1. Portal Informasi SIMAK UI
  2. Pendaftaran SIMAK UI
  3. Forum SIMAK UI
Kamis, 18 September 2014 14:40 WIB (WIB)

Tour Kampus

Kampus UI terdiri dari Kampus UI Depok di selatan Jakarta seluas 318 hektar dan kampus UI lama di jalan Salemba Raya 4, Jakarta, seluas 93.850 meter persegi. Selain itu juga terdapat kampus di jalan Pegangsaan Timur, Jakarta seluas 7.703 meter persegi.

Ketika memasuki areal kampus Universitas Indonesia, kita akan merasakan lingkungan yang nyaman dan tenang di tengah taman hutan raya yang hijau di Depok, dengan lingkungan yang menstimulasi semua untuk belajar dan berkembang.


Kampus Depok

Depok berada di selatan Jakarta. Banyak fakultas yang berlokasi di area kampus Depok.

Dengan mobil:
Perjalanan akan menghabiskan waktu sekitar satu jam dari pusat kota Jakarta melalui jalan biasa atau sekitar 30 menit jika melalui jalan tol. Dari bandara Internasional Sukarno Hatta - Jakarta, perjalanan akan menghabiskan waktu sekitar satu setengah hingga dua jam melalui jalan tol. Perjalanan dengan menggunakan taksi dari bandara akan menghabiskan biaya sekitar Rp. 180.000,-. Sediakanlah uang tol untuk supir taksi sekitar Rp. 20.000,-. Setelah melewati semua gerbang tol, supir taksi akan memberikan kembaliannya.

Dengan kereta:
Untuk mencapai kampus Depok dengan menggunakan kereta, pilih jalur kereta regular Depok/Bogor (jalur Jabodetabek, yang menghubungkan Kota dan Bogor). Silakan turun di stasiun UI atau Pondok Cina. Setiap titik di kampus Depok bisa diakses dengan menggunakan Bis Kuning, yang disediakan secara gratis. Tunggulah di halte bis jika anda ingin menaiki bis kuning atau gunakan "ojek" jika anda sedang terburu-buru. Tarif ojek berkisar dari mulai Rp. 2.000,-, tergantung dari jarak yang di tempuh.

Kampus Salemba
Kampus Salemba terletak di Jalan Salemba 4, Jakarta Pusat. Lokasi kampus berdekatan dengan rumah sakit tertua yaitu Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, yang saat ini juga berfungsi sebagai rumah sakit pembelajaran UI.

Dengan mobil:
Dari bandara Internasional Jakarta, biasanya perjalanan menghabiskan waktu sekitar satu jam dengan melalui jalan tol.

Dengan kereta:
Gunakan kereta jalur regular dari stasiun Cikini. Kampus ini berada cukup dekat, namun sedikit terlalu jauh untuk ditempuh dengan berjalan kaki. Gunakan bis dengan nomor 502 dan bayarlah sebesar Rp. 2.000,-, berhentilah di perempatan lampu merah Salemba (sebaiknya anda memgingatkan kondekturnya) atau anda bisa menggunakan bajaj dan bayarlah sebesar Rp. 3.000,-.