterima apabila lulus ujian tulis dan ujian wawancara tentang pra proposalnya
Ilmu Kesehatan Masyarakat
  1. Memenuhi persyaratan UI (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  2. Calon mahasiswa memiliki gelar magister dari program studi yang terakreditasi BAN PT
  3. Bagi peserta yang lulus ujian tulis akan dihubungi untuk mengikuti ujian pra proposal (informasi lebih detil dapat dilihat di www.fkm.ui.ac.id)
  4. Calon mahasiswa dinyatakan diterima apabila lulus ujian tulis dan ujian wawancara tentang pra proposalnya
ILMU KOMPUTER
Ilmu Komputer

Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar ke program DIK:

  1. Memiliki ijazah Magister (S2) pada latar belakang sebidang (ilmu komputer/informatika, sistem informasi, teknik komputer) atau yang terkait dengan topik riset yang diusulkan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 (pada skala 4.00). Untuk pendaftar yang latar belakang pendidikan (S1 dan S2) tidak sebidang, harus mengikuti program matrikulasi terlebih dahulu selama satu atau dua semester (ditentukan oleh tim seleksi pada saat wawancara).

  2. Calon mahasiswa sudah harus mendapatkan pernyataan tertulis kesediaan calon pembimbing (gunakan template terlampir) dari seorang dosen tetap Fasilkom UI yang telah bergelar S3. Dalam rangka memberikan persetujuan ini, dosen yang bersangkutan dapat saja memberikan tugas mandiri untuk menguji kesesuian dan kelayakan potensi riset calon mahasiswa, misalnya membuat rangkuman paper ilmiah, atau mempresentasikan suatu topik tertentu. Calon mahasiswa perlu menghubungi calon pembimbing jauh-jauh hari sebelum batas pendaftaran. Daftar dosen yang dapat membimbing mahasiswa DIK terlampir pada dokumen ini. Informasi lebih rinci dari masing-masing dosen bisa juga dilihat di http://www.cs.ui.ac.id/id/staf-pengajar/. Informasi mengenai lab riset di Fasilkom UI dapat dilihat di Menu Penelitian pada http://www.cs.ui.ac.id/

Tanggal Penting: Periode Tahun Akademik 2018/2019 Gelombang 1

  • Pendaftaran online: 5 Februari - 16 Maret 2018
  • Ujian tertulis Dasar Bidang Ilmu Komputasi: 24 Maret 2018 (Fasilkom UI Depok)
  • Ujian tertulis Saringan masuk UI (SIMAK UI): 25 Maret 2018 (Kampus UI Depok)
  • Penyerahan berkas tambahan: Dilakukan saat wawancara
  • Ujian wawancara & presentasi rencana riset (calon akan dihubungi oleh tim sekretariat Fasilkom UI): 2-6 April 2018 (Fasilkom UI Depok)
  • Pengumuman hasil seleksi: 23 April 2018

Periode Tahun Akademik 2018/2019 Gelombang 2

  • Pendaftaran online: 2 - 27 April 2018
  • Ujian tertulis Saringan masuk UI (SIMAK UI): 13 Mei 2018
  • Ujian tertulis Dasar Bidang Ilmu Komputasi: 26 Mei 2018 (Fasilkom UI Depok)
  • Penyerahan berkas tambahan: Dilakukan saat wawancara
  • Ujian wawancara & presentasi rencana riset (calon akan dihubungi oleh tim sekretariat Fasilkom UI): 25-29 Juni 2018 (Fasilkom UI Depok)
  • Pengumuman hasil seleksi: 6 Juli 2018

Informasi lebih rinci dan terkini dapat dilihat pada halaman: http://bit.ly/PanduanDIK2018

ILMU KEPERAWATAN
Ilmu Keperawatan

Persyaratan Akademik:

  1. Memiliki ijazah SMA IPA (ijazah asli diupload)
  2. Memiliki ijazah Ners spesialis/Magister Keperawatan Kepemimpinan dan manajemen/ Master of Nursing/MSc in Nursing/ Master of Art in Nursing dari perguruan tinggi yang terakreditasi (ijazah asli diupload) ;
  3. Memiliki ijazah Magister Kesehatan/S2 Kesehatan dan memiliki latar belakang Ners dari perguruan tinggi yang terakreditasi, tetapi wajib mengikuti matrikulasi selama 2 (dua) semester sebelum mengikuti program pendidikan doctor;
  4. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3 (dari skala 4.00);
  5. Memenuhi kriteria minimum score TPA dan Bahasa Inggris sesuai ketentuan Universitas;
  6. Memenuhi kriteria ujian pra proposal penelitian minimal 70.

Persyaratan Administrasi:

  1. Mendaftar secara online;
  2. Mengunggah dokumen persyaratan akademik nomor 1 sampai dengan 4; apabila tidak menggungah dokumen tersebut dianggap tidak memenuhi persyaratan administrasi;
  3. Mengunggah bukti akreditasi perguruan tinggi terkait persyaratan akademik nomor 2 dan 3;
  4. Menyerahkan rencana riset yang akan dilakukan dengan mengikuti format pra-proposal doktor keperawatan UI sebanyak 2 eksemplar (pedoman dapat dilihat pada web : nursing.ui.ac.id );
  5. Mengisi rekam jejak, untuk bisa mengisi formulirnya bisa langsung dengan link ini: http://tiny.cc/2i2qqy atau bisa dengan mengunjungi web nursing.ui.ac.id , di bagian paling atas ada menu bernama Formulir Calon S3 - 2018
  6. Mengikuti ujian tulis yang diselenggarakan oleh Universitas;
  7. Mengikuti ujian pra-proposal penelitian.

    Waktu dan Tempat Perkuliahan

Tempat : Kampus UI Depok dan Salemba (khusus untuk pembelajaran yang dilakukan dari dosen Fakultas Kedokteran)
Waktu : 5 hari/minggu; jam antara 09:00 sampai dengan jam 18:00 untuk semester 1 seterusnya disesuaikan dengan sks mata ajar

Tanggal-Tanggal Penting:

  1. Pendaftaran : 25 juni -- 23 Juli 2018
  2. Penyerahan praproposal ke fakultas : 23 Juli 2018 *)
  3. Penyerahan rekam jejak : 23 Juli 2018
  4. Ujian tulis : 29 Juli 2018
  5. Ujian Pra-proposal : 30 Juli 2018

*) Proposal Penelitian dikirim ke : Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Fakultas Ilmu Keperawatan-Universitas Indonesia Gedung A lantai 1 Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) Jalan Prof. dr. Bahder Djohan Kampus UI, Depok 16424

FARMASI
Farmasi

A. S2 Sebidang Farmasi, Biologi, Kimia, Kedokteran.

B. Mengunggah ijazah S2 dan S2 beserta transkipnya ke dalam sistem pendaftaran SIMAK.

C. Melengkapi pendaftaran dan persyaratan online.

D. Untuk lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional

E. Mempunyai IPK S2 >/= 3,00 dalam skala 4

F. Bukti publikasi karya ilmiah di jurnal terakreditasi, atau;

Surat pernyataan dari atasan langsung yang menyatakan bahwa pendaftar memiliki jabatan minimal setara eselon III (bagi yang sudah bekerja).

Akan diadakan wawancara terkait dengan rencana proposal penelitian yang akan dilakukan. Rencana proposal penelitian sudah dikonsultasikan dan memperoleh REKOMENDASI dari calon Promotor dari Fakultas Farmasi UI.

Rencana proposal harap dikirimkan selambat-lambatnya diterima 1 minggu sebelum tanggal wawancara ke:

Program Studi S3 Ilmu Farmasi Gedung J, FMIPA Kampus UI Depok. Telpon 021-7270031

ILMU ADMINISTRASI
Ilmu Administrasi
  1. Penyandang gelar Magister (S2) berbagai disiplin ilmu (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI)
  2. IPK yang diperoleh di jenjang sebelumnya minimum 3.00 (dalam rentang 0.00-4.00)
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas Indonesia, yaitu mendaftar secara online dan melengkapi berkas pendaftaran melalui http://penerimaan.ui.ac.id dan kemudian dinyatakan lulus ujian saringan TPA dan Bahasa Inggris).
  4. Mengumpulkan proposal terkait rencana riset yang akan dilakukan sebanyak 15-20 hamalam (7 rangkap) dan diserahkan ke sekretariat Program Pascasarjana FIA UI paling lambat dua hari sebelum Ujian TPA dan Bahasa Inggris. 5) Bagi peserta lulus TPA dan Bahasa Inggris akan dihubungi untuk tes wawancara. 6) Lokasi perkuliahan adalah di Kampus UI Salemba (Gedung Mardjono Reksodiputro - Jl. Salemba Raya No. 4 Jakarta). 7) Informasi seputar Program Studi Ilmu Administrasi dapat menghubungi Sekretariat Program di nomer telpon 021-3913606/3913607 atau fax 3921088
ILMU LINGKUNGAN
Ilmu Lingkungan

A. Lulusan Magister/S2 berbagai disiplin ilmu dari PTN/PTS dalam atau luar negeri yang TERAKREDITASI, dengan IPK minimal 3,00 (skala 4).

Bagi lulusan luar negeri harus menyertakan Penyetaraan Ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan/Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI atau Instansi lain yang berwenang.

B. Lulus Ujian Tertulis yang terdiri dari Tes Potensi Akademik/Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris.

C. Lulus Ujian Wawancara / Presentasi Praproposal Penelitian dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Materi : Wawancara & Presentasi Pra Proposal
  2. Tempat : R-601 Lt. IV Gd C, Jl. Salemba Raya 4 Jakarta Pusat 10430.
  3. Pra Proposal 10-15 halaman (termasuk CV pada halaman terakhir) sebanyak 4 eksemplar Dikirimkan kepada :
    • Sub-Bagian Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan (P2K) BAS, Sdr. Karwoto/Sdri. Dewi Gedung Sekolah Ilmu Lingkungan Lantai Dasar Jl. Salemba Raya 6 Jakarta Pusat 10430
    • Pendaftar diharapkan menghubungi Sub-Bagian P2K BAS telepon (021) 3929717 untuk mendapatkan Pedoman Pembuatan Pra Proposal Riset dan Jadual Wawancara serta Presentasi Praproposal.

D. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan dapat ditunda di semester berikutnya.