1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Informasi Beasiswa
  4. International Students Admission
Sabtu, 26 April 2025 09.08 WIB (WIB)

Persyaratan Pendaftaran Program Studi — S3 Jalur SIMAK Periode 2009/2010 Semester 2

S3

Program Studi Persyaratan
Kedokteran
Ilmu Biomedik
  1. Persyaratan peserta secara umum meliputi :

    • Lulusan Pascasarjana strata-2 (S2) Ilmu Biomedik atau bidang lain yang berkaitan dengan Ilmu Biomedik dari perguruan tinggi dalam dan luar negeri yang terakreditasi dan diakui oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
    • IPK lebih atau sama dengan 3,00.
    • Calon peserta telah memiliki usulan/rencana penelitian (Pra-Proposal).
    • Surat pernyataan tugas belajar dari instansi bagi calon peserta yang sudah bekerja (format disesuaikan dengan kebijakan dari instansi peserta).
    • Surat pernyataan bersedia membimbing dari calon tim promotor yang berasal dari FKUI.
  2. Adapun persyaratan khusus masing-masing kelas meliputi : A. Kelas Kuliah dan Riset. Penerimaan calon mahasiswa Program Doktor melalui Riset berdasarkan pada Peraturan Rektor UI:

    • Nilai TPA berdasarkan ujian di Universitas (nilai minimum 550)
    • Nilai TOEFL (skor minimum 500) atau IELTS (skor minimum 6) atau lulus ujian Bahasa Inggris yang diadakan Universitas.
      • IPK yang diperoleh pada jenjang Pendidikan sebelumnya minimum 3,00 (dalam rentang 0,00 - 4,00).
      • Untuk mahasiswa yang tidak sebidang, wajib matrikulasi jika diterima.
      • Untuk calon peserta dokter spesialis akan mengikuti program pemantapan
      • Memiliki pra-proposal yang telah disetujui oleh calon tim promotor dari FKUI.
      • Surat kesediaan membimbing dari minimal 1 calon tim Promotor yang berasal dari FKUI.
      • Surat tugas belajar dari instansi tempat bekerja.
      • Hasil penilaian wawancara oleh program studi terkait dengan rencana riset yang akan dilakukan.
      • Hasil penilaian pra-proposal riset lengkap yang dievaluasi oleh para pakar bidang ilmu terkait. B. Kelas Riset. Penerimaan calon mahasiswa Program Doktor melalui Riset berdasarkan pada Peraturan Rektor UI:
      • Nilai TPA berdasarkan ujian di Universitas (nilai minimum 550)
      • Nilai TOEFL (skor minimum 500) atau IELTS (skor minimum 6) atau lulus ujian Bahasa Inggris yang diadakan Universitas.
      • IPK yang diperoleh pada jenjang Pendidikan sebelumnya minimum 3,00 (dalam rentang 0,00 - 4,00).
      • Jenjang pendidikan sebelumnya harus sebidang.
      • Calon mahasiswa minimal telah memiliki 2 publikasi ilmiah terpublikasi di jurnal internasional dan jurnal nasional (sebagai first author).
      • Memiliki Pra-Proposal yang telah disetujui oleh calon tim Promotor dari FKUI.
      • Surat kesediaan membimbing dari minimal 1 calon tim Promotor yang berasal dari FKUI.
      • Surat tugas belajar dari instansi tempat bekerja.
      • Hasil penilaian wawancara oleh Program Studi terkait dengan riset yang akan dilakukan.
      • Hasil penilaian Pra-Proposal Riset lengkap yang dievaluasi oleh pakar bidang ilmu terkait.
  3. Lokasi Perkuliahan: Kampus UI Salemba.

  4. Jadwal perkuliahan setiap hari Senin-Jumat, jam 08.00-16.00 WIB.

  5. Jadwal ujian wawancara diinformasikan setelah pengumuman hasil ujian SIMAK (TPA dan Bahasa Inggris).
    • Informasi wawancara : Sekretariat PDIB FKUI (Gedung IMERI FKUI Lantai 11 Tower Edukasi) dan website pdib.fkui.ac.id.
    • Telp/Fax. +62.21-31900908, +62.21-29189168, whatsapp business 0877 6057 8845 atau email: s3biomedik@ui.ac.id/s3biomedik.fkui@gmail.com.
Ilmu Gizi

Informasi yang dibutuhkan untuk penerimaan mahasiswa baru Semester Genap Tahun Akademik 2024/2025 sebagai berikut:

A. Persyaratan Pendaftaran Mahasiswa S3 Ilmu Gizi

  1. Memiliki Ijazah Magister (S-2) dari dalam dan luar negeri yang diakui oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Catatan:
    • Bagi calon mahasiswa (PS DIG) dengan ijazah Magister yang bukan berasal dari disiplin Ilmu Gizi atau Ilmu Kesehatan maka diharuskan mengikuti matrikulasi meliputi mata kuliah Ilmu Gizi Dasar, Penilaian Status Gizi, Epidemiologi Gizi, Metabolisme Zat Gizi, Ilmu Gizi Klinik Dasar serta Gizi dan Penyakit yang dapat diambil pada Program Studi S2 Ilmu Gizi FKUI.
    • Standar nilai untuk masing-masing mata kuliah matrikulasi tersebut adalah B (3.0) yang dibuktikan melalui transkrip akademik/ sertifikat/ surat keterangan dari Penanggung Jawab Mata Kuliah.
    • Adapun kuliah matrikulasi tersebut dilakukan setelah mahasiswa diterima sebagai calon mahasiswa S3 Ilmu Gizi.
    • Biaya kuliah matrikulasi sama dengan Biaya Operasional Pendidikan Program Studi Doktor Ilmu Gizi.
      1. Telah lulus TPA dengan nilai 550
      2. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan kemampuan Tes Toefl > 550 atau IELTS > 6 atau lulus ujian Bahasa Inggris yang diadakan Universitas Indonesia.
      3. Memiliki IPK dari jenjang pendidikan sebelumnya minimum 3.00 (dari rentang IPK 0-4).
      4. Penilaian wawancara terkait dengan kesiapan mengikuti Program Studi Doktor Ilmu Gizi dilakukan setelah memenuhi prosedur standar penerimaan UI.
      5. Membawa 2 (dua) buah surat rekomendasi dari supervisor/atasan atau pembimbing pada studi sebelumnya.
      6. Mengumpulkan draft proposal singkat (maksimum 10 halaman) dari topik yang diminati dan dipresentasikan dihadapan tim pewawancara PS DIG.
      7. Mempunyai sumber dana selama mahasiswa menjadi peserta Program Studi Doktor Ilmu Gizi FKUI.

B. Informasi lokasi kuliah di Kampus UI, Jln. Salemba Raya No. 6, Jakarta Pusat dan waktu kuliah adalah bersifat regular, dilaksanakan pada hari Senin s.d Jumat, Pukul 08.00-16.00 WIB.

C. Pelaksanaan ujian wawancara di Program Studi Doktor Ilmu Gizi FKUI akan diinformasikan lebih lanjut atau dapat menghubungi Sekretariat Program Studi Doktor Ilmu Gizi FKUI melalui email: s3ilmugizifkui@gmail.com.

Ilmu Kedokteran

Program Doktor melalui Kuliah dan Riset (Reguler):

  1. Ijazah Spesialis/Magister (legalisir).
  2. Transkrip Nilai Spesialis/Magister (legalisir).
  3. Surat Rekomendasi.
  4. Surat pernyataan kesediaan menjadi calon promotor/Ketua Pembimbing Akademik (KPA).
  5. Surat persetujuan menempuh Pendidikan Program Doktor Ilmu Kedokteran dari atasan langsung.
  6. Sinopsis rencana penelitian (minimal 2 lembar dan maksimal 3 lembar) dengan isi (judul penelitian, latar belakang, rumusan masalah, pertanyaan peneltian, hipotesis penelitian dan tujuan penelitian).

Program Doktor melalui Riset:

  1. Ijazah Spesialis/Magister (legalisir)
  2. Transkrip Nilai Spesialis/Magister (legalisir)
  3. Surat Rekomendasi
  4. Surat pernyataan kesediaan menjadi calon promotor/Ketua Pembimbing Akademik (KPA)
  5. Surat persetujuan menempuh Pendidikan Program Doktor Ilmu Kedokteran dari atasan langsung
  6. Calon peserta minimal telah memiliki publikasi ilmiah di jurnal internasional sebagai penulis pertama
  7. Sinopsis rencana penelitian (minimal 2 lembar dan maksimal 3 lembar) dengan isi (judul penelitian, latar belakang, rumusan masalah, pertanyaan peneltian, hipotesis penelitian dan tujuan penelitian).

Lokasi Perkuliahan:

  1. Kuliah Program Dasar: Ruang Kuliah Kimia 3, Jl. Salemba Raya No. 4 Jakarta Pusat atau dengan metode daring (online).
  2. Bimbingan dan ujian: Gedung IMERI FKUI, Jl. Salemba Raya No. 6 Jakarta Pusat atau dengan metode daring (online).

Informasi Perkuliahan: Perkuliahan dilaksanakan hari senin-jumat pukul 08.00-15.00 WIB.

Tanggal Ujian Wawancara: Ujian wawancara dilaksanakan setelah pengumuman hasil ujian SIMAK (TPA dan TOEFL). Informasi mengenai jadwal wawancara dapat menghubungi Sekretariat Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran melalui alamat email s3ilmukedokteran@gmail.com.

Tautan atau link informasi pendaftaran: https://s3ilmukedokteran.fk.ui.ac.id/pendaftaran/, Hp. 081510423888 (Sdr. Yana Maulana Yusuf)

Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Bahan-bahan

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Untuk jalur riset (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis dari minimal 2 (dua) artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional dan sebagai penulis pertama minimal di salah satu artikel tersebut. b. menyiapkan proposal rencana riset dan lulus wawancara yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. sudah memiliki calon promotor d. bagi yang tidak memenuhi persyaratan a -- c, maka diwajibkan untuk mengikuti matrikulasi
  3. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan S2 Teknik dan MIPA yang relevan dengan ilmu Material dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan dan kesetaraan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Informasi lebih lanjut : Website : http://physics.ui.ac.id, Jl. Salemba Raya No.4 Jakarta 10430 Telp. 021-3907694 Email : ilmumaterial@sci.ui.ac.id Departemen Fisika, Kampus Universitas Indonesia, Depok 16424 Telp. 021- 7872609-10,7270160, Fax: 7863441, 78849007

Ilmu Kimia

Fakultas MIPA:

  1. Lulus seleksi SIMAK UI
  2. Untuk jalur riset (informasi jalur riset dapat dilihat di www.sci.ui.ac.id). a. memiliki pengalaman riset yang dibuktikan dengan menjadi salah satu penulis dari minimal 2 (dua) artikel ilmiah yang diterbitkan secara nasional/internasional dan sebagai penulis pertama minimal di salah satu artikel tersebut. b. menyiapkan proposal rencana riset dan lulus wawancara yang dilaksanakan setelah ujian SIMAK. c. sudah memiliki calon promotor d. bagi yang tidak memenuhi persyaratan a -- c, maka diwajibkan untuk mengikuti matrikulasi
  3. Perkuliahan dilaksanakan: a. Kelas Reguler Senin -- Jumat di Kampus UI Depok b. Kelas Nonreguler diatur prodi terkait.

Prodi: Lulusan S2 bidang/setara dari Jurusan Kimia, Farmasi, Teknik Kimia yang relevan dengan ilmu Kimia dan diperoleh dari Universitas dalam dan luar negri yang memenuhi persyaratan dan kesetaraan yang ditentukan oleh Kemendikbud.

Teknik
Arsitektur

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Arsitektur (M.Ars) atau Magister Teknik (MT) bidang Arsitektur baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Elektro

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik dari Teknik Elektro dan Teknik Komputer (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Kimia

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.

  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris

  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Teknik Metalurgi & Material

Persyaratan Umum:

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister Teknik (MT) atau Magister Sains (MSi) bidang MIPA baik yang diperoleh dari Universitas/Institut Negeri maupun dari Perguruan Tinggi yang ujian kesarjanaannya telah memenuhi persyaratan - persyaratan yang ditentukan oleh Departemen Pendidikan Nasional, dan lulusan Perguruan Tinggi luar Negeri yang ijazahnya telah disahkan dan dinilai setara dengan ijazah kesarjanaan di Indonesia oleh Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Berkemampuan membaca dan menulis dalam Bahasa Inggris
  3. Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) dan Peraturan yang berlaku di Universitas Indonesia.

Persyaratan Khusus:

  1. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3.0 (Tiga koma Nol).

  2. Rekomendasi dari Calon Pembimbing di Program studi yang berkaitan dengan topik rencana disertasi, diserahkan (upload) saat pendaftaran online.

  3. Mengajukan proposal disertasi setelah pendaftaran online sebanyak 1 (satu) eksemplar yang akan dinilai oleh Calon Pembimbing di Program Studi. Rancangan (proposal) disertasi, berkisar 10-20 halaman (1,5 spasi, font 12), sekurang-kurangnya berisi: Latar Belakang Permasalahan, Permasalahan, Kerangka Teori, Kerangka Konseptual, Metode Penelitian, Sistematika Penulisan dan Daftar Pustaka

  4. Mengunggah (upload) dokumen di account pendaftaran online:

    • salinan ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir
    • form rekomendasi
    • proposal disertasi
  5. Wawancara didepan tim penguji mengenai proposal disertasi dan rencana penelitian Jadwal wawancara akan ditetapkan kemudian setelah ujian tulis/ujian saringan

  6. Khusus program S3 Riset, calon mahasiswa sudah harus mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal International terindeks scopus menimal 2 dalam 5 tahun terakhir.
Ekonomi dan Bisnis
Ilmu Akuntansi

Persyaratan Jalur Kuliah dan Riset

  1. Lulusan S2 semua jurusan (ljazah dari Perguruan Tinggi luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari Dikti, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi),
  2. IPK pada jenjang pendidikan sebelumnya Minimum 3.00 (skala 4)
  3. Mengikuti tahapan pendaftaran mahasiswa baru Universitas Indonesia melalui laman http://penerimaan.ui.ac.id.
  4. Mengikuti ujian Saringan Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) dan wawancara Prodi
  5. Mendapatkan minimal 1 rekomendasi tertulis dari akademisi minimal bergelar Doktor terkait studi yang akan ditempuh oleh calon mahasiswa
  6. Calon mahasiswa disarankan sudah mempunyai publikasi ilmiah di Jurnal nasional ataupun di Jurnal lnternasional Bereputasi (terindeks Scopus) dalam 5 tahun terakhir
  7. Membuat rencana proposal penelitian sesuai dengan bidang yang diminati (diserahkan sebelum wawancara).
  8. Membuat CV Terbaru dan diserahkan sebelum wawancara

Persyaratan Jalur Riset Persyaratan sama dengan Jalur Kuliah dan Riset, dengan tambahan syarat sebagai berikut:

  1. lPK pada jenjang sebelumnya minimum 3.5 (skala 4)
  2. Tel ah mengambil kelas Metode Riset yang ditunjukkan dari transkrip nilai atau sertifikat dari universitas/organisasi
  3. Minimum sudah memiliki 2 publikasi sebagai nama pertama dalam 3 tahun terakhir di jurnal internasional bereputasi dan jurnal nasional minimal SINTA 3
  4. Mendapatkan minimal 2 rekomendasi tertulis dari akademisi minimal bergelar Doktor terkait prestasi akademis pada jenjang pendidikan sebelumnya dan terkait studi yang akan ditempuh oleh calon mahasiswa

*Informasi lebih lanjut hub. program studi di : 0811-1666-580

Ilmu Pengetahuan Budaya
Arkeologi

JALUR RISET & KULIAH:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);
  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 6000 kata melalui email: prodidoktorarkeologi.fibui@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;
  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font TImes New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada melalui email: prodidoktorarkeologi.fibui@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;
  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;
  5. Menyerahkan sertifikat TOEFL Institusional (Institutional TOEFL) dengan nilai minimal 550 dan masih berlaku (maksimum 2 tahun);
  6. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;
  7. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.

JALUR RISET:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);
  2. Memenuhi persyaratan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya untuk jalur riset program Doktor;
  3. Menyerahkan transkrip S2 sebagai bukti sudah mengambil MK metodologi atau MK lain yang terkait riset ke alamat email: prodidoktorarkeologi.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;
  4. Menyerahkan tesis atau karya akhir S2 ke alamat email: prodidoktorarkeologi.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk.
  5. Menyerahkan minimal 3 publikasi dalam bidang keilmuan yang sama dengan program Doktor dalam 5 tahun terakhir (Artikel prosiding nasional; Artikel prosiding internasional; Artikel jurnal nasional tidak terakreditasi; Artikel jurnal nasional terakreditasi; Buku (nasional); Artikel jurnal internasional terindeks DOAJ/Copernicus; Artikel jurnal internasional terindeks Scopus/Thomson Reuters; Buku (internasional); Buku (internasional terindeks / bereputasi)) ke alamat email: prodidoktorarkeologi.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;
  6. Menyerahkan proposal penelitian yang terdiri dari: Judul, Abstrak (maksimal 150 kata), Latar Belakang (maksimal 300 kata), Tinjauan Pustaka (maksimal 300 kata), Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian, Kebaruan (Novelty) (maksimal 150 kata). Metode Penelitian (maksimal 100 kata) dan Daftar Acuan ke alamat email: prodidoktorarkeologi.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;
  7. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;
  8. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu.
Ilmu Filsafat

JALUR RISET & KULIAH:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);
  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 6000 kata melalui email: prodidoktorilmufilsafat.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;
  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font TImes New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada melalui email: prodidoktorilmufilsafat.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;
  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;
  5. Menyerahkan sertifikat TOEFL Institusional (Institutional TOEFL) dengan nilai minimal 550 dan masih berlaku (maksimum 2 tahun);
  6. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;
  7. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.

JALUR RISET:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);
  2. Memenuhi persyaratan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya untuk jalur riset program Doktor;
  3. Menyerahkan transkrip S2 sebagai bukti sudah mengambil MK metodologi atau MK lain yang terkait riset ke alamat email: prodidoktorilmufilsafat.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;
  4. Menyerahkan tesis atau karya akhir S2 ke alamat email: prodidoktorilmufilsafat.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;
  5. Menyerahkan minimal 3 publikasi dalam bidang keilmuan yang sama dengan program Doktor dalam 5 tahun terakhir. Minimal 1 artikel dipublikasikan di jurnal internasional terindeks bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi. Bentuk publikasi lain dapat berupa: Artikel prosiding nasional; Artikel prosiding internasional; Artikel jurnal nasional tidak terakreditasi; Artikel jurnal nasional terakreditasi ; Buku (nasional); Artikel jurnal internasional terindeks DOAJ/Copernicus; Artikel jurnal internasional terindeks Scopus/Thomson Reuters; Buku atau Bab Buku (internasional); Buku atau Bab dalam Buku (nasional)) ke alamat email: prodidoktorilmususastra.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;
  6. Menyerahkan proposal penelitian yang terdiri dari: Judul, Abstrak (maksimal 150 kata), Latar Belakang (maksimal 300 kata), Tinjauan Pustaka (maksimal 300 kata), Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian, Kebaruan (Novelty) (maksimal 150 kata). Metode Penelitian (maksimal 100 kata) dan Daftar Acuan ke alamat email: prodidoktorilmufilsafat.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;
  7. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;
  8. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu.
Ilmu Linguistik

JALUR RISET & KULIAH:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);
  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 6000 kata melalui email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;
  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata yang terdiri dari: Judul, Abstrak (maksimal 150 kata), Latar Belakang (maksimal 300 kata), Tinjauan Pustaka (maksimal 300 kata), Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian, Kebaruan (Novelty) (maksimal 150 kata), Metode Penelitian (maksimal 100 kata) dan Daftar Acuan dengan ukuran font Times New Roman 12, spasi 1,5 ke alamat email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;
  4. Menyerahkan CV (Nama, Tempat/tanggal lahir, alamat, no. telp, Email, riwayat pendidikan, pelatihan, pengalaman kerja, pengalaman penelitian dan atau publikasi ilmiah) ke alamat email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;
  5. Selain seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris, calon mahasiswa akan dipanggil untuk wawancara secara daring;
  6. Menyerahkan sertifikat TOEFL Institusional (Institutional TOEFL) dengan nilai minimal 550 dan masih berlaku (maksimum 2 tahun);
  7. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;
  8. Calon mahasiswa yang berasal dari bidang ilmu yang tidak sebidang dan/atau dinilai belum memenuhi kompetensi bidang studi yang dimasukinya mengikuti program matrikulasi untuk mengejar kompetensi yang dipersyaratkan. Mata kuliah yang diikuti oleh peserta Program Matrikulasi ditetapkan oleh Program Studi dan diikuti pada jenjang studi di bawahnya.

JALUR RISET:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);
  2. Memenuhi persyaratan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya untuk jalur riset program Doktor;
  3. Menyerahkan transkrip S2 sebagai bukti sudah mengambil MK metodologi atau MK lain yang terkait riset ke alamat email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;
  4. Menyerahkan tesis atau karya akhir S2 ke alamat email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;
  5. Menyerahkan minimal 3 publikasi ilmiah dalam bidang keilmuan yang sama dengan program Doktor dalam 5 tahun terakhir.

Minimal 1 (dari 3) artikel dipublikasikan di jurnal internasional terindeks bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi (sinta 1 - 4).

Bentuk publikasi lain dapat berupa: Artikel prosiding nasional; Artikel prosiding internasional; Artikel jurnal nasional tidak terakreditasi; Artikel jurnal nasional terakreditasi ; Buku (nasional); Artikel jurnal internasional terindeks DOAJ/Copernicus; Artikel jurnal internasional terindeks Scopus/Thomson Reuters; Buku atau Bab Buku (internasional); Buku atau Bab dalam Buku (nasional)).

Bukti publikasi (file artikel jurnal dan screenshot website jurnal) dan bukti proses reviu (screenshot dari OJS atau korespondensi via email) dikirim ke alamat email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;"

  1. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata yang terdiri dari: Judul, Abstrak (maksimal 150 kata), Latar Belakang (maksimal 300 kata), Tinjauan Pustaka (maksimal 300 kata), Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian, Kebaruan (Novelty) (maksimal 150 kata), Metode Penelitian (maksimal 100 kata) dan Daftar Acuan dengan ukuran font Times New Roman 12, spasi 1,5 ke alamat email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk.
  2. Menyerahkan CV (Nama, Tempat/tanggal lahir, alamat, no. telp, Email, riwayat pendidikan, pelatihan, pengalaman kerja, pengalaman penelitian dan atau publikasi ilmiah) ke alamat email: prodidoktorilmulinguistik.fibui@ui.ac.id, selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;
  3. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;
  4. Menyerahkan sertifikat TOEFL Institusional (Institutional TOEFL) dengan nilai minimal 550 dan masih berlaku (maksimum 2 tahun);
  5. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara.
Ilmu Sejarah

JALUR RISET & KULIAH:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Menyerahkan 1 kopi laporan hasil penelitian terpenting atau tulisan yang pernah terbit dalam jurnal ilmiah atau prosiding konferensi yang pernah ditulisnya sepanjang 4000 - 6000 kata melalui email: prodidoktorilmusejarah.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  3. Menyerahkan proposal rencana studi/riset sepanjang maksimal 1000 kata, ukuran font TImes New Roman 12, dengan spasi 1,5 kepada melalui email: prodidoktorilmusejarah.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  5. Menyerahkan sertifikat TOEFL Institusional (Institutional TOEFL) dengan nilai minimal 550 dan masih berlaku (maksimum 2 tahun);

  6. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;

  7. Calon mahasiswa wajib mengikuti dan lulus program matrikulasi jika dinilai perlu oleh Program Studi.

JALUR RISET:

  1. Memenuhi persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan yang meliputi Tes Potensi Akademik [TPA] dan bahasa Inggris sesuai dengan kriteria kelulusan yang ditentukan oleh UI);

  2. Memenuhi persyaratan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya untuk jalur riset program Doktor;

  3. Menyerahkan transkrip S2 sebagai bukti sudah mengambil MK metodologi atau MK lain yang terkait riset ke alamat email: prodidoktorilmusejarah.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  4. Menyerahkan tesis atau karya akhir S2 ke alamat email: prodidoktorilmusejarah.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  5. Menyerahkan minimal 3 publikasi dalam bidang keilmuan yang sama dengan program Doktor dalam 5 tahun terakhir. (Artikel prosiding nasional ; Artikel prosiding internasional ; Artikel jurnal nasional tidak terakreditasi ; Artikel jurnal nasional terakreditasi ; Buku (nasional) ; Artikel jurnal internasional terindeks DOAJ/Copernicus ; Artikel jurnal internasional terindeks Scopus/Thomson Reuters ; Buku (internasional) ; Buku (internasional terindeks / bereputasi)) ke alamat email: prodidoktorilmusejarah.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  6. Menyerahkan proposal penelitian yang terdiri dari: Judul, Abstrak (maksimal 150 kata), Latar Belakang (maksimal 300 kata), Tinjauan Pustaka (maksimal 300 kata), Rumusan Masalah dan Pertanyaan Penelitian, Kebaruan (Novelty) (maksimal 150 kata). Metode Penelitian (maksimal 100 kata) dan Daftar Acuan ke alamat email: prodidoktorilmusejarah.fibui@ui.ac.id selambat-lambatnya dua hari SEBELUM ujian masuk;

  7. Calon mahasiswa yang lulus seleksi berkas, tes potensi akademik (TPA), dan tes bahasa Inggris akan dikontak melalui email (alamat email yang dimasukkan ketika melakukan pendaftaran SIMAK) untuk jadwal wawancara;

  8. Calon mahasiswa wajib menguasai bahasa asing lain jika berminat untuk meneliti suatu bidang yang mensyaratkan kemampuan bahasa itu;
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Antropologi

(1) Penyandang gelar Magister berbagai disiplin Ilmu (Ijasah dari Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat penyetaraan dari Dikti). (2) Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan) (3) Sebagai kelengkapan wawancara, pendaftar wajib menyerahkan Statement of Intent (SOI) sesuai format yang telah ditetapkan. Unduh format di https://s.id/soifisipui Pengumpulan SOI dikirim langsung ke Sekretariat Program Pascasarjana Antropologi FISIP UI, Ged.B lantai 1, Kampus Depok atau melalui email pascant@gmail.com.

Ujian kekhususan/Wawancara akan diinformasikan kemudian setelah ujian tulis.

Lokasi perkuliahan di Kampus UI Depok

Ilmu Politik
  1. Persyaratan :

    1). Mendaftar Secara Online

    2). Mengunggah Dokumen di Akun Pendaftaran Online:

      a.  pas photo berwarna ukuran 4x6;
    
      b.  fotocopy ijazah S2 yang telah dilegalisir (untuk lulusan perguruan tinggi luar negeri 
           ijazah harus disahkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan);
    
      c.  fotocopy transkrip S2 yang telah dilegalisir:
    
      d.  surat rekomendasi dari 2 (dua) orang yang minimal bergelar Doktor / S3.

    3). Mengikuti Ujian TPA dan Bahasa Inggris yang diselenggarakan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia.

    4). Mengirim dokumen berikut ke Sekretariat Program Pascasarjana Ilmu Politik secara langsung atau melalui pos / jasa ekspedisi setelah nilai memenuhi syarat (eligible) dan akan dihubungi oleh sekretariat

      a. daftar riwayat hidup (CV);
    
      b. dokumen MoU atau kerjasama institusi asal dengan Universitas Indonesia (jika ada);
    
      c. surat izin dari pimpinan bagi calon mahasiswa dari instansi pemerintahan;
    
      d. fotocopy tesis S2;
    
      e. proposal penelitian minimal 20 halaman dan dicopy sebanyak 6 (enam) eksemplar
          dengan format :
    
          -  Judul
          -  Latar Belakang
          -  Permasalahan dan pertanyaan penelitian
          -  Metode Penelitian
          -  Kerangka Teori
          -  Sistematika penulisan (pembabakan dalam pembahasan) 

    5). Mengikuti Ujian Kekhususan (essay), proposal penelitian, dan wawancara (jadwal menyusul)

  2. Lokasi Perkuliahan : Kampus UI Depok

  3. Waktu Perkuliahan : Reguler Pagi sampai dengan Malam

  4. Informasi lebih jelas dapat diperoleh melalui website : www.pascapol.fisip.ui.ac.id atau menghubungi sekretariat di nomor telp. 021-788846648, fax. 021-7863102, atau email dengan alamat : pascapolitik.fisipui@ui.ac.id
Ilmu Komputer
Ilmu Komputer

Persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mendaftar ke program DIK:

  1. Memiliki ijazah Magister (S2) pada latar belakang sebidang (ilmu komputer/informatika, sistem informasi, teknik komputer) atau yang terkait dengan topik riset yang diusulkan, dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,00 (pada skala 4,00).

  2. Calon mahasiswa sudah harus mendapatkan pernyataan tertulis kesediaan calon pembimbing dari seorang dosen tetap Fasilkom UI yang telah bergelar doktor dengan Jabatan Fungsional Guru Besar atau Lektor Kepala (Promotor) dan Lektor (Kopromotor).

Dalam rangka memberikan persetujuan ini, dosen yang bersangkutan dapat saja memberikan tugas mandiri untuk menguji kesesuaian dan kelayakan potensi riset calon mahasiswa, misalnya membuat rangkuman paper ilmiah, atau mempresentasikan suatu topik tertentu. Calon mahasiswa perlu menghubungi calon pembimbing jauh-jauh hari sebelum batas pendaftaran.

Daftar dosen yang dapat membimbing mahasiswa DIK dapat dilihat melalui: https://cs.ui.ac.id/doktor-ilmu-komputer/daftar-dosen-pembimbing-program-doktor-s3/

  1. Calon mahasiswa, khususnya yang belum memiliki publikasi internasional, diutamakan yang telah memiliki sertifikat Academic Writing in English (minimum tingkat Elementary) atau English for Research Writing dari lembaga yang bereputasi misalnya dari Lembaga Bahasa Internasional Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia atau lembaga bereputasi lainnya.

Rincian Berkas Tambahan

  1. Ijazah magister dan ijazah sarjana yang telah dilegalisir
  2. Transkrip akademik magister dan sarjana yang telah dilegalisir
  3. Lembar Research Statement (2-3 halaman) yang berisi pernyataan minat dan motivasi riset.
  4. Surat rekomendasi dari dua mantan dosen pembimbing atau atasan mengenai kemampuan akademik.
  5. Surat izin dari atasan (apabila sedang bekerja).
  6. CV lengkap yang memperlihatkan track record terkait dengan arah riset (template)
  7. Surat pernyataan kesanggupan bermaterai untuk memenuhi kewajiban pembiayaan kuliah atau pernyataan beasiswa bila mendapatkan beasiswa dari institusi.
  8. Surat pernyataan kesediaan calon pembimbing dari salah satu dosen Fakultas Ilmu Komputer yang telah bergelar doktor (template) dengan detail ketentuan sebagai berikut. Dosen dengan jabatan fungsional Guru Besar atau Lektor Kepala sebagai calon Promotor; Dosen dengan jabatan fungsional minimal Lektor sebagai Kopromotor. Keberadaan Kopromotor bersifat opsional.
  9. Proposal penelitian doktoral.

Informasi lebih rinci (termasuk formulir rekomendasi, persetujuan calon pembimbing, dan template CV) dapat dilihat pada: https://cs.ui.ac.id/doktor-ilmu-komputer/

Berkas tambahan harus sudah diserahkan pada saat ujian bidang dalam bentuk softcopy (via email ke sekreakademik@cs.ui.ac.id).

Perhatian: Kelalaian dalam mengunggah salah satu dari dokumen-dokumen di atas berdampak calon didiskualifikasi dalam proses penerimaan pada program studi DIK Fasilkom UI.

Tanggal Penting:

Ujian tertulis Dasar Bidang Ilmu Komputasi: Senin, 14 April 2025, pk. 09.00-11.00 WIB

Ujian wawancara & presentasi rencana riset (calon akan dihubungi oleh tim sekretariat Fasilkom UI): 21 April - 3 Mei 2025

Informasi Lab Riset, Pusat Penelitian, dan Kegiatan Perkuliahan

Informasi mengenai lab riset dan pusat penelitian di Fasilkom UI dapat dilihat di Menu Penelitian pada: https://cs.ui.ac.id/laboratorium-pusat-penelitian/

Kegiatan perkuliahan dilaksanakan di Kampus Fasilkom UI, Depok. Perkuliahan dilaksanakan pada pagi/siang hari.

Ilmu Keperawatan
Ilmu Keperawatan

Bagi lulusan Magister dan atau Ners Spesialis

Persyaratan Akademik:

  1. Memiliki ijazah S.Kp atau Ners dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B atau setara;
  2. Memiliki ijazah Magister Keperawatan/ Magister ilmu kesehatan (Biomedik/ Kesehatan Masyarakat) atau Ners Spesialis dari perguruan tinggi dalam atau luar negeri yang terakreditasi minimal B atau setara;
  3. Memiliki Sertifikat Kompetensi atau Surat Tanda Registrasi (STR);
  4. Memiliki pengalaman kerja minimal satu tahun dalam bidang keperawatan setelah lulus magister/ spesialis;
  5. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3 (dari skala 4.00);
  6. Memenuhi kriteria minimum skor TPA dan Bahasa Inggris sesuai ketentuan UI;
  7. Memiliki rancangan proposal disertasi;
  8. Mendapat rekomendasi dari pewawancara (setelah wawancara di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia)

Apabila topik praproposal disertasi tidak linear dengan latar belakang peminatan di program Magister/ Spesialis wajib mengikuti matrikulasi 1-2 semester sebelum mengikuti pendidikan doktor**.

Persyaratan Administrasi:

  1. Mendaftar secara online di situs penerimaan.ui.ac.id
  2. Mengisi rekam jejak dan mengunggah dokumen persyaratan akademik di tautan http://tiny.cc/FormS3-RekamJejak sebagai berikut; a. Ijazah S.Kp atau Ners; b. Ijazah Magister. dan atau Ners Spesialis; c. Sertifikat akreditasi institusi pendidikan minimal B (saat lulus Ners dan Magister/Spesialis); d. Sertifikat kompetensi atau Surat Tanda Registrasi (STR); e. Surat keterangan pengalaman kerja; f. Surat izin/ tugas belajar dari pimpinan institusi asal bekerja; g. TPA dan TOEFL yang masih berlaku (jika ada); Dokumen a-g dijadikan satu (1) file pdf). Apabila tidak mengunggah dokumen tersebut dianggap tidak memenuhi persyaratan administrasi

  3. Mengunggah Rancangan PraProposal Disertasi sesuai template saat mengisi rekam jejak;
  4. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran SIMAK UI;
  5. Mengikuti ujian tulis yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia;
  6. Mengikuti wawancara dan ujian proposal yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Keperawatan UI

Tempat dan Waktu Perkuliahan

Tempat : Kampus UI Depok.

Waktu : 3 hari/minggu; jam antara 08:00 sampai dengan jam 18:00 untuk semester 1 dan 2. Selanjutnya, jam perkuliahan menyesuaikan dengan sks mata kuliah dan jadwal bimbingan.

Tanggal-Tanggal Penting:

Pendaftaran : 17 Februari sampai 31 Maret 2025
Pengisian rekam jejak : 17 Februari sampai 31 Maret 2025
Ujian tulis : 13 April 2025 Wawancara : 21 April 2025 secara daring melalui Zoom

Informasi lebih lanjut hubungi: academic-nursing@ui.ac.id

*Ketentuan Matrikulasi (SK Dekan FIK UI No. 398/SK/D/FIK/2021)

Bagi calon mahasiswa Program Studi Doktor, yang memiliki:

  1. Ijazah ners dan magister non Kesehatan/ keperawatan (MM, MBA, dll), wajib mengikuti matrikulasi 2 semester;
  2. Ijazah ners dan magister Kesehatan non keperawatan (M.Biomed, M.K.M., M.Epid) wajib mengikuti matrikulasi 1-2 semester sesuai hasil telaah oleh departemen terkait;
  3. Ijazah magister keperawatan tanpa spesialis dan memiliki rencana penelitian disertasi sesuai dengan peminatan, tidak perlu pengikuti matrikulasi;
  4. Ijazah magister keperawatan tanpa spesialis dan memiliki rencana penelitian disertasi tidak sesuai dengan peminatan, akan ditelaah oleh departmen terkait untuk menetapkan perlu tidaknya mengikuti matrikulasi.
Pascasarjana
Kajian Ilmu Lingkungan

Memenuhi Persyaratan Universitas (mendaftar secara online dan lulus ujian saringan)

Ujian Seleksi Tahap II
Materi : Wawancara & Presentasi Pra Proposal Tempat : R-603 & 602 Lt. IV Gd C Jl. Salemba Raya 4 Jakarta 10430

Pra Proposal 15-25 halaman (termasuk CV pada halaman terakhir) sebanyak 4 eksemplar Dikirimkan kepada Sekretaris Program Studi : Dr. Hayati Sari Hasibuan

Sekretariat PSIL Gd C Lt. V-VI Jl. Salemba Raya 4 Jakarta 10430

Tanggal Ujian Pra Proposal mohon konfirmasi melalui telp. ke Sekretariat PSIL 021 3145563, 3193 0251