1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Informasi Beasiswa
  4. International Students Admission
Jumat, 26 April 2024 07.37 WIB (WIB)

Persyaratan Pendaftaran Program Studi — S2 Jalur SIMAK Periode 2012/2013 Semester 2

S2

Program Studi Persyaratan
Kedokteran
Ilmu Biomedik

Persyaratan penerimaan peserta didik Program Studi Magister Ilmu Biomedik FKUI:

  1. Semua peminatan dibuka untuk peserta yang memilih kelas REGULER.

  2. Peserta memilih kelas KHUSUS tidak dapat memilih peminatan. Kelas KHUSUS dibuka dengan syarat peserta yang diterima lebih dari 6 peserta per angkatan, peminatan pada kelas KHUSUS dibuka dengan syarat lebih dari 3 peserta per peminatan.

  3. Persyaratan :

    • Sarjana S1 dari Perguruan Tinggi dalam dan luar negeri yang ijazahnya diakui oleh Universitas, dengan latar belakang ilmu-ilmu hayati (Biologi, Fisika, Kimia) yang IPK nya mencapai atau di atas 3,00.
    • Khusus untuk lulusan Diploma 4 (D4): telah mendapat penyetaraan atau bersedia mengikuti kegiatan matrikulasi selama 1-2 semester.
    • Khusus untuk Warga Negara Asing: Harus mendapat izin tinggal untuk belajar dan menunjukkan keterangan dari Program BIPA Universitas Indonesia yang menyatakan bahwa peserta memiliki penguasaan Bahasa Indonesia yang baik.
  4. Khusus pendaftar jalur Riset :

    • Memiliki pengalaman riset dalam bidang ilmu biomedik.
    • Memiliki pengalaman publikasi minimal dalam jurnal nasional terakreditasi Sinta.
    • Telah memiliki pra-proposal riset yang disetujui oleh calon pembimbing. *Dokumen pendukung di atas dikirim ke email PMIB: ps.biomed2@gmail.com.
  5. Waktu Perkuliahan:

    • Kelas Reguler: Waktu kuliah Senin s/d Jumat pukul: 08.00-16.00 WIB
    • Kelas Khusus: Waktu kuliah Senin s/d Jumat pukul: 16.00-20.00 WIB & Sabtu pukul 08.00-12.00 WIB.
  6. Lokasi kuliah bertempat di PMIB FKUI Kampus Salemba.

  7. Bagi pendaftar jalur kuliah kelas regular dan khusus akan diadakan ujian prodi: Ujian tertulis dan wawancara setelah ujian SIMAK.

  8. Bagi pendaftar jalur riset akan diadakan ujian prodi: Wawancara dan presentasi pra-proposal setelah ujian SIMAK.

  9. Informasi jadwal ujian prodi akan dikirimkan melalui email peserta. Ujian program studi dilaksanakan setelah ujian SIMAK UI berlangsung (jadwal tentative).

  10. Informasi lebih lanjut perihal ujian prodi: Sekretariat PMIB FKUI (Lantai 11 Gedung IMERI, Tower B - Edukasi) dan website PMIB FKUI (biomedicine.ui.ac.id). Telp 021-31900908 atau email: ps.biomed2@gmail.com.

  11. Upload surat pernyataan tidak akan tunda kuliah apabila diterima.

  12. Upload sertifikat TOEFL/IELTS.

  13. Upload surat pernyataan izin belajar/tugas belajar dari instansi bagi calon peserta yang sudah bekerja (Format surat disesuaikan dengan kebijakan instansi peserta).

  14. Melampirkan hasil tes MMPI terbaru tahun 2024 dari lembaga/instansi terakreditasi.

*Apabila terdapat kendala upload berkas pada web penerimaan maka peserta mengirim dokumen pendukung nomor 11-14 ke email PMIB: ps.biomed2@gmail.com.

Kedokteran Kerja

Persyaratan penerimaan peserta didik Program Studi Magister Kedokteran Kerja FKUI:

  • Daftar Riwayat Hidup (Curriculum Vitae diupload berbarengan dengan ijazah atau transkrip nilai).
  • IPK dokter =/> 3.00.
  • Dokter yang diakui oleh Pemerintah RI, melampirkan Surat Tanda Registrasi (STR).
  • Ijazah dan transkrip nilai Program Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter.
  • Surat rekomendasi dari pimpinan tempat bekerja.
  • Surat resmi keterangan sehat fisik dan mental dari dokter yang memiliki surat izin praktik (SIP).
  • Surat keterangan lulus TOEFL minimal 500 (berlaku 2 tahun terakhir): Lulus tes masuk yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia, dengan nilai TPA > 500 dan Bahasa Inggris > 400.
  • Sertifikat Pelatihan Hiperkes.
  • Semua dokumen di upload bersamaan dengan Transkrip atau Ijazah.
  • Sebelum Pendaftaran terlebih dahulu menghubungi Sekretariat Program Studi mkk.fkui@gmail.com dan pjj.prodimkk@gmail.com.

Jadwal Perkuliahan: Kelas Reguler dan Khusus a. Jumat: 08.00 s.d 17.00 WIB b. Sabtu: 08.00 s.d 17.00 WIB

Lokasi Perkuliahan: d/a Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI Gedung Laboratorium Mikrobiologi FKUI Jl. Pegangsaan Timur No. 16 Jakarta Pusat (Depan Stasiun Cikini-Jakarta Pusat).

Email: mkk.fkui@gmail.com dan pjj.prodimkk@gmail.com.

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Biologi

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Biologi, Pertanian, Perikanan, Peternakan, Bioteknologi, Kehutanan, sarjana bidang yang relevan dengan Biologi dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Geografi

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Geografi dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Ilmu Bahan-bahan

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Bahan dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

  • Lulusan Program Sarjana Teknik dan MIPA yang relevan dengan Ilmu Material dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negeri yang memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditentukan oleh Depdiknas.

Informasi lebih lanjut : Website : http://physics.ui.ac.id, Jl. Salemba Raya No.4 Jakarta 10430 Telp. 021-3907694 Email : ilmumaterial@sci.ui.ac.id Departemen Fisika, Kampus Universitas Indonesia, Depok 16424 Telp. 021- 7872609-10,7270160, Fax: 7863441, 78849007

Ilmu Kelautan

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan Sains ilmu Kelautan fisik , Sains ilmu kelautan hayati, dan Pengelolaan sumberdaya dan Perikanan, yang diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Lulusan Sarjana Terapan (D4) yang relevan dengan bidang terkait Sains ilmu Kelautan fisik , Sains ilmu kelautan hayati, dan Pengelolaan sumberdaya dan Perikanan.

Informasi lebih lanjut: Dapat menghubungi, humas@sci.ui.ac.id HP : 085811783713, 08174861575

Ilmu Kimia

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Kimia dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Matematika

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Jalur kuliah-riset: diwajibkan mengikuti matrikulasi bagi calon mahasiswa yang dianggap perlu penyetaraan
  3. Jalur riset: (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional b. lulus wawancara rencana riset, yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. bagi yang tidak lulus persyaratan a -- b, maka akan disarankan untuk mengikuti jalur kuliah-riset.
  4. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan Sarjana Bidang yang relevan dengan ilmu Matematika dan diperoleh dari universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Hukum
Ilmu Hukum
  1. Lulusan Program Sarjana 1 (S1) Sarjana Hukum dari Program Studi yang terakreditasi A atau Unggul (dengan melampirkan ijazah dan bukti akreditasi program studi), atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan ijazah yang telah dilegalisir /disetarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Khusus untuk peminatan Socio-Legal menerima Sarjana non hukum dari Program Studi yang terakreditasi A atau Unggul (dengan melampirkan ijazah dan bukti akreditasi program studi), atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan ijazah yang telah dilegalisir /disetarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  2. Memiliki IPK yang diperoleh dalam Program Sarjana minimal 2.75 (dua koma tujuh lima) skala 4 (empat);
  3. Mengisi dan Memenuhi Persyaratan yang terdapat pada formulir pendaftaran;
  4. Menyerahkan 2 (dua) surat rekomendasi dari: a) satu dari instansi tempat bekerja dan satu dari perguruan tinggi asal; atau b). dua rekomendasi dari perguruan tinggi asal. Dikirimkan ke email: mih.fhui@ui.ac.id. Template surat rekomendasi dapat diunduh dari fitur penerimaan mahasiswa baru pada laman https://law.ui.ac.id/v3/program-pasca-sarjana/
  5. Menyerahkan 1 (satu) surat motivasi. Dikirimkan ke email: mih.fhui@ui.ac.id. Template surat motivasi dapat diunduh dari fitur penerimaan mahasiswa baru pada laman https://law.ui.ac.id/v3/program-pasca-sarjana/;
  6. Surat reskomendasi dan motivasi diserahkan paling lambat tanggal 31 Maret 2024;
  7. Lulus Ujian TPA dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh UI;
  8. Peserta yang telah dinyatakan lulus ujian saringan masuk Program Magister Ilmu Hukum tidak dapat pindah ke Program Magister Kenotariatan;
  9. Pendaftaran dibuka untuk kelas reguler dengan waktu perkuliahan mulai pukul 08.00 - 14.00 WIB, dan kelas khusus dengan waktu perkuliahan mulai pukul 17.00 - 21.00 WIB. Kuliah diadakan pada hari Senin s.d. Jumat, kecuali pada keadaan tertentu pada hari Sabtu. Perkuliahan pada dasarnya dilakukan di Kampus FHUI Salemba, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk dilaksanakan di Kampus FHUI Depok.
Kenotariatan
  1. Lulusan Program Sarjana 1 (S1) Sarjana Hukum dari Perguruan Tinggi Dalam Negeri, atau dari Perguruan Tinggi Luar Negeri dengan ijazah yang telah dilegalisir /disetarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
  2. Memiliki IPK yang diperoleh dalam Program Sarjana minimal 2.75 (dua koma tujuh lima) skala 4 (empat);
  3. Mengisi dan memenuhi persyaratan yang terdapat pada formulir pendaftaran;
  4. Menyerahkan 1 (satu) surat rekomendasi dari instansi tempat bekerja atau perguruan tinggi asal ke email: mkn.fhui@ui.ac.id. Surat rekomendasi sudah diterima paling lambat tanggal 31 Maret 2024. Template surat rekomendasi dapat diunduh dari fitur penerimaan mahasiswa baru pada laman https://law.ui.ac.id/v3/program-pasca-sarjana/
  5. Lulus Ujian TPA dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh UI;
  6. Lulus ujian seleksi untuk materi khusus terkait Hukum Dagang, Hukum Perdata, dan Hukum Agraria yang diselenggarakan oleh Program Magister Kenotariatan FHUI. Ujian seleksi materi khusus akan diadakan pada hari Sabtu, tanggal 23 Maret 2024 mulai pukul 09.00 s.d selesai. Ujian akan dilakukan secara online (dalam jaringan). Informasi terkait teknis pelaksanaan ujian akan disampaikan kepada peserta setelah penutupan periode pendaftaran. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui e-mail: mkn.fhui@ui.ac.id;
  7. Peserta yang telah dinyatakan lulus ujian saringan masuk Program Magister Kenotariatan tidak dapat pindah ke Program Magister Ilmu Hukum;
  8. Pendaftaran hanya dibuka untuk kelas perkuliahan di Kampus FHUI Depok, dengan waktu perkuliahan Senin s.d. Jum'at pukul 14.00 - 19.00 WIB, kecuali pada keadaan tertentu pada hari Sabtu.
Ekonomi dan Bisnis
Ilmu Akuntansi
  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional).
  2. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  3. Mengikuti seleksi wawancara dari Program Studi.
  4. Menyerahkan Berkas yang diserahkan pada saat Wawancara, yaitu :
    • membuat CV Terbaru,
    • fotocopy Ijazah/SKL, Transkrip Nilai,
    • bukti pendaftaran,
    • kartu ujian SIMAK UI,
    • bukti Penerimaan lulus ujian SIMAK UI *Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 08111666580
Ilmu Ekonomi

Persyaratan Pendaftaran Program Magister Ilmu Ekonomi Kelas Reguler:

  1. Lulusan D4/S1 atau sederajat, bidang ilmu ekonomi setara S1 FEB UI atau bidang lain, akan lebih baik yang mengajarkan pendekatan kuantitatif (Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional).
  2. Mendaftar online, mengunggah ijazah dan transkrip nilai, serta mengikuti ujian saringan masuk.
  3. IPK S1 minimal 2.76.
  4. Lulus Ujian SIMAK UI (TPA minimum 500, Bahasa Inggris minimum 500). Sebagai bahan pertimbangan silahkan melampirkan nilai TPA/TOEFL dari institusi lain jika ada (bukti diunggah di laman SIMAK UI).

Program Magiter Ilmu Ekonomi Kelas Joint Degree/Linkage:

  1. Lulusan D4/S1 atau sederajat, bidang ilmu ekonomi setara S1 FEB UI atau bidang lain, akan lebih baik yang mengajarkan pendekatan kuantitatif (Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional).
  2. Mendaftar online, mengunggah ijazah dan transkrip nilai, serta mengikuti ujian saringan masuk.
  3. IPK S1 minimal 2.76.
  4. Lulus Ujian SIMAK UI (TPA minimum 500, TOEFL/ Bahasa Inggris minimum 550), IELTS 6/TOEFL IBT 80. Sebagai bahan pertimbangan silahkan melampirkan nilai TPA/TOEFL dari institusi lain jika ada (bukti diunggah di laman SIMAK UI).
  5. Selambatnya pada awal semester II kemampuan Bahasa Inggris sudah meningkat mencapai TOEFL 580/ IELTS 6.5 untuk keperluan pendaftaran ke universitas mitra.

Informasi lebih lanjut hub.Program Studi 021 788 49152/53 eks.853 atau (WA) +62 811-1990-729 atau klik link : https://s.id/ppiefebui.

Magister Akuntansi

1.Latar belakang pendidikan: a.Calon mahasiswa MAKSI merupakan lulusan S-1 atau D-IV dengan IPK yang memuaskan. b.S-1 semua jurusan. Ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. c. Memiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun bagi calon mahasiswa MAKSI atau double program MAKSI-PPAk. kelas Khusus/Malam

2.Mengisi formulir dan mengikuti tahapan pendaftaran mahasiswa baru Universitas Indonesia melalui laman http://penerimaan.ui.ac.id.

3.Mengikuti Ujian Saringan Masuk yang diselenggarakan bersama di tingkat Universitas Indonesia (SIMAK UI).

4.Mengikuti wawancara dengan Psikolog dan Program Studi bagi calon mahasiswa MAKSI atau double program MAKSI-PPAk yang memenuhi kualifikasi.

Calon mahasiswa double program MAKSI-PPAk harus mendaftar di S2 MAKSI dan Profesi PPAk sekaligus.

Untuk informasi lebih lanjut: Program Studi MAKSI-PPAk. FEB UI Gedung Prof. Dr. M. Sadli Jl. Salemba Raya No. 4, Kampus UI Salemba Jakarta 10430 Telpon : +62 21 31907848 Faksimili : +62 21 3900703 Mobile Phone : 0813 1880 7339/0813 1979 8223 E-mail : maksi-ppak@ui.ac.id Website : http://www.maksi-ppak.feb.ui.ac.id.

Magister Manajemen
  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional).
  2. Wajib memiliki pengalaman kerja min.3 tahun (berlaku untuk semua program, Kelas Reguler/Pagi atau Kelas Khusus/Malam)
  3. Perkuliahan berlokasi di Salemba, dengan waktu perkuliahan:
    • Kelas reguler : Senin-Kamis 09.00-11.30 & 13.00-15.30 WIB
    • Kelas Khusus : Senin - Kamis 19.00-21.30 WIB
  4. Informasi tanggal atau syarat administrasi seperti wawancara dan dokumen kelengkapan wawancara yang merupakan bagian dari tahapan seleksi akan diinfokan melalui email yang didaftarkan di akun penerimaan.ui.ac.id (mohon sertakan email yang masih aktif pada saat mendaftar)
    • Terdapat seleksi wawancara yang akan diinformasikan maksimal 2 minggu setelah ujian SIMAK berlangsung (kami menyarankan untuk selalu mengecek email). *Informasi lebih lanjut hub.Program Studi MM FEB UI di 0818 0826 8318 (WA) atau email: admisi.mmfebui@ui.ac.id, atau kunjungi website kami di : www.mm.feb.ui.ac.id
Magister Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan
  1. S-1 semua jurusan (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional).
  2. Lokasi Perkuliahan di Salemba, Waktu Perkuliahan: Kelas Reguler: kegiatan perkuliahan dilakukan di hari kerja (Senin-Jumat) pagi-siang Kelas Khusus: kegiatan perkuliahan dilakukan di hari kerja (Senin-Jumat) mulai jam 19.00WIB *Hari Sabtu untuk kelas pengganti atau asistensi
  3. Informasi lebih lanjut hub.Program Studi di https://mpkp.feb.ui.ac.id/ atau 082110815115 (WA) email: master.econ.feb@ui.ac.id
Ilmu Pengetahuan Budaya
Ilmu Linguistik
  1. Berijazah Sarjana dari: a/ perguruan tinggi negeri, b/ perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi di luar negeri yang telah diakreditasi oleh Kemendiknas RI atau c/ perguruan tinggi di luar negeri yang ijazahnya telah dilegalisasi oleh Kemendiknas RI;

  2. Memenuhi persyaratan Universitas (lulusan S-1; mendaftar secara online; lulus seleksi masuk: seleksi dokumen, tes potensi akademik, tes bahasa Inggris, IPK minimal 3.00);

  3. Menyerahkan satu sampel karya tulis di bidang yang relevan, sepanjang antara 3000 - 5000 kata kepada Ketua Program Studi Pascasarjana Linguistik, melalui email ke: prodimagisterilmulinguistik.fibui@ui.ac.id , selambat-lambatnya dua hari SEBELUM hari pelaksanaan ujian masuk.

5 Calon mahasiswa menyerahkan CV (Nama, Tempat/tanggal lahir, alamat, no. telp, Email, riwayat pendidikan, pelatihan, pengalaman kerja, pengalaman penelitian, dan publikasi ilmiah. Tautan untuk format templat CV dan proposal penelitian: https://drive.google.com/drive/folders/11S_NDP3HCRorbwqKeSITGp37Z2GSApyN ?usp=share_link

  1. Calon mahasiswa wajib lulus program matrikulasi yang diambil sebelum menempuh Program Reguler jika dinilai perlu oleh Program Studi.
Psikologi
Ilmu Psikologi

Persyaratan Pendaftar

  1. Pendaftar adalah Sarjana Psikologi maupun Sarjana Non Psikologi dengan IPK minimal 3.00 (tiga koma nol nol) dalam rentang 0-4. Bagi Sarjana Non Psikologi wajib mengikuti pembekalan setelah dinyatakan lolos seleksi.

  2. Berasal dari Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi dengan nilai minimal B.

  3. Ijazah dari Perguruan Tinggi Swasta harus dengan ijazah yang telah disetarakan oleh Kopertis. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

  4. Bagi Calon peserta Warga Negara Asing (WNA) harus memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang memadai untuk mengikuti program Pascasarjana serta mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kemampuan Bahasa Indonesia dinyatakan dengan menyerahkan sertifikat kursus Bahasa Indonesia.

  5. Bersedia mengikuti kegiatan akademik penuh waktu di hari kerja. Bagi pendaftar yang telah bekerja wajib memiliki Surat Tugas Belajar dari Instansi/Perusahaan harus dikirim bersama dengan ijazah.

Berkas Pendaftaran Seleksi Tahap 2

  1. Scan Ijazah asli
  2. Scan Transkrip asli
  3. 1 (satu) buah surat rekomendasi dari pembimbing skripsi/pembimbing akademik (bila pembimbing skripsi/pembimbing akademik sudah tidak aktif, dapat digantikan dengan dosen yang mengenal baik pendaftar) (format bebas)
  4. 1 (satu) buah surat rekomendasi dari atasan bagi pendaftar yang pernah bekerja sesuai dengan peminatannya (format bebas)
  5. Curriculum Vitae (format bebas)
  6. Motivational Letter (format bebas) Catatan: ??? Seluruh berkas pendaftaran seleksi dikirim dalam format PDF dan digabung dalam zip/rar. ??? Peserta yang tidak mengirimkan berkas pendaftaran lengkap hingga batas akhir waktu pengiriman tidak dapat mengikuti seleksi tahap 2.

Link Penting

  1. Link pengiriman berkas pendaftaran: prodimagister.psi@office.ui.ac.id
  2. Link pengumuman daftar nama peserta lolos seleksi tahap 1: psikologi.ui.ac.id
  3. Link pengumuman jadwal seleksi tahap 2: psikologi.ui.ac.id Tes Masuk
  4. Tes Tahap 1 : TPA dan Bahasa Inggris
  5. Tes Tahap 2 : Wawancara

Tanggal Penting

  1. 24 Maret 2024 : Tes Tahap I (TPA & Bahasa Inggris)
  2. 2 April 2024 : Pengumuman daftar nama peserta lolos seleksi Tahap 1 (Pengumuman dapat diakses pada website psikologi.ui.ac.id)
  3. 5 April 2024 : Pengumpulan berkas pendaftaran (deadline pukul 16.00 WIB) (Berkas pendaftaran di kirim ke prodimagister.psi@office.ui.ac.id dengan subjek ???Berkas Pendaftaran SIMAK UI 2024_Nama???)
  4. 16 April 2024 : Pengumuman jadwal seleksi tahap 2 (Pengumuman dapat diakses pada website psikologi.ui.ac.id)
  5. 18 s.d. 25 April 2024 : Seleksi Tahap 2 (wawancara)

  6. 3 Mei 2024 : Pengumuman hasil SIMAK (Pengumuman dapat diakses pada website penerimaan.ui.ac.id)

Infomasi Penting

  1. Tes Tahap 2 (wawancara dilakukan secara daring)
  2. Berkas pendaftaran (surat rekomendasi, curriculum vitae dan motivational letter) format bebas
  3. Berkas pendaftaran dikirim setelah peserta dinyatakan lolos seleksi tahap 1 SIMAK UI ke email prodimagister.psi@office.ui.ac.id.
  4. Pembekalan dilaksanakan selama bulan Juli-Agustus 2024
  5. Mahasiswa yang tidak lulus dalam mata kuliah pembekalan dapat mengulang pada pembekalan tahap berikutnya.
  6. Perkuliahan dilaksanakan di Kampus UI Depok
  7. Perkuliahan dimulai pada Semester Gasal 2024/2025
  8. Perkuliahan dilakukan secara luring (tatap muka)
  9. Waktu perkuliahan regular (Senin s.d. Jumat, jam 08.00 s.d. 16.00 WIB)
  10. Pertanyaan seputar seleksi masuk dapat dikirimkan ke prodimagister.psi@office.ui.ac.id, atau No HP 0857-1800-5838 (whatsapp only).
Psikologi

Persyaratan Pendaftar

  1. Pendaftar adalah Sarjana Psikologi maupun Sarjana Non Psikologi dengan IPK minimal 3.00 (tiga koma nol nol) dalam rentang 0-4. Bagi Sarjana Non Psikologi wajib mengikuti pembekalan setelah dinyatakan lolos seleksi.

  2. Berasal dari Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi dengan nilai minimal B.

  3. Ijazah dari Perguruan Tinggi Swasta harus dengan ijazah yang telah disetarakan oleh Kopertis. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

  4. Bagi Calon peserta Warga Negara Asing (WNA) harus memiliki kemampuan Bahasa Indonesia yang memadai untuk mengikuti program Pascasarjana serta mendapat izin belajar dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek). Kemampuan Bahasa Indonesia dinyatakan dengan menyerahkan sertifikat kursus Bahasa Indonesia.

  5. Bersedia mengikuti kegiatan akademik penuh waktu di hari kerja. Bagi pendaftar yang telah bekerja wajib memiliki Surat Tugas Belajar dari Instansi/Perusahaan harus dikirim bersama dengan ijazah.

Berkas Pendaftaran Seleksi Tahap 2

  1. Scan Ijazah asli
  2. Scan Transkrip asli
  3. 1 (satu) buah surat rekomendasi dari pembimbing skripsi/pembimbing akademik (bila pembimbing skripsi/pembimbing akademik sudah tidak aktif, dapat digantikan dengan dosen yang mengenal baik pendaftar) (format bebas)
  4. 1 (satu) buah surat rekomendasi dari atasan bagi pendaftar yang pernah bekerja sesuai dengan peminatannya (format bebas)
  5. Curriculum Vitae (format bebas)
  6. Motivational Letter (format bebas) Catatan: ??? Seluruh berkas pendaftaran seleksi dikirim dalam format PDF dan digabung dalam zip/rar. ??? Peserta yang tidak mengirimkan berkas pendaftaran lengkap hingga batas akhir waktu pengiriman tidak dapat mengikuti seleksi tahap 2.

Link Penting

  1. Link pengiriman berkas pendaftaran: prodimagister.psi@office.ui.ac.id
  2. Link pengumuman daftar nama peserta lolos seleksi tahap 1: psikologi.ui.ac.id
  3. Link pengumuman jadwal seleksi tahap 2: psikologi.ui.ac.id Tes Masuk
  4. Tes Tahap 1 : TPA dan Bahasa Inggris
  5. Tes Tahap 2 : Wawancara

Tanggal Penting

  1. 24 Maret 2024 : Tes Tahap I (TPA & Bahasa Inggris)
  2. 2 April 2024 : Pengumuman daftar nama peserta lolos seleksi Tahap 1 (Pengumuman dapat diakses pada website psikologi.ui.ac.id)
  3. 5 April 2024 : Pengumpulan berkas pendaftaran (deadline pukul 16.00 WIB) (Berkas pendaftaran di kirim ke prodimagister.psi@office.ui.ac.id dengan subjek ???Berkas Pendaftaran SIMAK UI 2024_Nama???)
  4. 16 April 2024 : Pengumuman jadwal seleksi tahap 2 (Pengumuman dapat diakses pada website psikologi.ui.ac.id)
  5. 18 s.d. 25 April 2024 : Seleksi Tahap 2 (wawancara)

  6. 3 Mei 2024 : Pengumuman hasil SIMAK (Pengumuman dapat diakses pada website penerimaan.ui.ac.id)

Infomasi Penting

  1. Tes Tahap 2 (wawancara dilakukan secara daring)
  2. Berkas pendaftaran (surat rekomendasi, curriculum vitae dan motivational letter) format bebas
  3. Berkas pendaftaran dikirim setelah peserta dinyatakan lolos seleksi tahap 1 SIMAK UI ke email prodimagister.psi@office.ui.ac.id.
  4. Pembekalan dilaksanakan selama bulan Juli-Agustus 2024
  5. Mahasiswa yang tidak lulus dalam mata kuliah pembekalan dapat mengulang pada pembekalan tahap berikutnya.
  6. Perkuliahan dilaksanakan di Kampus UI Depok
  7. Perkuliahan dimulai pada Semester Gasal 2024/2025
  8. Perkuliahan dilakukan secara luring (tatap muka)
  9. Waktu perkuliahan regular (Senin s.d. Jumat, jam 08.00 s.d. 16.00 WIB)
  10. Pertanyaan seputar seleksi masuk dapat dikirimkan ke prodimagister.psi@office.ui.ac.id, atau No HP 0857-1800-5838 (whatsapp only).
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Antropologi
  1. Melengkapi pendaftaran dan persyaratan online di http://penerimaan.ui.ac.id
  2. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)

Lokasi perkuliahan Kampus UI Depok

Informasi seputar program studi silakan hubungi Sekretariat Pascasarjana Antropologi di 021 78849022

Ilmu Hubungan Internasional

Persyaratan

A. Syarat Pendaftaran

  1. Sudah Menyelesaikan Pendidikan jenjang Sarjana (S1) dari segala bidang ilmu
  2. Lulus Ujian Seleksi Masuk UI
  3. Mengumpulkan Proposal Riset, Rencana Studi dan Motivations Letter ke Departemen HI bagi yang lolos SIMAK UI.

B. Informasi Perkuliahan

a. Kuliah diselenggarakan di Gedung Nusantara II, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Kampus UI Depok

b. Waktu Perkuliahan Hari Senin s/d Jumat dimulai Jam 17.00 s/d 21.30 WIB Reguler

C. Informasi seputar program studi silakan hubungi Sekretariat Program 021-7873744

Ilmu Kesejahteraan Sosial

Persyaratan

  1. Penyandang Gelar Sarjana berbagai disiplin ilmu (ijazah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat penyetaraan dari DIKTI, Kementerian Pendidikan Nasional), Lulus D4 IPDN dan D4 STKS.
  2. Memenuhi persyaratan Universitas (Mendaftar secara online dan lulus ujian saringan). Informasi lebih lanjut langsung ke Program Studi Silahkan hubungi Sekretariat Program Ilmu Kesejahteraan Sosial di nomor telp. 021-7270176 atau 021.7270228, atau dengan Saudara Valent di nomor telp. 08129982624.
  3. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online : fotocopy ijazah S1/D4 dan fotocopy transkrip S1/D4 yang telah dilegalisir. Untuk lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri Ijazahnya harus disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh DIKTI - Kementerian Pendidikan Nasional.
  4. Perkuliahan dilakukan di Kampus UI Depok, dimulai dari jam 17.00 s/d 22.00 hari Senin s/d Jumat, dan hari Sabtu, dari jam 09.00 s/d 15.30.
Kajian Terorisme dalam Keamanan Internasional
  1. Penyandang gelar Sarjana berbagai disiplin ilmu (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Departemen Pendidikan Nasional)
  2. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  3. Informasi seputar program studi silakan hubungi Sekretariat Program 021-7873744
Kesehatan Masyarakat
Epidemiologi
  1. Memenuhi persyaratan UI (lulusan S-1, mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  2. Kekhususan/peminatan/kelas dibuka apabila jumlah minimal peserta adalah 5 (lima) orang
  3. Waktu belajar: a. Kekhususan Epidemiologi Komunitas : Senin s.d Sabtu b. Kekhususan Epidemiologi Klinik :Jumat dan Sabtu c. Kekhususan Epidemiologi Terapan (FETP): Sistem Blok
  4. Untuk kekhususan Epidemiologi Terapan (FETP) akan ada tambahan biaya kerja lapangan sebesar Rp. 10.000.000 per mahasiswa per semester
  5. Calon mahasiswa harus memiliki gelar sarjana dari program studi yang terakreditasi BAN PTLAM-PTKes
  6. Pilihan program studi hanya dilakukan saat pendaftaran, setelah mendaftar ulang mahasiswa tidak diperkenankan untuk pindah program studi
  7. Calon mahasiswa lulusan luar negeri harus mengunggah penyetaraan ijazah dari Dikti pada web penerimaan.ui.ac.id bersama-sama dengan persyaratan lain
  8. Info lebih lanjut dapat menghubungi FKM UI telp (021) 7864975
Ilmu Kesehatan Masyarakat
  1. Memenuhi persyaratan UI (lulusan S-1, atau lulusan D4 Kesehatan, mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  2. Kekhususan/peminatan dibuka jika jumlah peserta minimal 5 (lima) orang
  3. Calon mahasiswa harus memiliki gelar sarjana dari program studi yang terakreditasi BAN PT/LAM-PTKes
  4. Calon mahasiswa lulusan luar negeri harus mengunggah penyetaraan ijazah dari Dikti pada web penerimaan.ui.ac.id bersama-sama dengan persyaratan lain
  5. Pilihan program studi dan peminatan hanya dilakukan saat pendaftaran, setelah mendaftar ulang mahasiswa tidak diperkenankan untuk pindah program studi atau peminatan
  6. Info lebih lanjut dapat menghubungi FKM UI telp (021) 7864975
Ilmu Komputer
Ilmu Komputer

Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar program MIK:

  1. Lulusan S-1 (Sarjana) dengan latar belakang keilmuan: Ilmu Komputer, Informatika, Sistem Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro, Matematika, Fisika, atau ilmu komputasional lainnya.
  2. Nilai IPK minimal 3.0 pada skala 4.0
  3. Lulus Ujian Saringan di tingkat universitas (SIMAK UI).
  4. Calon menyertakan beberapa dokumen sebagai berikut:

a. Surat rekomendasi dari pembimbing akademik/pembimbing tugas akhir pada program Sarjana atau supervisor di institusi tempat bekerja saat ini (minimum satu surat rekomendasi); b. Statement of Purpose yang berisi latar belakang mengambil program MIK Fasilkom UI; c. Surat Komitmen mengikuti program MIK secara full time.

Ketiga Dokumen ini diunggah bersama scan legalizir ijazah melalui menu unggah dokumen ijazah. Kelalaian dalam mengunggah salah satu dari dokumen-dokumen di atas berdampak calon didiskualifikasi dalam proses penerimaan program studi MIK Fasilkom UI.

Informasi Lab Riset, Pusat Penelitian, dan Kegiatan Perkuliahan

Informasi mengenai lab riset dan pusat penelitian di Fasilkom UI dapat dilihat di Menu Penelitian pada: https://cs.ui.ac.id/laboratorium-pusat-penelitian/

Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Kampus Fasilkom UI, Depok. Perkuliahan dilaksanakan pada pagi/siang hari.

Informasi lebih lengkap mengenai program MIK dapat diakses di: https://cs.ui.ac.id/magister-ilmu-komputer/

Teknologi Informasi

Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar program MTI:

  1. Lulusan S-1 (Sarjana) dengan latar belakang keilmuan: Ilmu Komputer, Informatika, Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Teknik Komputer, Teknik Elektro, Matematika, Fisika; atau bidang keilmuan selain tersebut di atas dengan pengalaman kerja di bidang Teknologi Informasi.
  2. Nilai IPK minimal 3.0 pada skala 4.0.
  3. Peserta dengan latar belakang pendidikan non TI dapat mendaftar dengan menunjukkan pengalaman kerja di bidang TI minimal 2 tahun terakhir. Bukti pengalaman kerja berupa surat keterangan kerja di bidang teknologi informasi atau sistem informasi, CV dan surat rekomendasi atasan langsung dijadikan 1 file pdf dgn scan legalisir ijazah, untuk diunggah melalui menu unggah dokumen ijazah.
  4. Lulus Ujian Saringan di tingkat universitas (SIMAK UI)
  5. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Kampus MTI-UI Salemba. Perkuliahan dilaksanakan malam hari (kelas malam: pukul 19.00 - 21.30). Kelas siang (pukul 14.00-16.30) hanya dibuka apabila jumlah peserta mencukupi (biasanya hanya ada di penerimaan semester gasal).

Informasi lebih lengkap mengenai program MTI dapat diakses di: https://mti.cs.ui.ac.id

Ilmu Keperawatan
Ilmu Keperawatan

Bagi lulusan Ners yang akan melanjutkan ke Program Pendidikan Magister dan Spesialis.

Persyaratan Akademik:

  1. Memiliki ijazah Ners dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B atau setara;

  2. Memiliki Sertifikat Kompetensi atau Surat Tanda Registrasi (STR) Ners;

  3. Memiliki pengalaman kerja minimal satu tahun dalam bidang keperawatan sesuai area peminatan yang dipilih; calon mahasiswa dapat memilih peminatan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, Keperawatan Komunitas, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Anak, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Onkologi, atau Keperawatan Gerontik;

  4. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3 (dari skala 4.00);

  5. Memenuhi kriteria minimum skor TPA dan Bahasa Inggris sesuai ketentuan UI;

  6. Bagi calon mahasiswa yang:

    a.  biaya pendidikannya dibayarkan secara mandiri: menyerahkan surat pernyataan bermaterai akan mengikuti paket 
            pendidikan magister dan spesialis sesuai dengan peminatannya; 
    
    b.  izin belajar/ tugas belajar: menyerahkan surat pernyataan bermaterai dari institusi yang menugaskan calon mahasiswa untuk 
            mengikuti paket pendidikan magister dan spesialis sesuai peminatanya;
  7. Mendapat rekomendasi dari pewawancara (setelah wawancara di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia)

Selain peminatan Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan, program magister lain merupakan satu kesatuan dengan program pendidikan Ners Spesialis Keperawatan sesuai peminatan.

Persyaratan Administrasi:

  1. Mendaftar secara online di situs penerimaan.ui.ac.id

  2. Mengisi rekam jejak dan mengunggah dokumen persyaratan akademik di tautan http://tiny.cc/FormS2-Kuesioner . Apabila tidak mengunggah dokumen tersebut dianggap tidak memenuhi persyaratan administrasi :

    a.     Ijazah Ners (jadikan 1 file pdf);
    
    b.  Sertifikat akreditasi institusi pendidikan minimal B; 
    
    c.  Sertifikat kompetensi atau Surat Tanda Registrasi (STR) Ners;
    
    d.  Surat keterangan pengalaman kerja;
    
    e.  Surat pernyataan (mengikuti paket pendidikan  S2+spesiails) untuk pendaftar peminatan manajemen;
    
    f.  Surat izin/ tugas belajar dari pimpinan institusi asal bekerja;
    
    g.  TPA dan TOEFL yang masih berlaku (jika ada)
  3. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran SIMAK UI;

  4. Mengikuti ujian tulis yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia;

  5. Mengikuti wawancara yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Keperawatan UI

Tempat dan Waktu Perkuliahan

Tempat : Kampus UI Depok Waktu : 5 hari/minggu; jam antara 08:00 sampai dengan jam 18:00

Tanggal-Tanggal Penting:

Pendaftaran : 28 Februari sampai dengan 20 Maret 2024
Pengisian rekam jejak : 28 Februari sampai dengan 20 Maret 2024 Pk. 12.00
Ujian tulis : 24 Maret 2024 Wawancara : 1 April 2024 secara daring menggunakan Zoom

Infomasi lebih lanjut hubungi: academic-nursing@ui.ac.id

Pascasarjana
Kajian Gender
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Intansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Kajian Ilmu Kepolisian
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Kajian Ilmu Lingkungan
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Kajian Kependudukan & Ketenagaan Kerja
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Kajian Ketahanan Nasional
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Kajian Pengembangan Perkotaan
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Kajian Wilayah Amerika
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Kajian Wilayah Eropa
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Kajian Wilayah Jepang
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Kajian Wilayah Timur Tengah Islam
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Teknologi Biomedis
  1. Berijazah S-1 (Ijasah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau Instansi lain yang berwenang)
  2. IPK min. 2.75
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)
  4. Perkuliahan dapat diselenggarakan apabila jumlah mahasiswa yang diterima dan mendaftar ulang minimal 5 orang, jika tidak maka perkuliahan akan ditunda di semester berikutnya
Farmasi
Herbal

PROGRAM STUDI MAGISTER HERBAL :

Jalur Kuliah dan Riset

  1. Program ini dapat diikuti oleh sarjana bidang : Farmasi, Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Biologi, Kimia dan Teknik Kimia yang dibuktikan dengan mengunggah Ijazah S1 dan Transkripnya
  2. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kemenristekdikti
  3. Mempunyai IPK S1 3,00 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B (Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan fotokopi sertifikat akreditasi yang telah dilegalisasi)

Bagi mereka yang berasal bukan dari sarjana farmasi harus mengikuti kuliah matrikulasi ilmu dasar farmasi dengan beban SKS maksimal 12 SKS. Mahasiswa yang diperkenankan melanjutkan pendidikannya di Program Magister harus lulus semua mata kuliah matrikulasi dalam waktu maksimal 2 (dua) semester dengan IPK matrikulasi minimal 3,00.

Jalur Riset Tambahan persyaratan untuk jalur riset:

  1. Mempunyai rekam jejak riset yang dibuktikan dengan publikasi ilmiah minimal di jurnal SINTA 3
  2. Mempunyai rencana riset yang akan dilakukan dan sudah mendapatkan rekomendasi dari calon pembimbing yang akan dinilai pada saat wawancara oleh Program Studi.
Ilmu Kefarmasian

PROGRAM STUDI MAGISTER ILMU KEFARMASIAN :

Jalur Kuliah dan Riset

  1. Program ini dapat diikuti oleh sarjana bidang: Farmasi, Kedokteran (dr/SKed., drg/SKG, drh/S.Vet), Biologi, Kimia, Ilmu pangan dan Teknik Kimia yang dibuktikan dengan mengunggah Ijazah S1 dan transkripnya. Bagi peminatan Farmasi Klinik harus lulusan apoteker yang dibuktikan dengan mengunggah Ijazah S1 dan Apoteker beserta transkripnya.
  2. Ijazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Kemenristekdikti
  3. Mempunyai IPK S1 3,00 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B (Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan fotokopi sertifikat akreditasi yang telah dilegalisasi)

Bagi mereka yang berasal bukan dari sarjana farmasi harus mengikuti kuliah matrikulasi ilmu dasar farmasi dengan beban SKS maksimal 12 SKS. Mahasiswa yang diperkenankan melanjutkan pendidikannya di Program Magister harus lulus semua mata kuliah matrikulasi dalam waktu maksimal 2 (dua) semester dengan IPK matrikulasi minimal 3,00.

Jalur Riset Tambahan persyaratan untuk jalur riset:

  1. Mempunyai rekam jejak riset yang dibuktikan dengan publikasi ilmiah minimal di jurnal SINTA 3
  2. Mempunyai rencana riset yang akan dilakukan dan sudah mendapatkan rekomendasi dari calon pembimbing yang akan dinilai pada saat wawancara oleh Program Studi.
Ilmu Administrasi
Ilmu Administrasi

Persyaratan calon mahasiswa baru Program Magister Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi adalah:

  1. Lulusan Program Sarjana atau Program Diploma IV dari Perguruan Tinggi Terakreditasi minimal B dan Ijazah dari perguruan tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari DIKTI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang diperoleh dijenjang pendidikan sebelumnya minimum 3.00 (dalam rentang 0.00 - 4.00)
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas Indonesia, yaitu mendaftar secara online dan melengkapi berkas pendaftaran melalui http://penerimaan.ui.ac.id dan kemudian dinyatakan lulus ujian saringan TPA dan Bahasa Inggris.
  4. Kelas Khusus merupakan Program Double Degree pada Peminatan Administrasi & Kebijakan Publik dan Studi E-Government, Mahasiswa Kelas Khusus sebelum Semester 1 berakhir harus menunjukkan Sertifikat IELTS min. 6,5 (dengan Writing Score min. 6,5 dan tidak ada skor di bawah 6,0) atau TOEFL IBT min. 90 (dengan Writing Score min. 24) serta IPK min. 3,00 pada akhir semester pertama di Universitas Indonesia.

Kelas Reguler Program Magister Ilmu Administrasi terdiri 8 Peminatan, yaitu

  1. Administrasi dan Kebijakan Publik
  2. Administrasi dan Kebijakan Niaga
  3. Administrasi dan Kebijakan Pajak
  4. Administrasi dan Kebijakan Pengembangan SDM
  5. Administrasi Pengawasan
  6. Administrasi Pajak Daerah dan Retribusi Daerah
  7. Administrasi Keuangan Daerah dan Aset Daerah
  8. Inovasi dan Intrapreneurship

Kelas Khusus merupakan Kelas Double Degree yang terdiri dari 2 peminatan, yaitu:

  1. Studi E-Government
  2. Administrasi & Kebijakan Publik

Calon mahasiswa wajib memperhatikan kelas yang diambil pada saat mendaftar, tidak diperkenankan pindah kelas dan peminatan pada saat sudah diterima.

Program Magister Ilmu Administrasi menggunakan Kurikulum Pembelajaran Berbasis Riset (PBR)

Waktu dan lokasi perkuliahan Program Magister Ilmu Administrasi Kelas Reguler dan Kelas Khusus Double Degree secara umum sama, yaitu Hari Senin-Jumat, Pukul 18.30-21.00 WIB yang dilaksanakan di Kampus UI Pegangsaan Timur Cikini (perkuliahan dilaksanakan secara hybrid).

Informasi lebih lanjut Program Magister Ilmu Administrasi FIA UI dapat diunduh https://bit.ly/BROSURFIA atau melalui email: pascaadm@ui.ac.id dengan cc ke: humasfia@ui.ac.id atau melalui Whatsapp ke FIANI (0815-5888-0016) pada hari dan Jam Kerja (09.00-15.00 WIB).